Keunikan Nama Latin Burung Cendrawasih

2 min


Nama Latin Burung Cendrawasih

Tak banyak yang tahu bahwa nama latin burung cendrawasih cukup aneh di antara fauna lainnya. Sebagai informasi, burung cendrawasih adalah fauna endemik Papua, Papua Nugini, Kepulauan Aru, dan Australia bagian utara. Nama lain burung cendrawasih adalah burung surga atau disebut bird of paradise. Banyak orang menyebut cendrawasih sebagai burung surga lantaran keindahannya yang menakjubkan. Sayangnya burung cendrawasih terancam punah dan hampir tak ada lagi di dunia.

Namun Linnaeus yakni bapak pemberi nama ilmiah flora dan fauna dunia memberikan nama latin untuk cendrawasih yaitu Paradisaea apoda. Sebagai informasi, dalam bahasa Latin apoda artinya tanpa kaki. Namun benarkah burung cendrawasih tidak memiliki kaki? Faktanya burung cendrawasih mempunyai kaki. Oleh sebab itulah banyak orang yang menyebut nama latin dari cendrawasih cukup aneh. Baca juga Spesies Burung Cendrawasih termasuk hewan langka.

Mengetahui Nama Latin Burung Cendrawasih

Ternyata ada cerita tersendiri di balik pemberian nama latin cendrawasih yang aneh ini. Cerita tersebut berkembang pada abad ke 16 sampai ke 17. Dalam cerita itu, disebutkan bahwa burung cendrawasih diterbangkan langsung dari surga. Sesudah ditetaskan dari telur, burung-burung ini nantinya terbang ke matahari. Dari sana, burung akan mendapat bulu-bulu yang sangat bagus dan membuatnya sangat cantik sampai saat ini.

Nama Latin Burung Cendrawasih yang Harus Anda Ketahui

Jika melihatnya sekilas, burung cendrawasih terlihat tidak mempunyai kaki. Hal itulah yang membuat orang Eropa mengatakan bahwa burung cendrawasih tidak berkaki dan membuatnya tak pernah hinggap di bumi. Orang-orang pada masa itu percaya bahwa seluruh hidup burung cendrawasih dihabiskan di udara. Hal itu ditambah lagi dengan keadaan awetan burung-burung cendrawasih yang dikirim ke kawasan Eropa bagian kakinya telah dipotong.

Berdasarkan sampel cendrawasih yang hadir tanpa kaki jenis greater bird of paradise, kemudian membuat Linnaeus memberikan nama latin cendrawasih berupa Paradisaea Apoda yang artinya adalah burung surga tanpa kaki. Walaupun begitu, fakta yang harus dipercayai adalah burung cendrawasih seperti burung pada umumnya yang mempunyai kaki dan sayap indah sangat indah dan memanjakan mata.

Tak heran jika pada waktu lampau, para masyarakat Eropa lebih mempercayai bahwa burung cendrawasih tidak mempunyai kaki dan selalu terbang sehingga tak pernah menyentuh tanah atau bertengger di bagian dahan pohon. Padahal kenyataan yang terjadi di alam justru bertentangan dengan sekedar penglihatan tersebut.

Itulah informasi tentang nama latin burung cendrawasih yang aneh dan unik serta jarang diketahui oleh orang-orang. Meskipun nama ilmiah burung cendrawasih adalah burung surga tanpa kaki, sebaiknya jangan percaya begitu saja bahwa burung ini tidak mempunyai kaki. Anda bisa melihat langsung burung cendrawasih dengan kaki di kebun binatang terdekat.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend