Mengapa Burung Cendrawasih Perlu Dilindungi? Yuk, Simak Penjelasannya Berikut Ini!

2 min


2 shares
Mengapa Burung Cendrawasih Perlu Dilindungi

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beranekaragam flora dan fauna. Namun, perlahan – lahan keberagaman tersebut ternyata memiliki masalah dimana flora dan fauna mulai terancam punah, seperti halnya burung cendrawasih yang akan kita bahas dalam ulasan kali ini. Mungkin masih banyak yang masih awam mengapa burung cendrawasih perlu dilindungi? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasannya berikut ini ya!

Inilah Penjelasan Mengapa Burung Cendrawasih Perlu Dilindungi?

Cendrawasih adalah salah satu burung yang sering ditemukan di hutan Papua. Ukurannya sekitar 4,75 hingga 39 inci tergantung dengan jenis spesiesnya. Warna bulunya yang indah, ekor panjangnya, dan gradasi yang ada di bagian tubuhnya ini tentu sangat memukau dan menarik perhatian manusia sehingga menjadi sasaran empuk bagi mereka para pemburu liar untuk mendapatkan pundi – pundi rupiah hasil dari penangkapan burung cendrawasih tersebut.

Mengapa burung cendrawasih perlu dilindungi? Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa ada banyak sekali pajangan ataupun benda – benda lainnya yang terbuat dari bulu indah cendrawasih ini. Mulai dari pakaian, hiasan topi, perlengkapan upacara adat dan masih banyak lagi benda – benda lainnya yang menggunakan bulu indahnya ini. Maka, harga yang dipatok pun tentu besar bukan? Inilah permasalahan yang timbul sehingga ancaman kepunahan dari burung cendrawasih ini semakin dekat. Oleh karena itu, pemerintah pun turut serta campur tangan untuk mengatasi kepunahan salah satu fauna yang ada di Indonesia.

Beberapa Hal Penting Mengapa Burung Cendrawasih Perlu Dilindungi?

  • Maskot Bagi Rakyat Papua

Seperti yang telah dijelaskan di awal, bahwasannya burung ini habitat aslinya memang berada di tanah Papua. Tentu, rakyat Papua pun akan melestarikan keberadaan dari burung cendrawasih tersebut supaya tidak punah bukan? Baca juga Burung Cendrawasih Termasuk Fauna Tipe Australis.

  • Termasuk Satwa Endemik

Selanjutnya, hal lain yang menjelaskan mengapa cendrawasih perlu dilindungi? Hal ini dikarenakan jenis satwanya termasuk endemik, artinya hanya terbatas pada suatu wilayah tertentu saja. Habitatnya pun hutan – hutan lebat yang berada di dataran rendah, dan itu hanya bisa ditemukan di Indonesia bagian Timur saja ya.

  • Keindahan dari Burung Cendrawasih

Ketika berbicara tentang keindahan burung cendrawasih memang akan memukau banyak orang. Adapun warna dari bulu burung cendrawasih ini pun ada arti atau tandanya tersendiri sesuai dengan wilayahnya. Apalagi untuk burung cendrawasih jantan itu benar – benar bulunya indah sekali yang memang digunakan untuk menarik perhatian para burung cendrawasih betinanya. Adapun beberapa jenis burung cendrawasih yang harus Anda ketahui adalah burung cendrawasih kuning kecil, botak, raja, merah, dan juga toowa.

Itulah beberapa hal mengapa burung cendrawasih perlu dilindungi? Semoga ulasan kali ini bermanfaat ya!


Like it? Share with your friends!

2 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend