4 Hal Harus Anda Perhatikan Ketika Menulis Resume untuk Profesi Marketing

2 min


2 shares
4 Hal Harus Anda Perhatikan Ketika Menulis Resume untuk Profesi Marketing

Menulis resume marketing yang menarik perhatian para HRD perusahaan ternyata tidak sesederhana yang di bayangkan. Bahkan untuk menulis resume profesi marketing di butuhkan keterampilan dalam mempromosikan diri. Cara paling mudah tentu dengan menggunakan template resume marketing otomatis yang bisa Anda dapatkan di sini. Tapi, tentu saja Anda harus melengkapinya dengan keterampilan dalam menyusun resume yang mewakili kelebihan Anda.

4 Hal yang Harus Di Perhatikan Saat Menyusun Resume Marketing

Menguasai keterampilan dasar membuat resume sebenarnya adalah langkah terbaik untuk menyusun suatu resume atau Curriculum Vitae. Anda bisa menyesuaikan konten resume sesuai dengan kebutuhan profesi marketing yang akan di lamar, sehingga mampu mempresentasikan versi terbaik diri Anda di depan HRD. Langkah-langkah berikut ini akan membantu Anda dalam menyusun resume marketing yang mampu mencuri perhatian para HRD perusahaan.

Menyusun Resume yang ‘Menjual’

Sebagai seorang marketer profesional tentu Anda harus menguasai teknik menjual brand perusahaan, mempromosikan produk dan menarik perhatian konsumen baik konsumen baru maupun lama. Kemampuan ini bisa Anda tunjukkan di dalam resume dengan menerapkan hal ini ketika menyusun resume.

  • Menggunakan jenis huruf yang mudah di baca dan konsisten.
  • Menggunakan struktur subheading sehingga lebih mudah menonjolkan poin-poin yang penting.
  • Cantumkan informasi yang terpenting dan relevan terlebih dahulu.
  • Sebaiknya hindari penggunaan gambar maupun warna yang membuat resume terlihat ramai dan berantakan.
  • Pastikan informasi penting seperti nama dan detail kontak sudah termasuk di dalamnya.

Ketika Anda sudah mengetahui bidang profesi yang akan di lamar, proses penyusunan resume yang ‘menjual’ biasanya jauh lebih mudah.

Gunakan Template Struktur Resume Marketing Terbaik

Template struktur resume profesi marketing sebenarnya lebih berfokus pada kelebihan Anda. Kelebihan tersebut bisa berupa kualifikasi pendidikan, pengalaman kerja hingga akreditasi dan afiliasi profesional yang membuat Anda berbeda dari pelamar lainnya. Secara umum, struktur resume untuk melamar profesi marketing bisa mengikuti struktur berikut.

  • Nama dan kontak detail.
  • Pernyataan pribadi atau keterangan mengenai diri Anda. Anda bisa mempromosikan diri di bagian ini dengan menjelaskan mengapa Anda pas untuk posisi yang di incar. Idealnya bagian ini hanya 1 sampai 2 paragraf saja.
  • Riwayat karir yang menunjukkan perjalanan karir Anda sebelumnya, termasuk prestasi-prestasi yang pernah di raih.
  • Kualifikasi akademik. Pastikan Anda mencantumkan kualifikasi akademik yang sesuai dengan kebutuhan profesi marketing maupun posisi yang hendak di lamar.
  • Terakhir, Anda bisa memasukkan keterampilan dan prestasi yang pernah di raih sebelumnya.

Tambahkan Elemen Kreatif

Sangat mudah bagi pelamar untuk menuliskan pernyataan pribadi yang umum ketika menyusun resume seperti, “Saya menyukai dunia marketing…”. Sebenarnya pernyatan tersebut tidaklah keliru, tapi dalam hal ini Anda ingin tampil unik. Jadi, buat pernyataan pribadi yang benar-benar membuat Anda lebih unggul dari pelamar lainnya. Tak ada salahnya untuk menambahkan elemen kreatif sehingga resume tidak terlihat seperti template biasa atau template yang pasaran.

Minta Penilaian Orang Lain

Meminta orang lain untuk me-review resume Anda akan sangat bermanfaat. Anda akan memperoleh saran atau koreksi dari para profesional yang sudah berpengalaman menyusun resume marketing sebelumnya. Kalau tidak memiliki koneksi profesional yang bisa di mintai pendapat kedua, Anda bisa meminta saran dari teman-teman di Twitter atau forum internet. Biasanya saran dari teman di sosial media jauh lebih jujur daripada saran dari orang yang Anda kenal. SImak juga di situs ini yang perlu di ketahui lebih lanjut.

Keempat hal di atas akan memberi Anda peluang lebih besar untuk di lirik oleh para HRD perusahaan. Jangan lupa, kombinasikan teknik penyusunan resume dengan teknik marketing yang Anda kuasai, sehingga benar-benar menciptakan resume dan surat lamaran yang berkarakter kuat dan sulit di tolak oleh perusahaan.


Like it? Share with your friends!

2 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Send this to a friend