6 Rekomendasi Kedai Lontong Enak di Medan, Kuliner Khas yang Bikin Ketagihan

3 min


kedai lontong enak di medan

Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia, tidak mengherankan ya jika transportasinya juga begitu memadai. Jika lewat jalur udara, sudah banyak sekali maskapai penerbangan dengan rute penerbangan ke Medan. Jadi, tiket pesawat ke Medan pun juga semakin banyak pilihannya. Tidak hanya itu saja, guna membuat nyaman para pengunjung ada railink bandara Medan, ke airport makin cepat.

Selain fasilitas yang memadai, Medan juga menyuguhkan deretan pesona wisata, lho. Salah satu yang jadi banyak incaran wisatawan adalah deretan wisata kuliner khasnya. Dari banyaknya kuliner khas, lontong Medan jadi salah satu buruan para pecinta makanan. Kuliner khas memang paling nikmat jika dicicipi langsung dari wilayah asalnya. Inilah deretan kedai lontong di Medan yang terkenal kelezatannya.

1. Kedai Lontong Kak Lin

Jika di Jakarta menu sarapan pagi bisa uduk atau bubur, beda lagi untuk warga Medan. Mereka memilih makanan seperti lontong sebagai penggenjot tenaga di pagi hari.

Paling populer dan banyak direkomendasikan adalah Kedai Lontong Kak Lin. Tempat makan satu ini sudah berdiri sejak tahun 1994 dan masih memiliki pelanggan setia sampai sekarang.

Menu yang paling banyak dipesan di sini adalah lontong sayurnya. Biasanya dalam satu porsi lontong sayur akan ada beberapa iris lontong ditambah bihun goreng lalu disiram dengan sayur kuah santan, bumbu pecal, keripik kentang dan juga telur balado. Tak lupa biasanya akan ditambah dengan kerupuk merah sebagai pelengkapnya.

kedai lontong ena di medan

Jika kurang suka dengan telur balado, bisa pilih lauk lainnya. Ada ayam goreng, telur ceplok, perkedel sampai rendang. Alamat kedai ini berada di jl. Teuku Cik Ditiro No. 8M, Madras Hulu, Medan Polonoia, Medan, tepatnya berlokasi Di depan SMAN 1 Medan.

2. Lontong Bang Iwan

Masih di sekitaran SMAN 1 Medan, yang juga menjadi saingan dari Kedai Lontong Kak Lin adalah Bang Iwan. Lokasi tepatnya berada di Jl. Teuku Cik Ditiro No. 9B, Mardas Hulu, Medan Polonoia, Medan, di sebelah kanannya SMAN 1 Medan. Meski tempatnya tidak bisa dibilang mewah, namun pengunjung juga berdatangan.

Tempat ini juga termasuk salah satu kedai legendaris di Medan karena sudah berdiri belasan tahun lamanya. Cita rasa dari lontong di tempat ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Teksturnya juga sangat pas, keripik kentangnya juga tidak pelit. Jadi, kamu bisa makan dengan lebih lahap lagi.

3. Lontong Warintek

Kedai enak selanjutnya adalah Lontong Warintek. Nama Warintek sendiri berasal dari tempat di sebelahnya, dulu disebut warnet atau warung internet yang pernah hits di tahun 2000-an.

Isi dari lontong sayur di sini tidak jauh beda, namun tekstur dari lontongnya sendiri cukup pulen dan ditambah dengan keripik kentang yang melimpah.

Kuah sayur yang cokelat membuat rasanya makin pekat. Kedai lontong ini memang sederhana, namun cita rasa dari lontongnya bikin banyak orang ketagihan. Alamatnya berada di jl. Dr. Mansyur No. 159, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Medan. Jam bukanya, mulai pukul 6 pagi sampai dengan 12 siang.

4. Lontong Tenda Biru

Tidak kalah kondang dari sebelumnya, ada Lontong Tenda Biru. Jika dilihat sekilas, memang tidak jauh beda dengan lontong sayur kebanyakan. Ada irisan lontong disiram sayur santan lalu diberi keripik kentang ditambah bihun. Tidak lupa lauk sesuai selera, bisa telur balado, sundukan telur puyuh atau lainnya.

Salah satu hal yang membedakan lontong di tempat ini adalah kuahnya cukup encer. Meski begitu, cita rasanya tetap nendang dan bisa bikin kenyang.

Tertarik buat cicipi lontong satu ini? Kamu bisa langsung melipir ke tempatnya di jl. K.L Yos Sudarso, No. 9F. Selain lontong, nasi gurih biasanya juga jadi favorit pengunjung.

5. Kedai Nasi Ayin

Jika kebanyakan sayur lontong diberi santan, namun tidak dengan di Kedai Nasi Ayin. Di tempat ini, kamu yang selama ini takut dengan santan karena kolesterol atau sedang jaga berat badan, bisa menyantap lontong sayur tanpa was-was.

Meski tidak ada santan, rasanya tetap mantap karena memiliki bumbu dan topping yang lengkap. Selain lontong sayur, kamu juga bisa pesan nasi sayur, nasi lemak, nasi ayam, sampai soto.

Lokasinya berada di jl. Teuku Umar No. 7 AA, Petisah Tengah, Medan. Tepatnya berada di seberangnya Happy Puppy Karaoke. Jam bukanya mulai dari setengah tujuh pagi sampai dengan jam tiga sore.

6. Lontong Terenak di Duna

Bukan tanpa alasan sang empunya menamakan lontongnya sebagai ‘Lontong Terenak di Dunia’. Dahulu kala, Jusuf Kalla saat masih menjadi Wakil Presiden Indonesia pernah makan di kedai ini dan menyebutkan jika lontong di tempat ini terenak di dunia versinya. Jadilah hal tersebut membuat sang pemilik kedai jadi menamakan demikian.

Jika kebanyakan tempat menambahkan keripik kentang, di sini ada keripik ubi yang membuat cita rasanya makin unik. Bagi kamu yang ingin mencoba jika ke Medan, datang saja ke jl. S. Parman, di bagian parkiran restoran Spageddies.

Kulineran memang kegiatan yang menyenangkan dilakukan, bisa dapat rasa baru sekaligus ide masakan untuk menu di rumah. Maka dari itulah, rencanakan liburan ke Medan dan lakukan pemesanan tiket akomodasi di Traveloka.

Baik itu tiket pesawat, pesan hotel, atau lainnya bisa langsung booking di aplikasi atau website Traveloka. Yuk masukkan Medan ke bucket list-mu!


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend