Mau Jalan Jauh? Perhatikan Dulu Beberapa Komponen Mobil Ini

2 min


harga mobil bekas Surabaya

Sebelum memulai perjalanan panjang karena ingin menempuh jarak yang jauh, maka tidak kami sarankan langsung jalan tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu. Ada baiknya untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu pada komponen-komponen yang penting.

Bahkan akan lebih baik jika memeriksakan semua kondisi mobil ke bengkel agar bisa mengetahui apakah memang mobil layak dikendarai jarak jauh atau tidak. Sehingga memilih harga mobil bekas Surabaya sangat penting untuk Anda.

Jika tidak ingin membawa ke bengkel, maka ada baiknya untuk mengecek sendiri di rumah sebelum keberangkatan. Dengan pengecekan ini, tentunya akan meminimalisir terjadinya kendala atau bahkan mogok. Maka itu sebaiknya cek beberapa komponen berikut ini pada mobil sebelum memulai perjalanan panjang.

Aki

Komponen pertama yang harus dicek karena menjadi sumber listrik pada mobil yaitu aki sehingga mobil akan mudah menyala dan semua sistem kelistrikan berjalan lancar. Sebelum berangkat, pastikan dulu kondisi komponen satu ini masih prima dan tidak akan terjadi masalah saat sedang di jalan. Untuk mengetahui aki bagus atau tidak, maka pengemudi bisa mengecek korosi di terminal aki dan juga kebocoran aki.

harga mobil bekas surabaya

Cek Ketinggian Oli

Selanjutnya yang harus dicek adalah ketinggian oli mesin dengan menggunakan tabung penyimpanan. Jika oli dalam keadaan H atau high maka ketinggian masih normal sedangkan jika dalam kondisi L atau low maka harus ditambahkan oli lagi atau beli yang baru.

Selain oli mesin, maka bisa cek juga oli yang lain seperti oli rem, oli pada power steering, dan juga oli transmisi yang memang menggunakan mobil matic.

Keadaan Ban Sekaligus Ban Cadangan

Berikutnya yang tidak boleh dilewatkan untuk dicek yaitu keadaan ban yang terpasang dan juga ban cadangan. Apalagi ban merupakan komponen yang bersinggungan langsung dengan berbagai jenis jalan yang tidak menentu. Sehingga harus memberikan perhatian lebih kepada komponen yang satu ini, jadi penting untuk mengecek sebelum berangkat jauh.

Hal yang harus dipastikan pengemudi adalah ban masih dalam keadaan bagus serta tidak botak, retak, ataupun aus. Jangan lupa juga cek tekanan udara dan pastikan juga sudah normal. Selain ban yang terpasang, cek juga ban cadangan karena percuma jika membawa ban cadangan tetapi tidak berfungsi karena kempes atau hal lainnya.

Lampu dan Rem

Komponen selanjutnya adalah cek lampu dan juga rem mobil, ini penting sekali karena lampu berfungsi untuk memberikan cahaya yang terang sehingga jarak pandang jelas dan tidak terganggu sama sekali. Sedangkan rem mobil berfungsi untuk mengurangi kecepatan yang diperlukan pengemudi agar berkendara tetap fokus dan nyaman.

Itulah komponen yang wajib dicek sebelum berangkat menempuh lokasi yang jauh, apalagi bagi mobil bekas yang harusnya lebih mendapat perhatian. Bagi yang sedang mencari mobil bekas yang masih layak dibawa jauh maka bisa percayakan kepada mobbi. Salah satu platform jual beli menawarkan harga mobil bekas Surabaya lebih murah dari penjual yang lain dan juga dijamin semua transaksi akan aman di mobbi.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend