Dampak Perburuan Ilegal Terhadap Spesies Burung Cendrawasih

2 min


Perburuan Ilegal Terhadap Spesies Burung Cendrawasih

Siapa yang tak mengenal burung cantik cenderawasih, burung khas yang mempunyai keelokan warna dan bentuk. Burung cenderawasih banyak diburu sehingga jumlahnya semakin sedikit. Itulah mengapa Spesies Burung Cendrawasih termasuk hewan langka.

Selain mempunyai tubuh yang elok, cenderawasih juga mempunyai tubuh panjang karena bisa mencapai 110 cm, tetapi ada juga yang hanya sepanjang 15 cm.

Perburuan Ilegal Terhadap Spesies Burung Cendrawasih

Dampak Perburuan Ilegal Burung Cendrawasih

Perburuan ilegal termasuk salah satu ancaman utama untuk populasi burung cendrawasih di Indonesia, itulah mengapa burung Cendrawasih termasuk hewan langka. Burung cendrawasih seringkali diburu karena kecantikannya yang mengagumkan, sehingga bulu-bulu indah mereka seringkali dijual dengan harga yang tinggi di pasaran.

Selain itu, burung cendrawasih juga diburu untuk dijadikan burung peliharaan atau burung kesayangan untuk para penghobi burung. Perburuan ilegal burung cendrawasih bisa menyebabkan berkurangnya jumlah burung cendrawasih di alam liar, sehingga bisa mengurangi keanekaragaman hayati di Indonesia. Itulah mengapa burung Cendrawasih termasuk hewan langka

Selain itu, perburuan ilegal juga bisa mengakibatkan terganggunya keseimbangan ekosistem di hutan-hutan tropis Papua, dimana burung cendrawasih tinggal. Untuk mengurangi dampak perburuan ilegal pada populasi burung cendrawasih, dibutuhkan upaya-upaya nyata dari pemerintah dan masyarakat. Baca juga mengapa burung cendrawasih termasuk hewan langka yang perlu dilindungi.

Selain itu, masyarakat juga bisa berperan dengan tidak membeli atau memelihara burung cendrawasih yang didapat dengan cara ilegal. Dengan demikian, diharapkan bisa tercipta kesadaran dan tanggung jawab dari masing-masing pihak untuk melindungi burung cendrawasih dan keanekaragaman hayati Indonesia. Sehingga dapat mengurangi alasan mengapa burung Cendrawasih termasuk hewan langka.

Informasi Umum seputar Burung Cendrawasih

  • Burung cendrawasih dikenal sebagai burung yang amat territorial. Jantan akan terus-menerus menunjukkan kekuasaannya pada betina dan burung lainnya dengan cara bersuara atau berkicau dengan keras.
  • Jantan burung cendrawasih umumnya lebih besar dan lebih indah daripada betina.
  • Burung cendrawasih mempunyai sayap yang lebar dan panjang, sehingga mereka bisa terbang dengan cepat dan lincah. Sayap mereka juga mempunyai warna yang indah dan mengkilap saat terkena cahaya matahari.
  • Burung cendrawasih termasuk burung yang amat indah dan unik, sehingga seringkali jadi burung kesayangan untuk para penghobi burung. Tetapi, burung cendrawas
  • Burung cendrawasih mempunyai mata yang besar dan mempesona. Mereka mempunyai kemampuan yang mengagumkan untuk melihat warna, yang memungkinkan mereka untuk mengenali makanan dan habitat yang tepat.
  • Burung cendrawasih adalah burung yang amat suka berkicau. Mereka mempunyai nada yang indah dan mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan suara yang beragam, seperti suara merdu, gesekan, dan suara tinggi yang khas.

Cenderawasih umumnya mempunyai bulu yang mencolok, cerah, dan manrik seperti warna biru, orange, hijau, merah, bahkan kuning. Burung ini banyak diburu, itulah mengapa burung Cendrawasih termasuk hewan langka.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend