Awas Jangan Salah Beli, Kenali Dulu Jenis Barcode Ribbon

3 min


Barcode Ribbon

Barcode Ribbon atau juga biasa di sebut pita karbon merupakan suatu elemen yang di fungsikan sebagai pewarna pada label barcode. Selama ini, penggunaannya lebih sering pada ranah industri-industri kesehatan terutama alat-alat laboratorium dan diagnostik. Tujuannya tentu saja sebagai kodifikasi yang berkaitan dengan inventarisasi hingga kalibrasi alat.

Proses penempelan warna pita karbon biasanya di lakukan dengan cara memanaskan ribbon menggunakan alat barcode printer. Selanjutnya elemen warna pada ribbon, akan berpindah ke dalam media label. Barcode printer sendiri dapat menghasilkan warna hitam pada ribbon. Adapun bentuk yang muncul berupa tulisan dan gambar sesuai dengan design label. Proses ini biasa di sebut sebagai Thermal Transfer.

Hasil akhir cetakan label stiker sangat di pengaruhi oleh kualitas dari Barcode Ribbon. Di samping juga eminensi alat printer yang di gunakan dan proses Thermal Transfer yang sempurna. Sehingga penting untuk terlebih dahulu mengenal dan memilih jenis yang sesuai untuk hasil yang di harapkan. Karena tidak sedikit yang justru salah membeli dan tak sesuai dengan kebutuhan.

Awas Jangan Salah Beli, Kenali Dulu Jenis Barcode Ribbon

Jenis Barcode Ribbon dan fungsinya

Secara umum yang tersedia di pasaran, pita karbon ini mempunyai tiga jenis. Di mana ketiganya terdiri atas sisi keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Termasuk juga fungsi dan peruntukkannya yang berbeda dari masing-masing jenisnya. Sehingga pilihan sangat tergantung kepada kebutuhan dan budget.

  1. Barcode Ribbon Full Resin

Untuk Barcode Ribbon full resin ini mempunyai keunggulan berupa gambar yang di hasilkan sangat tajam dan jelas. Di samping itu juga di tunjang dengan daya tahan yang kuat terutama pada suhu panas dan air. Di banding jenis lainnya, pita karbon ini  termasuk yang terbaik.

Keunggulan lain yang tak kalah penting adalah durasi ketahanannya yang mencapai lebih dari 5 tahun. Di tambah tahan rusak dalam segala kondisi, dari lembab hingga panas. Sebagai bukti, akan terlihat setelah Thermal Transfer, di mana hasil cetakan tahan luntur. Tetapi perlu di ingat, ketahanan juga akan di pengaruhi oleh kualitas label.

Barcode Ribbon jenis full resin ini sangat di rekomendasikan. Di ketahui juga mempunyai 3 tipe berbeda sebagai berikut.

– Tipe 6200

Pita karbon jenis full resin tipe ini tercatat mempunyai daya tahan yang sangat baik. Sehingga aman saat terkena bahan kimia, cuaca buruk, hingga suhu tinggi.

– Tipe 5100

Barcode Ribbon full resin tipe ini tergolong premium. Sehingga sering di padukan dengan bahan kertas/label terbaik, yang juga mempunyai daya tahan terhadap bahan kimia dan suhu ekstrim.

– Tipe 5095

Untuk kondisi cuaca yang sangat ekstrim dan labil, maupun area rentan paparan bahan kimia, sebaiknya menggunakan tipe ini. Ketahanannya yang sangat kuat terhadap segala kondisi, akan sangat aman dan menguntungkan.

  1. Ribbon Wax

Barcode Ribbon jenis wax termasuk pita karbon yang menawarkan kualitas dan ketahanan di atas rata-rata. Terlebih juga secara harga, jenis ini terbilang ekonomis dan relatif lebih murah. Keunggulan ribbon wax ini terlihat pada hasil cetak yang sangat memuaskan. Apalagi jika di tunjang dengan performa kertas label yang bagus.

Sementara kelemahannya, berupa ketahanan yang lebih singkat yaitu maksimal 6 bulan saja. Termasuk juga hasil cetakan pita karbon ini, yang sangat di pengaruhi oleh keadaan ruang tempat penyimpanan, level suhu dan lokasi. Sehingga jenis ribbon wax lebih cocok untuk pelabelan produk yang bukan tahan lama.

Barcode Ribbon jenis wax ini, mempunyai 4 tipe yang berbeda. Di lengkap dengan kelebihannya masing-masing sebagai berikut.

– Tipe 6000 standard

Di padukan bersama bahan label khusus, pita karbon wax tipe ini mampu mencetak hingga 12 inc per detik. Di samping produktifitasnya yang tinggi, ketahanannya sudah tidak di ragukan. Paparan bahan kimia dan suhu ekstrim, tidak akan merusak hasil cetakan.

– Tipe 2100

Serupa dengan tipe 6000, Barcode Ribbon wax 2100 ini terbilang bandel. Selama bahan label teruji, maka hasil cetakan tidak terpengaruh bahan kimia sekalipun. 

– Tipe 2000

Khusus pita karbon jenis, daya tahan hasil cetakan tidak sebatas pada paparan bahan kimia dan suhu yang ekstrim seperti panas dan lembab. Ketahanan juga berlaku terhadap segala jenis paparan berbahan minyak. Sehingga perusahaan kilang minyak, sangat tepat menggunakannya.

– Tipe 5319

Dari empat tipe Barcode Ribbon wax, ini merupakan yang terbaik berkualitas tinggi. Dari segi produktifitas tidak perli di ragukan, sebab terbukti mampu mencetak label hingga 8 inc per detik. Ini berlaku pada bahan label kertas jenis  uncoated maupun coated. Dalam ketahanan, tipe 5319 ini aman saat kontak dengan minyak, bahan kimia terutama di dalam laborarorium dan juga anti gores.

  1. Ribbon Wax-Resin

Bagi anda yang menginginkan hasil cetakan yang mampu bertahan lama dan anti gores, maka pita karbon jenis wax-resin adalah pilihan yang tepat. Keunggulan lainnya berupa ketahanan hasil cetakan yang melebihi jenis ribbon wax, di mana kualitas warna tetap terjaga. Tercatat untuk pita karbon jenis ini mampu bertahan hingga 2 tahun. Sehingga sangat cocok untuk produk yang sering tersimpan lama di gudang.

Sementara kelemahannya, Barcode Ribbon jenis ini relatif mempunyai ketahanan yang kurang maksimal. Sehingga sangat bergantung pada lokasi, kondisi dan suhu dari ruangan tempat penyimpanan produk. Sebagai rekomendasi, pita karbon sebaiknya di gunakan untuk produk dengan tempo penyimpanan kurang dari 2 tahun. Baca juga Label Barcode sangat penting fungsinya terutama dalam kontrol jumlah produk.

Pita Karbon jenis wax sendiri mempunyai 3 tipe yang tersedia di pasaran. Di antaranya yang sering di jumpai sebagai berikut.

– Tipe 6100

Barcode Ribbon wax tipe ini, termasuk memiliki Thermal Transfer dengan kualitas tinggi. Biasanya lebih sering di padukan dengan material khusus yang di lapisi plastik. Sehingga akan tahan terhadap segala bentuk goresan, paparan debu maupun bahan kimia.

– Tipe 3200

Mirip dengan tipe 6100, pita karbon jenis wax 3200 ini sering di formulasikan dengan bahan label yang di lapisi plastik. Tujuannya sebagai anti gores dan tahan cuaca dan suhu ekstrim. Tipe ini termasuk yang di perhitungkan dan di gemari.

– Tipe 5555

Haris di akui Barcode Ribbon wax tipe ini tergolong yang paling produktif. Tercatat setiap detiknya mampu mencetak 15 cm label. Bahan material yang di gunakan pada tipe ini, sebaiknya yang berkualitas dengan lapisan plastik di atasnya.

Sebelum anda membeli Barcode Ribbon, pastikan terlebih dahulu untuk apa kebutuhannya. Selanjutnya kenali satu persatu jenis dan fungsi dari setiap varian pita karbon. Terakhir jangan lupa untuk memilih bahan kertas label yang akan di gunakan. Karena perpaduan pita karbon dan bahan label yang tidak sesuai, justru menghasilkan cetakan yang kurang memuaskan.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Send this to a friend