Burung Cendrawasih Termasuk Hewan Yang Memiliki Banyak Jenis Dan Beragam Macam Keindahannya

2 min


Burung Cendrawasih Termasuk Hewan

Pesona serta eksotisme wilayah Indonesia bagian timur ini memiliki sebuah panorama alam, adat budaya, serta flora dan fauna yang memukau. Bahkan kawasan ini sendiri di juluki sebagai potongan surga di bumi hal ini terbilang tidak berlebihan karena memang memiliki pesona. Burung cendrawasih termasuk hewan yang memiliki banyak jenis serta beragam macam keindahannya sehingga di juluki bird of paradise loh sobat.

Burung cendrawasih ini adalah sekolompim burung yang masuk dalam anggota keluarga paradisaeidae dan ordo passeriformes yang terdapat di Pulau Papua. Secara lebih spesifik burung cendrawasih memiliki keunikan yaitu burung jantan dengan bulu panjang serta pola rumut yang tumbuh di sayap. Sedangkan burung cendrawasih ini terkenal dengan cendrawasih buning besar yang dulunya di perdagankgan oleh masyarakat pribumi Papua kepada orang Eropa.

Burung Cendrawasih Termasuk Hewan

Burung Cendrawasih Termasuk Hewan Yang Memiliki Banyak Jenis Dan Beragam Macam Keindahannya

Burung Cendrawasih Termasuk Hewan Yang Memiliki Banyak Jenis

Nah untuk jenis pertam dari burung cendrawasih bernama cendrawasih astrapia arfak dari bahasa yunani yang artinya penerangan dan latin artinya hitam. Burung ini sendiri memiliki warna dominan hitam dengan campuran ungu, perunggu, serta hijau yang ekornya panjang dan tumpul dan paruh pendek. Burung berjeniskan ini sendiri memiliki panjang sekitar 60 cm berwarna hitam serta tengkuknya berwarna kuning, sayapnya dan ekornya berwana ungu berkilau. BAca juga Burung cendrawasih merupakan hewan khas daerah timur yang memiliki bentuk unik dan rupawan.

Jenis Burung Cendrawasih Parotia Arfak

Jenis burung selanjutnya bernama parotia arfak yaitu jantan serta betinanya memiliki warna berbeda dengan sifat dimorfik dan hanya ada di beberapa wilayah. Pejantan parotia arfak berbulu hitam dengan hiasan segitiga perak di atas kepala dan tenggorokannya dan memiliki wnra cerah atau pelangi mengkilat. Pada bagian dadanya terdapat bulu hitam panjang, tiga helai kawat panjang di belakang matanya, pejantan ini memiliki sifat poligami loh.

Burung Cendrawasih Kuning Kecil

Jenis burung selanjutnya yaitu cendrawasih kuning kecil yang memiliki ukuran sekitar 32 cm dengan ciri warna bulu depannya coklat kemerahan. Bagian belakang burungnya kuning kecoklatan, ekornya yang panjang dan lebat berwarna kuning putih. Cara membedakan betina dan jantan terdapat pada bulu berwarna hijau sementara betinanya memiliki bulu putih pada bagian dadanya.

Jenis Cendrawasih Raggiana

Untuk jenis selanjutnya adalah burung cendrawasih bernama cendrawasih raggiana yangmemiliki panjang tubuh 34 cm dan bulunya berwarna merah coklat abu. Perbedaan antara jantn serta betinanya adalah pada bulu di sekitar tenggorokan yang jantan berwarna hijau dan mahkota kuning di kepalanya. Sedangkan yang betina berukuran lebh kecil serta memiliki bulu berwarna cokelat.

Nah itulah beberapa informasi terkait burung cendrawasih termasuk hewan yang memiliki banyak jenis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend