Mushala di Papua Dibakar Saat Shalat Ied

Mushala di Papua Dibakar Saat Shalat Ied

Kekacauan terjadi pada pelaksanaan salat Idul Fitri 1436 Hijriah di Kabupaten Tolikara, Papua. Sebuah musala dilempar dan dibakar. Warga setempat jadi ketakutan.

Peristiwa itu terjadi sekira pukul 07.00 WIT, Jumat 17 Juli. Umat Islam tengah melaksanakan salat Id di halaman Koramil 1702 / JWY. Saat imam mengucapkan takbir pertama, tiba-tiba beberapa orang mendekati jemaah dan berteriak.

Mushala di Papua Dibakar Saat Shalat Ied

Jemaah bubar dan menyelamatkan diri ke markas Koramil. Sejam kemudian, orang-orang itu melempari Musala Baitul Mutaqin yang berada di sekitar lokasi kejadian. Mereka juga membakar rumah ibadah tersebut. Selain musala, enam rumah dan sebelas kios pun menjadi sasaran amukan orang-orang itu.

Hingga berita ini dimuat, polisi dan TNI berjaga-jaga di sekitar lokasi kejadian. Petugas gabungan mengantisipasi kerusuhan berlanjut. Alasan pengrusakan dan pembakaran tersebut pun belum diketahui. Belum ada pula keterangan resmi dari aparat setempat. (MetroTVNews)
Selengkapnya
Mengenal Malaikat Jibril

Mengenal Malaikat Jibril

Jibril adalah malaikat Allah yang bertugas untuk menyampaikan wahyu kepada para Nabi dan Rasul Allah. Jibril dipercaya sebagai pemimpin para malaikat, dalam agama Kristen Jibril dikenal sebagai Gabriel.

Dalam Islam, kata malaikat adalah bentuk jamak dari kata malakun yang memiliki arti utusan. Malaikat adalah makhluk ghaib yang Allah ciptakan dari cahaya, mereka selalu taat kepada perintah Allah dan selalu beribadah kepada-Nya.

Tidak seperti manusia, malaikat tidak makan, minum, tidur, dan lain sebagainya. Selama hidupnya, siang dan malam malaikat hanya mengabdikan dirinya kepada Allah SWT.

Sayap malaikat

Malaikat Jibril disebutkan didalam Alquran sebanyak dua kali, yaitu pada surat Al-Baqarah ayat 97-98 dan Surah At-Tahrim ayat 4. Jibril memiliki julukan lain yaitu Ruh al Amin dan Ruh al Qudus, Ar-Ruh Al-Amin dan lainnya.

Malaikat Jibril bukan hanya sebagai penyampai wahyu kepada Nabi saja, namun Jibril juga merupakan pelindung Rasulullah jika beliau mendapatkan masalah. Seperti dalam firman Allah sebagaimana berikut:

"Jika kamu berdua bertaubat kepada Allah, maka sesungguhnya hati kamu berdua telah condong (untuk menerima kebaikan); dan jika kamu berdua bantu-membantu menyusahkan Nabi, maka sesungguhnya Allah adalah Pelindungnya dan (begitu pula) Jibril dan orang-orang mukmin yang baik; dan selain dari itu malaikat-malaikat adalah penolongnya pula." [QS. At-Tahrim ayat 4]

Pada malam Lailatul Qadar, malaikat Jibril dan malaikat-malaikat lainnya juga turun ke bumi untuk mengucapkan salam keselamatan bagi orang-orang yang beriman.

Allah SWT berirman:

"Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." [QS. Al-Qadr ayat 4-5]

Wujud Jibril

Jibril menampakkan wujudnya kepada Rasulullah dengan enam ratus sayap antara barat-timur (masyrik dan maghrib). Busana kebesaran Jibril adalah putih laksana mutiara yang begitu indah dan rupawan dengan kekuatan yang dahsyat dan penuh mukjizat dari Allah.

Baca Juga: Bagaimana Wujud Asli Malaikat Jibril?

Wujud-wujud malaikat juga sudah dijelaskan dalam Alquran, ada yang berjumlah dua, tiga, dan empat. Sebagaimana firman Allah SWT:

"Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." [QS. Fatir ayat 1]

Sebagai umat Islam, iman kepada malaikat adalah merupakan salah satu rukun iman. Kita harus mempercayai dengan sepenuh hati bahwa Allah telah menciptakan makhluk bernama malaikat.

Allah berfirman:

"Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali"." [QS. Al-Baqarah ayat 285]

Malaikat Jibril memiliki kemampuan yaitu dapat terbang dan turun dari langit dengan sangat cepat, dan didalam Alquran juga dijelaskan bahwa para malaikat itu memiliki kecepatan terbang yang sangat luar biasa cepat.

Allah berfirman:

"dan (malaikat-malaikat) yang turun dari langit dengan cepat, dan (malaikat-malaikat) yang mendahului dengan kencang," [QS. An-Nāzi`āt]

Dalam sebuah kisah, setelah Allah selesai meciptakan malaikat Jibril dengan bentuk yang indah dan Allah menciptakan baginya 600 sayap yang indah dan panjang. Setelah malaikat Jibril melihat dirinya sendiri, ia berkata kepada Allah SWT, "Wahai Rabb-ku, apakah engkau menciptakan makhluk lain yang lebih baik daripada aku?" lalu Allah menjawab, "Tidak.". Mendengar jawaban itu, malaikat Jibril pun berdiri dan melakukan shalat 2 rakaat sebagai bentuk syukurnya kepada Allah SWT yang menciptakannya.

Pada setiap rakaat shalat yang dikerjakan oleh malaikat Jibril membutuhkan waktu 20.000 tahun lamanya. Setelah malaikat Jibril melakukan shalat, kemudian Allah berfirman,

"Wahai Jibril, kamu telah menyembah-Ku dengan bersungguh-sungguh. Dan tidak ada seorangpun yang menyembah-Ku seperti yang engkau lakukan. Akan tetapi di akhir zaman nanti, akan datang seorang nabi yang mulia yang paling Aku cintai bernama Muhammad. Dia memiliki umat yang lemah dan senantiasa berbuat dosa, seandainya mereka melakukan shalat sebanyak 2 rakaat walau hanya sebentar dengan pikiran yang pelayang-layang dan dosa merekapun besar maka demi kemuliaan-Ku dan ketinggian-Ku, sesungguhnya sholat mereka itu yang lebih Aku sukai daripada shalatmu. Karena mereka melakukan shalat karena atas perintah-Ku, sedangkan engkau melakukan shalat bukan atas perintah-Ku"

Setelah mendengar hal tersebut, Jibril kembali bertanya kepada Allah, "Ya Rabb, apakah Engkau memberikan kepada mereka sebagai ganjaran atas ibadah mereka kepada-Mu?", Allah menjawab, "Ya, Jibril. Akan Aku berikan surga Ma'wa sebagai tempat tinggal mereka."

Kemudian Jibril memohon kepada Allah agar diperkenankan untuk melihat surga Ma'wa tersebut. Maka Allah mengabulkan permohonan Jibril, dan Jibril pun segera berangkat menuju surga Ma'wa.

Ia membentangkan seluruh sayapnya, ia pun terbang. Setiap kali malaikat Jibril mengepakkan sayapnya ia mampu menempuh jarak sejauh 300.000 tahun perjalanan. Namun, dengan kekuasaan Allah SWT sekalipun malaikat Jibril memiliki kemampuan terbang yang sangat luar biasa, namun tetap saja ia tidak dapat sampai ke surga Ma'wa.

Malaikat Jibril pun berhenti sejenak dan bersujud kepada Allah dan berkata kepada Allah, "Ya Allah, apakah perjalananku telah separuhnya? ataukah baru 2/3? atau bahkan separuhnya?" maka Allah berfirman, "Hai Jibril, walaupun kamu mampu terbang sejauh 300.000 tahun dengan sayap-sayapmu yang sudah ada dan Aku tambahkan lagi 600 sayap, niscaya kamu tidak akan bisa mencapainya, karena surga Ma'wa hanya akan Aku berikan kepada umat Muhammad, sebagai hadiah yang istimewa dari-Ku, karena mereka mau mengerjakan shalat".

Ratusan, atau bahkan ribuan abad yang lalu, Jibril bersama Mikail dan Israfil pernah mendatangi kekasih Allah yaitu Nabi Ibrahim AS. Ketiganya datang untuk memberitakan untuk menyampaikan kabar gembira kepada Ibrahim dan Sarah akan kehadiran buah hati mereka.

Setelah mereka menyampaikan kabar tersebut, mereka pun pergi untuk menemui nabi Luth. Jibril pernah mencongkel bumi seluas lima desa, mengangkatnya ke langit, dan membalikkannya hanya dengan satu sayapnya. Jibril mengazab kaum Nabi Luth karena perbuatan mereka sudah sangat menyimpang.

Baca Juga: Kisah Hancurnya Umat Nabi Luth

Tugas-Tugas Jibril

Selain sebagai malaikat yang menyampaikan wahyu kepada Nabi dan Rasul, Jibril juga dikenal sebagai penghulu para malaikat. Allah berfirman,

"Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan," [QS. Ash-Shu`arā' ayat 192-194]

Setelah malaikat era kenabian berakhir, lantas apakah malaikat Jibril pensiun dari tugas-tugasnya? para ulama sepakat mengatakan bahwa meskipun era kenabian sudah berakhir, namun malaikat Jibril masih tetap menyampaikan pesan-pesan Allah kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya.

Inilah yang disebut dengan ilham, malaikat Jibril menyampaikannya kepada orang-orang yang dikehendaki Allah seperti kepada waliyullah yang shaleh dan lainnya. Malaikat Jibril juga dijelaskan dalam sebuah hadits shahih bahwa ia tidak akan memasuki rumah yang didalamnya terdapat berhala dan anjing.

Pada waktu Perang Badar, malaikat Jibril juga diutus oleh Allah untuk membantu kaum muslimin menghadapi kaum kafir Quraisy. Pada saat perang Badar, jumlah kaum muslimin sangat jauh dibawah kaum kafir Quraisy.

Melihat hal itu, kemudian Rasulullah SAW berdoa kepada Allah SWT memohon pertolongan,

"...Ya Allah, jika Engkau berkehendak (orang kafir menang), Engkau tidak akan disembah. Ya Allah, jika pasukan yang kecil ini Engkau binasakan pada hari ini, Engkau tidak akan disembah..."

Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam mengulang-ulang do'a ini sampai selendang beliau tarjatuh karena lamanya berdoa, kemudian datanglah Abu Bakar As Shiddiq radhiyallahu 'anhu memakaikan selendang beliau yang terjatuh sambil memeluk beliau, "Cukup-cukup, wahai Rasulullah..."

Kisah ini diabadikan oleh Allah dalam firman-Nya,

"(Ingatlah), ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkan (pendirian) orang-orang yang telah beriman". Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka. (Ketentuan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya mereka menentang Allah dan Rasul-Nya; dan barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya Allah amat keras siksaan-Nya." [QS. Al-Anfal ayat 12-13]

Setelah Rasulullah berdo'a maka Allah menurunkan 1000 pasukan malaikat yang dipimpin langsung oleh malaikat Jibril. Hal ini membuat pasukan kafir kocar-kacir.

Allah berfirman,

"(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: "Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut". [QS. Al-Anfal ayat 9]

Dan hingga pada akhirnya umat Islam berada dalam kemenangan, hal ini berkat pertolongan Allah SWT. Allah berfirman,

"Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya." [QS. Ali Imran ayat 123]

Itulah beberapa kisah tentang malaikat Jibril. Semoga bermanfaat.
Selengkapnya
Emmanuel Adebayor Mualaf?

Emmanuel Adebayor Mualaf?

Kabar mengejutkan datang dari salah seorang pesepakbola terkenal asal Togo, Emmanuel Adebayor. Mantan pemain Real Madrid tersebut dikabarkan telah menjadi seorang muslim atau telah mualaf.

Dalam video yang beredar di internet, terlihat bahwa Adebayor tengah hadir dalam sebuah acara keagamaan. Ia terlihat duduk ditengah kerumunan orang-orang dan ia juga terlihat memakai pakaian gamis serba putih.

Emmanuel Adebayor Mualaf?

Tidak hanya itu, rekaman tersebut juga memperlihatkan ketika Adebayor mengucapkan kalimat syahadat. Penasaran dengan videonya? Lihat video berikut ini,



Syahadat merupakan ikrar dari seorang untuk menyatakan keyakinan terhadap Islam. Walau demikian, belum diketahui apakah Adebayor mengucapkan kalimat suci tersebut untuk menjadi mualaf atau bukan.

Dalam beberapa waktu terakhir ini, Adebayor memang tengah dirundung berbagai macam masalah, Selain jarang mendapat kesempatan tampil di klubnya, Tottenham Hotspur, penyerang asal Republik Togo juga terlibat persoalan pelik dengan keluarga besarnya.

Tak kuasa memendam masalahnya dengan keluarga, Adebayor sampai tak sungkan lagi mengumbar aib mereka ke publik melalui tulisan di akun Facebook pibadi.

Salah satu tindakan buruk kepada Adebayor, bahkan dilakukan oleh ibunya sendiri. Dia sengaja mempraktikkan ilmu hitam untuk merusak permainan eks bomber Real Madrid dan Arsenal itu.
Selengkapnya
Beberapa Fakta Tentang Nabi Isa AS

Beberapa Fakta Tentang Nabi Isa AS

Isa bin Maryam adalah salah satu sosok penting dalam Islam. Sosoknya begitu dihormati, bukan hanya dikalangan umat Islam, sosok Isa al-Masih juga dikenal oleh para pengikut agama lain seperti Yahudi dan Nasrani.

Dikalangan umat Nasrani, Isa bin Maryam dikenal sebagai Yesus Kristus. Umat Nasrani menganggap bahwa Nabi Isa AS telah disalib dan dikubur untuk menebus dosa-dosa manusia. Sedangkan orang-orang Yahudi meyakini bahwa mereka telah berhasil membunuh Isa.

Beberapa Fakta Tentang Nabi Isa AS

Dan Islam sendiri sangat meyakini bahwa Isa masih hidup hingga saat ini, dia hidup disuatu tempat yang hanya Allah saja yang mengetahui, ia tidak disalib atau dibunuh. Kepercayaan ini berdasarkan keterangan yang jelas didalam Alquran, Allah berfirman:

"dan karena ucapan mereka: "Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." [QS. An-Nisa' ayat 157-158]

Sangat menarik sekali jika membahas tentang Nabi Isa AS, dan berikut ini ada beberapa fakta menarik tentang nabi Isa AS.

1. Umat Islam memuliakan Yesus/Nabi Isa as sebagai Rasul Allah Yang Mulia

Umat Islam sangat menghormati Isa dan mengimaninya, namun dalam Islam Isa hanya dianggap sebagai Rasul Allah saja, bukan sebagai Tuhan atau anak Tuhan. Karena Islam percaya bahwa Allah itu tidak beranak (QS. Al-Ikhlas ayat 3). Isa juga mengatakan sendiri bahwa dia hanyalah sebagai utusan Allah, seperti yang tertera dalam Alquran:

"Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi, dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali". Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya." [QS. Maryam ayat 30-34]

2. Nabi Isa Akan Turun di Menara Putih

Ada beberapa hadits yang mengatakan tentang kedatangan Nabi Isa menjelang hari kiamat ini,

"Saat dia seperti itu, Allah mengutus Al-Masih Isa bin Maryam; ia turun di menara putih di Damaskus Timur. Ia berpakaian dua potong, dengan memegang sayap dua malaikat. Bila ia mengangguk maka kepalanya meneteskan air, dan bila menengadah maka kepalanya meneteskan butir-butir air bagaikan mutiara. Setiap orang kafir yang mencium baunya pasti akan mati dan napasnya mencapai jarak sejauh mata memandang. Ia mencari dajjal sampai mendapatkannya Babul Lud dan membunuhnya..." [HR Muslim; lafazh miliknya, Ahmad, Ibnu Majah dan Abu Daud]

Dari Aus bin Aus r.a, Nabi Muhammad SAW bersabda :

"Isa bin Maryam akan turun di menara putih di damskus." [HR Thabrani, para perawinya, tsiqah menurut Al-Haitsami]

Dari Nafi' bin Kisan r.a, Rasulullah bersabda :

"Isa bin Maryam akan turun di pintu sebelah timur kota Damaskus." [Disebutkan oleh Ibnu Hajar Al-Asqalani]

Dan masih banyak yang lainnya.

3. Nabi Isa akan Membunuh Dajjal

Hal ini disampaikan oleh Rasulullah dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim,

Dari Abdullah bin Amr, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Lalu Allah mengutus Isa bin Maryam seperti Urwah bin Mas'ud, ia mencari Dajjal dan membunuhnya..." [HR. Muslim]

4. Nabi Isa akan Mengajarkan agama Tauhid seperti yang diajarkan Muhammad dan rasul-rasul sebelumnya

Kedatangan Nabi Isa pada akhir zaman nanti selain akan membunuh Dajal, beliau juga akan mengajarkan dan menyadarkan agama Tauhid seperti yang dibawa oleh Muhammad, dan nabi-nabi sebelumnya.

5. Nabi Isa akan Melaksanakan Shalat, Haji dan Umrah

Pada saat turun nanti, nabi Isa akan melaksanakan shalat, haji dan umrah.

Dari Jabir bin Abdullah bahwa Rasulullah saw bersabda, "Tiba-tiba Isa sudah berada diantara mereka dan dikumandangkanlah shalat, maka dikatakan kepadanya, majulah kamu (menjadi imam shalat) wahai Ruh Allah." Ia menjawab, "Hendaklah yang maju itu pemimpin kamu dan hendaklah ia yang mengimami shalat kamu." [HR. Ahmad]

Juga dkisahkan bahwa Nabi Isa akan melaksanakan haji: "Demi Dzat yang diriku berada ditanganya, sesungguhnya Ibn Maryam akan mengucapkan tahlil dengan berjalan kaki untuk melaksanakan haji atau umrah atau kedua-duanya dengan serentak." [HR Ahmad & Muslim dari Abi Hurairah].

6. Saat Nabi Isa Turun, Dunia akan Sangat Aman

"Lalu Allah mengutus Isa bin Maryam seperti Urwah bin Mas'ud, ia mencari Dajjal dan membunuhnya. Setelah itu selama tujuh tahun, manusia tinggal dan tidak ada permusuhan di antara dua orang pun. Kemudian Allah mengirim angin sejuk dari arah Syam lalu tidak tersisa seorang yang dihatinya ada kebaikan atau keimanan seberat biji sawi pun yang tersisa kecuali mencabut nyawanya" [HR. Muslim]

Itulah beberapa fakta tentang Nabi Isa, kita sebagai umat Islam wajib mengimani dan percaya bahwa Nabi Isa suatu saat nanti akan turun ke bumi untuk membunuh Dajjal dan menegakkan keadilan di dunia ini.

Baca Juga:

Kumpulan Artikel Tentang Akhir Zaman
Selengkapnya
Cermati Tips Ini Sebelum Kredit Motor

Cermati Tips Ini Sebelum Kredit Motor

Tampaknya sepeda motor saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok dikalangan masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dilihat dengan meningkatnya jumlah pemilik kendaraan roda dua tersebut yang kian hari kian bertambah tentunya.

Banyak faktor yang mendorong masyarakat untuk memiliki sepeda motor, selain karena alasan kebutuhan dan gaya juga karena banyak yang menganggap bahwa menggunakan sepeda motor pribadi dianggap lebih nyaman dan gampang tentunya jika dibandingkan menggunakan kendaraan umum.

Cermati Tips Ini Sebelum Kredit Motor

Saat ini, sudah banyak sekali jenis dan merk motor di Indonesia. Yamaha, Honda, Suzuki dan merk lainnya terus berkembang dengan menghadirkan motor-motor terbaru dengan teknologi yang bisa dikatakan lebih canggih dan lebih ramah lingkungan. Hal ini pula yang mendorong masyarakat untuk memilih memiliki sepeda motor sendiri.

Dan salah satu faktor lainnya adalah mudahnya untuk mendapatkan sebuah sepeda motor. Dengan menggunakan DP beberapa juta rupiah, bahkan ada yang hanya beberapa ratus rupiah saja, Anda sudah dapat membawa pulang sebuah sepeda motor idaman Anda meskipun Anda harus membayar angsuran setiap bulannya.

Namun, sebelum Anda mengambil keputusan untuk melakukan kredit motor sebaiknya Anda cermati dulu sebelum Anda melakukannya. Karena hal ini sangatlah penting bagi Anda calon pembeli.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memperkirakan kondisi keuangan Anda terlebih dahulu. Dengan memperkirakan kondisi keuangan Anda, nantinya Anda dapat memilih kira-kira cicilan dan leasing mana yang tepat untuk Anda.

Untuk melakukannya, Anda dapat melakukan hal itu pada situs Cermati.com. Jika Anda belum mengenal apa itu situs Cermati.com, maka disini saya akan menjelaskannya untuk Anda.

Cermati merupakan sebuah perusahaan start-up yang berfokus pada bidang teknologi finansial Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh orang-orang yang paham betul tentang dunia teknologi dan berpengalaman tentunya.

Dan salah satu produk yang dimiliki Cermati adalah produk kredit motor dari Cermati. Jika Anda bingung ketika ingin melakukan kredit motor, Anda bisa mengandalkan Cermati untuk membantu Anda dalam mencermati kredit motor terbaik untuk Anda.

Produk kredit motor Cermati memungkinkan Anda untuk membandingkan kredit motor dengan uang muka rendah dan bunga yang rendah.

Anda dapat membandingkan berbagai jenis merk motor dan tipe motor, baik motor sport, bebek, ataupun matic. Dengan begitu Anda dapat menyesuaikan kondisi keuangan Anda dengan bijak.

Selain itu, Anda juga dapat memilih kira-kira leasing mana yang tepat untuk Anda. Karena Cermati akan merekomendasikan perusahaan leasing terbaik untuk Anda.

Untuk melihat detail angsuran dan leasing rekomendasi, Anda harus menuju ke website Cermati.com. Setelah itu, klik pada bagian pilih produk. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Cermati Tips Ini Sebelum Kredit Motor

Setelah di klik, maka akan muncul produk-produk Cermati yang lainnya seperti kartu kredit, kredit tanpa agunan (KTA), kredit multiguna (KMG), tabungan, deposito dan kredit motor, maka kita klik yang kredit motor.

Cermati Tips Ini Sebelum Kredit Motor

Setelah itu, selanjutnya Anda tinggal memilih jenis motor dan merk motor yang akan Anda beli. Jika sudah menemukan motor incaran Anda, kemudian klik detail angsuran. Jika belum, klik tampilkan lebih banyak.

Cermati Tips Ini Sebelum Kredit Motor

Sebagai contoh, saya akan melihat detail angsuran untuk motor Yamaha R15. Setelah klik detail angsuran, kemudian Anda akan melihat detail angsuran untuk motor Yamaha R15. Kemudian masukkan jumlah uang muka (DP) yang Anda miliki, minimal Rp. 5.820.000 untuk Yamaha R15, DP setiap motor berbeda-beda tergantung harga, merk dan jenis motornya.

Disini, saya misalkan memiliki DP Rp. 6.000.000. Maka masukkan nominal uang muka yang Anda miliki pada kolom uang muka tanpa tanda titik atau koma, lalu klik simulasi kredit.

Cermati Tips Ini Sebelum Kredit Motor

Maka Anda akan melihat detail angsuran lengkapnya sebagai berikut.

Cermati Tips Ini Sebelum Kredit Motor

Bagaimana? Mudah bukan? untuk itu, sebelum melakukan kredit motor, sebaiknya Anda mengecek simulasi kreditnya di Cermati.com agar Anda lebih cermat dalam melakukan kredit motor. Semoga artikel ini bermanfaat.
Selengkapnya
Sebab-Sebab Manusia Mendapat Siksa Kubur

Sebab-Sebab Manusia Mendapat Siksa Kubur

Setiap manusia pasti akan memasuki alam kubur, karena kubur adalah tempat persinggahan selanjutnya untuk menunggu hari kebangkitan datang. Namun, di dalam kubur manusia juga sudah dapat mengerti nasibnya kelak di akhirat.

Karena di dalam kubur ada yang namanya siksa kubur dan juga nikmat kubur. Siksa kubur akan diberikan kepada seseorang yang amal buruknya atau dosanya lebih banyak daripada pahalanya, sedangkan nikmat kubur akan diberikan kepada seseorang dengan amal buruk yang lebih sedikit daripada pahalanya.

Sebab-Sebab Manusia Mendapat Siksa Kubur

Dalam sebuah hadits pernah disebutkan bahwa orang yang mendapatkan siksa kubur akan dapat merasakan panasnya hawa neraka setiap pagi dan petang karena pintu neraka dibuka, dan yang mendapatkan nikmat kibur dapat merasakan hawa surga setiap pagi dan petang karena pintu surga telah dibuka untuknya. Sehingga dari situ para penghuni kubur dapat mengetahui nasib mereka di akhirat.

Suatu hari Rasulullah pernah mendatangi dua kubur dan beliau mengatakan bahwa dua penghuni kubur tersebut tengah disiksa, namun mereka disiksa bukan karena dosa-dosa besar, mereka disiksa karena menyepelekan hal-hal kecil dan sepele. Dan berikut ini adalah hal-hal yang dapat menyebabkan manusia disiksa didalam kubur, bahkan hanya karena hal-hal sepele yang sering diabaikan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Tidak Memperhatikan Kebersihan Sewaktu Buang Air Kecil

Ini adalah hal yang paling sering disepelekan oleh banyak orang, terutama kaum laki-laki. Rasulullah memerintahkan kita untuk beristinja baik setelah buang air besar atau kecil, karena selain karena alasan kesehatan hal ini juga dapat membersihkan diri kita dari najis setelah buang air.

Orang yang tidak beristinja dengan sebersih-bersihnya dapat mendapatkan siksa di alam kubur. Karena secara tidak sadar ia masih terkena najis setelah buang air. Untuk itu, sangatlah penting untuk memperhatikan kebersihan dalam beristinja agar tehindar dari penyakit dan terhindar dari najis yang menyebabkan siksa kubur tentunya.

2. Namimah atau Adu Domba

Namimah merupakan sebuah sifat tercela, pengertian namimah adalah memfitnah dan membicarakan orang lain dengan tidak benar dan tidak sesuai dengan kenyataannya dengan tujuan merusak hubungan atau persaudaraan diantara keduanya (yang diceritakan dan yang diberi cerita).

Orang-orang yang gemar melakukan namimah atau adu domba bahkan diancam oleh Rasulullah dengan hadits berikut,

"Tidak akan masuk surga, orang yang qattat (yakni ahli namimah)." [HR. Bukhari dan Muslim]

Dengan demikian, janganlah mendekati apalagi sampai melakukan namimah, karena selain mendapat siksa didalam kuburnya pelakunya juga tidak akan masuk surga.

3. Menyebar Kebohongan

Menyebar kebohongan adalah salah satu dosa besar namun sering kita jumpai di masyarakat. Orang-orang yang gemar menyebarkan kebohongan ini kelak di alam kubur akan mendapatkan siksa dengan gergaji dari kepala hingga tengkuknya.

4. Enggan Membaca Alquran

Orang-orang yang enggan membaca Alquran akan mendapatkan siksa didalam kuburnya dengan cara dipukul batu dibagian kepalanya. Untuk itu, mengapa kita perlu membaca Alquran? karena selain mendapatkan pahala kita juga dapat terhindar dari siksa kubur yang mengerikan ini.

5. Zina

Perzinaan seolah-olah sudah mendarah daging dari zaman dahulu hingga sekarang. Bahkan dizaman sekarang ini, perzinahan sudah banyak dilakukan secara terang-terangan. Hal ini terbukti dari diizinkannya tempat-tempat hiburan malam yang penuh maksiat dan sebagainya.

Padahal orang-orang yang berbuat zina akan dipanggang diatas pengapian yang sangat panas, Na'udzubillah.

6. Riba

Riba berarti menetapkan bunga/melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok, yang dibebankan kepada peminjam.

Kelak, para pemakan riba akan mendapat siksa berupa ditenggelamkan didalam sungai darah dengan dilempari batu.

7. Meninggalkan Hutang

Nah, ini yang harus menjadi perhatian kebanyakan orang. Banyak orang yang suka berhutang, namun mereka suka lupa dan tidak membayarnya. Bahkan hingga meninggal dunia, ia tidak membayar hutangnya.

Kelak ia akan ditahan ketika hendak masuk surga hingga hutang-hutangnya lunas di pengadilan akhirat. Untuk itu, betapa pentingnya kita memperhatikan hutang. Jika berhutang, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk membayarnya.

Semoga bisa menjadi renungan dan pelajaran untuk kita semua, Aamiin.
Selengkapnya
Beginilah Keadaan Pada Hari Kiamat

Beginilah Keadaan Pada Hari Kiamat

Ketika kiamat telah tiba, maka hancurlah seluruh alam semesta ini berserta isinya. Tidak akan ada yang selamat dari bencana yang sangat mengerikan ini termasuk para malaikat-malaikat Allah, kecuali yang Allah kehendaki.

Bencana tersebut tiba setelah Allah mengutus malaikat Israfil untuk meniup sangkakalanya. Maka seketika itu pula seluruh makhluk baik yang ada di langit maupun di bumi akan terkejut sekaligus ketakutan.

Beginilah Keadaan Pada Hari Kiamat

Didalam kitab suci Alquran, kiamat digambarkan sebagai bencana pemusnah. Karena tidak ada yang dapat selamat dari bencana ini sekalipun ia bersembunyi ditempat persembunyian yang paling aman sekalipun. Dan berikut ini adalah gambaran keadaan pada saat hari kiamat terjadi.

1. Bumi akan Dihancurkan dan Langit Akan Digulung

Langit dan Bumi akan Allah gulung dengan tangan kanan-Nya, maka pada saat ini hancurlah seluruh alam semesta ini berserta isinya. Langitpun akan terbelah pada saat itu. Hal ini Allah terangkan dalam firman-Nya:

"Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan." [QS. Az-Zumar ayat 67]

"Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur." [QS. Al-Haqqah ayat 13-14]

Bagaimana bisa manusia bertahan dalam bencana semacam ini? Inilah salah satu bentuk kekuasaan Allah, begitu mudahnya Dia untuk melakukan itu semua.

2. Gunung-Gunung Hancur dan Laut Meluap

Air laut akan diluapkan, sehingga mengakibatkan banjir besar yang melanda seluruh dunia, seluruh bangunan-bangunan megah akan hancur disapu air. Selain itu, Allah juga akan menghancurkan gunung-gunung yang dulunya berdiri kokoh hingga rata.

Allah berfirman:

"dan apabila lautan menjadikan meluap" [QS. Al-Infitar ayat 3]

"Dan mereka bertanya kepadamu tentang gunung-gunung, maka katakanlah: "Tuhanku akan menghancurkannya (di hari kiamat) sehancur-hancurnya, maka Dia akan menjadikan (bekas) gunung-gunung itu datar sama sekali, tidak ada sedikitpun kamu lihat padanya tempat yang rendah dan yang tinggi-tinggi." [QS. Taha ayat 105-107]

3. Matahari digulung dan Bulan Tidak Bercahaya Lagi

Pada hari kiamat, hal mengerikan selanjutnya adalah digulungnya matahari. Selain itu pada saat kiamat juga bulan akan hilang cahayanya, bintang-bintang juga akan jatuh berserakan, hal ini seperti dalam firman Allah SWT berikut:

"Apabila matahari digulung," [QS. At-Takwir ayat 1]

"Maka apabila mata terbelalak (ketakutan), dan apabila bulan telah hilang cahayanya," [QS. Al-Qiyamah ayat 7-8]

4. Matahari Mendekat

Kelak, matahari akan didekatkan satu mil di atas keala manusia. Rasulullah bersabda,

"Manusia pada hari itu tergantung amalnya masing-masing. Ada yang keringatnya mencapai lutut, ada yang mencapai pundak. Bahkan ada yang 'dikekang' oleh keringatnya" Rasulullah SAW menunjukkan tangannya kemulutnya (keringatnya mencapai mulut) [HR. Muslim]

Seandainya manusia tidak diciptakan dengan bentuk penciptaan yang tidak bisa rusak, sungguh manusa akan hancur lebur oleh siksaan pada hari itu.

5. Manusia dalam Pertengkaran

Pada hari kiamat, manusia akan bertengkar satu sama lain. Yang lemah akan bertengkar dengan orang-orang yang sombong, orang-orang kafir akan bertengar dengan para pengikutnya, setan dan bala tentaranya. Dan ada pula sebagian yang melaknaat sebagian yang lainnya. Orang-orang kafir akan menggigit jarinya dan berkata dengan penuh penyesalan, "Andai aku tidak menjadikan mereka teman yang dekat dan kekasih.".

Mereka akan menyesal dan bahkan membenci dirinya sendiri. Bahkan, jasad mereka juga akan bertengkar dengan roh mereka, Ibnu Katsir mengatakan bahwa Ibnu Mandah dalam bukunya, Ar-Ruh telah meriwayatkan dari Ibn 'Abbas ra. yang berkata,

"Manusia pada hari kiamat bertengkar sampai-sampai roh pun bertengkar dengan jasad. Roh berkata kepada jasad, 'Engkau telah berbuat.' Jasad berkata kepada roh, 'Engkau yang telah memerintahkan dan membujuk.' Allah lalu mengutus malaikat yang melerai keduanya. Malaikat itu berkata kepada keduanya, 'Perumpamaan kalian bagaikan seseorang yang lumpuh dengan seseorang yang buta, yang sama-sama masuk ke suatu kebun. Yang lumpuh berkata kepada yang buta, "Aku melihat buah-buahan di sini, tetapi aku tidak sampai." Yang buta lalu berkata kepadanya, "Naiki aku lalu ambil buah-buahan itu!" Si lumpuh lalu menaiki si buta dan mengambil buah-buahan itu. Manakah di antara mereka berdua yang lalim?' Roh dan jasad menjawab, 'Keduanya.' Malaikat lalu berkata kepada mereka, 'Sesungguhnya kalian telah menghakimi diri kalian berdua.' Yakni jasad itu bagaikan tunggangan bagi roh, dan roh menaikinya."

Itulah beberapa gambaran yang terjadi pada hari kiamat, semoga dapat menjadi pelajaran dan bahan renungan bagi kita semua. Aamiin.
Selengkapnya