Sejarah Di temukannya Burung Cendrawasih Terdapat di Daerah Papua

2 min


Burung Cendrawasih Terdapat di Daerah

Burung Cendrawasih populasinya kini kian menurun, namun pemerintah dan berbagai lembaga bergerak dengan cepat untuk mengatasi hal ini. Burung cendrawasih terdapat di daerah Papua dan sekitarnya.

Pada artikel kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang burung cendrawasih. Mulai dari sejarah hingga beberapa informasi lainnya.

Mengenal Lebih Jauh Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih terdapat di daerah Papua dan sekitarnya yang memang hewan asli khas Papua, dan menjadi salah satu simbol keindahan alam Indonesia. Meskipun ada banyak legenda dan cerita tentang burung cendrawasih, sejarah di temukannya burung ini sebenarnya sulit untuk di pastikan.

Sejarah Di temukannya Burung Cendrawasih

Dalam budaya setempat, burung cendrawasih sudah di kenal sejak lama. Burung ini di anggap sebagai simbol kecantikan, keanggunan, dan kesuburan. Di Papua, burung cendrawasih juga sering di gunakan sebagai hiasan atau aksesoris dalam tarian adat.

Burung cendrawasih pertama kali di temukan oleh penjelajah Eropa pada abad ke-16. Pada tahun 1522, seorang pelaut Portugis bernama Francisco SerrĂ£o berlayar ke Kepulauan Maluku dan menemukan sebuah pulau yang kaya akan rempah-rempah.

Saat berada di sana, ia juga melihat burung cendrawasih untuk pertama kalinya. Beberapa tahun kemudian, penjelajah Belanda juga menemukan burung cendrawasih di wilayah Papua. Namun, sejarah di temukannya burung cendrawasih sebenarnya masih di perdebatkan.

Ada beberapa catatan sejarah yang mengklaim bahwa penduduk asli Papua sudah mengenal burung cendrawasih terdapat di daerah-nya sejak ribuan tahun yang lalu. Beberapa catatan sejarah juga menyebutkan bahwa burung cendrawasih sudah di kenal oleh para penjelajah Arab dan Tiongkok sejak abad ke-13.

Burung Cendrawasih Hewan Di lindungi di Dunia

Burung cendrawasih menjadi simbol keindahan alam Indonesia, burung cendrawasih juga di lindungi oleh pemerintah Indonesia. Ada beberapa jenis burung cendrawasih yang terancam punah, sehingga upaya konservasi menjadi sangat penting untuk menjaga keberadaan burung ini di alam liar. Baca juga habitat asli burung cendrawasih meliputi hutan hujan tropis.

Lembaga Internasional yang Melindungi Burung Cendrawasih

Tak hanya Indonesia, bahkan burung cendrawasih terdapat di daerah Papua dan sekitarnya juga merupakan hewan yang di lindungi di dunia.

Salah satu lembaga internasional yang berperan dalam melindungi burung cendrawasih adalah International Union for Conservation of Nature (IUCN). IUCN merupakan sebuah organisasi internasional yang bergerak dalam bidang konservasi alam dan keanekaragaman hayati.

Tugas utama IUCN adalah membuat daftar spesies-spesies yang terancam punah dan memberikan rekomendasi untuk melindungi spesies-spesies tersebut. IUCN telah menetapkan beberapa jenis burung cendrawasih sebagai spesies yang terancam punah.

Selain IUCN, ada lembaga lainnya juga yang turut berperan melindungi burung cendrawasih seperti Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES), BirdLife International, dan The Alliance for Zero Extinction (AZE).

Sebagai warga negara Indonesia, khususnya masyarakat Papua sangat perlu kita melindungi burung cendrawasih terdapat di daerah Papua ini.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend