Emir Qatar Berikan Rp. 660 M Kepada Indonesia Untuk Bantu Rohingya

Emir Qatar Berikan Rp. 660 M Kepada Indonesia Untuk Bantu Rohingya

Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani pada Kamis (28/5) memerintahkan untuk menyumbangkan 50 juta dolar AS untuk Indonesia. Uang tersebut diberikan sebagai bentuk bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk menutupi biaya penampungan pengungsi Rohingya.

Pengumuman itu datang usai pertemuan Emir dengan Menteri luar negeri Indonesia, Retno Marsudi yang menjelaskan bahwa Indonesia dan Malaysia tengah mengatasi masalah pengungsi Rohingya dari Myanmar.

Emir Qatar Berikan Rp. 660 M Kepada Indonesia Untuk Rohingya

Menlu Retno bertemu Emir Qatar dan memberikan penjelasan atas upaya Indonesia dan Malaysia menghadapi masalah pengungsi Rohingya. Dalam menangani pengungsi Rohingya, Indonesia dibantu yayasan International Organization of Migration (IOM), yang berafiliasi ke PBB. IOM sendiri meminta US$ 26 juta atau sekitar Rp 343 miliar untuk menangani pengungsi di Asia Tenggara.

Lebih dari 3.500 pengungsi Rohingya telah mencapai darat atau diselamatkan di lepas pantai Malaysia, Indonesia, dan Thailand. Di Indonesia pengungsi Rohingya saat ini ditampung di Aceh setelah mereka ditolong oleh nelayan dan masyarakat Aceh.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly, mengaku pemerintah kewalahan menangani pengungsi Rohingya, imigran gelap Bangladesh dan sejumlah negara lainnya. Pasalnya pemerintah harus menanggung biaya tinggal mereka selama di Indonesia. Pernyataan menteri dari PDIP ini menuai banyak kecaman publik.

Pemerintah Myanmar sendiri melihat 1,3 juta Rohingya sebagai imigran ilegal dari Bangladesh dan menolak memberikan mereka kewarganegaraan. (detik)
Selengkapnya
Akhirnya, Vatikan Akui Palestina Sebagai Negara

Akhirnya, Vatikan Akui Palestina Sebagai Negara

Vatikan telah merampungkan dokumen perjanjian yang berisi pengakuan terhadap Negara Palestina.

Wakil Menteri Luar Negeri Vatikan, Antoine Camilleri, menjelaskan diharapkan perjanjian tersebut akan membantu mewujudkan apa yang disebut sebagai "solusi dua negara" guna mengakhiri konflik dengan Israel.

Akhirnya, Vatikan Akui Palestina Sebagai Negara

Pemerintah Israel mengatakan kecewa dengan langkah Vatikan dengan mengatakan keputusan tersebut akan mengganggu perundingan bilateral.

Wartawan BBC di Roma mengatakan Paus Fransiskus berupaya memperkuat kehadiran Kristen di Timur Tengah di saat ratusan ribu pemeluk agama ini menyelamatkan diri dari tindakan agresif kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS.

Dengan rencana pengakuan tersebut, Vatikan menambah panjang daftar negara Eropa yang mengakui Palestina.

Tahun lalu, Parlemen Eropa, Inggris, Republik Irlandia, Spanyol, dan Prancis menyetui mosi mendukung Negara Palestina.

Swedia sementara itu mengambil langkah lebih tegas dengan secara formal mengakui Palestina sebagai negara. [BBC]
Selengkapnya
Akibat dari Mengungkit-ungkit Pemberian

Akibat dari Mengungkit-ungkit Pemberian

Dalam bersedekah atau memberikan sesuatu kita dianjurkan untuk ikhlas dalam memberikannya. Karena dengan keikhlasan itulah sedekah yang kita berikan akan diterima oleh Allah SWT dan kita akan diberikan pahala oleh Allah.

Oleh karena itu, jika kita sudah ikhlas dalam memberikan sedekah maka kita tidak boleh mengungkit-ungkitnya lagi. Mengungkit-ungkit pemberian yaitu ketika seseorang sudah memberikan sesuatu kepada orang lain, kemudian pada suatu saat si pemberi merasa jengkel kepada orang yang diberi dan kemudian dia megungkit-ungkit lagi pemberiannya itu dengan harapan orang diberi menjadi sadar bahwa ia pernah berhutang budi kepadanya.

Akibat dari Mengungkit-ungkit Pemberian

Mengungkit-ungkit pemberian adalah perbuatan tercela, selain itu mengungkit-ungkit pemberian juga dapat memberikan bahaya bagi kita dan juga pahala yang kita dapatkan dari memberi itu akan hilang terhapus.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 269:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir." [QS. Al-Baqarah ayat 264]

Allah memberikan perumpamaan bahwa pahala yang didapatkan oleh orang yang seperti itu seperti batu licin yang diatasnya ada tanah, lalu hujan menyapunya hingga bersih. Begitu pula pahala orang yang sedekah, tetapi ia mengungkit-ungkitnya lagi, maka pahala yang didapatkan akan hilang begitu saja dan apa yang ia lakukan hanya sia-sia belaka.

Mengungkit-ungkit pemberian dan menyakiti perasaan yang menerima dapat menghilangkan hikmah dari sedekah, dan perbuatan tersebut adalah perbuatan tercela. Allah mengutuk orang yang seperti itu, dan siksa yang pedih akan menanti mereka di akhirat. Rasulullah SAW bersabda:

"Ada tiga golongan di hari kiamat dimana Allah tidak berbicara, tidak melihat dan tidak pula mensucikan mereka dan bahkan bagi mereka siksa yang pedih, yakni orang yang melabuhkan sarungnya hingga telapak kaki, orang yang mengungkit-ungkit pemberiannya dan orang yang menawarkan dagangannya dengan sumpah palsu." [HR. Muslim]

Hadits diatas menjelaskan bahwa orang yang suka mengungkit-ungkit pemberian akan mendapatkan hal yang sangat mengerikan diakhirat kelak. Allah tidak akan berbicara kepada mereka apalagi menyucikan mereka, dan yang lebih parah adalah mereka akan langsung mendapatkan siksa yang pedih. Na'udzubillah min dzalik.

Orang-orang seperti itu tidak akan dapat masuk surga, meskipun ia adalah ahli ibadah dan sedekah, tapi jika ia suka mengungkit-ungkitnya maka sia-sia saja apa yang dia kerjakan itu.

Selain itu, akibat dari mengungkit pemberian adalah dapat menimbulkan permusuhan antar manusia. Karena dengan mengungkit-ungkit pemberian dengan menyakiti si penerima maka si penerima akan merasa direndahkan.

Oleh karena itu, dalam memberi harus dengan hati yang ikhlas karena Allah, dengan seperti itu maka kita akan terhindar dari bahaya-bahaya yang dapat menjerumuskan kita ke neraka. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan renungan kita semua, Aamiin.
Selengkapnya
Larangan dan Bahaya Memutus Silaturahmi

Larangan dan Bahaya Memutus Silaturahmi

Allah SWT telah memerintahkan kita semua untuk selalu menjaga hubungan dengan kerabat dan keluarga kita. Jalinan silaturahmi sangat penting dalam kehidupan ini, apalagi mengingat manusia adalah makhluk sosial sehingga hubungan antar manusia sangat dibutuhkan, terutama hubungan antar keluarga.

Selain itu, dengan menjalin silaturahmi maka kita akan mendapatkan pahala dari Allah. Karena menjaga silaturahmi adalah salah satu perinta Allah, dan apabila ada seseorang yang memutuskan hubungan silaturami maka ia telah melakukan dosa yang sangat besar.

Larangan dan Bahaya Memutus Silaturahmi

Untuk itu, Allah dan Rasulullah melarang kita untuk saling bermusuhan, menyakiti perasaan orang lain dan hal lain yang menyebabkan putusnya tali persaudaraan. Allah melarang kita untuk memutuskan hubungan silaturahmi dan Rasulullah telah menggambarkan bahaya dari memutuskan silaturahmi.

Allah SWT befirman:

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." [QS. An-Nisa ayat 1]

Sangat jelas perintah Allah kepada kita untuk menjaga hubungan silaturahmi, dan barangsiapa yang memutuskan tali silaturahmi maka adzab Allah telah menantinya di akhirat. Bahkan Rasulullah sendiri bersabda,

"Tidaklah bisa masuk surga orang yang memutuskan hubungan tali silaturahmi." [HR. Bukhari dan Muslim]

Orang-orang yang memutuskan silaturhami dan berbuat sombong maka ia akan mendapatkan neraka sebagai tempat kembalinya. Maka sebaiknya, orang yang seperti itu harus segera bertaubat agar terhindar dari siksa yang pedih kelak.

Rasulullah bersabda,

"Sambunglah kerabatmu walau hanya dengan salam." [HR. Ath-Thabrani]

Oleh karena itu, hendaklah selalu menjaga tali silaturahmi agar Allah selalu melimpahkan rahmat kepada kita kelak di akhirat dan menuntun kita ke surga dan menghindarkan kita dari neraka.

Namun, jika ada orang yang bersedekah kepada orang lain sedangkan salah seorang kerabatnya ada yang hidup dalam kekurangan maka Allah tidak akan menerima pahala orang tersebut dan amalnya hanya akan sia-sisa saja.

Untuk itu, dalam bersedekah sebaiknya kita lebih memperhatikan keluarga kita terlebih dahulu sebelum memperhatikan orang lain. Karena dengan seperti itu, silaturahmi akan tetap terjaga.
Selengkapnya
Dosa-Dosa Besar yang Tidak Diampuni Allah

Dosa-Dosa Besar yang Tidak Diampuni Allah

Alquran telah menjelaskan banyak hal tentang aturan-aturan kehidupan yang sudah Allah tetapkan dalam kehidupan manusia, dari hal terkecil hingga hal yang sangat penting semua sudah Allah jelaskan segala aturannya di dalam kitab-Nya.

Sehingga barangsiapa yang melanggarnya maka ia akan mendapatkan dosa. Berbicara soal dosa, ada beberapa macam dosa yaitu dosa besar dan dosa kecil. Dan dosa-dosa tersebut ada yang dapat diampuni namun ada juga yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT.

Dosa-Dosa Besar yang Tidak Diampuni Allah

Allah adalah Maha Pengasih dan Penyayang, selai itu Allah juga Maha Pengampun. Sehingga Allah akan selalu memaafkan dosa-dosa yang telah kita lakukan, namun Allah tidak akan mengampuni dosa-dosa berikut ini:

1. Musyrik

Musyrik adalah sebutan bagi orang yang melakukan dosa syirik, yaitu mempersekutukan Allah dengan sesuatu. Dosa syirik ini tidak akan diampuni oleh Allah, karena Dia telah berfirman:

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." [QS. An-Nisa ayat 48]

Salah satu dosa syirik adalah seperti mengkeramatkan suatu benda dan menganggap benda tersebut dapat memberikan kekuatan kepadanya, dan lain sebagainya. Dan orang yang meninggal dalam keadaan musyrik maka ia akan ditempatkan didalam neraka dan dia kekal didalamnya.

2. Murtad

Murtad merupakan seseorang yang keluar dari Islam, murtad adalah sebuah dosa besar bahkan dalam syariat Islam orang murtad itu adalah halal untuk dibunuh. Allah tidak akan mengampuni dosa orang yang murtad dan Allah akan melaknatinya, kelak di akhirat ia akan ditempatkan didalam neraka dan kekal didalamnya.

3. Durhaka Kepada Orangtua

Durhaka kepada orangtua adalah sebuah dosa besar dalam Islam yang tidak Allah ampuni apabila pelakunya tidak segera bertaubat dengan taubat yang sungguh-sungguh.

Dalam sebuah hadits diterangkan bahwa ridha Allah terletak pada ridha orangtua dan kemurkaan Allah terletak pada kemurkaan keduanya. Untuk itulah, menyayangi dan mentaati orangtua adalah hal yang wajib dan tidak boleh ditawar lagi, dengan catatan kita wajib mentaati perintah orangtua selama perintah tersebut adalah perintah yang baik dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

Namun, jika orangtua kita menyuruh kita untuk melakukan hal yang bertentangan dengan Islam, maka kita wajib mengingatkannya. Itupun harus dengan cara yang lembut.

4. Pergi ke Dukun

Hal ini kadang dimasyarakat masih banyak yang mengikutinya. Padahal mengakunya muslim tetapi masih percaya apa yang dikatakan ilmu perdukunan (peramalan kehidupan). Dosa apabila kita sampai melakukan hal di atas maka sholat kita tidak akan diterima sampai 40 hari.

5. Sumpah Palsu

Allah berfirman: "Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji (nya dengan) Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat bahagian (pahala) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kiamat dan tidak (pula) akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih." [QS. Ali Imran ayat 77]

Diriwayatkan dari Imran bin Hushain r.a, dari Nabi saw. bersabda, "Barangsiapa bersumpah dengan sumpah dusta pada saat dia wajib bersumpah, silahkah ia menduduki tempat duduknya dengan wajahnya di dalam neraka," [HR. Abu Dawud].
Selengkapnya
Video Suara Terompet 'Sangkakala' Bikin Gempar Dunia

Video Suara Terompet 'Sangkakala' Bikin Gempar Dunia

Dunia baru-baru ini dibikin heboh dengan isu kiamat. Hal ini mencuat karena ada beberapa video yang menunjukkan tiupan terompet sangkakala yang membuat panik orang-orang di berbagai belahan dunia.

Video yang diunggah ke YouTube itu menampilkan suara yang sama namun diambil dari tempat yang berbeda. Video tersebut akhirnya menjadi viral di dunia maya dan menjadi bahan perbincangan diseluruh dunia.

Video Suara Terompet 'Sangkakala' Bikin Gempar Dunia

Beragam reaksi muncul dari video ini, ada yang menganggap bahwa suara tersebut hanyalah fenomena alam biasa, namun ada juga yang menganggap bahwa itu adalah tiupan sangkakala yang menandakan kiamat sudah dekat.

Bagi Anda yang penasaran dengan videonya, berikut ini adalah beberapa video terompet "sangkakala" yang diambil dari berbagai belahan dunia.


Selengkapnya
Bukti Nyata Jin Lebih Bodoh dari Manusia

Bukti Nyata Jin Lebih Bodoh dari Manusia

Dalam hidup ini kita sebagai manusia hidup dengan berbagai makhluk lain seperti hewan, tumbuhan dan bangsa ghaib seperti jin dan lain sebagainya. Manusia diciptakan oleh Allah sebagai makhluk yang paling sempurna diantara makhluk-makhluk yang lainnya.

Bahkan Allah menjadikan manusia sebagai khalifah di bumi. Meski diciptakan sebagai makhluk yang dilengkapi dengan akal dan kecerdasan, namun manusia sering tersesat karena rayuan jin dan setan.

Banyak manusia yang tersesat sehingga mereka melakukan hal-hal yang dilarang Allah namun disukai oleh setan, banyak yang terjerumus dalam jurang syirik dan kesesatan lainnya dan bahkan ada yang suka bersekutu dengan jin.

Bukti Nyata Jin Lebih Bodoh dari Manusia

Padahal sebenarnya, jin atau setan itu lebih bodoh dari manusia. Ini adalah beberapa bukti bahwa jin itu lebih bodoh dari manusia.

Jin hanya akan mengganggu manusia dengan cara yang sederhana. Misalnya, menggerakkan horden, mengalirkan air, menjatuhkan barang, dan lain sebagainya. Itu semua merupakan perbuatan jin untuk menakut-nakuti manusia.

Dan biasanya manusia sendiri pun ketika tahu ada hal yang ganjil, langsung merasa dirinya tidak aman. Padahal, jin itu hanya iseng saja, yakni hanya untuk melihat ketakutan manusia, hingga dia merasa puas bahwa ternyata manusia itu makhluk yang penakut.

Mengapa jin itu bodoh? Karena ia hanya mampu menakut-nakuti manusia dengan cara yang sederhana. Sedangkan manusia, ia bisa menciptakan sesuatu yang luar biasa. Dan akan lebih ditakuti oleh makhluk lainnya. Salah satunya bom. Apakah jin bisa membuat itu?

Coba bayangkan, jika jin bisa membuat bom, tentu hancurlah seluruh dunia ini. Apalagi jumlah mereka itu lebih banyak daripada manusia. Apalagi salah satu dari golongan mereka ada yang sangat membenci manusia.

Maka, jika memang ada orang yang masih bersekutu dengan jin, ia dapat dikatakan sebagai orang yang rendah. Mengapa demikian? Ia merasa takut dalam hadapi dunia ini, hingga ia merasa jinlah yang memiliki kekuatan terbesar hingga mampu membantu dirinya.

Dengan kata lain, ia mengakui bahwa jinlah yang lebih kuat daripada dirinya. Orang yang bersekutu dengan jin juga termasuk orang yang penakut. Ia tidak akan berani menentang perintah dari jin. Sehingga, apa pun yang dipinta oleh jin itu pasti dilakukannya.

Padahal, jika kita mempelajari diri kita sendiri, maka kita akan mengetahui bahwa derajat tertinggi itu ada di tangan kita, bukan jin. Oleh sebab itu, seharusnya kita dapat menaklukan mereka, bukan kita yang ditaklukan oleh mereka. Jin akan takut ketika kita berani, dan jin akan berani ketika kita takut. Karena jin dan manusia punya elektromagnetik.

Sumber: Asep Supriyadi, Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Dr. Khez Muttaqien Purwakarta
Selengkapnya
Lakukan Sunah Rasul, Raja Salman Selalu Bawa Siwak

Lakukan Sunah Rasul, Raja Salman Selalu Bawa Siwak

Dalam sebuah foto di salah satu postingan pengguna Facebook bernama Waseem Ibn Ibrahim menuliskan bahwa Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdul Aziz selalu membawa siwak atau miswak dikantongnya kemanapun dia pergi.

Seperti kita ketahui bahwa siwak adalah salah satu sunah Rasulullah SAW. Bahkan, Rasulullah sangat menganjurkan umat Islam untuk menggunakan siwak, dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

Lakukan Sunah Rasul, Raja Salman Selalu Bawa Siwak


"Seandainya tidak memberatkan pada umatku maka aku akan perintahkan (wajibkan) mereka untuk memakai siwak setiap kali akan melaksanakan sholat." [HR. Bukhari dan Muslim]

Rasulullah juga menyebutkan bahwa bersiwak itu memiliki faedah yang sangat luar biasa.

"Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhoan bagi Rob". [HR. Ahmad]

Sedangkan para peneliti baru mengetahui manfaat siwak ini setelah mereka melakukan penelitian tentang siwak. Penelitian yang berkaitan dengan dengan tanaman telah membuktikan bahwa siwak memiliki unsur-unsur yang berguna sebagai pencegah penyakit kanker.

Baca Juga: Manfaat Siwak atau Miswak Bagi Kesehatan

Foto yang diupload oleh Waseem Ibn Ibrahim itu sebagai berikut:


ملك سلمان بن عبدالعزيز آلسعود حفظه الله مع سواك الله اكبر الله اكبر الله اكبر ماشاءالله ماشاء الله ماشاء الله
Posted by Waseem Ibn Ibrahim on 24 Mei 2015


ملك سلمان بن عبدالعزيز آلسعود حفظه الله مع سواك

الله اكبر الله اكبر الله اكبر

ماشاءالله ماشاء الله ماشاء الله

(Raja Salman bin Abdul Aziz Assuud hafidhohullah -semoga Allah menjaganya- bersama siwak. Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar. Masya Allah Masya Allah Masya Allah)
Selengkapnya
Tips Merawat Pakaian Bayi

Tips Merawat Pakaian Bayi

Tips Merawat Pakaian Bayi


Pakaian bayi termasuk barang yang harus dirawat dengan hati-hati, karena jika salah melakukan perawatan akan membuat kulit bayi bisa iritasi yang disebabkan oleh kain atau bahan pakaian kasar serta tidak bersih. Hal ini juga termasuk pada perlengkapan bayi lainnya Sebagai orang tua pastinya sangat ingin bayinya tumbuh dengan sehat dan bugar, langkah kecil tapi cukup berdampak adalah merawat semua jenis pakaiannya dengan cara yang benar dan tepat. Berikut beberapa cara untuk merawat pakaian bayi untuk tetap bersih dan terjaga kualitasnya.

7 tips untuk merawat pakaian Bayi:


  1. Sebagai orang tua yang cermat, ada baiknya saat memilih deterjen tidak mudah terpengaruh dengan deterjen yang mengiklankan produknya dengan janji melenyapkan semua noda dengan cepat dan bakteri hingga ke serat kain. Hal ini akan membuat baju bayi Anda akan terpapar bahan kimia yang membuat kulit bayi Anda akan menjadi iritasi. Untuk itu, perhatikan beberapa poin penting sebelum memilih deterjen untuk mencuci baju Anda:


    1. Baca secara cermat petunjuk pada label pakaian bayi Anda. Gunakan yang bertanda ramah lingkungan. Setidaknya dengan menggunakan deterjen ini, pemaparan bahan kimia pada kulit bayi Anda akan berkurang banyak.
    2. Gunakan deterjen yang khusus untuk pakaian bayi.
    3. Hindari pemakaian deterjen yang menggunakan bahan pewangi ataupun bahan pewarna.
  1. Jangan pernah menggunakan cairan pemutih pakaian, karena pemutih pakaian memiliki tingkatan bahan kimia yang tinggi dan kuat sehingga akan mudah membuat kulit bayi iritasi.
  2. Jangan mencampurkan pakaian bayi dengan baju Anda, karena deterjen yang digunakan untuk mencuci baju Anda dan bayi berbeda.
  3. Ada baiknya membersihkan terlebih dahulu noda atau kotoran ringan dengan air atau bisa juga dengan menaburi pakaian tersebut dengan sabun untuk menghilangkan noda tersebut lalu baru dicuci hingga bersih.
  4. Biasanya, untuk benar-benar membersihkan pakaian bayi atau balita diperlukan membilasnya 2 hingga 3 kali untuk membersihkannya dari sabun dan deterjen. Hal yang perlu diingat adalah jika Anda tidak membilasnya hingga bersih ada kemungkinan akan menyebabkan kulit bayi Anda iritasi saat mengenakannya. Untuk itu, cucilah hingga benar-benar bersih.
  5. Jika ingin tetap menggunakan pelembut baju, carilah pelembut khusus untuk bayi agar terhindar dari bahan-bahan kimia yang terkandung di pelembut baju tersebut.
  6. Setelah cuci-mencuci selesai dilakukan, Anda dapat menjemurnya dengan menggunakan sinar matahari dengan posisi baju bagian dalam yang terpapar dengan cahaya matahari tersebut, setelah benar-benar kering baru angkat dan setrika agar bisa segera dikenakan.
Cukup mudah bukan untuk menjaga salah satu perlengkapan bayi yaitu baju bayi agar tetap bersih dan menghindarkan pakaian tersebut dari segala kuman yang mampu menyebabkan kulit bayi iritasi. Selalu jaga kebersihan lingkungan juga dan cermatlah dalam memilih perlengkapan bayi lainnya. Ada banyak toko online yang sudah menyediakan pakaian bayi atau perlengkapan bayi dengan kualitas baik, higienis dan sangat baik ketika dikenakan oleh buah hati Anda seperti toko online Character Land. Bahan dengan kualitas baik akan mampu meminimalisir kulit bayi Anda terkena iritasi.
Selengkapnya
Kiriman Pembaca: Syair Shalat

Kiriman Pembaca: Syair Shalat

Awali kata dengan bismillah
Bersyukur kita kepada Allah
Telah memberi nikmat ibadah
Ibadah fadhu ibadah sunnah

Syair kurangkai tentang sholat
Perintah Allah wajib di taat
Berlaku untuk seluruh umat
Khususnya ummat Nabi Muhammad

Sholat adalah ibadah utama
Kelak dihisab paling pertama
Apabila bagus gerak & bacaanya
Insya Allah akan diterima

Sholat ibarat sebuah wadah
Tempat menampung amal ibadah
Apabila bolong amalpun tumpah
Hilang terbuang tiada sisa

Ibadah sholat terbagi dua
Ada yang fardhu ada yang sunnah
Semua itu harus kerja
Nicaya Allah limpahkan pahala

Sholat fardhu ada lima waktu
Kalau ditinggal dosalah tentu
Sakit & sehat kerjakanlah selalu
Supaya Allah ampuni dosamu

Ada pula sholat sunnah
Boleh ditinggal boleh dikerja
Apabila ingin banyak dapat pahala
Kerjakan selalu dimanapun berada

Ibadah sholat sangatlah mudah
Tak usah mengeluarkan banyak rupiah
Hanya berwudhu sujud disajadah
Tetapi kelak mendapat jannah

Ibadah sholat tidaklah berat
Tak usah mengeluarkan banyak keringat
Sakitpun bisa apa lagi sehat
Jangan berhenti sampai ke liang lahat

Ibadah sholat nikmat sekali
Mampu obati galau dihati
Apabila dikerjakan setiap hari
Resah gelisah hilang sendiri

Ibadah sholat amatlah singkat
Paling banyak empat rakaat
Boleh santai boleh cepat
Asal bacaannya tartil dan tepat

Sayang orang banyak tak mampu
Katanya sibuk tak ada waktu
Akhirnya sholat ditinggal selalu
Sungguhlah bodoh orang yang begitu

Sesibuk apapun mencari nafkah
Luangkan waktu untuk ibadah
Nantipun akan jadi terbiasa
Selalu ingat bila waktunya tiba

Sholat yang bagus dalam musholah
Dikerjakannya secara berjamaah
Pahalanya banyak melimpah ruah
Sangat berbeda dengan dirumah

Meningalkan sholat dosanya besar
Kelak diakhirat akan dibakar
Sakitnya membuat badan gemetar
Sampai perutpun hancur dan bubar

Belum lagi lama disiksanya
Tidak berhenti sedetik saja
Pedihnya pasti tiada tara
Menyesal disana tiada guna

Selama Allah memberi nafas
Dengan sholat janganlah malas
Kerjakan selalu dengan ikhlas
Niscaya diberi syurga yang luas

Kita harus berfikir cerdas
Tidak tergoda dunia yang sekilas
Harus mampu mengerjakan tugas
Perintah Allah dengan ikhlas

Kita harus mampu melawan
Dari segala godaan syetan
Syetan pasti kan terkalahkan
Bila kita dekat dengan tuhan

Syair berakhir sampai disini
Maafkan bila menyinggung hati
Hamba bukan sok menasehati
Hanya sekedar ingin berbagi

Insya Allah.

Kiriman Pembaca: Syair Shalat

Oleh: Engkus Pocarisweat

Ini adalah kiriman dari pembaca MAKINTAU.com. Jika Anda memiliki tulisan artikel atau yang lainnya yang ingin dipublikasikan disini, silahkan kirimkan via pesan ke Fans Page Aku Cinta Islam, namun sebelumnya Anda harus menyukai Fans Page Aku Cinta Islam terlebih dahulu. Ayo berbagi di MAKINTAU.com, selain dapat pahala semoga mendapat ilmu yang bermanfaat. Terimakasih.
Selengkapnya
Turki dan Saudi Permalukan Indonesia Terkait Rohingya

Turki dan Saudi Permalukan Indonesia Terkait Rohingya

Seperti kita ketahui, saat ini ribuan warga etnis Rohingya yang terusir dari kampung halamannya di Myanmar saat ini berada di Aceh dan Sumatera Barat setelah diselamatkan oleh nelayan Aceh.

Nasib mereka tidak jelas, bahkan negaranya sendiri sudah tidak mengakui lagi kewarganegaraanya. Oleh sebab itu, mereka memilih untuk melarikan diri dan mencari perlindungan di negara lain.

Hal itu dikarenakan mereka mendapat perlakuan diskriminasi dari pemerintah mereka sendiri. Etnis Rohingya dibantai, dibunuh dan diperlakukan tak seperti manusia. Miris memang, disaat dunia ini menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia namun melihat keadaan rakyat Rohingya yang beragama muslim diperlakukan seperti itu, dunia malah seakan bungkam dan tidak tahu tentang hal ini.

Turki dan Saudi Permalukan Indonesia Terkait Rohingya

Bahkan orang-orang yang dengan lantang menyuarakan HAM juga entah pergi kemana. Kekerasan yang dialami masyarakat Rohingya ini sebenarnya hanya dilatarbelakangi oleh SARA.

Mereka (etnis Rohingya) dibantai secara keji lantaran mereka beragama Islam. Kekejaman ini diduga dipimpin oleh seorang Biksu bernama Ashin Wirathu, seorang 'biksu radikal', begitulah media memberinya julukan.

Menghadapi hal tersebut membuat masyarakat Rohingya akhirnya terusir dari negara mereka berharap ada negara yang mau menolong mereka. Namun perjalanan yang mereka tempuh tidak berjalan mudah, karena negara-negara tujuan mereka seperti Thailand, Malaysia dan Indonesia juga tidak mau ikut campur dalam masalah ini.

Hingga akhirnya ada warga Aceh yang dengan sukarela membantu mereka atas dasar 'sesama muslim adalah saudara' dan kemanusiaan. Indonesia merupakan negeri yang kental dengan budaya timurnya yang sopan, santun, dan berperikemanusiaan. Bahkan dalam falsafah negara dikenal pada sila ke duanya dengan 'kemanusiaan yang adil dan beradab'.

Bukti bentuk implementasi dari sila kedua tentang kemanusiaan telihat dari bagaimana rakyat Aceh menyambut kaum muhajirin etnis Rohingya yang terzalimi dan butuh bantuan. Masyarakat pun berbondong-bondong menyambut tamu ujian dari Allah ini dengan menolong dan memberikan kebutuhan mereka.

Mengutip dari situs zulfanafdhilla.com, Imigran etnis Rohingya yang terzalimi merupakan bentuk salah satu ujian dari Allah kepada kita rakyat Indonesia yang 99% muslim agar dapat mengayomi dan menolong saudara seiman.

Etnis Rohingya ini sendiri sudah ditolak oleh beberapa negara untuk menampung mereka seperti Thailand dan Malaysia. Miris kita lihat dimana sekat pembatas negara menjadi suatu sebab keegoisan kita.

Walaupun dunia memuji Aceh dengan segala upaya menolong Rohingya. Ternyata kemanusiaan juga muncul di negeri jauh sana seperti Turki dan Saudi.

Namun, kebijakan yang kemudian di tetapkan di Indonesia telah merobek arti kemanusiaan pada sila kedua dan menyangkal akan makna "ummatan wahidah" (ummat yang satu). Seperti kabar yang kita dapati senin lalu, bahwa TNI akan menghalau etnis Rohingya masuk ke Indonesia.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan, Pemerintah Indonesia tak akan membiarkan wilayah lautnya dimasuki kapal-kapal pengungsi Rohingya. Menurut dia, bantuan kemanusiaan tetap akan diberikan kepada pengungsi yang terusir dari Myanmar tersebut, namun tetap melarang mereka masuk apalagi menepi di daratan Indonesia.

"Untuk suku Rohingya, sepanjang dia melintas Selat Malaka, kalau dia ada kesulitan di laut, maka wajib dibantu. Kalau ada sulit air atau makanan kami bantu, karena ini terkait human. Tapi kalau mereka masuki wilayah kita, maka tugas TNI untuk menjaga kedaulatan," ucap Moeldoko di Istana Kepresidenan, Jumat (15/5/2015).

Moeldoko menuturkan bantuan akan diberikan di tengah laut, sehingga kapal-kapal yang ditumpangi pengungsi Rohingnya tidak perlu memasuki wilayah teritori Indonesia. Patroli yang dilakukan oleh TNI Angkatan Laut dan Angkatan Udara juga akan dikerahkan untuk menjaga wilayah laut Indonesia tetap steril.

Menurut Moeldoko, langkah ini diambil lantaran keberadaan para pengungsi ilegal ini justru menimbulkan persoalan sosial.

"Urus masyarakat Indonesia sendiri saja tidak mudah, jangan lagi dibebani persoalan ini," ucap Moeldoko.

Oleh karenanya TNI AL telah mempersiapkan kapal-kapal militer untuk menghalau datangnya kaum-kaum yang terzalimi itu ke Indonesia.

"Empat kapal perang dan sebuah pesawat berpatroli di pantai Aceh untuk mencegah perahu imigran masuk," kata Kepala Pusat PeneranganTNI Mayor Jenderal Fuad Basya, seperti dilansir The Guardian, Selasa (19/5/2015).

Namun berbeda dengan negara super seperti Turki dan Saudi. Dikabarkan, seperti yang saya kutip dari Eramuslim bahwa Turki telah mempersiapkan kapal-kapal militer AL untuk ikut serta dalam misi penyelamatan etnis Rohingya yang terombang-ambing di laut Andaman.

"Pemerintah telah menginstruksikan kapal militer Turki di wilayah tersebut dan bergabung dengan upaya internasional untuk membantu para pengungsi Rohingya," kata Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu seperti dilansir dari Xinhua, Rabu (20/5).

Tak hanya itu, relawan dari Turki yang tergabung dalam Non-Governmental Organization (NGO) Asal Turki İnsani Yardım Vakfı (IHH) telah tiba di Aceh untuk memberikan bantuanya terhadap para pengungsi Rohingya yang berada di Aceh.

Sedangkan di Saudi Arabia dengan raja barunya King Salman Bin Abdul Aziz. Dimana 170.000 warga Rohingya diakui dan diizinkan tinggal di negri Saudi.

Pemimpin komunitas Muslim Rohingya di Arab Saudi Abu Al-Shamie Abdulmajid mengatakan mimpi mereka jadi kenyataan untuk bisa menjadi warga yang sah di Arab Saudi.

Menurutnya, hal itu berkat langkah kerajaan Arab Saudi yang mengakui keberadaan warga Rohingya di negara itu.

Diberitakan Saudi Gazette, hari ahad (15/03/2015), Kerajaan Arab Saudi telah memberikan izin tinggal (iqama) kepada 170 ribu pengungsi Muslim Rohingya di negara tersebut. Sementara jutaan penduduk Rohingya lainnya tengah menjalani proses penerimaan iqama.

Media lain, Arab News memberitakan, masih ada sekitar 4 juta warga Rohingya di Saudi kini berhak untuk mendapatkan iqama.

Abdulmajid bahkan mengatakan warga Rohingya telah lebih dari 70 tahun lalu menjadi bagian dari Arab Saudi, setelah kabur dari pembantaian etnis di Myanmar.

Bahkan kini, warga Rohingya bisa bebas bekerja, mendapatkan layanan medis dan menempuh pendidikan di sekolah pemerintah serta hak-hak warga negara lainnya.

Selain Turki dan Saudi, Aceh yang juga bagian dari Indonesia telah memberikan kontribusi yang banyak untuk peristiwa sejarah peradaban ini. Kebaikan rakyat Aceh pun telah diberitakan lintas internasional. Aceh kini telah membuat suatu sejarah dan peradaban baru bagi dunia. Tak hanya Aceh, rakyat Indonesia pun turut berbartisipasi dalam misi kemanusiaan Rohingya.

Dan saya yakin, walaupun mereka sempat ditolak di Thailand dan Malaysia. Rakyat disana juga banyak menaruh rasa iba dan keinginan untuk menolong walaupun terhalang oleh kebijakan pemerintah.

Namun, walau bagaimanapun Indonesia telah dipermalukan oleh Turki dan Saudi. Tatkala Indonesia mempersiapkan kapal-kapal AL untuk menghalau tibanya imigran Rohingya, maka Turki dengan segala persiapan kapal-kapal AL dikerahkan untuk menyelamatkan merka. Tatkala Saudi Arabia telah memberikan izin hidup di negara mereka, Indonesia malah kebingungan dengan hadirnya mereka.

Dengan demikian harus kita akui ketidak berdayaan negara kita jauh dibawah negeri Turki dan Saudi yang kadang kita sendiri sebagai warga Indonesia meledek dan menghina mereka. Dengan kekacauan politik serta sosial di negeri ini, membuat kita sadar betapa begitu akutnya penyakit yang diderita Indonesia.
Selengkapnya
Pahala Bagi Orang yang Dihina dan Dicaci

Pahala Bagi Orang yang Dihina dan Dicaci

Menghina orang adalah sebuah perbuatan tercela, dan Allah tidak menyukai hal tersebut. Karena biasanya, orang yang suka menghina dan mencaci maki orang lain adalah mereka yang bersikap sombong.

Selain itu, menghina adalah perbuatan yang dapat menyakiti hati orang lain. Sedangkan Allah sangat membenci orang yang menyakiti orang lain, terlebih adalah orang yang menyakiti seorang muslim.

Pahala Bagi Orang yang Dihina dan Dicaci

Rasulullah SAW bersabda,

"Mencaci orang Islam (Muslim) adalah perbuatan fasiq dan membunuhnya adalah perbuatan kufur." [HR. Muslim]

Namun sekarang ini banyak orang yang saling menghina satu sama lain, padahal hal tersebut adalah perbuatan dosa. Dan dosa besar tengah menantinya untuk membawanya ke neraka.

Sebaiknya, orang yang mendapat hinaan atau cacian sebaiknya tidak melakukan balasan mencela orang yang menghina dirinya itu. Karena, saat ada orang yang menghina kita justru kita akan mendapatkan pahala.

Untuk itu, kita tidak boleh bersedih apabila ada seseorang yang dengan sengaja menghina dan merendahkan kita. Karena, sebenarnya orang tersebut sedang memberikan hadiah kepada kita, yaitu:

  1. Ia sedang memberikan kebaikannya (pahalanya) kepada kita.
  2. Allah menghapus dosa-dosa kita dari celaan yang kita dapatkan.

Dengan kata lain, apabila kita sedang dihina atau direndahkan orang lain, maka Allah akan memberikan kita pahala apabila kita bersabar. Seorang salaf pernah berkata: "Jika aku boleh berghibah, maka kedua orangtuakulah yang paling berhak aku ghibahi. Karena hanya mereka berdua yang paling berhak aku serahi kebaikanku".

Salah seorang salaf juga berkata: "Apabila sampai kepadamu perkataan dari saudaramu (berupa celaan) yang menyakitimu, maka janganlah engkau risau. Seandainya perkataan itu benar, maka itu adalah hukuman bagimu yang disegerakan (daripada mendapat hukuman di akhirat). Dan seandainya perkataan itu tidak benar, maka itu akan menjadi pahala bagimu tanpa harus berbuat baik."

Sedangkan bagi orang yang menghina tersebut, maka Allah sudah menyiapkan neraka dan siksa baginya. Karena mencela adalah sebuah perbuatan yang dzalim, Allah berfirman:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." [QS. Al-Hujarat ayat 11]

Dan orang yang mencela itu adalah orang yang sedang memikul kebohongan dan dosa yang sangat besar, Allah telah menegaskannya:

"Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang yang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata." [QS. Al-Ahzab ayat 58]

Untuk itu, jangan suka mencela orang lain. Karena Allah tidak menyukainya dan mereka yang berbuat demikian akan mendapatkan dosa yang begitu besar. Semoga kita selalu dalam perlindungan Allah. Aamiin.
Selengkapnya
Riya', Sifat yang Menghapus Pahala

Riya', Sifat yang Menghapus Pahala

Riya' merupakan sebuah sifat yang sangat dibenci oleh Allah. Riya' adalah pamer dengan apa yang telah ia lakukan dengan tujuan untuk mendapatkan pujian dari orang-orang disekitarnya.

Sifat riya' ini secara tidak sadar sering hinggap di dalam tubuh kita. Rasa ingin dipuji oleh orang lain adalah salah satu contoh riya. Riya' adalah penyakit hati yang harus dihindari agar terhindar dari dosa.

Riya', Sifat yang Menghapus Pahala

Karena, riya' bisa menyerang siapa saja bahkan seorang ahli ibadah sekalipun. Jadi jangan selalu beranggapan bahwa orang yang rajin sholat itu akan terhindar dari siksaan. Karena serajin apapun seseorang beribadah, namun jika didalam hatinya ada rasa ingin dipuji (riya') maka percuma saja amal ibadahnya. Malah Allah akan memasukkannya kedalam golongan orang-orang yang celaka.

Barangkali diantara kita banyak yang mengabaikan tentang masalah riya' ini, mungkin karena keterbatasan ilmu agama yang dimiliki, atau memang sengaja mencari pujian orang lain dalam beribadah, padahal riya' itu dianggap sebagai syirik kecil.

Rasulullah bersabda,

"Berjalan (dengan bersifat) riya' itu termasuk syirik." [HR. Al Hakim]

Allah SWT menjelaskan bahwa sifat riya' itu juga dapat menghapus pahala yang telah ia dapatkan. Hal ini diterangkan dalam Alquran sebagai berikut:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir." [QS. Al-Baqarah ayat 264]

Dalam ayat diatas, Allah memperingatkan kita bahwa riya' itu merupakan salah satu sebab terhapusnya pahala yang kita dapatkan. Oleh karena itu, jauhilah sifat riya' tersebut.

Dan jangan menganggap bahwa semua perbuatan baik itu semua akan diterima oleh Allah, karena apabila didalam hatinya terdapat benih-benih riya' maka Allah akan menolaknya. Dan jangan menganggap bahwa orang yang mati terbunuh di medan perang itu akan masuk surga, karena jika ada riya' didalam hatinya maka sia-sia saja semua itu.

Sehingga jelas bahwa segala amal ibadah apapun apabila dalam mengerjakannya tidak ikhlas karena Allah, apalagi dengan tujuan riya' maka segala amalnya itu akan sia-sia dan pahala yang diterimanya akan terhapus.

Rasulullah SAW bersabda,

"Berlindunglah kamu kepada Allah Azza wa Jalla dari telaga kesedihan.", para sahabat bertanya, "Apa maksudnya wahai Rasulullah?", beliau menjawab, "Yaitu lembah di neraka yang disediakan bagi orang-orag yang membaca Alquran tetapi hatinya riya'." [HR. At-Turmudzi]

Jadi semakin jelas bukan? bahwa tidak mesti perbuatan baik itu akan diterima Allah SWT, karena semua itu tergantung niatnya. Karena jika kita beramal atau beribadah namun niatnya hanya untuk riya' maka semua itu hanya sia-sia belaka, dan kita akan termasuk dalam golongan orang yang menyesal di akhirat.

Karena, sepercik riya' dapat menghapus semua amal perbuatan, dan orang yang beribadah sekalipun bisa celaka apabila di dalam hatinya terdapat perasaan riya' dan segala pahalanya akan dihapus. Untuk itu, sebaiknya kita lebih berhati-hati agar terhindar dari sifat riya' tersebut. Semoga bermanfaat.
Selengkapnya
Kini Tinggal Tilawah Alquran versi Seriosa Bikin Heboh

Kini Tinggal Tilawah Alquran versi Seriosa Bikin Heboh

Setelah beberapa waktu yang lalu heboh tentang berita Alquran yang dibawakan dengan langgam Jawa, kini malah beredar video yang lebih memprihatinkan. Dalam sebuah video berdurasi lebih dari 3 menit itu menampilkan seorang qari yang melantunkan ayat suci Alquran dengan diiringi musik orkestra dengan langgam Seriosa.

Video yang diunggah ke situs jejaring sosial YouTube itu memperlihatkan seorang qari yang membaca surat Al-Hujarat ayat 12 dengan diingi musik orkestra. Mengerikan memang, karena zaman sekarang ini sepertinya sudah memasuki akhir zaman.

Setelah Langgam Jawa, Tinggal Tilawah Alquran versi Seriosa Bikin Heboh

Tidak diketahui entah dimana serta kapan tilawah seriosa itu dilaksanakan, namun membaca Alquran dengan cara-cara semacam ini sungguh sangatlah mengerikan. Video tersebut akhirnya mendapat kritik dari para netizen.

Berikut ini adalah videonya:



Mungkin inilah yang pernah Rasulullah singgung dalam hadits, beliau bersabda:

"Bacalah Alquran dengan lagu dan suara orang Arab. Jauhilah lagu/irama ahli kitab dan orang orang fasiq. Nanti akan ada orang datang setelahku membaca Alquran seperti menyanyi dan melenguh, tidak melampau tenggorokan mereka. Hati mereka tertimpa fitnah, juga hati orang yang mengaguminya." [HR. Tirmidzi]

Sudah banyak fitnah akhir zaman yang bermunculan saat ini, sudah sepatutnya kita meminta perlindungan kepada Allah agar dijauhkan dari fitnah-fitnah tersebut, Aamiin.
Selengkapnya
Keistimewaan Bagi Orang yang Shalat Jum'at

Keistimewaan Bagi Orang yang Shalat Jum'at

Sholat merupakan amalan yang harus dikerjakan oleh umat Islam. Pada hari Jum'at, ada ibadah khusus bagi kaum laki-laki yaitu menunaikan ibadah shalat Jum'at. Shalat Jum'at adalah fardhu 'ain hukumnya, yaitu wajib bagi laki-laki dewasa atau baligh yang beragama Islam, merdeka dan tidak sedang dalam perjalanan jauh.

Sementara itu, shalat Jum'at tidak diwajibkan untuk perempuan, anak-anak, hamba sahaya dan seseorang yang sedang dalam perjalanan jauh. Karena wajib bagi umat Islam terutama yang laki-laki, maka ibadah shalat Jum'at tidak boleh ditinggalkan oleh kaum pria. Bagi yang menjalankan perintah Allah ini, Allah memberikan keistimewaan bagi mereka yang melaksanakan shalat Jum'at.

Keistimewaan Bagi Orang yang Shalat Jum'at

Sebagaimana yang Rasulullah sampaikan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa memperbaiki wudhunya kemudian ia mendatangi shalat Jum'at atau ia mau mendengarkan dan memperlihatkan (khutbah) niscaya ia akan diampuni dosanya sebelum sholat Jum'at sampai Jum'at berikutnya ditambah tiga hari lagi dan barang siapa yang beriman dengan pasir (tidak memperhatikan khutbah) maka sungguh (amalnya) sia-sia belaka [HR. Muslim]

Selain itu, setiap langkah kaki yang dilakukan oleh orang yang pergi ke masjid untuk shalat Jum'at juga akan menghapus dosa-dosanya, dan juga menambah pahala baginya. Hal ini tertera dalam hadits sebagai berikut, Rasulullah bersabda:

"Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, barangsiapa bersuci (wudhu) dirumahnya kemudian ia berjakan menuju rumah Allah (masjid) untuk menunaikan kewajiban (sholat) yang telah diwajibkan oleh Allah, maka setiap langkahnya dapat menghapus dosa dan meningkatkan derajatnya dan apabila ia mengerjakan sholat, maka malaikat tak akan ada henti-hentinya untuk mendoakan baginya selama ia berada di tempat sholat itu dengan do'anya: "Ya Allah, ampunilah ia, Ya Allah berilah ia rahmat selama ia tidak menyakiti oranglain atau berbicara didalamnya." [HR. Bukhari dan Muslim]

Untuk itu, bagi umat Islam jangan sekali-kali meninggalkan sholat Jum'at. Karena pahalanya sangat besar, dimana akan diampuni dosanya oleh Allah SWT, dan akan diangkat derajatnya. Dan bagi orang-orang yang deengan sengaja meninggalkan sholat Jum'at, maka Allah akan menutup hatinya sehingga ia selalu lupa akan perintah Allah.

Rasulullah bersabda, "Barangsiapa meninggalkan shalat Jum'at tanpa ada halangan atau bahaya, maka ia di tulis menjadi orang munafiq, dalam sebuah catatan yang tidak akan dihapus dan tidak akan ditukar"

Dalam hadits lain, Rasulullah juga bersabda,

"Sungguh berhentilah orang-orang dari perbuatan mereka meninggalkan jamaah shalat Jum'at atau sungguh Allah akan mematri hati mereka, kemudian mereka menjadi orang-orang lalai." [HR. Muslim].

Sehingga, untuk umat Islam terutama bagi yang laki-laki jangan pernah meninggalkan sholat Jum'at. Karena bagi yang meninggalkannya akan dimasukkan kedalam golonganorang-orang munafiq.
Selengkapnya
Ayat-Ayat Alquran Ini Terbukti Secara Ilmiah

Ayat-Ayat Alquran Ini Terbukti Secara Ilmiah

Alquran merupakan kitab suci yang sangat luar biasa. Karena di dalamnya terdapat banyak sekali menafaat dan ilmu pengetahuan. Meski banyak orang-orang kafir yang menuduh Alquran hanyalah sebuah 'buku karangan' yang dikarang oleh Nabi Muhammad SAW, namun nyatanya semua itu mulai terbantahkan.

Kita, sebagai umat Islam pasti 100% meyakini bahwa Alquran adalah kitab suci yang memang langsung datang dari Allah untuk pedoman umat manusia dan membenarkan serta menyempurnakan kitab-kitab terdahulu (taurat, zabur, dan injil).

Exalted is He who created all pairs - from what the earth grows and from themselves and from that which they do not know.

Menjawab tuduhan-tuduhan orang kafir yang menuduh bahwa Alquran itu hanyalah buku karangan Rasulullah, ternyata kita tidak perlu susah payah untuk membuktikannya. Karena Allah telah mempunyai cara tersendiri untuk membuktikannya. Saat ini kita bisa lihat bahwa banyak sekali ilmuwan-ilmuwan serta para peneliti kafir yang tercengang dengan hasil penelitian mereka sendiri.

Karena, hasil dari penelitian mereka ternyata cocok dan sesuai dengan apa yang ada di dalam Alquran, kitab yang sudah berumur 14 abad lebih ini ternyata memiliki keakuratan dan kesamaan dengan apa yang mereka temukan melalui penelitian ilmiah modern.

Hal inilah yang membuat banyak ilmuwan-ilmuwan kafir yang tadinya sangat antipati terhadap Islam bahkan sangat membenci Islam justru berbalik 180 derajat dan memilih menjadi seorang muslim karena memiliki keyakninan dengan apa yang dibawa oleh Muhammad ini (Alquran) adalah ajaran-ajaran yang datang langsung dari Tuhan.

Dan berikut ini adalah beberapa ayat-ayat Alquran yang sangat sesuai dan terbukti secara ilmiah.

1. Api di Dalam Laut

Baca Juga: Keajaiban Al Quran: Api di Dalam Laut

Di dalam Alquran surat Ath-Thur ayat 6 Allah SWT berfirman:

"Ada laut yang di dalam tanahnya ada api," [QS "Ada laut yang di dalam tanahnya ada api,"]

Ayat diatas terbukti secara ilmiah, bahkan baru-baru ini Discovery mempublikasikan video yang berisi munculnya sebuah fenomena retakan di dasar lautan yang mengeluarkan lava (api) yang menyala-nyala. Bagi orang-orang yang tidak mempercayai firman Allah tersebut pasti akan menganggap bahwa hal tersebut hanyalah fenomena alam biasa yang terjadi karena faktor alamiah.

Namun, kita umat Islam tentu meyakini bahwa setiap fenomena alam yang terjadi pasti ada kekuatan yang mengatur dibaliknya. Dalam hal ini Allah-lah yang mengatur itu semua, karena hanya Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

2. Dua Lautan yang Terpisahkan

Dan kali ini, lagi-lagi ilmuwan dibuat tercengang dari apa yang sudah dikabarkan Alquran 14 abad silam. Dalam Alquran surat Ar-Rahman ayat 19-20, Allah SWT berfirman:

"Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu," [QS. Ar-Rahman ayat 19]

"antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing." [QS. Ar-Rahman ayat 20]

Penelitian yang dilakukan oleh seorang Oceanografer asal Perancis ini mengungkap misteri dari surat Ar-Rahman ayat 19-20 tersebut. Peneliti bernama Jaques Yves Cousteau itu mengunkapkan bahwa penelitian tersebut dilakukan ketika ia dan tim melakukan eksplorasi bawah laut.

Pada saat itu, ia menemukan bahwa ada kumpulan air tawar yang tidak bercampur dengan air laut. Laut tersebut merupakan pertemuan Samudra Atlantik dan Mediterania. Pada saat menemukan hal menakjubkan tersebut, peneliti tersebut berujar, "'Seolah-olah ada dinding yang membatasi kedua aliran air itu," ujarnya.

"Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi." [QS. Al-Furqan ayat 53]

Bahkan setelah mengetahui ayat ini, ilmuwan tersebut dikabarkan masuk Islam.

3. Jasad Fir'aun Masih Utuh

Kisah Fir'aun yang tenggelam di Laut Merah saat sedang mengejar Nabi Musa dan pengikutnya diabadikan di dalam Alquran. Fir'aun yang diyakini sebagai Ramsess II itu ditemukan dan diteliti oleh ilmuwan asal Perancis yang dipimpin oleh dokter Prof. Dr. Maurice Bucaille.

Dalam penelitian tersebut berhasil menemukan fakta bahwa terdapat sisa-sisa garam yang masih melekat pada jasad mumi tersebut sebagai bukti besar bahwa Firaun mati akibat tenggelam di dalam laut.

Selain itu diketahui juga perihal jasad yang dikeluarkan dari laut, dirawat, dan dijadikan mumi hingga dapat awet hingga sekarang. Namun sebelum penelitian ini diadakan, Alquran telah menjelaskan hal tersebut di dalam Alquran.

"Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu (Fir'aun) supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami." [QS. Yunus ayat 92]

4. Tumbuhan yang Bertasbih

Tumbuhan bertasbih? mungkin terdengar konyol apabila kita hanya melihat tumbuhan sebagai makhluk hidup yang bahkan tidak bisa berbicara sama sekali, namun mari kita baca pengakuan dari Prof. William Brown yang telah meneliti tumbuhan dan ia menemukan kebenaran dari Alquran.

"Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun." [QS. Al-'Isrā' ayat 44]

Hasil penelitian tersebut dipublikasikan di majalah sains ternama, Journal of Plant Molecular Biologies. Setelah menemukan hasil penelitian tersebut, Prof. William Brown menegaskan bahwa dirinya memeluk Islam.

Baca Juga: Benarkah Tumbuhan Bertasbih Kepada Allah?

5. Siklus Air

Darimana air berasal? menurut penelitian modern menerangkan bahwa sebelum hujan terbentuk, terdapat beberapa tahap yaitu: 'bahan baku' hujan naik ke udara, kemudian terbentuklah awan, dan hingga turunlah hujan yang bisa kita lihat dan rasakan.

Dan hal ini sangat bersesuaian dengan firman Allah SWT:

"Allah, Dialah yang mengirim angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendaki-Nya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat hujan keluar dari celah-celahnya, maka apabila hujan itu turun mengenai hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya, tiba-tiba mereka menjadi gembira." [QS. Ar-Rum ayat 48]

Baca Juga: Beginilah Siklus Air Menurut Alquran

6. Proses Penciptaan Manusia

Seorang ilmuwan bernama Dr. Keith L. Moore terkejut setelah hasil penelitiannya ternyata sudah tercatat didalam Alquran. Ia adalah seorang profesor yang terkenal karena literatur tentang Anatomi dan Embriologi hasil penelitiannya menjadi buku pegangan kedokteran di seluruh dunia dan digunakan oleh para ilmuwan, dokter, fisioterapi dan siswa seluruh dunia.

Pada suatu ketika saat ia berada di Arab Saudi, ia didekati oleh sekelompok mahasiswa yang menunjukkan ayat-ayat Alquran tentang penciptaan manusia kepadanya. Betapa terkejutnya ia saat salah seorang mahasiswa menunjukkan ayat tersebut dan menafsirkan artinya kepada Keith L. Moore, ternyata apa yang ada di dalam ayat tersebut adalah sebuah fakta ilmiah yang baru saja ia temukan.

Tahukah Anda? surat apa dan ayat berapa yang Dr. Keith L. Moore baca? ia membaca surat Al-Mu'minūn ayat 13-14.

"Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim)." [QS. Al-Mu'minūn]

"Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik." [QS. Al-Mu'minūn ayat 14]

Baca Juga: Ilmuwan Terkejut dengan Ayat Tentang Penciptaan

7. Segala Sesuatu Berpasang-pasang

"Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui." [QS. Ya-Sin ayat 36]

"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah." [QS. Ads-Dzariyat ayat 49]

Menurut ayat ini, Allah telah menciptakan segala sesuatunya secara berpasangan, termasuk berbagai partikel yang ada di bumi. Seorang ilmuwan asal Inggris, Paul Dirac, berhasil melakukan penelitian yang membuktikan bahwa materi diciptakan secara berpasangan (terdapat proton dan neutron dalam elektron). Penemuannya dinamakan 'Parite'. Dia memperoleh Nobel di bidang fisika pada tahun 1933 karena penemuannya itu.

Baca Juga: Keajaiban Al Quran Tentang Penciptaan yang Berpasang-Pasang

Itulah beberapa ayat Alquran yang sangat sesuai dengan hasil penelitian ilmiah modern saat ini. Sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya, mungkin lain waktu akan kami buatkan artikel yang sama. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan dan membuat Anda menjadi makintau.
Selengkapnya
Siapa Sebenarnya Sosok Biksu Ashin Wirathu Itu?

Siapa Sebenarnya Sosok Biksu Ashin Wirathu Itu?

Akhir-akhir ini sedang ramai di media sosial yang membicarakan tentang sosok Ashin Wirathu. Tidak hanya di Indonesia saja, sosok Ashin Wirathu ini juga diperbincangkan di luar negeri. Bahkan, media-media ternama dunia seperti majalah Time juga membicarakan sosok orang ini.

Ashin Wirathu adalah seorang biksu asal Burma yang lahir pada 1968. Pada umur 14 tahun ia berhenti sekolah dan menjalani hidup kebikkhuan tersebut. Yang membuatnya menjadi terkenal seperti sekarang ini adalah karena aktivitas-aktivitasnya yang selama ini dikenal radikal.

Siapa Sebenarnya Sosok Biksu Ashin Wirathu Itu?

Terlebih lagi setelah tragedi pembantaian dan pengusiran Muslim Rohingya beberapa waktu silam, namanya semakin mencuat dan dikait-kaitkan dengan kejadian tersebut.

Siapa yang menyangka, wajah tenang dengan pakaian sederhana yang sama seperti para biksu pada umumnya ternyata sangat bertolak belakang dengan kelakuannya selama ini.

Majalah-majalah terkemuka seperi Time, New York Times, sampai Washington Post bahkan melabelinya dengan sebukan pembenci muslim karena Ashin Wirathu disebut sebagai penggerak kaum Buddha di Myanmar menyerang Muslim Rohingya.

Bahkan majalah Time menjadikan wajahnya sebagai cover majalah mereka dan terdapat tulisan 'The Face of Buddhist Terror'. Washington Post juga menguak sepak terjang Ashin Wirathu yang mendalangi dalam pergerakan pembantaian Rohingya.

"Kamu bisa saja penuh cinta dan kebaikan, tapi kamu tidak akan bisa tidur tenang di sebelah anjing gila," tutur Ashin seperti mengutip Washington Post. Anjing gila yang dimaksud adalah muslim Rohingya.

Ia juga mengatakan bahwa dirinya bangga disebut sebagai Buddha garis keras karena kebenciannya terhadap Islam. Bahkan, dengan terang-terangan Ashin dalam ceramahnya di depan jama'ahnya mengatakan bahwa muslim Rohingya adalah musuh yang harus dihabisi.

Ia sangat aktif di sosial media seperti Youtube dan Facebook yang digunakannya sebagai sarana untuk menyebarkan pesannya. Bahkan, saat ini ia telah memiliki pengikut lebih dari 37.000.

Ashin Wirathu menyebarkan ajaran kebencian dalam setiap ceramahnya. Dia selalu menyasar komunitas Muslim, seringkali dia memojokkan Rohingya. Pria inilah yang memimpin demonstrasi yang mendesak orang-orang Rohingya direlokasi ke negara ketiga.

Ashin juga mengkambinghitamkan kaum Muslim atas bentrokan yang terjadi. Dia terus mengulang alasan tak masuk akal soal tingkat reproduksi Muslim yang tinggi.

Biksu itu mengklaim perempuan Buddhis dipaksa pindah agama. Dia memimpin kampanye yang mendesak Pemerintah Myanmar mengeluarkan peraturan yang melarang perempuan Buddhis menikah dengan pria beragama lain tanpa izin pemerintah.

Dikutip dari sejumlah sumber, biksu Ashin Wirathu melakukan itu sebagai pembalasan atas penghancuran patung Buddha Bamiyan di Afganistan. Aksi pembalasannya itu dinamai gerakan 969.

PBB sempat geram kepadanya setelah ia melontarkan makian kepada seorang utusan PBB dengan menyebutnya sebagai 'pelacur' dan 'wanita jalang'. Pejabat hak asasi manusia PBB, Zeid Ra'ad Al Hussein pun mendesak pemerintah Myanmar mengecam keras biksu Ashin Wirathu.

Saat ini, ada lebih dari 1.000 pengungsi Rohingya yang terusir dari rumahnya di Myanmar dan kini mengungsi di Aceh dan Sumatera Utara. Kondisi muslim Rohingya saat ini sangat memprihatinkan.

Namun, sayangnya pemerintah Myanmar tidak sanggup berbuat banyak atas kekerasan yang terjadi pada warganya itu. Setelah hampir setengah abad dikuasai militer, kini Myanmar dipimpin oleh warga sipil. Namun, bentrokan antar agama memperlambat reformasi negara itu.

Sebagian orang percaya, Ashin diterima pemerintah kareana dia menyuarakan pendapat soal pandangan-pandangan populer, misalnya soal Rohingya. Ashin seolah menjadi corong pemerintah yang tidak bisa menyuarakan keinginannya sendiri karena alasan diplomatik.

Kaum perempuan Myanmar adalah satu-satunya kelompok yang konsisten menentang pandangan Ashin Wirathu. "Dia memberi reputasi buruk untuk negara kita. Dia menodai jubah biksu yang dia gunakan," kata Sekretaris Jenderal Liga Perempuan Burma, Tin Tin Nyo.

Dia juga mengatakan, kampanye Ashin Wirathu yang mengusulkan peraturan yang membatasi perempuan menikahi pemeluk agama lain, bukanlah bentuk perlindungan perempuan melainkan bentuk kontrol atas perempuan.

"Perempuan dapat memutuskan sendiri siapa yang ingin dia nikahi. Perempuan dapat memilih sendiri agama yang ingin dianut," kata Tin Tin Nyo.
Selengkapnya
Aksesoris Untuk Menyimpan Lingrie Seksimu

Aksesoris Untuk Menyimpan Lingrie Seksimu

Aksesoris Untuk Menyimpan Lingerie Seksi MuHey Ladies Do You Know a Picture it's! Ya pasti Anda sudah tahu mengenai beberapa fashion yang intrik dan seksi dari lingerie, banyak sekali model-model produk lingerie yang menawan dengan berbagai desain terkemuka dari para desainer lokal maupun Internasional.

Banyak sebagian dari para wanita menyukai fashionable ini untuk digunakan di rumah saat santai bersama pasangan dan ada juga lingerie seksi seperti loungewear yang digunakan saat berlibur ke pantai.

Berbicara mengenai macam lingerie pasti ada aksesoris lingerie juga yang dapat Anda tambahkan untuk menampilkan diri Anda agar terlihat lebih seksi saat menggunakan lingerie tersebut.

Nah tapi disini saya akan membahas mengenai aksesoris lingerie untuk tempat menyimpan atau membawa pakaian seksi Anda kemanapun, aksesoris yang saya maksud yaitu Pouch for Lingerie tempat menyimpan lingerie, meskipun bisa menaruhnya di tas Anda tapi pouch ini adalah tas (kantong) khusus untuk lingerie atau pakaian dalam seksi wanita

Aksesoris Untuk Menyimpan Lingerie Seksi Mu

Pouch atau kantong yang bentuknya ada beberapa jenis seperti dompet dan tas, barang ini bisa Anda pegang dan di jinjing. Karena pouch ini memiliki ukuran yang kecil dan juga menawan sangat lucu untuk digunakan sebagai aksesoris lingerie, ataupun bisa Anda pakai untuk menaruh barang-barang yang lainnya.

Kini pouch sudah banyak yang mengunakannya sebagai trend fashionable untuk penambahan fashion mereka ataupun untuk menaruh pakain seksi dan kebutuhan lain. Nah untuk para wanita yang ingin mengoleksi aksesoris pouch untuk lingerie Anda atau barang lainnya sangat cocok nih buat Anda miliki.
Selengkapnya
Alquran itu Sumber Kebahagiaan

Alquran itu Sumber Kebahagiaan

Alquran adalah sumber hidayah, penyembuhan jiwa, pengingat, rahmat dan pembeda antara kebenaran dan kebatilan. Dia adalah sumber mata air kebahagiaan yang tidak pernah kering. Dia adalah penjelas atas segala sesuatu. Tidak ada satu masalah apapun yang Alquran sisakan, kecuali di sana ada penjelasan yang dijadikan sebagai arahan agar manusia bisa hidup terarah dan tepat sasaran.

Alquran merupakan mukjizat paling spektakuler yang tidak dimiliki oleh agama manapun. Agama langit ataupun agama bumi.

Tujuan utama inti dan utama Alquran adalah meluruskan jalan manusia yang bengkok, menjernihkan pandangan dan visi manusia yang keruh, memberi penerangan pada jalan mereka yang gelap. Visi besar Alquran adalah menjadikan manusia bahagia dunia akhirat, lahir dan batin, kini dan esok.

Alquran itu Sumber Kebahagiaan

Fakta sejarah membuktikan tatkala Umar masuk Islam mendengarkan Alquran ayat di awal awal surat Thaha yang secara tegas menyatakan dan secara lugas menegaskan bahwa Alquran datang, diturunkan kepada manusia bukan untuk menjadikan manusia sengsara, melarat dan merana. Alquran datang sebagai tadzkirah, sebagai pengingat sebagai pemandu. Allah berfirman:

"Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah; tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah)," [QS. Taha ayat 2-3]

Sentuhan lembut Alquran ini membuat hati Umar yang keras melunak, sikapnya yang garang menjadi jinak dan kemudian dia masuk Islam dan menjadi salah seorang pendukung Islam yang paling depan dan brilian.

"Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar," [QS. Al-Isra' ayat 9]

"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." [QS. Al-Isra' ayat 82]

Ya, Alquran itu hadir untuk memberikan kesejukan pada jiwa manusia, memberikan keteduhan pada nurani mereka. Sehingga manusia merasakan nikmatnya hidup ini dalam arti yang sebenarnya bukan dalam dunia khayal dan imajinasi semata. Mereka hidup teduh di bawah naungan nilai dan norma norma Alquran, damai di bawah naungan Alquran.

Allah menjanjikan bagi mereka yang akrab dan intim dengan Alquran, mengikuti arahannya, meninggalkan larangan larangannya, niscaya orang itu tidak akan pernah tersesat perjalanan hidupnya. Dia tidak pernah kesasar dalam menemuh rute kehidupannya. Kehidupan dunianya tidak akan melarat di akhirat pasti akan terhormat.

Sebaliknya mereka yang berpaling dari Alquran dan meremehkan Alquran mengngagap Alquran sebagai buku biasa maka pendar pendar penawar Alquran tidak akan permah menembus hati dan nuraninya. Lorong lorong jiwanya akan terliputi gulita, mata batinnya akan kumuh dan rapuh. Karena dia kehabisan cahaya Alquran, kehabisan oksigen kebenaran. Hidupnya menjadi sempit, dirinya direndahkan, hidupnya akan mengalami kerugian, nikmat Allah akan terus menjauh darinya. Kehidupan akhiratnya akan carut marut.

"Allah berfirman:"...barangsiapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka. Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta" [QS. Taha ayat 123-124]

Saat mengomentari ayat di atas Ibnu Abbas berkata: Barang siapa yang mengikuti Alquran maka Allah akan memberinya petunjuk, meneguhkannya di dunia dan membahagiakannya di akhirat. Dan barang siapa yang berpaling dari Alquran maka Allah akan menyesatkannya di dunia, menjadikan kehidupannya sempit dan menghinakannya di akhirat.

Kehidupan yang sempit itu berupa ditutupnya asa dan harapan bagi dirinya, terkuncinya pintu kesenangan, ditutupnya pintu kesuksesan hakiki, dan hilangnya rasa kebahagiaan yang sebenarnya.

Nama-nama Al-Quran Indikasi Kebahagiaan

Nama nama Alquran yang beragam mengindikasikan bahwa Alquran adalah sumber kebahagiaan bagi ummat manusia.

Sebutan sebagai NUR atau cahaya mengindikasikan bahwa Alquran akan memberikan bersit bersit cahaya dan pendar pendar sinar di jalan manusia.

Sebutannya sebagai FURQAN menunjukkan bahwa barang siapa yang berpegang teguh dengan Alquran, maka akan mampu memilah dan memilih dimana yang Haq dan dimana yang batil.

Sebutan Alquran sebagai SYIFAA menunjukkan bahwa Alquran akan menjadi obat paling mujarab yang sangat dibutuhkan manusia, bangsa dan dunia yang mungkin mengalami derita penyakit akut yang ganas.

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." [QS. Yunus ayat 57]

Bahkan rasulullah, sebelum beliau wafat bersabda:

"Aku tinggalkan dua perkara di tengah kalian, dan kalian tidak akan tersesat selama kalian berpegang teguh pada keduanya, kitab Allah dan sunnah Nabi-Nya" [HR. HR. Imam Malik dalam AlMuwatha']

Maka barang siapa yang memiliki keyakinan bahwa dia bisa mendapatkan petunjuk selain petunjuk dari Allah, dan mencariya di seluruh penjuru dunia, di buku buku karangan manusia maka dia akan menemukan jalan buntu dan usaha yang dilakukannya akan berujung sia sia. Bahkan semakin jauh dia mencari petunjuk selain petunjuk Allah, dia akan semakin jauh pula dari sumber kebahagiaan.

Orang orang yang dekat dengan Alquran akan mendapatkan posisi sangat terhormat di sisi Allah. Mereka yang belajar dan mengajar Alquran Rasulullah sebut sebagai orang terbaik diantara ummat manusia.

"Orang terbaik diantara kajian adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya." [HR. Bukhari]

"Sesungguhnya orang yang tidak ada salam rongga tubuhnya sesuatu dari Alquran, adalah seperti rumah yang roboh." [HR. Tirmidzi]

Al-Quran Mengubah Mindset

Kitab suci Alquran berhasil mengubah MINDSET orang orang Arab yang diliputi kejahilan menjadi tercerahkan. Dari manusia yang keras kepala menjadi lembut tiada tara, manusia yang rakus dunia menjadi manusia yang tak ambisi dunia. Bahagia bagi mereka adalah jika malam malam ada lantunan Alquran, tangis rindu pada Sang Maha Rahman, lewat tilawah sendu yang menghiasi bibir malam.

Seorang muslim yang baik akan sepenuhnya menyadari secara pasti bahwa dengan Alquran kebahagiaan itu bisa dicapai, kelapangan itu bisa diraih.

Oleh: KH. Samson Rahman
Rangkas Bitung, Banten
Selengkapnya
Azab Menanti Orang yang Kikir dan Enggan Menunaikan Zakat

Azab Menanti Orang yang Kikir dan Enggan Menunaikan Zakat

Menunaikan zakat adalah sebuah kewajiban bagi seorang muslim dan itu adalah salah satu rukun Islam, tepatnya yaitu rukun Islam yang ke-4. Zakat wajib ditunaikan, terutama bagi muslim yang memiliki kecukupan harta dan sudah cukup nisabnya untuk mengeluarkan zakat sesuai ketentuan.

Zakat selain sebagai bentuk ibadah juga sebagai salah satu untuk mensucikan diri dan harta benda yang dimiliki. Selain itu, zakat juga salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah atas apa yang telah Dia berikan kepada kita.

Azab Menanti Orang yang Kikir dan Enggan Menunaikan Zakat

Namun sayangnya saat ini banyak sekali orang-orang kaya yang berkecukupan harta, namun masih enggan untuk menunaikan zakat dan memiliki sifat kikir. Entah karena merasa takut hartanya berkurang atau memang karena ia memiliki sifat kikir, namun yang pasti zakat adalah sebuah kewajiban bagi seorang muslim yang mampu. Dan apabila ia tidak melaksanakannya, maka Allah telah menyiapkan azab bagi mereka dan menggolongkan mereka kedalam golongan orang yang celaka.

Allah SWT berfirman:

"Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan." [QS. Al-Baqarah ayat 110]

Dalam ayat diatas, Allah secara jelas dan tegas memerintahkan kita untuk menunaikan shalat dan zakat. Dan Allah juga berjanji bahwa segala kebaikan apapun pasti akan mendapat balasan yang setimpal disisi-Nya.

Dan seperti yang dijelaskan pada ayat diatas, shalat dan zakat adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dan keduanya itu saling melengkapi. Karena, percuma saja jika seseorang rajin beribadah shalat, puasa, dll tapi ia enggan membayar zakat maka ia termasuk kedalam golongan orang celaka.

Ingatlah bahwa zakat itu adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim yang mampu, dan barangsiapa yang mengabaikannya tentu ia berdosa dan pasti Allah akan mengancamnya dengan siksa yang pedih di akhirat kelak.

Allah SWT berfirman:

"...Dan kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang mempersekutukan-Nya," [QS. Fuşşilat ayat 6]

"(yaitu) orang-orang yang tidak menunaikan zakat dan mereka kafir akan adanya (kehidupan) akhirat." [QS. Fuşşilat ayat 7]

Allah telah menyiapkan siksa yang sangat pedih bagi orang-orang yang enggan menunaikan zakat dan bersifat kikir. Mereka yang selalu mengumpulkan harta, bekerja siang dan malam, namun hartanya tidak ia gunakan untuk kebaikan bahkan ia enggan menunaikan zakat. Maka, azab yang pedih akan menantinya di akhirat.

Allah SWT berfirman:

"...Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih," [QS. At-Taubah ayat 34]

"pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu"." [QS. At-Taubah ayat 35]

Sungguh sebuah siksaan yang pedih dan tidak dapat dibayangkan, Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya pemilik emas dan perak yang tidak membayarkan kewajibannya, benar-benar dihari kiamat nanti harta itu akan menjadi potongan-potongan berupa api neraka, lalu membakar pemiliknya diatas neraka jahannam. Lalu diletakkan pada dahinya, pinggang dan punggungnya. Setiap panasnya berkurang maka akan diganti dengan panas yang seperti semula, hal itu berjalan selama kurang lebih 50.000 tahun, sampai Allah memberi keputusan atas manusia, lalu ketika itu dia akan mengetahui apakah ia akan masuk kedalam neraka lagi atau tidak (dimasukkan ke surga),"

Kemudian diwaktu itu ada salah seorang sahabat bertanya kepada Nabi SAW:

"Wahai Rasulullah, bagaimana haknya dengan pemilik unta?" Rasul menjawab, "Demikian juga pemilik unta yang tidak membayar kewajibannya, di hari kiamat dia pasti akan dikenakan siksa" [HR. Bukhori dan Muslim]

Maka dari itu, jangan pernah kita merasa bangga apalagi merasa sombong dengan harta yang kita punya. Karena sesungguhnya selain menjadi nikmat, harta juga menjadi cobaan bagi kita.

Allah SWT berfirman:

"Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian." [QS. Adh-Dzariyat ayat 19]

Sesungguhnya orang yang menolak untuk mengeluarkan zakat akan celaka dan dianggap kufur terhadap Allah. Dan meskipun ia adalah orang yang rajin shalat, namun apabila ia enggan mengeluarkan zakat dan kikir, maka sia-sia saja shalatnya. Untuk itu, janganlah kita mengabaikan zakat agar kita mendapatkan rahmat dan keberkahan didalam harta kita sehingga kita akan selamat di dunia dan di akhirat, Aamiin. Semoga bermanfaat.
Selengkapnya
Harus Tahu! Ciri-Ciri Beras Plastik

Harus Tahu! Ciri-Ciri Beras Plastik

Beras adalah makanan pokok masyarakat di Indonesia, namun sayangnya baru-baru ini ditemukan beras yang dibuat dari bahan dasar plastik. Beras dari plastik atau beras sintetis ini pertama kali ditemukan oleh seorang pedagang bubur di Bekasi.

Ia curiga karena beras yang diolah menjadi bubur itu gagal diolah, dan ketika sudah diolah terdapat beberapa kejanggalan dan tidak tampak seperti beras pada umumnya.

Harus Tahu! Ciri-Ciri Beras Plastik

Dewi Setiani, pedagang bubur tersebut mengunkapkan ada beberapa ciri yang membedakan antara beras asli dengan beras plastik. Untuk itu, Dewi membeberkan ciri-ciri yang membedakan antara beras plastik dengan beras asli.

  1. Butiran beras yang diduga plastik berwarna bening sementara beras asli berwarna bening bercampur putih susu.
  2. Ketika dimasak, beras plastik sudah terlihat berbeda dengan beras pada umumnya.
  3. Ketika dimasak menjadi bubur, beras plastik tidak hancur-hancur. Padahal umumnya memasak nasi menjadi beras hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam saja beras sudah hancur.
  4. Ketika dimasak, beras plastik tidak dapat menyerap air, bahkan malah mengeluarkan air. Padahal, beras yang asli pasti akan menyerap air.
  5. Dan ketika dimakan, beras plastik akan terasa aneh karena rasa plastiknya akan terasa dan ditenggorokan akan terasa lengket. Hal ini tentu berbeda dengan beras asli.

Jadi, masyarakat sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih. Karena saat ini beras plastik diduga sudah beredar luas di masyarakat, jika dilihat sekilas memang beras plastik dengan beras asli tak jauh berbeda.

Namun, jika diteliti lebih dekat lagi akan terlihat lebih jelas. Dan yang paling mudah dalam membedakannya adalah dengan melihat warna berasnya. Jika beras plastik akan terlihat bening saja, sementara beras asli akan terlihat bening dengan warna putih susu ditengahnya.
Selengkapnya
Waspada! Beras Plastik Sintetis Beredar

Waspada! Beras Plastik Sintetis Beredar

Baru-baru ini heboh diberitakan bahwa ada temuan dari seorang penjual bubur di Bekasi bernama Dewi Septiani yang menemukan beras tidak layak konsumsi berbahan dasar plastik.

Hal ini bermula ketika ia akan mengolah beras yang dibelinya di toko langganannya itu. Saat akan diolah menjadi bubur, semua beras yang ia olah menjadi bubur gagal diolah.

Waspada! Beras Plastik Sintetis Beredar

Ia mengungkapkan bahwa biasanya jika nasi dimasak 1 jam saja sudah halus, namun yang kini ia jumpai adalah butiran beras hanya membesar saja. "aya coba masak untuk dagang bubur nah di situ ada keanehan. Biasanya dimasak satu jam nasinya sudah halus. Tapi sekarang setelah satu jam, butiran berasnya hanya membesar saja, tapi enggak halus. Airnya di atas, berasnya di bawah," ujar Dewi.

Setelah mengurangi takaran air untuk membuat bubur tersebut, beras pun akhirnya bisa menyatu dengan air. Akan tetapi, bubur yang telah jadi berbeda dengan bubur yang biasa dia buat. Dewi, yang sempat mencicipi, mendeskripsikan bubur terasa lengket di mulut.

Berdasarkan hal ini, Dewi menduga ada campuran beras plastik di beras yang dibelinya. Secara sekilas, semua beras tersebut tampak sama. Dewi mengatakan, butiran beras plastik terlihat polos dan tanpa serat. Sementara beras asli biasanya memiliki serat dan memiliki bagian berwarna putih susu di tengahnya.
Selengkapnya
Hukuman Bagi Orang yang Shalat Tapi Berbohong

Hukuman Bagi Orang yang Shalat Tapi Berbohong

Sholat sudah menjadi kewajiban setiap muslim yang sudah baligh dan berakal sehat, karena bagi mereka yang mengerjakan shalat maka akan mendapatkan pahala dan sebaliknya, mereka yang meninggalkannya maka akan mendapatkan dosa dan terancam siksa yang pedih di akhirat kelak.

Dalam sebuah hadits Rasulullah pernah menerangkan bahwa sholat itu dapat mencegah kepada perbuatan keji dan munkar. Namun, ada beberapa orang yang sholat tetapi dia masih melakukan perbuatan keji dan munkar seperti membunuh, mencuri dan yang paling umum adalah berbohong.

Lalu, bagaimana hukuman yang akan diterima bagi orang yang shalat tetapi suka berbohong? Karena ajaran Islam mengajarkan kepada seorang muslim agar selalu dan mampu menjaga lisannya atau perkataannya.

Hukuman Bagi Orang yang Shalat Tapi Berbohong

Berbohong adalah termasuk dalam kategori dosa-dosa besar, akan tetapi yang terjadi sekarang ini banyak sekali orang bahkan kita sendiri yang suka bermain-main dengan kebohongan.

Bahkan tak sedikit yang menganggap bahwa bohong itu merupakan sesuatu yang sepele, padahal kita tahu bahwa sekecil apapun kebohongan tetap saja dianggap sebagai dosa besar.

Allah SWT berfirman di dalam surat An-Naml:

"Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta." [QS. An-Nahl ayat 105]

Bohong atau dusta adalah sebuah sifat buruk yang sangat dibenci dan Allah sendiri mengutuknya. Kebohongan merupakan induk dari berbagai macam perkara buruk yang tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang lain.

Berbohong adalah pangkal dari berbagai kejahatan, dan salah satu ciri golongan orang munafik adalah mereka yang suka berkata dusta.

Dari Ibnu Mas’ud bahwa Rasulullah bersabda,

"Berkata benar jadikanlah kebiasaan bagimu, karena benar menurut kebaikan dan mengantarkan ke surga. Seseorang selalu berkata benar (pasti) ditentukan siddiq disisi Allah. Dan berhati-hatilah kamu pendusta, karena dusta menimbulkan kekejian (kejahatan) dan akibatnya akan menjerumuskan pelakunya ke dalam neraka. Seseorang berdusta akhirnya ditentukan pendusta disisi Allah"

Kejujuran merupakan landasan iman bagi seorang muslim. Bentuk kejujuran itu dapat dibuktikan melalui ucapan maupun perilaku sehari-hari.

Pada saat hari kebangkitan dan hari pembalasan kelak, seorang pendusta akan datang bersama kelompoknya (pendusta) dan datang kepada Allah dengan keadaan yang mengerikan. Sebagaimana firman Allah SWT:

"Dan pada hari kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Allah, mukanya menjadi hitam. Bukankah dalam neraka Jahannam itu ada tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri?" [QS. Az-Zumar ayat 60]

Allah juga berfirman:

"Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya". Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar." [QS. Az-Zumar ayat 3]

Seperti yang Allah sudah firmankan dalam ayat diatas, orang yang berbohong pasti akan mendapatkan ancaman siksa neraka. Dan mereka memiliki ciri yaitu dengan muka yang sangat hitam legam.

Perbuatan dusta adalah salah satu perbuatan yang dapat merusak dan melenyapkan amal ibadah. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda,

"Tanda-tanda orang munafik itu ada 3 walaupun ia sholat, puasa, walaupun ia mengira bahwa ia menjadi seorang muslim, yaitu berdusta saat berbicara, jika berjanji dia ingkar, dan berhianat apabila diberi amanat (kepercayaan)"

Bahkan, lebih parah lagi Allah tidak akan mau melihat dan mensucikan mereka yang berbohong dan Allah akan menyiksa mereka dengan siksa yang padih.

Sebagaimana sabda Rasulullah,

"Ada tiga golongan di hari kiamat nanti Allah tidak akan melihat dan mensucikan mereka bahkan akan ditimpakan siksaan yang pedih yaitu, orangtua yang berzina, raja yang berdusta, dan fakir yang sombong." [HR. Muslim]

Dusta adalah perbuatan yang dilarang oleh Islam, dan Allah akan mencatat dosa sekecil apapun dan akan tetap membalasnya.

Dan dusta sekecil apapun, maka pelakunya nanti akan dimasukkan kedalam neraka, untuk itu sebagai seorang muslim yang bertawa hendaknya kita selalu menjauhi dan berusaha agar terhindar dari sifat dusta ini. Karena kejujuran akan mengatarkan kita kepada jalan kebaikan dan surga. Semoga bermanfaat.
Selengkapnya
Muhammadiyah Pastikan Awal Ramadhan 18 Juni 2015

Muhammadiyah Pastikan Awal Ramadhan 18 Juni 2015

Muhammadiyah secara resmi telah mengumumkan bahwa awal Ramadhan atau puasa akan dimulai pada tanggal 18 Juni 2015. Seperti biasa, Muhammadiyah dalam menetapkan awal Ramadhan atau 1 Syawal menggunakan metode Hisab Hakiki Wujudul Hilal.

Selain itu, Muhammadiyah juga sudah menetapkan bahwa 1 Syawal 1436 H juga akan jatuh pada Jum'at, 17 Juli 2015. Sebab, ijtimak jelang Syawal 1436 Hijriah terjadi pada Kamis, 16 Juli 2015, pukul 03.26 WIB.

Muhammadiyah Pastikan Awal Ramadhan 18 Juni 2015

Hasil Hisab ini sudah diumumkan kepada para warga Muhammadiyah. Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang Amruddin Mahfud Jumai menyatakan penetapan awal puasa Ramadan itu sesuai Hisab Hakiki Wujudul Hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid Pengurus Pusat Muhammadiyah.

Amruddin yakin awal Ramadan yang sudah ditetapkan Muhammadiyah itu tak akan berubah. Baginya, jika terjadi perbedaan awal puasa Ramadan dengan penganut aliran Islam yang lain maka itu tidak apa-apa.

Muhammadiyah Kota Semarang sudah menyiapkan berbagai rencana dalam menyambut datangnya bulan puasa Ramadan 1436 H. "Masjid-masjid Muhammadiyah dan amal usaha Muhammadiyah se-Kota Semarang siap menyambut puasa," katanya. Salah satunya, Muhammadiyah akan berpartisipasi dalam acara dugderan yang digelar menjelang puasa.
Selengkapnya
9 Hal yang Diharamkan Dari Wanita

9 Hal yang Diharamkan Dari Wanita

Islam mengharamkan semua sebab yang membawa kepada hubungan tidak halal antara laki-laki dan perempuan

Dalam rangka mencegah keburukan dan kerusakan besar akibat hubungan yang tidak halal ini, agama Islam mengharamkan semua sebab yang menjerumuskan ke dalam perbuatan buruk ini, di antaranya (Hiraasatul fadhiilah, hlm. 101-102),

9 Hal yang Diharamkan Dari Wanita

1- Diharamkannya menemui perempuan yang tidak halal dan berduaan dengannya, termasuk berduaan dengan sopir di mobil, dengan pembantu di rumah, dengan dokter di tempat prakteknya dan lain-lain.

Banyak dalil yang menunjukkan hal ini, di antaranya sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Tidaklah sekali-kali seorang laki-laki berduaan dengan seorang perempuan kecuali setan akan menjadi yang ketiga.” ((HR Tirmidzi 2165, Ahmad (1/26), dan dishahihkan al-Albani)

2- Diharamkannya bersafar (melakukan perjalanan jauh) bagi perempuan tanpa laki-laki yang menjadi mahramnya (suami, ayah, paman atau saudara laki-lakinya).

Dalil yng menunjukkan hal ini juga banyak sekali, di antaranya sabda Rasulullah : “Janganlah sekali-kali seorang perempuan bersafar kecuali bersama dengan mahramnya.” (HR. Bukhari 2844 dan Muslim 1341)

3- Diharamkannya memandang dengan sengaja kepada lawan jenis, berdasarkan firman Allah :

“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. Dan katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka” (QS an-Nuur: 30-31).

4- Diharamkannya menemui seorang perempuan tanpa mahram, meskipun dia saudara suami (ipar), berdasarkan sabda Rasulullah : “Waspadalah kalian (dari perbuatan) menemui perempuan (tanpa mahram)”. Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah , bagaimana dengan al-hamwu (ipar dan kerabat suami lainnya)? Rasulullah bersabda “al-Hamwu adalah kebinasaan.” (HR Bukhari 4934 dan Muslim 2172)

Artinya: fitnah yang ditimbulkannya lebih besar karena bisanya seorang perempuan menganggap biasa jika berduaan dengan kerabat suaminya. (Simak Fathul Baari, 9/332).

5- Diharamkannya laki-laki menyentuh perempuan, meskipun untuk berjabat tangan. Pembahasan ini akan kami uraikan dengan lebih rinci insya Allah.

Berdasarkan sabda Rasulullah : “Sungguh jika kepala seorang laki-laki ditusuk dengan jarum dari besi lebih baik baginya dari pada dia menyentuh seorang perempuan yang tidak halal baginya” (HR Thabarani dalam al-Kabiir 486 dan ar-Ruyani al-Musnad (2/227), dihasankan al-Albani).

6- Diharamkannya laki-laki yang menyerupai perempuan dan sebaliknya. Berdasarkan hadits berikut: Dari shahabat yang mulia, Abdullah bin ‘Abbas , beliau berkata: “Rasulullah melaknat laki-laki yang menyerupai perempuan dan melaknat perempuan yang menyerupai laki2″[14].

7- Disyariatkan dan dianjurkannya bagi kaum perempuan untuk shalat di rumah dan itu lebih baik/utama daripada shalat mereka di masjid, dalam rangka menghindari fitnah yang timbul jika mereka sering keluar rumah. Rasulullah bersabda: “Janganlah kalian melarang para wanita (untuk melaksanakan shalat) di masjid, meskipun (shalat mereka) di rumah-rumah mereka lebih baik bagi mereka.” (HR al-Bukhari 5546).

8- Diharamkannya perempuan sering keluar rumah tanpa ada keperluan yang dibenarkan dalam syariat dengan syarat tidak berdandan dan bersolek karena akan menimbulkan fitnah bagi laki-laki. Allah berfirman,

“Dan hendaklah kalian (wahai istri-istri Nabi) menetap di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj (sering keluar rumah dengan berhias dan bertingkah laku) seperti (kebiasaan) wanita-wanita Jahiliyah yang dahulu, dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait (istri-istri Nabi) dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya” (QS al-Ahzaab:33).

Dan dalam hadits yang shahih Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya wanita adalah aurat, maka jika dia keluar (rumah) setan akan mengikutinya (menghiasainya agar menjadi fitnah bagi laki-laki), dan keadaanya yang paling dekat dengan Rabbnya (Allah ) adalah ketika dia berada di dalam rumahnya.” (HR Ibnu Khuzaimah 1685), Ibnu Hibban 5599) dan dishahihkan al-Albani).

9- Diharamkannya perempuan keluar rumah dengan memakai wangi-wangian dalam bentuka apapun, karena akan menimbulkan fitnah yang besar. Rasulullah betrsabda: “Seorang wanita, siapapun dia, jika dia (keluar rumah dengan) memakai wangi-wangian, lalu melewati kaum laki-laki agar mereka mencium bau wanginya maka wanita adalah seorang pezina.” (HR. an-Nasa’i 5126), Ahmad (4/413), dihasankan al-Albani) (Konsultasi Syariah)
Selengkapnya