Jenis-Jenis Majas Dan Contohnya Yang Harus Anda Pelajari Mulai Sekarang

2 min


jenis-jenis majas dan contohnya

Saat kita berbicara dengan seseorang makaharus pandai untuk mengolah kata dengan sebaik mungkin ya. Hal ini bertujuan untuk dapat melakukan komunikasi dengan baik dalam kehidupan sehari hari. Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia tentu kita telah mempelajari tentang gaya bahasa yang begitu beragam.

Majas menjadi sebuah gaya bahasa yang di manfaatkan sebagai alternatif menyampaikan pesan dengan lebih imajinatif. Hadir jenis-jenis majas dan contohnya yang menjadi sebuah pengetahuan penting harus Anda pahami. Dengan begitu maka Anda akan lebih kaya akan kata kiasan yang telah di pelajari tentunya.

Saat Anda mengiaskan sesuatu dengan memanfaatkan penggunaan majas maka bahasa yang digunakan akan jauh lebih indah. Suasana yang Anda bangun tentu akan jauh lebih hidup sehingga para pendengar ataupun pembaca merasakan emosinya. Sehingga pesan yang akan Anda ungkapkan akan tersampaikan secara tepat dan menyentuh emosi dari mereka sebagai informant.

Berikut Ini Adalah Jenis Jenis Majas Dan Contohnya Yang Harus Anda Pelajari

jenis-jenis majas dan contohnya

Jenis jenis majas dan contohnya, majas perbandingan

Ada beberapa jenis dari majas perbandingan yang kini hadir dan penting untuk Anda ketahui dan pelajari dengan baik, yaitu:

  • Personifikasi, hadir untuk membandingkan antara manusia dengan sebuah benda mati. Sehingga dalam gaya bahasanya seolah olah benda yang menjadi objek bersikap selayaknya sebagai seorang manusia. Contohnya: laut biru bergelombang seolah menatapku dalam keheningan ini.
  • Metafora, hadir sebagai sebuah perbandingan antara dua objek berbeda namun sifatnya serupa, bisa juga dikatakan analogi. Contohnya: Sang Raja Siang Bersinar dengan penuh pesona dan membawa kehangatan.
  • Asosiasi, perbandingannya di tampilkan secara implisit yang mana kedua objek yang di bandingkan berbeda dan dianggap sama. Contohnya: apa yang telah kamu kerjakan itu layaknya seperti duri yang ada didalam sekam.
  • Hiperbola, hadir untuk mengekspresikan sesuatu dengan membandingkan dua hal yang sebenarnya tidak berkaitan. Contohnya: katanya si dia sudah berlatih menyanyi, tapi mengapa suaranya membuat pecah gendang telingaku.

Jenis jenis dari majas pertentangan

Ada beberapa jenis dari majas pertentangan yang harus Anda pelajari, yaitu:

  • Litotes, hadir sebagai lawan kata dari hiperbola yang mana majas ini menyempitkan sebuah ungkapan yang ingin di sampaikan. Contohnya: Ambillah ini sebagai tanda terimakasih dari kami, meskipun hanya sekedar ongkos untuk naik angkot.
  • Paradoks, hadir untuk membandingkan antara sebuah fakta dengan suatu hal yang berkebalikannya. Contohnya: isi kepalaku sudah begitu penuh sehingga ia duduk di ruang keluarga yang tidak ada seorangpun.
  • Antites, hadir sebagai sebuah pasangan kata yang mana maknanya berlawanan. Contohnya: Setiap wanita itu memiliki kecantikannya masing masing, tidak peduli mereka kurus ataupun gemuk.

Jenis jenis dari majas sindiran

Ada beberapa bentuk majas sindiran yang harus Anda pelajari, yaitu:

  • Ironi, hadir sebagai sebuah majas berisikan kata kata bertentangan dengan suatu faktar yang sebenarnya ada. Contohnya: sopan sekali anak itu berperilaku, menyapa orang dengan teriakan keras.
  • Sinisme, hadir sebagai sebuah kata sindiran secara langsung. Contohnya: anak itu begitu kurang ajar, kepada orang tuanya selalu berteriak.
  • Sarkasme, hadir sebagai sebuah sindiran yang mana disampaikan secara langsung dan juga kasar. Contohnya: begitu jeleknya perawakannya sehingga membuatku enek melihatnya. Simak juga seputar info mamikos disini https://mamikos.com/info/

Selain dari beragam jenis tersebut juga tersedia majas penegasan dengan beragam bentuk yang tersedia. Itu saja jenis-jenis majas dan contohnya yang harus Anda pelajari dengan baik agar dapatkan pengetahuan lengkap. Semoga membantu.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Send this to a friend