Bisa Dicoba, Inilah 3 Tools Cara Cek Backlink Website Secara Gratis

2 min


Cara Cek Backlink Website

Pada dasarnya, backlink berguna untuk meningkatkan performa suatu website di mesin pencarian Google dan dapat membantu trafik organik lewat strategi SEO agar situs website berada di perangkat teratas Google. Kendati demikian, untuk mengetahui apakah ada backlink di website kita, Anda perlu tahu mengenai cara cek backlink website dengan menggunakan beberapa tools backlink checker yang tepat. Penasaran apa saja tools backlink checker yang bisa digunakan secara gratis, simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Tools Cara Cek Backlink Website Secara Gratis

Seperti namanya, backlink checker sendiri umumnya memiliki fungsi utama untuk mengetahui keberadaan backlink pada sebuah domain atau URL website yang mana di dalamnya terdapat beberapa data tertentu. Bagi Anda yang berkeinginan untuk mengecek backlink sebuah website, maka bisa menggunakan beberapa tools di bawah ini. Baca juga artikel SEO adalah salah satu jenis konten yang sangat dibutuhkan bagi website.

Cara Cek Backlink Website dengan SEMrush

Salah satu cara cek backlink website yang bisa Anda lakukan yakni dengan memanfaatkan tool dari SEMrush yang terbilang berkualitas dan mumpuni. Hal ini wajar mengingat tool ini dikatakan aktif meng-crawling sekitar 17 miliar URL setiap hari dan sudah menganalisis lebih dari 33 triliun backlink website. Adapun dalam penggunaannya sendiri, Anda nantinya akan diminta untuk membuat akun dan setelah itu hanya perlu memasukkan alamat domain website yang ingin dicek backlinknya di tool SEMrush yang satu ini. Jika sudah, nantinya akan tertampil halaman data yang memperlihatkan detail tabel analisis tiap backlink yang tersemat.

Cek Backlink dengan Bantuan Moz Pro

Apabila Anda menginginkan penggunaan fitur lengkap dan data mendalam, maka tool Moz Pro bisa menjadi solusi alternatif terbaik. Dalam penggunaanya, Anda hanya perlu mengetikkan nama domain yang ingin Anda cari di Link Research. Nantinya, Anda akan diminta untuk melakukan proses sign up dan melihat tampilan data backlink yang ditunjukkan oleh tool tersebut. Bukan hanya itu saja, Anda nantinya juga bisa melihat laporan backlink yang ditampilkan secara ringkas dengan berisi 3 statistik. Yakni mulai dari jumlah backlink, matrik pertumbuhan backlink dan perbandingkan dofollow & nofollow.

Cek Backlink dengan Menggunakan OpenLinkProfiler

Terakhir, Anda bisa menerapkan cara cek backlink website dengan cukup menggunakan bantuan tool OpenLinkProfiler secara gratis. Jika Anda sudah memasukkan URL domain website yang dingin Anda cek di OpenLinkProfiler, maka nantinya Anda akan mendapati tampilan data backlink yang tersedia. Nantinya pada bagian paling atas layar akan tersaji informasi seputar total jumlah backlink dan jumlah domain yang menuju ke website. Adapun data ini dibantu dengan tabel rincian backlink pada bagian bawah layar yang mana terdapat Link Influence Score yang menunjukkan kualitas backlink website.

Dari informasi mengenai cara cek backlink website di atas, Anda bisa memilih salah satu tool backlink checker yang mudah digunakan.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend