Gaji 2 Juz, Bisa Dapat Makan Gratis di Warteg Ini

Gaji 2 Juz, Bisa Dapat Makan Gratis di Warteg Ini

Ada-ada saja cara seseorang dalam menarik pengunjung, seperti yang dilakukan oleh pemilik warteg keliling ini. Ricky Ricarvy Irawan, pemilik warteg Joni Abadi ini memberikan syarat kepada pengunjung wartegnya jika ingin makan gratis di warteg miliknya itu.

Tak seperti kebanyakan orang, syarat untuk bisa makan gratis di warteg Joni Abadi ini cukup unik. Ricky mewajibkan konsumen untuk membaca Alquran sebanyak 2 juz jika ingin makan gratis. Idenya didapat setelah ia rajin mengikuti aktivitas komunitas One Day One Juzyang menggiatkan kegiatan baca Alquran.

Gaji 2 Juz, Bisa Dapat Makan Gratis di Warteg Ini

"Saya fasilitasi biar nongkrong sambil baca Alquran karena kalau di cafe kan ada bising, pusing. Jadi, kaya ngasih hadiah buat orang yang bertilawah rajin mengaji dengan makanan dan minuman gratis," tutur Ricky saat ditemui Liputan6.com di kawasan Lapang Ciujung, Rabu (27/1/2016).

Warteg keliling yang dinamai Joni Abadi itu biasa mejeng di kawasan Lapang Ciujung, Jalan Supratman, Kota Bandung. Layanan yang dibuka setiap Senin hingga Sabtu itu berharga relatif murah, berkisar antara Rp 6 ribu hingga Rp 15 ribu.

"Ide (usaha) ini muncul sebenarnya saat usaha saya bangkrut kemudian selalu makan di warteg. Kita juga membutuhkan waktu tempuh yang cukup jauh. Makanya kepikiran buat mobile warteg," kata Ricky.

Menu yang ditawarkan di warteg keliling itu tidak berbeda dengan menu di wartegkonvensional. Selalu ada ayam, telur dan kikil. Dengan konsep penjualan dan promosi yang diterapkannya, omzet usaha Joni Abadi saat ini mencapai ratusan ribu rupiah per hari.

"Selain murah, insya Allah barangnya fresh setiap hari. Sehari ganti 2 kali. Siang masuk dan malam baru lagi," kata Ricky berpromosi.
Selengkapnya
Cara Alami Menghilangkan Bulu Kaki Pada Wanita

Cara Alami Menghilangkan Bulu Kaki Pada Wanita

Wanita selalu ingin tampil cantik dan sempurna di mata lawan jenisnya. Oleh karena itu berbagai macam perawatan tubuh sering kali dilakukan untuk menjaga penampilannya agar tetap cantik dan mempesona.

Bahkan hal terkecil sekalipun tak luput dari perhatian wanita demi menjaga agar tubuhnya tetap mulus. Salah satu hal tersebut adalah tentang perawatan kaki wanita.

Cara Alami Menghilangkan Bulu Kaki Pada Wanita

Karena kaki wanita juga merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh wanita. Namun apa jadinya jika kaki wanita memiliki bulu-bulu? tentu pria akan merasa takut bahkan menjadi takut untuk mendekati wanita tersebut.

Nah, untuk wanita yang memiliki bulu kaki yang cepat tumbuh dan banyak, maka kalian perlu melakukan tips ini untuk membersihkan bulu kaki kalian agar kaki terlihat indah dan mempesona.

Pertama siapkan merica, kapur barus, dan beberapa tetes minyak tanah. Lalu tumbuklah merica, kapur barus dan sedikit tetesan minyak tanah tersebut hingga halus dan merata.

Lalu oleskan ramuan tadi di kaki yang ditumbuhi bulu-bulu tersebut, lakukan secara rutin maka bulu-bulu kaki tersebut akan rontok dengan sendirinya dan tidak akan kembali lagi, silahkan dipraktekkan. Semoga menjadi makintau ya.
Selengkapnya
Tips Agar Tubuh Langsing Berisi

Tips Agar Tubuh Langsing Berisi

Memiliki tubuh langsing adalah dambaan setiap wanita, bahkan demi memiliki tubuh langsing wanita banyak melakukan hal apapun termasuk melakukan diet yang tidak sehat.

Hasilnya, tubuh bukannya menjadi langsing seperti yang diinginkan tetapi malah penyakit yang didapatkan. Sebenarnya untuk mendapatkan tubuh langsing seperti yang diinginkan tidak perlu harus menderita dengan program-program diet tersebut.

Tips Agar Tubuh Langsing Berisi

Lalu bagaimana cara agar membuat tubuh menjadi langsing atau menjaga tubuh agar tetap langsing berisi tanpa perlu melakukan diet? Lakukanlah tips-tips ini secara rutin!

Ketika Anda minum, maka minumlah secukupnya saja. Setelah makan juga sebaiknya minum air secukupnya saja, karena dengan meminum air secukupnya, maka nutrisi dari makanan yang kita makan dapat diserap oleh tubuh dengan optimal sehingga tidak akan terjadi kegemukan.

Kemudian minumlah teh pahit secara rutin, ambilah daun teh yang cukup lalu seduh dengan air panas. Lalu ambillah jeruk nipis yang sudah dibelah menjadi empat kemudian peras jeruk nipis tersebut dan campurkan perasan jeruk nipis tadi dengan teh pahit tadi.

Minumlah teh pahit pada pagi dan sore hari secara rutin. Namun, jangan lupa untuk selalu berolahraga seperti lari pagi, senam, dan lain sebagainya untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Semoga makintau.
Selengkapnya
'Tunjukkan Keindahan Islam dengan Sederhana'

'Tunjukkan Keindahan Islam dengan Sederhana'

Isu radikal harus diakui memiliki pengaruh terhadap pandangan keluarga asal mualaf. Mereka selanjutnya cenderung mengidentikkan kekerasan dengan Islam.

Ketua Mualaf Center Indonesia, Steven Indra Wibowo mengungkap, fenomena tersebut mungkin tak pernah dirasakan umat Islam yang lahir dari keluarga Muslim.Situasi yang dialami mualaf ini semakin memperparah penolakan terhadap mereka yang baru saja bersyahadat.

'Tunjukkan Keindahan Islam dengan Sederhana'

"Saya juga merasakan hal yang sama. Seperti misal saja, ada pertanyaan, sejak kapan Islam itu ISIS," kata dia, Jumat (22/1).

Akan tetapi Steven punya kiat tersendiri untuk berdakwah di tengah stigma yang bermunculan. “Kita menunjukkan Islam apa adanya. Kita membantu orang, kita shalat, kita tidak mencampuri urusan agama orang,” ujar Steven. (ROL)
Selengkapnya
Mengharukan, Bocah Suriah Ini Ingin Donorkan Matanya Untuk Sang Ayah

Mengharukan, Bocah Suriah Ini Ingin Donorkan Matanya Untuk Sang Ayah

Mamun Khalid Nasir (27), seorang warga Suriah yang selamat dari serangan bom namun mengalami cedera parah yang membuatnya terbaring di tempat tidur.

Setahun yang lalu sebuah bom barrel yang dijatuhkan oleh helikopter pasukan rezim Assad di kota Idlib telah mengenai Mahmud.

Ayah lima anak itu telah kehilangan kaki, penglihatan dan kemampuan mendengarnya akibat serangan bom itu.

Mengharukan, Bocah Suriah Donorkan Matanya Untuk Sang Ayah

Nasir, istrinya, anak-anaknya dan ibunya mengungsi di selatan Turki sejak Desember.

"Putra saya tidak bisa berjalan, berbicara dan mendengar setahun yang lalu," kata Wafa Awwad (49), kepada Anadolu Agency (AA) pada Sabtu (23/1/2016).

"Namun ia ditakdirkan terbaring di tempat tidur. Kami berusaha untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan kelima anak. Kadang-kadan para tetangga membantu kami. Kami datang ke distrik Reyhani di provinsi Hatay untuk menyelamatkan nyawa kami," tambahnya.

Putri Nasir yang berumur lima tahun memohon para dokter Turki untuk menolong ayahnya. Ia bahkan rela jika harus mendonorkan matanya demi ayah tercinta.

“Ayahku tidak bisa melihatku dan ini membuatku sedih,” katanya. “Ambillah mataku dan berikan kepada ayahku. Aku ingin ia bisa melihatku dan mencintaiku. Allah tidak akan memisahkan kami. Aku sangat mencintainya.”

Penderitaan yang dialami oleh keluarga Nasir ini hanyalah salah satu dari sekian penderitaan yang dialami warga Suriah yang dilanda perang. (Arrahmah)
Selengkapnya
Ingin Bangun Masjid, Warga Jepang Himpun Dukungan Lewat Anime

Ingin Bangun Masjid, Warga Jepang Himpun Dukungan Lewat Anime

Komunitas Muslim di Jepang membuat sebuah cuplikan anime menyentuh untuk menghimpun dana demi pembangunan sebuah masjid di Shizuoka. Rencananya, masjid tersebut tidak hanya akan digunakan sebagai tempat beribadah. Namun juga sebagai tempat menjalin komunikasi antara para Muslim dan penduduk lokal.

Pentingnya keberadaan masjid bagi komunitas Muslim di Shizuoka mendorong Yassine Essaadi dan kawan-kawan untuk berencana membangun sebuah masjid di sana. Tak hanya sekadar membangun masjid, Essaadi dan yang lainnya berencana membangun masjid tersebut di sebuah lokasi yang memungkinkan masjid memiliki latar belakang Gunung Fuji, salah satu simbol negara Jepang.

Ingin Bangun Masjid, Warga Jepang Himpun Dukungan Lewat Anime

Untuk mewujudkan mimpi tersebut, Essaadi memperkirakan pihaknya membutuhkan dana sekitar 300 juta Yen. Saat ini dana yang telah terkumpul oleh Komunitas Muslim Shizuoka baru sebesar 20 juta Yen atau setara dengan Rp 2,3 miliar. Untuk menutupi kekurangan dana tersebut, Essaadi kemudian terdorong untuk melakukan aksi penghimpunan dana pembangunan masjid melalui cara yang tak biasa, yakni cuplikan anime.

Dalam video bertajuk GAZA Changing The World, digambarkan bahwa persatuan Muslim merupakan hal esensial bagi kekuatan Islam. Oleh karena itu, Essaadi berharap video tersebut dapat tersebar dengan baik dan mendorong para Muslim untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan masjid di Shizuoka. Tak hanya sekedar berkontribusi dalam pembangunan, Essaadi juga berharap video tersebut dapat memperkuat solidaritas antarsesama Muslim di seluruh dunia.

Ingin Bangun Masjid, Warga Jepang Himpun Dukungan Lewat Anime

"Sebuah masjid dengan simbol negara Jepang, Gunung Fuji, sebagai latar belakang akan menarik banyak turis Muslim ke Shizuoka. Dengan begitu, masjid tersebut juga akan berkontribusi dalam perekonomian lokal," terang Essaadi.

Semenjak diunggah di YouTube pada 27 Juni 2015 melalui akun yassinee Essaadi, video berdurasi 2:25 menit tersebut dengan cepat meningkatkan jumlah donasi untuk pembangunan masjid. Video GAZA Changing The World itu sendiri berhasil mendulang jumlah penonton setidaknya 1,2 juta melalui berbagai media sosial internasional untuk Muslim.

Meski mendapat respons positif atas kampanye dan penggalangan dananya, Essaadi memiliki sedikit kekhawatiran jika rencana pembangunan masjid tersebut akan mendapat penolakan warga sekitar. Pasalnya, beberapa aksi terorisme yang terjadi tak jarang membuat kesalahpahaman bahwa Muslim merupakan penganut Islam yang berlaku kejam.

"Padahal, pada dasarnya para Muslim tidak memiliki hubungan dengan aksi teror. Karena itu, penting untuk memperdalam pemahaman melalui pembangunan masjid yang akan menjadi tempat untuk bertukar informasi ini," jelas Direktur Center for Contemporary Islamic Studies in Japan. (ROL)
Selengkapnya
Kumpulan Cover Facebook Islami Keren

Kumpulan Cover Facebook Islami Keren

Cover Facebook dapat berfungsi sebagai penghias profile Facebook. Bagi Anda yang sedang mencari foto cover Facebook yang keren, maka kali ini kami akan membagikan kumpulan cover Facebook keren yang dapat Anda gunakan sebagai foto cover pada profile atau halaman Facebook Anda.

Facebook cover ini dapat Anda simpan di komputer atau laptop Anda gratis dengan cara Klik Kanan pada Gambar > Klik Save As > Kalu Klik Save. Dan berikut ini adalah kumpulan Facebook cover Islami yang keren dengan resolusi gambar HD.

Islamic Facebook Cover HD Free

Islamic Facebook Cover HD Free

Islamic Facebook Cover HD Free

Islamic Facebook Cover HD Free

Islamic Facebook Cover HD Free

Islamic Facebook Cover HD Free

Islamic Facebook Cover HD Free

Islamic Facebook Cover HD Free

Islamic Facebook Cover HD Free

Islamic Facebook Cover HD Free

Islamic Facebook Cover HD Free
Selengkapnya
Terjemahkan Alquran, Profesor Bulgaria Masuk Islam

Terjemahkan Alquran, Profesor Bulgaria Masuk Islam

Seorang profesor asal Bulgaria akhirnya masuk Islam setelah ia mempelajari dan menerjemahkan Alquran kedalam bahasa Bulgaria. Profesor bernama Prof. Dr Svetan Teofanov ini awalnya adalah orang yang menentang Alquran dan tidak percaya sama sekali terhadap isi dari kitab suci umat Islam tersebut.

Namun, ia mendapatkan hidayah ketika ia mempelajari Alquran dan menerjemahkannya. Ia bahkan berkata, "Perjalanan saya menentang Alquran terlalu lama tetapi pada ujung jalan saya telah menerima Islam dan saya sekarang seorang Muslim," ujarnya.

Terjemahkan Alquran, Profesor Bulgaria Masuk Islam

Prof. Dr Svetan Teofanov telah menyelesaikan program doktor spesialisasinya di Pusat Kajian Islam Oxford serta program doktor keduanya di Moskow Studi Oriental Institute.

Ia mulai mengenal Islam pada saat dirinya diminta untuk menerjemahkan Alquran oleh sebuah penerbitan milik negara Bulgaria yang pada saat itu negara Bulgaria masih menjadi negara sosialis.

Tak lama setelah proyek dimulai, ada transisi demokrasi pada 1989 dan perusahaan penerbitan negara pun bangkrut. Sehingga terjemahan Alquran Bahasa Bulgaria tidak jadi diterbitkan pada tahun itu.

Namun, dirinya terus bekerja dalam menerjemahkan kitab suci Alquran hingga pada akhirnya ia memutuskan untuk menjadi mualaf. Ia merasa bahwa hidupnya berubah setelah mengenal Alquran lebih jauh, dan ia merasa bahwa kitab suci tersebut dapat menenangkan hatinya.

Teofanov yang sekarang fokus mengajar Bahasa Arab di Universitas Sofia mengatakan bahwa Alquran telah membuka banyak pintu untuknya.

"Pada awalnya, saya membaca Alquran seolah-olah itu adalah buku biasa. Seiring waktu, saya mulai memahami Alquran dengan makna yang lebih dalam dari yang tertulis dalam teks."
Selengkapnya
Video: Muslimah Bercadar Dilarang Mengambil Uang di ATM BRI?

Video: Muslimah Bercadar Dilarang Mengambil Uang di ATM BRI?

Baru-baru ini beredar video perdebatan antara seorang nasabah BRI dengan seorang satpam yang mengatakan bahwa orang yang memakai cadar tidak boleh alias dilarang mengambil uang di mesin ATM BRI karena sudah menjadi peraturan Bank BRI.

Dalam video berdurasi setengah menit itu terlihat bahwa si satpam mengatakan bahwa orang yang bercadar tidak boleh mengambil uang di mesin ATM BRI karena alasan keamanan dan ia merasa hal itu sudah menjadi peraturan perusahaan.

Video: Muslimah Bercadar Dilarang Mengambil Uang di ATM BRI?

Video yang di unggah oleh seorang bernama Erma Refni H di akun Facebook miliknya itu pun akhirnya menjadi viral di internet. Video tersebut sudah dibakikan sebanyak 9500 kali oleh pengguna Facebook lain dan sudah dilihat oleh lebih dari 350rb orang.

Berikut video tersebut:



Di BRI orang memakai cadar dilarang ambil uang diATM. Peraturan perusahaan katanya. Nyetor pakai cadar kok diterima giliran mau ambil uang sendiri pakai cadar kok nggak boleh.
Dikirim oleh Erma Refni H pada 21 Januari 2016

Melihat video tersebut, seseorang mencoba untuk mengkonfirmasi peraturan yang disampaikan oleh satpam tadi melalui Official Facebook Bank BRI dan berikut adalah penjelasan resmi dari BRI soal peraturan tersebut.

Penjelasan dari BRI Tentang Video Orang Dilarang Ambil Uang di ATM

Dalam pesan tersebut, pihak BRI mengkonfirmasi bahwa pihaknya sebelumnya meminta maaf atas ketidaknyamanan nasabah karena video tersebut. Pihak BRI mengatakan bahwa semua nasabah pemilik rekening berhak untuk melakukan transaksi di mesin ATM BRI.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan dalam layanan petugas kami. Dapat kami sampaikan bahwa semua nasabah pemilik rekening berhak untuk melakukan transaksi di mesin ATM kami. Masukan Bpk kan menjadi perhatian kami untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan nasabah.Terima kasih atas kepercayaan Bpk kepada Bank BRI."

Jadi tidak ada peraturan yang melarang muslimah bercadar untuk mengambil uang di mesin ATM BRI seperti yang satpam tersebut sampaikan di dalam video tersebut.
Selengkapnya
Siapa yang Menciptakan Allah? Lihat Jawaban Pemuda Ini

Siapa yang Menciptakan Allah? Lihat Jawaban Pemuda Ini

Allah merupakan Tuhan semesta alam, Dia-lah yang menciptakan jagad raya ini beserta makhluk-makhluk di dalamnya. Semua makhluk yang diciptakan Allah wajib tunduk kepada perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang sempurna karena diberikan akal sehat untuk berfikir, namun akal atau pengetahuan yang diberikan oleh Allah kepada manusia sangatlah sedikit. Sehingga kita tidak perlu memikirkan hal-hal yang sangat jauh dari kemampuan akal kita seperti menanyakan hal-hal yang sangat mustahil untuk diketahui oleh kemampuan akal manusia misal menanyakan 'Siapa yang menciptakan Allah?, bagaimana rupa atau wujud Allah?' dan lain sebagainya karena hal itu sangatlah mustahil untuk dicapai oleh akal manusia.

Siapa yang Menciptakan Allah? Lihat Jawaban Pemuda Ini

Seperti kisah berikut ini yang mengkisahkan seorang Ateis (orang yang tidak percaya akan eksistensi Tuhan), pada suatu hari ada seorang ateis yang memasuki sebuah masjid. Kemudian dia mengajukan tiga buah pertanyaan tapi dengan syarat harus dijawab menggunakan akal, artinya pertanyaan yang dia ajukan tidak boleh dijawab dengan dalil.

Karena orang ateis memang selalu mengukur segala sesuatunya itu menggunakan akal atau bukti-bukti ilmiah dan mereka beranggapan bahwa dalil-dalil hanya dipercaya oleh pengikutnya saja sedangkan dia orang yang tidak percaya dengan Tuhan, oleh karena itu ia memberikan syarat agar pertanyaannya tidak boleh dijawab menggunakan dalil.

Kemudian ia menantang orang-orang yang ada di masjid itu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaannya yaitu:

  1. Siapa yang menciptakan Allah? Bukankah semua yang ada di dunia ada karena ada penciptanya? Bagaimana mungkin Allah ada jika tidak ada penciptanya?
  2. Bagaimana caranya manusia bisa makan dan minum tanpa buang air? Bukankah itu janji Allah di Surga?
  3. Ini pertanyaan terakhir, kalau Iblis itu terbuat dari api, lalu bagaimana bisa Allah menyiksanya di dalam neraka? Bukankah neraka juga dari api?

Mendengar pertanyaan dari sang ateis tersebut, tak ada seorang jamaah mampu menjawab pertanyaan tersebut kecuali salah seorang pemuda, ia kemudian menjawab 3 pertanyaan ateis itu satu persatu. Dan beginilh jawabannya:

Jawaban untuk pertanyaan pertama:

Pemuda: "Apakah engkau tahu, dari angka berapakah angka 1 itu berasal? Sebagaimana angka 2 adalah hasil dari 1+1 atau 4 yang berasal dari 2+2?" ateis tersebut hanya bisa terdiam tanpa memberikan jawaban, lalu pemuda itu melanjutkan, "Jika kamu tahu bahwa 1 itu adalah bilangan tunggal, dia bisa mencipta angka lain, tapi dia tidak tercipta dari angka apapun, lalu apa yang membuatmu sulit untuk memahami bahwa Allah itu Dzat Maha Tunggal yangg Maha mencipta tapi tidak bisa diciptakan?"

Jawaban untuk pertanyaan kedua:

Pemuda tersebut berkata: "Saya ingin bertanya kepadamu, apakah kita ketika di dalam perut ibu kita semua makan? apakah kita juga minum? kalau memang kita makan dan minum, lalu bagaimana kita buang air ketika dalam perut ibu kita dulu? Jika engkau dulu percaya bahwa kita dulu makan dan minum di perut ibu kita dan kita tidak buang air didalamnya, lalu apa yang membuatmu sulit untuk percaya bahwa di Surga kelak kita akan makan dan minum juga tanpa buang air?"

Jawaban untuk pertanyaan ketiga:

Ketika menjawab pertanyaan ketiga, pemuda tersebut tiba-tiba menampar ateis tersebut dengan sangat keras, ateis tersebut pun merasa kesakitan dan marah-marah kepada pemuda tersebut.

Lalu pemuda tersebut berkata: "Tanganku ini terlapisi kulit, tanganku ini dari tanah, dan pipi-mu juga terbuat dari kulit dari tanah juga, lalu jika keduanya dari kulit dan tanah, bagaimana bisa engkau merasa kesakitan ketika saya menamparmu? Bukankah keduanya juga tercipta dari bahan yang sama, sebagaimana Iblis (setan) dan api neraka?" Ateis tersebut hanya bisa terdiam dan tertunduk tanpa bisa membantah apapun.

Kisah ini mengajarkan kepada kita semua bahwasanya tidak semua pertanyaan yang terkesan mencela dan merendahkan Islam harus dihadapi dengan kekerasan. Justru kita harus menghadapi hal-hal seperti itu dengan ilmu, seperti pemuda tadi yang dengan cerdas mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin bagi kita pertanyaan tersebut sangatlah sulit untuk dijawab.

Itulah salah satu contoh pemuda Islam yang memiliki budi pekerti yang tinggi dan memiliki ilmu pengetahuan yang luas. Lalu siapakah pemuda yang menjawab pertanyaan tadi? ada yang mengatakan bahwa beliau adalah Imam Abu Hanifah Rahimahullahu ketika beliau masih muda. Semoga kisah ini dapat bermanfaat untuk kita semua, aamiin.
Selengkapnya
Astaghfirullah, Masjid di Jogja Dicoret-Coret

Astaghfirullah, Masjid di Jogja Dicoret-Coret

Sebuah aksi penistaan agama kembali terjadi di tanah air, kali ini sebuah masjid menjadi korban dari aksi tersebut. Masjid Wiworo Tjipto, Gedongkiwa, Mantrijeron, Yogyakarta terpaksa harus di cat ulang karena di tembok bagian dalam masjid di coret-coret oleh oknum-oknum jahil yang tidak beretika.

Menurut Takmir Masjid tersebut, Burhani (45), dirinya baru menyadari adanya tulisan tersebut pada pagi hari setelah diberitahu oleh seorang tukang pisau yang melihat tulisan itu ada di dalam masjid.

Astaghfirullah, Masjid di Jogja Dicoret-Coret

Menurutnya, sebelum ada tulisan tersebut memang ada seseorang yang tidak dikenal menumpang tidur di dalam masjid. Namun orang tersebut menghilang beserta munculnya tulisan-tulisan kasar tersebut.

Sementara itu, Forum Umat Islam DIY dan Angkatan Muda Forum Ukhuwah Islamiyah berencana akan melaporkan tindakan biadab ini kepada pihak yang berwajib.

"Ini adalah perbuatan Sangat Biadab, penistaan terhadap rumah Allah, mari kita dampingi Takmir Masjid untuk melakukan proses laporan kepada pihak kepolisian, harus diusut tuntas dan ditangkap pelakunya," bunyi dari isi pesan broadcast yang beredar.

Setelah kejadian tersebut, polisi, takmir masjid dan dibantu oleh beberapa orang warga kemudian bergotong royong mengecat ulang dinding masjid yang terkena tulisan vandalisme tersebut.

Astaghfirullah, Masjid di Jogja Dicoret-Coret


Kapolsek Mantrijeron Kompol Totok Suwantoro mengatakan ini kejadian vandalisme pertama yang terjadi di dalam masjid. Pihaknya sudah bergerak untuk menindak lanjuti kejadian ini dan mencari tahu siapa pelaku yang tidak bertanggung jawab tersebut.
Selengkapnya
Posisi Tidur yang Dimurkai Allah

Posisi Tidur yang Dimurkai Allah

Tidur merupakan salah satu cara tubuh dan pikiran untuk beristirahat. Selain itu, tidur juga merupakan salah satu bentuk tanda kebesaran Allah SWT. Karena didalam tidur terdapat keajaiban-keajaiban serta hikmah yang tentu sangat berharga untuk kita pelajari.

Allah sudah mengingatkan kita bahwa salah satu tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah di waktu tidur kita,

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." [QS. Ar-Rum ayat 23]

Posisi Tidur yang Dimurkai Allah

Tidur memang sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia, namun ada yang perlu diperhatikan karena ada beberapa posisi tidur yang dimurkai oleh Allah SWT. Jadi kita hendaknya menghindari posisi tidur yang seperti ini jika kita tidak ingin terkena murka Allah SWT.

Salah satu posisi tidur yang dimurkai Allah adalah posisi tidur tengkurap. Dalam sebuah hadits Rasulullah sangat tidak menganjurkan dan bahkan melarang keras posisi tidur seperti itu.

Rasulullah menjelaskan bahwa posisi tidur tengkurap adalah posisi tidur yang dimurkai oleh Allah SWT, dalam sebuah hadits beliau bersabda,

"Sesungguhnya tidur yang seperti ini di murkai Allah? [HR. At-Tabrani]

Apa yang dimaksud tidur yang seperti ini? yang dimaksud adalah posisi tidur tengkurap, dalam sebuah kisah yang diriwayatkan oleh Thakhfah Al-Ghifari RA salah seorang yang tinggal di masjid Nabawi berkata,

"Aku tidur di masjid pada akhir malam, kemudian ada orang yang mendatangiku sedangkan aku tidur dengan posisi tengkurap. Lalu berkata: "Bangunlah dari tengkurapmu, karena tidur yang demikian adalah tidurnya orang-orang yang dimurkai Allah." Kemudian aku angkat kepalaku, maka ketika kulihat ia adalah Rasulullah SAW, maka akupun kemudian bangkit." [HR. Bukhari]

Alasan Rasulullah melarang kita untuk tidur dalam posisi tengkurap karena tidur seperti itu adalah posisi tidurnya para penghuni neraka. Rasulullah bersabda dalam hadits riwayat Ibnu Majah,

"Tidur tengkurap adalah posisi tidurnya penghuni neraka." [HR. Ibnu Majah]

Selain karena alasan tersebut, ada juga penjelasan ilmiah mengapa kita tidak dianjurkan untuk tidur dengan posisi tengkurap. Dari kacamata kesehatan, jelas mengatakan bahwa posisi tidur tengkurap dapat mengganggu fungsi pernafasan karena pada saat kita tidur dengan posisi tengkurap dada kita akan tertekan sehingga suplai oksigen menjadi tersendat.

Lalu bagaimana posisi tidur yang baik dan dianjurkan oleh Rasulullah? Rasulullah sudah menjelaskan dalam hadits,

"Jika engkau hendak menuju pembaringanmu, maka berwudhulah seperti engkau berwudhu untuk shalat,kemudian berbaringlah di rusukmu sebelah kanan." [HR. Bukhari]

Itulah posisi terbaik yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Jadi mulai dari sekarang hindari posisi tidur tengkurap, karena selain tidak baik bagi kesehatan, hal itu juga sangat dibenci oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat.
Selengkapnya
Video Lengkap Detik-Detik Ledakan Bom di Sarinah

Video Lengkap Detik-Detik Ledakan Bom di Sarinah

Indonesia kembali di landa teror, baru-baru ini teror terjadi di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. Peristiwa tersebut terjadi pada 14 Januari 2014 sekitar pukul 10.55 WIB.

Kejadian tersebut pertama kali terjadi dan diawali dengan aksi bom bunuh diri dari seorang pelaku teror di area Starbucks, tak lama berselang pelaku lain yang jumlahnya cukup banyak langsung menembakkan tembakan ke arah masyarakat yang ada di sekitar lokasi kejadian.

Video Lengkap Detik-Detik Ledakan Bom di Sarinah


Dua WNA yang ada di area parkir disandera oleh dua orang pelaku, polisi kemudian datang menyergap kedua pelaku tersebut dan akhirnya terjadi baku tembak antara polisi dan pelaku.

Dalam aksi baku tembak antara polisi dan pelaku, kedua pelaku berhasil ditembak mati oleh polisi. Sementara dua orang sandera berhasil melarikan diri dan selamat.

Kemudian datang pelaku lain menggunakan sepeda motor dan berhenti di pos polisi Sarinah, salah satu pelaku kemudian meledakkan bom bunuh diri dan membuat dirinya dan rekannya sendiri tewas karena ledakan bom bunuh diri tersebut.

Video amatir menampilkan detik demi detik peristiwa yang terjadi di TKP. Terlihat banyak orang-orang histeris dan suasana di area sangat mencekam. Berikut ini adalah video lengkap detik-detik ledakan bom di Sarinah.

Selengkapnya
Keimanan Tidak Memerlukan Logika Yang Rumit

Keimanan Tidak Memerlukan Logika Yang Rumit

Seorang lelaki dari Yaman telah memeluk Islam, tetapi karena keadaan ekonominya yang terbatas dan tempat tinggalnya yang sangat jauh dari Madinah, ia belum pernah menghadap dan bertemu langsung dengan Nabi SAW. Ia hanya berbai’at memeluk Islam dan belajar tentang peribadatan dari para pemuka kabilahnya yang pernah mendapat pengajaran Nabi SAW. Tetapi dengan segala keterbatasannya itu, ia mampu menjadi seorang mukmin yang sebenarnya, bahkan sangat mencintai Rasulullah SAW.

Suatu ketika ia mengikuti rombongan kabilahnya melaksanakan ibadah umrah ke Makkah. Sambil thawaf sendirian, terpisah dari orang-orang lainnya, orang dari Yaman ini selalu berdzikir berulang-ulang dengan menyebut asma Rabbnya, "Ya Kariim, ya Kariim….."

Keimanan Tidak Memerlukan Logika Yang Rumit

Ia memang bukan orang yang cerdas, sehingga tidak mampu menghafal dengan tepat doa atau dzikir yang idealnya dibaca ketika thawaf, sebagaimana diajarkan Nabi SAW. Karena itu ia hanya membaca berulang-ulang asma Allah yang satu itu. Tiba-tiba ada seorang lelaki yang mengikuti berjalan di belakangnya sambil mengucap juga, “Ya Kariim, ya Kariim!!”

Orang Yaman ini berpindah dan menjauh dari tempat dan orang tersebut sambil meneruskan dzikirnya, karena ia menyangka lelaki yang mengikutinya itu hanya memperolok dirinya. Tetapi kemanapun ia berpindah dan menjauh, lelaki itu tetap mengikutinya dan mengucapkan dzikr yang sama. Akhirnya orang Yaman ini berpaling menghadapi lelaki itu dan berkata, "Wahai orang yang berwajah cerah dan berbadan indah, apakah engkau memperolok-olokkan aku? Demi Allah, kalau tidak karena wajahmu yang cerah dan badanmu yang indah, tentu aku sudah mengadukan kamu kepada kekasihku…"

Lelaki itu berkata, “Siapakah kekasihmu itu?”

Orang Yaman ini berkata, “Nabiku, Muhammad Rasulullah SAW!!”

Lelaki itu tampak tersenyum mendengar penuturannya, kemudian berkata, "Apakah engkau belum mengenal dan bertemu dengan Nabimu itu, wahai saudaraku?"

"Belum..!!" jawabnya.

Lelaki itu berkata lagi, “Bagaimana mungkin engkau mencintainya jika engkau belum mengenalnya? Bagaimana pula dengan keimananmu kepadanya?"

Orang Yaman itupun berujar, "Aku beriman atas kenabiannya walau aku belum pernah melihatnya, aku membenarkan kerasulannya walau aku belum pernah bertemu dengannya…!!"

Lagi-lagi lelaki itu tersenyum dan berkata, "Wahai saudaraku, aku inilah Nabimu di dunia, dan pemberi syafaat kepadamu di akhirat…!!"

Memang, lelaki yang mengikuti orang dari Yaman itu tidak lain adalah Rasulullah SAW, yang juga sedang beribadah umrah. Sengaja beliau mengikuti perilakunya karena beliau melihatnya begitu polos dan ‘unik’, menyendiri dari orang-orang lainnya, tetapi tampak jelas begitu khusyu’ menghadap Allah dalam thawafnya itu.

Orang dari Yaman itu memandang Nabi SAW seakan tak percaya, matanya berkaca-kaca. Ia mendekat kepada beliau sambil merendah dan akan mencium tangan beliau.

Subhanallah, begitulah ketika keimanan sudah merasuk dalam sanubari seseorang, dia tidak lagi memerlukan sejumlah argumentasi dan logika yang njelimet. Begitulah yang Allah SWT. sebutkan dalam firman-Nya:


أَنَّ فِيكُمْ رَسُولَ اللَّهِ لَوْ يُطِيعُكُمْ فِي كَثِيرٍ مِنَ اْلأَمْرِ لَعَنِتُّمْ وَلَكِنَّ اللَّهَ حَبَّبَ إِلَيْكُمُ اْلإِيمَانَ وَزَيَّنَهُ فِي قُلُوبِكُمْ وَكَرَّهَ إِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ وَالْعِصْيَانَ أُولَئِكَ هُمُ الرَّاشِدُونَ


"Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalangan kamu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti (kemauan) kamu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu akan mendapat kesusahan tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan iman itu indah dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus." [QS. Al Hujurat ayat 7].

Sumber: Portal Piyungan
Selengkapnya
Siapa Jumbo Agar.io Sebenarnya?

Siapa Jumbo Agar.io Sebenarnya?

Mendengar kata Jumbo mungkin dalam benak kalian memikirkan tentang sesuatu yang besar, namun kali ini Jumbo yang dimaksud adalah seorang YouTuber terkenal yang terkenal karena ia memainkan Agar.io.

Jika kalian adalah pemain Agario dan sering bermain ke YouTube untuk mencari tahu trik-trik dan skill-skill dari pemain Agario lain, pasti kalian pernah melihat pemain Agario dengan nama Jumbo di YouTube.

Jumbo Agario

Ya, Jumbo adalah seorang YouTube Gamer yang memainkan GTA dan Agario. Video-videonya selalu mendapatkan perhatian yang baik dari para penggemarnya dan para pemain Agario.

Meskipun memainkan GTA dan Agario, namun yang membuat dirinya terkenal adalah karena video-videonya yang memainkan Agario. Bahkan Jumbo adalah pemain Agario paling terkenal di YouTube.

Ia memiliki strategi dan skill tinggi di permainan itu, sehingga tak jarang banyak orang yang menyematkan gelar King Agar kepada Jumbo. Selain sebagai gamer yang memiliki skill tinggi, Jumbo juga merupakan seorang penghibur yang baik.

Terlihat dari video-video yang dibuatnya, ia selalu membuatnya lucu dengan menambahkan suara-suara dan karakter-karakter gambar sehingga video-videonya seperti hidup, kebanyakan ia menggunakan karakter-karakter meme untuk digunakan di dalam videonya. Berikut ini adalah beberapa video Jumbo dalam memainkan Agar.io dan GTA

Agar.io:


GTA:


Namun, meskipun terkenal identitas seorang Jumbo masih sangat rahasia. Tidak ada yang tahu siapa nama aslinya, berasal dari mana, dan rupanya seperti apa. Namun akhirnya salah satu misteri Jumbo akhirnya terungkap.

Pada video 1 juta subscriber yang ia buat, dia akhirnya tampil langsung di depan kamera dan mengucapkan kegembiraannya atas pencapaiannya tersebut. Seperti apa si rupa Jumbo yang selalu tampil menghibur di belakang layar tersebut? Berikut ini videonya:

Selengkapnya
Komedian Budi Anduk Meninggal Dunia

Komedian Budi Anduk Meninggal Dunia

Lama tak terdengar kabarnya, beberapa waktu yang lalu dikabarkan bahwa Budi Anduk tengah kritis di rumah sakit. Budi Anduk kritis di rumah sakit karena penyakit yang di deritanya, kabar tentang kritisnya Budi Anduk ini datang dari sahabatnya yaitu Daus Mini.

Namun tak di sangka, kabar duka justru datang dari komedian bernama asli Budi Prihatin ini. Melalui media sosial Twitter, Budi Anduk dikabarkan meninggal dunia oleh Maman Suherman.

Komedian Budi Anduk Meninggal Dunia

Dalam cuitannya, Maman mengatakan "Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Turut berduka atas wafatnya sahabat kami, anggota @PP_PasKI Budi Anduk" tulisnya di Twitter.

Dalam cuitannya, Maman juga menunjukkan foto Budi Anduk yang tampak tengah terbaring lemah di rumah sakit dengan mengenakan alat bantu nafas.



Berita meninggalnya komedian Budi Anduk banyak membuat orang terkejut, dan ucapan belasungkawa pun mulai bermunculan di media sosial. Budi Anduk meninggal pada 11 Januari 2016 di usianya yang ke-47 tahun.

Karir Budi Anduk

Budi Anduk mengawali karirnya di dunia hiburan tanah air pada tahun 1996, saat itu ia menjadi figuran pada program Ngelaba (Patrio). Kemudian namanya semakin dikenal oleh masyarakat luas di program komedi Tawa Sutra yang tayang di ANTV. Pada tahun 2008, Budi Anduk juga pernah bermain di film layar lebar berjudul Tiren: Mati Kemaren, Tulalit, dan Ku Tunggu Jandamu.

Budi Anduk juga telah berhasil menyelesaikan kuliah S1 nya di Universitas Indonesia jurusan Ilmu Budaya tahun 1991. Semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT, Aamiin yaa Rabbal 'alamiin.
Selengkapnya
13 Aplikasi di Play Store Ini Berisi Malware Jahat!

13 Aplikasi di Play Store Ini Berisi Malware Jahat!

Jutaan orang yang menggunakan smartphone Android di dunia selalu menggunakan Play Store untuk mencari aplikasi atau game yang mereka inginkan baik secara gratis, berbayar maupun berlangganan.

Play Store merupakan sebuah toko aplikasi online yang dimiliki oleh Google untuk memudahkan para pengguna Android dalam mencari, mengunduh serta memperbaharui aplikasi maupun game yang ada di dalam smartphone Android.

13 Aplikasi di Play Store Ini Berisi Malware Jahat!

Meskipun toko aplikasi ini milik Google, namun ternyata tidak menjamin bahwa semua aplikasi yang di unduh di Play Store aman dari malware yang dapat membahayakan smartphone Anda.

Mengutip dari situs phonearena.com, bahwa ada 13 aplikasi yang berisi malware jahat yang dapat membahayakan smartphone Android Anda. Dan saat ini pihak Google telah menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dari Play Store karena dianggap membahayakan pengguna Android.

Namun sayangnya, aplikasi-aplikasi tersebut sudah banyak di unduh oleh ribuan orang pengguna Android dan bahkan beberapa aplikasi diantaranya sudah diunduh oleh lebih dari 500.000 pengguna dengan total rating 4,3.

Berikut adalah daftar aplikasi yang terinfeksi malware tersebut:

  • Cake Blast
  • Jump Planet
  • Honey Comb
  • Crazy Block
  • Crazy Jelly
  • Tiny Puzzle
  • Ninja Hook
  • Piggy Jump
  • Just Fire
  • Eat Bubble
  • Hit Planet
  • Cake Tower
  • Drag Box

Malware Android Berbahaya

Malware ini bekerja untuk menginstall aplikasi-aplikasi lain ke ponsel yang terinfeksi tanpa sepengetahuan si pemilik ponsel tersebut. Selain itu malware ini juga akan terus menampilkan iklan-iklan yang sangat mengganggu. Akibatnya, kuota akan cepat habis karena secara diam-diam digunakan untuk menampilkan iklan dan mengunduh aplikasi tanpa sepengetahuan dan tanpa izin dari pemilik ponsel.

Parahnya lagi, malware tersebut tidak dapat dihapus dengan mudah bahkan meskipun ponsel korban dilakukan factory reset. Untuk itu kita perlu berhati-hati dalam menginstall aplikasi, unduhlah aplikasi jika memang dibutuhkan.
Selengkapnya
Daftar Perintah (Command) Agar.io Private Server

Daftar Perintah (Command) Agar.io Private Server

Beberapa waktu yang lalu, kami telah memberikan artikel tentang cara bermain Agario di private server. Dan sesuai janji saya pada artikel tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan artikel tentang perintah-perintah (command) yang dapat dijalankan di Agar.io private server.

Jika Anda belum tahu tentang bagaimana cara memainkan Agar.io di private server localhost, baca artikelnya disini: Cara Bermain Agar.io Single Player. Agario private server ini dijalankan menggunkan Ogar Project dan setiap perintahnya menggunakan command prompt.

Daftar Perintah (Command) Agar.io Private Server

Anda harus mengunduh Ogar Project terlebih dahulu disini, setelah itu lakukan langkah-langkah seperti pada artikel sebelumnya.

Jika sudah berhasil memainkan Agar.io di localhost, maka selanjutnya gunakan perintah-perintah berikut ini untuk dijalankan di Agario private server tadi, caranya adalah buka program Ogar Project tadi lalu pada command prompt ketikkan perintah-perintah dibawah ini:

  1. Addbot [Jumlah Bot]: Untuk menambah jumlah bot, contoh Addbot 10 untuk menambah 10 bot (pemain).
  2. Name [Player ID] [Nama Baru]: Untuk merubah nama pemain berdasarkan ID, contoh Name 10 Makintau Keren untuk mengubah nama player dengan ID 10 menjadi Makintau Keren.
  3. Color [Player ID] [Red] [Green] [Blue]: Untuk mengubah warna cell, contoh Color 2 red untuk mengubah player dengan ID 2 ke warna merah.
  4. Kick [Player ID]: Untuk mengeluarkan pemain dari server.
  5. Playerlist: Untuk melihat ID, Nama dan semua informasi pemain yang bermain di server.
  6. Mass [Player ID] [Jumlah Massa]: Menambah jumlah massa pada cell berdasarkan ID.
  7. Gamemode [ID]: Merubah game mode pada private server. Berikut adalah ID gamemode yang tersedia.

Id Name
0 Free For All
1 Teams
2 Experimental (As of 6/13/15)
10 Tournament
11 Hunger Games
12 Zombie Mode
13 Team Z
14 Team X
20 Rainbow FFA - Hint: Use with "setAcid(true)"

Itulah beberapa perintah yang dapat dijalankan di Agario private server, semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kekurangan.
Selengkapnya
3 Dosa Besar yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar

3 Dosa Besar yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar

Allah telah menetapkan apapun yang dihalalkan dan apapun yang diharamkan untuk kita. Oleh karena itu kita wajib mentaati aturan-aturan yang telah Allah tetapkan untuk kita.

Karena apabila kita melanggar apa yang telah Allah tetapkan maka kita akan mendapatkan dosa. Seperti yang telah kita tahu, dosa terbagi menjadi dua bagian yakni dosa besar dan dosa kecil. Dosa besar adalah dosa yang paling berat kadar dosanya, bahkan jika seseorang melakukan dosa besar dan hingga akhir hayatnya ia tidak bertaubat, maka orang tersebut akan mendapatkan azab yang besar di akhirat kelak.

3 Dosa Besar yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar

Namun, dalam kehidupan kita seperti sekarang ini dosa-dosa besar berikut ini tanpa sadar sering sekali dilakukan oleh orang-orang. Mereka tidak sadar bahwa apa yang dilakukan itu membuat dirinya terancam azab yang sangat mengerikan di akhirat kelak, dan berikut ini adalah 3 dosa besar yang sering dilakukan tanpa disadari.

1. Riba

Riba adalah salah satu dosa besar yang sering dilakukan tanpa diri kita sadar. Padahal riba merupakan sesuatu yang telah Allah haramkan bagi kita seperti yang disebutkan dalam Alquran,

"...padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba..." [QS. Al-Baqarah ayat 275]

Riba berarti menetapkan bunga atau dalam kata lain melebihkan jumlah pengembalian pinjaman dengan berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok.

Saat ini, riba sangat sering kita jumpai dalam berbagai bentuk dan dengan nama yang berbeda-beda. Adapun beberapa contoh riba dalam kehidupan sehari-hari seperti:

  1. Transaksi perbankan (Bunga)
  2. Transaksi jual-beli secara kredit
  3. Transaksi Asuransi

Namun sayangnya karena alasan keadaan, praktik riba ini sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal tiap-tiap orang yang terlibat riba sama-sama mendapatkan dosa yang besar. Bahkan Rasulullah pernah bersabda bahwa riba itu ada 70 macam dosa dan Rasul mengibaratkan yang paling ringan dari dosa riba adalah seperti seseorang yang berzina dengan ibunya, astaghfirullah.

2. Riya' (Pamer)

Riya juga merupakan salah satu dosa besar yang sering dilakukan tanpa sadar. Allah telah berfirman dalam surat Al-Ma'un bahwa orang-orang yang riya' adalah termasuk dalam golongan orang yang celaka.

Orang yang suka menyebut-nyebut pemberiannya dihadapan orang lain dengan tujuan agar dirinya dipuji bahwa ia adalah orang yang dermawan dan sebagainya juga termasuk dalam kategori riya'.

Selain itu, orang yang shalat, membaca Alquran atau beribadah lainnya dengan tujuan agar mendapatkan pujian bahwa dirinya adalah orang yang alim juga termasuk kedalam riya.

Riya' selain sebagai salah satu dosa besar juga merupakan suatu hal yang menyebabkan terhapusnya amalan baik seseorang. Untuk itu alangkah baiknya bagi kita untuk menjauhi sifat riya'.

3. Menyakiti Tetangga

Tetangga adalah termasuk orang yang dekat dengan kita, oleh karena itu dalam Islam dianjurkan untuk selalu berbuat baik kepada orang-orang terdekat kita termasuk kepada tetangga.

Menyakiti tetangga adalah sebuah dosa besar yang juga sering tidak kita sadari. Padahal orang yang menakiti tetangga tidak akan masuk kedalam surga, seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah:

"Tidak masuk surga seseorang yang tetangganya tidak merasa aman dari kejahatannya." [HR. Bukhari dan Muslim]

Untuk itu jagalah perilaku dan perkataan kepada tetangga kita, karena mungkin barangkali tanpa sadar kita dapat menyakiti tetangga kita dengan perkataan. Kemudian selain itu, Rasulullah juga memerintahkan kita untuk selalu berbagi dengan tetangga. Bahkan Rasulullah pernah menyampaikan bahwa kita tidak boleh kenyang sedangkan tetangga kita ada yang kelaparan.

Oleh karena itu kita harus selalu bergaul dengan orang-orang yang berada di sekitar lingkungan kita dan membantu tetangga kita yang sedang membutuhkan bantuan dengan semampu kita.

Itulah beberapa dosa besar yang sering dilakukan tanpa sadar. Semoga kita dapat menjaga diri kita dari perbuatan-perbuatan semacam itu. Semoga bermanfaat dan kami mohon maaf apabila ada kesalahan.
Selengkapnya
Cara Alami Mengobati Anemia atau Kurang Darah

Cara Alami Mengobati Anemia atau Kurang Darah

Setelah kemarin kami memberikan informasi cara mengobati wasir secara tradisional, kini kami akan kembali membagikan cara alami dalam mengobati penyakit anemia.

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena jumlah hemoglobin dalam sel darah merah berada di bawah normal. Penderita penyakit anemia ini biasanya merasa badan terasa lemas, kulit pucat dan memiliki berat badan yang tidak ideal.

Selain itu, penderita juga akan merasa pusing, mudah mengantuk dan pingsan. Penyakit ini adalah penyakit yang memiliki jumlah penderita yang cukup banyak.

Cara Alami Mengobati Anemia atau Kurang Darah

Orang yang terkena penyakit anemia biasanya memiliki tanda-tanda seperti berikut:
  • Letargi
  • Nafas pendek atau sesak, terutama saat beraktfitas
  • Kepala terasa ringan
  • Palpitasi
  • Pucat
  • Kekebalan Tubuh Menurun
  • Glossitis : terjadi pada pasien anemia megaloblastik, anemia defisiensi besi
  • Stomatitis angular : terjadi pada pasien anemia defisiensi besi.
  • Jaundis (kekuningan) : terjadi akibat hemolisis, anemia megaloblastik ringan.
  • Splenomegali : akibat hemolisis, dan anemia megaloblastik.
  • Ulserasi di kaki : terjadi pada anemia sickle cell
  • Deformitas tulang : terjadi pada talasemia
  • Neuropati perifer, atrofi optik, degenerasi spinal, merupakan efek dari defisiensi vitamin B12.
  • Garing biru pada gusi (Burton’s line), ensefalopati, dan neuropati motorik perifer sering terlihat pada pasien yang keracunan metal.

Untuk mengobati penyakit ini, biasanya dilakukan beberapa terapi seperti:
  • Transfusi darah
  • Pemberian kortikosteroid atau obat-obatan lain yang dapat menekan sistem imun.
  • Pemberian eritropoietin, hormon yang berperan pada proses hematopoiesis, berfungsi untuk membantuk sumsum tulang pada proses hematopoiesis.
  • Pemberian suplemen besi, vitamin B12, vitamin-vitamin, dan mineral lain yang dibutuhkan.

Namun, ada juga cara alami untuk mengobati penyakit anemia ini dan berikut adalah beberapa caranya:

Obat Alami Menyembuhkan Anemia

Untuk membuat ramuan alami dalam mengobati anemia atau kurang darah, siapkanlah bahan-bahan berikut:

  • 3 kerat lempuyang sebesar jari tangan
  • Gula jawa secukupnya
  • Kunyit secukupnya

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan telah siap, kita masuk pada tahap pembuatan:

Cucilah kunyit dan lempuyang dengan air hingga bersih, lalu tanpa dikupas kulitnya kunyit dan lempuyang diparut dan kemudian dibubuhi gula jawa dan diperas.

Kemudian rebuslah perasan kunyit dan lempuyang yang sudah dibubuhi gula jawa tersebut dengan menggunakan 3 gelas air hingga airnya tinggal 1 gelas. Jika rasanya masih kurang terasa manis, maka tambahkan gula jawa secukupnya.

Setelah itu biarkan air rebusan tersebut hingga dingin, dan minumlah ramuan tersebut ketika hendak tidur. Minumlah secara rutin agar anemia Anda dapat sembuh. Semoga bermanfaat.
Selengkapnya
Awal Mula di Wajibkan Shalat 5 Waktu

Awal Mula di Wajibkan Shalat 5 Waktu

Shalat wajib 5 waktu baru diterima oleh Rasulullah ketika beliau melakukan perjalanan Isra' dan Mi'raj, sehingga sebelum itu umat Islam tidak memiliki kewajiban untuk shalat 5 waktu seperti yang kita lakukan sekarang ini.

Menurut para ulama, pada saat sebelum diwajibkannya shalat wajib 5 waktu pada waktu itu shalat yang diwajibkan pertama kali untuk umat Islam adalah shalat malam seperti yang diperintahkan Allah dalam Alquran surat Al-Muzzammil ayat 1-2

"Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya)," [QS. Al-Muzzammil ayat 1-2]

Kemudian Allah memberikan keringanan dengan menghapus kewajiban shalat malam dan menggantinya dengan qiyamul lail yaitu menghidupkan sebagian malam dengan beribadah seperti shalat malam, membaca Alquran, berdzikir, dan lain sebagainya sesuai dengan perintah Allah dalam surat Al-Muzzammil ayat 20.

Awal Mula di Wajibkan Shalat 5 Waktu

Lalu kewajiban ini juga dihapus dengan turunnya perintah shalat wajib pada saat Nabi Muhammad melakukan Isra' dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan lalu Mi'raj ke Sidratul Muntaha.

Pada saat Rasulullah menerima perintah shalat pertama kali, Allah memberikan perintah untuk shalat 50 waktu dalam sehari. Rasulullah pun menerima perintah tersebut dan hendak kembali ke bumi untuk menyampaikan perintah Allah tersebut, namun di langit keenam, beliau bertemu dengan Nabi Musa AS.

Kemudian Nabi Musa bertanya kepada Rasulullah, "Apa yang Allah perintahkan kepadamu ya Muhammad?" kemudian beliau menjawab, "Aku diperintahkan untuk melaksanakan lima puluh kali sholat salam sehari semalam", Nabi Musa kemudian menasihati Nabi Muhammad dan berkata, "Umatmu tak kan mampu melakukan lima puluh kali sholat setiap hari. Karena saya telah mencobanya pada umat sebelum umatmu. Dan aku telah membina Bani Israil dengan susah payah. Kembalilah kepada Tuhanmu. Mintalah keringanan untuk umatmu."

Kemudian Rasulullah kembali menghadap Allah SWT untuk meminta keringanan perintah tersebut, lalu Allah memberikan keringanan dengan mengurangi 10 dari yang diwajibkan, kemudian beliau turun dan di langit keenam beliau kembali bertemu dengan Musa dan Nabi Musa kembali menyarankan hal yang sama hingga Rasulullah menerima perintah shalat wajib 5 kali dalam sehari.

Setelah berulang kali meminta keringanan kepada Allah SWT, Nabi Muhammad kembali bertemu dengan Nabi Musa di langit keenam, Nabi Musa kembali menyarankan untuk meminta keringanan. Namun Rasulullah bersabda, "Aku telah berulang kali memohon keringanan kepada Rabb-ku, sampai aku merasa malu. Tetapi aku ridho dan menerima perintah tersebut."

Kemudian beliau pun tetap melanjutkan perjalanannya untuk kembali ke Bumi, setelah melewati Musa 'alaihissalam terdengar seruan yang berbunyo: "Telah Kusampaikan kewajiban (kalian) atasKu, dan Aku berikan keringanan untuk hamba-hambaKu"

Kemudian Rasulullah kembali ke bumi dengan membawa kabar perintah shalat lima waktu. Namun pada waktu awal-awal waktu shalat diwajibkan, seluruh waktu shalat hanya diwajibkan 2 raka'at saja kecuali maghrib yang memiliki 3 raka'at.

Kemudian penambahan rakaat shalat dilakukan setelah Rasulullah hijrah ke kota Madinah, waktu-waktu shalat yang mendapatkan tambahan rakaat yakni Dzuhur, Ashar, dan Isya' yang mendapatkan tambahan 2 rakaat sehingga menjadi 4 rakaat. Sedangkan Maghrib dan Subuh tetap memiliki 3 rakaat dan 2 rakaat.

Penambahan rakaat shalat ini termaktub dalam sahih Bukhari yang diterangkan oleh Aisyah ra, beliau menceritakan:

"Pada awalnya, shalat itu diwajibkan dua rakaat. Kemudian setelah beliau Shallallahu 'alaihi wasallam hijrah, shalat diwajibkan menjadi empat rakaat. Hanya saja ketentuan sholat untuk orang yang safar, seperti ketentuan sholat sebelumnya (yakni 2 rakaat untuk sholat yang 4 raka'at)"

Kemudian juga di dalam riwayat Imam Ahmad diriwayatkan:

"Kecuali shalat maghrib (maka tetap 3 raka'at), karena ia sebagai witir. Dan subuh (2 raka'at) karena bacaan sholat subuh (diperintahkan) untuk dipanjangkan"

Itulah asal mula diwajibkannya shalat lima waktu yang hingga kini dilaksanakan oleh umat Islam, semoga dapat menambah pengetahuan kita semua.
Selengkapnya
Cara Mengobati Wasir atau Ambeien Secara Tradisional

Cara Mengobati Wasir atau Ambeien Secara Tradisional

Penyakit ambeien atau wasir akan sangat mengganggu untuk penderitanya, pasalnya penderita penyakit ini akan tidak dapat kuat untuk duduk lama. Dan biasanya saat melakukan buang air besar akan disertai dengan darah.

Wasir disebabkan karena membengkaknya strukur vaskular dalam saluran anus untuk membantu kontrol buang air besar yang disebut dengan Hemorrhoid. Wasir atau ambeien sendiri memiliki dua jenis yakni wasir eksternal dan wasir internal.

Cara Mengobati Wasir atau Ambeien Secara Tradisional

Untuk menyembuhkan wasir biasanya dapat dilakukan dengan jalan operasi, namun ada beberapa cara alami dan tradisional untuk mengobati wasir. Maka dari itu, jika Anda adalah salah satu penderita penyakit ini maka jangan biarkan penyakit Anda hingga berlarut-larut menahun. Lakukan pengobatan tradisional yang mudah dan cepat untuk mengobati wasir.

Cara Tradisional Mengobati Wasir atau Ambeien


Untuk mengobati wasir dengan cara dan ramuan herbal tradisional ini, maka siapkan bahan-bahan berikut ini:

  1. Beberapa daun jambu yang masih muda.
  2. Biji pisang klutuk (pisang yang banyak memiliki biji)

Cara membuat:

Setelah bahan-bahan tersebut siap, maka mari kita membuat ramuan obat untuk mengobati wasir atau ambeien dengan menggunakan resep tradisional. Caranya adalah pertama-tama jambu dan pisang dicuci hingga bersih. Tanpa dikupas kulitnya, pisang klutuk lalu langsung diparut untuk dicampurkan dengan daun jambu yang sudah ditumbuk hingga halus.

Lalu minumlah campuran parutan pisang klutuk yang sudah diparut dan dicampurkan dengan daun jambu yang ditumbuk itu secara rutin. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal, jika penderita ambeien merasa sudah sembuh dan tidak merasakan sakit di bagian dubur lagi maka sebaiknya tetap merutinkan meminum ramuan tersebut agar tubuh tetap sehat dan tidak terkena wasir.

Untuk mencegah penyakit ini datang kembali, maka sangat disarankan untuk menghindari makanan-makanan yang dapat mendatangkan penyakit ini seperti makanan yang pedas, masam dan makanan-makanan yang terlalu berserat serta tidak mengkonsumsi alkohol. Selain itu hindari juga terlalu banyak mengkonsumsi kopi, teh dan makanan dan minuman yang bersifat panas lainnya.

Itulah cara alami untuk mengobati wasir atau ambeien dengan cara dan ramuan yang alami, semoga bermanfaat.
Selengkapnya
Macam-Macam Najis dan Cara Membersihkan Najis

Macam-Macam Najis dan Cara Membersihkan Najis

Islam adalah agama yang selalu peduli akan kebersihan, karena dalam Islam menjaga kebersihan itu sangatlah penting terutama menjaga kebersihan diri dari najis.

Seperti yang kita ketahui, najis dapat menghalangi kita untuk melakukan ibadah seperti shalat, membaca Alquran dan sebagainya. Dalam Islam sendiri najis dibedakan dalam beberapa kelompok menurut tingkatannya.

Macam-Macam Najis dan Cara Membersihkan Najis


Dan berikut ini adalah beberapa macam-macam najis yang perlu kita ketahui dalam Islam.

1. Najis Mukhaffafah (Najis Ringan)

Najis Mukhaffafah adalah najis ringan, biasanya najis ini berasal dari air seni seorang bayi laki-laki yang masih dibawah usia 2 tahun dan hanya masih diberi makan berupa ASI (air susu ibu). Karena merupakan sebuah najis yang ringan maka untuk membersihkan najis ini juga cukup mudah yaitu cukup dengan memercikan air ke bagian yang terkena najis tersebut.

2. Najis Mutawassithah (Najis Biasa/Sedang)

Najis Mutawassithah adalah najis yang berasal dari kotoran baik kotoran hewan atau manusia, air kencing, bangkai (kecuali ikan dan belalang), air susu hewan yang diharamkan dagingnya, dan lain sebagainya.

Najis mutawassithah juga dibedakan menjadi dua yaitu:
  1. Najis ‘Ainiyah: Jelas terlihat rupa, rasa atau tercium baunya.
  2. Najis Hukmiyah: Tidak tampak (bekas kencing & miras)

Untuk mensucikan diri dari najis mutawassthah, yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian yang terkena najis dengan menggunakan air yang mengalir hingga benar-benar hilang najisnya.

3. Najis Mughalladhah (Najis Berat)

Najis Mughalladhah adalah najis yang paling tinggi tingkatannya, najis ini berasal dari air liur anjing, babi dan sebagainya. Karena merupakan najis yang berat, maka untuk cara membersihkan diri dari najis ini perlu menggunakan bilasan air 7 kali dimana salah satunya dibersihkan menggunakan tanah agar najis tersebut benar-benar hilang.

Itulah beberapa macam-macam najis dan cara membersihkannya, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.
Selengkapnya