Wanita Wajib Tahu Langkah Membuat Surat Nikah Siri Tulisan Tangan

2 min


Surat Nikah Siri Tulisan Tangan

Nikah siri kembali menjadi salah satu perbincangan hangat. Hal ini terjadi setelah sepasang selebriti Indonesia mengaku telah menikah siri sebelum menikah secara resmi dan hukum negara. Hampir dari semua pasangan menginginkan pernikahannya sah secara agama dan di akui oleh negara.

Akan tetapi, terkadang ada pasangan yang memilih untuk nikah siri lantaran beberapa alasan. Ada sejumlah alasan orang memilih untuk nikah siri atau di bawah tangan, di antaranya yaitu lantaran menghindari zina atau motivasi suami yang ingin berpoligami.

Padahal, dari pihak perempuan bisa saja di rugikan akibat pernikahan siri. Maka dari itu anda harus paham dan mengetahui bagaimana cara membuat Surat Nikah Siri Tulisan Tangan. Sebelum anda memutuskan untuk menjalankan nikah siri.

Berikut Beberapa Kerugian yang Bisa di alami Wanita yang Tidak Membuat Surat Nikah Siri Tulisan Tangan

Harta gono-gini untuk Surat Nikah Siri Tulisan Tangan

Tidak banyak dari pasangan poligami dapat berjalan harmonis antara keluarga istri pertama dan kedua. Yang kerap terjadi yaitu di mana pihak istri pertama dan keluarganya menganggap istri sebagai perusak rumah tangga orang. Seringkali terjadi perdebatan mengenai hak waris pun muncul dalam kondisi tersebut. Pihak wanita yang di nikahi secara siri umumnya tidak mempunyai akta perkawinan, sehingga dia dan anaknya akan sulit untuk menuntut apa-apa. Karena, di mata negara, pernikahan Tersebut tidak di akui. Baca juga strategi bisnis online yang bisa mendatangkan untung.

Rawan Goyah

Tidak hanya itu, banyak yang menjelaskan, rumah tangga pasangan yang menikah secara siri berpotensi akan goyah. Karena, pernikahan mereka tidak terdaftar di Kantor Urusan Agama (KUA). Sehingga pihak suami bisa dengan seenaknya meninggalkan istri dan menikah dengan wanita lain.

Efek pada anak

Nikah siri juga memiliki dampak buruk pada masa depan anak. Karena, jika si ibu melahirkan, di dalam akta hanya tercatat nama ibunya saja tidak ada bapak. Psikologis anak tentu saja akan terdampak oleh nikah siri orang tuanya.  Sebab, si anak dapat saja merasa tak di akui oleh sekitarnya, dan merasa seperti anak buangan ketika kehadiran ayahnya antara ada dan tiada.

Terlebih apabila pernikahan itu di sembunyikan dari pihak istri pertama, yang menyebabkan seolah-olah menjalani hubungan yang terlarang. Anak akan merasa seperti halnya tidak di inginkan atau posisinya jadi seperti aib dalam keluarga.

Tidak Di beri Nafkah

Khusus untuk pasangan yang menikah siri, posisi istri dan anak-anak menjadi sangat riskan. Meskipun secara agama, pihak suami wajib memberi nafkah, baik menikah secara resmi maupun nikah siri, namun terkadang fakta di lapangan berbeda. Tidak sedikit anak yang ternyata di biarkan begitu saja oleh para pria tak bertanggung jawab yang sengaja menikah siri. Si anak tak dapat menuntut sang ayah memberi nafkah, dan terpaksa mengandalkan ibunya.

Itulah sebabnya butuh yang namanya Surat Nikah Siri Tulisan Tangan. Tidak adanya akta perkawinan ketika menikah siri membuat posisi wanita dan anaknya menjadi sangat riskan. Sebaiknya jangan gegabah dalam memutuskan untuk menikah secara siri, pikir saja baik-baik sebelum melaksanakannya.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend