Pengertian Donatur dan Donasi Serta Contoh Kegiatannya di Indonesia

1 min


donatur

Dalam kehidupan bermasyarakat Anda pasti sering mendengar kata donasiDonasi adalah proses dimana seseorang memberikan bantuan kepada orang lain untuk tujuan kemanusiaan. Donasi bisa juga didapatkan dari lembaga, organisasi maupun pemerintahan. Begitu juga untuk penerimanya bisa berupa organisasi atau lembaga dan panti. Para pemberi sumbangan inilah yang disebut sebagai donatur atau para pemberi donasi.

Di Indonesia sendiri sudah sering sekali kita melakukan donasi untuk membantu orang lain, organisasi maupun penduduk di wilayah lain yang membutuhkan. Sebagai negara yang tinggal di daerah rawan bencana, Indonesia kerap mengalami bencana alam.

donatur

Saat hal tersebut terjadi, semua warga negara beramai-ramai mengumpulkan donasi untuk membantu saudara yang membutuhkan di lokasi bencana. Bukan hanya donasi dalam bentuk materi, bahkan ada yang rela pergi ke lokasi sebagai sukarelawan untuk membantu menyelamatkan atau evakuasi dan membantu logistic secara langsung.

Selain kegiatan donasi untuk keperluan penanggulangan bencana alam, kita juga sudah mengenal donasi untuk berbagai kebutuhan lainnya, diantaranya:

  • Membantu biaya pendidikan anak.
  • Membantu biaya kesehatan atau pengobatan orang tidak mampu.
  • Membantu membangun rumah tak layak.
  • Membantu membangun gedung fasilitas umum.
  • Membantu membuat penampungan air atau sumber air.
  • Membantu memberi bahan makanan untuk pengungsi atau orang yang sedang di karantina.
  • Dll.

Semua contoh kegiatan donasi di atas bisa diberikan secara langsung dari pemberi donasi ke penerima ataupun melalui lembaga donor terpercaya sehingga dana bisa dimanfaatkan oleh penerima semaksimal mungkin.

Jika Anda ingin berdonasi untuk ikut membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan namun tidak tahu harus disalurkan kemana, Anda bisa mempercayakannya pada Wahana Visi Indonesia yang sudah memiliki berbagai program kemanusiaan.

Wahana Visi Indonesia bergerak di bidang pemberdayaan wanita dan pendidikan anak dan sudah mengelola donasi dari berbagai pihak di tanah air untuk membantu yang membutuhkan. Anda bisa berdonasi materi, tenaga sebagai volunteer ataupun ide dan waktu sesuai dengan keleluasaan. Informasi mengenai WVI Anda bisa membuka website resminya. Mari berdonasi karena kelebihan kita adalah kebutuhan orang lain.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Send this to a friend