Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Keluarga Wajib Anda Gunakan

2 min


asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga

Dengan banyaknya pilihan polis dan merek asuransi, Anda harus lebih selektif dalam membeli asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga. Jika Anda mencari rencana kesehatan yang ideal untuk memenuhi kebutuhan Anda, berikut adalah beberapa panduan untuk membantu Anda.

Ciri Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Keluarga

asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga

Paket Klaim Tanpa Uang Tunai

Paket klaim tanpa uang tunai memberi Anda cara yang lebih nyaman untuk mengajukan klaim. Yang perlu Anda lakukan adalah menyerahkan kartu asuransi Anda sehingga administrasi rumah sakit dapat mengkonfirmasi ID asuransi Anda.

Pastikan rumah sakit berada dalam jaringan perusahaan asuransi. Ada banyak perusahaan asuransi swasta yang menawarkan paket klaim cashless, seperti Cigna, AXA Mandiri, Prudential, BCA, BNI Life dan banyak lainnya.

Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Keluarga Pasti Menutupi Biaya Rawat Jalan

Konsultasi praktik umum di Indonesia bisa sangat mahal, tergantung pada kerumitan konsultasi. Untuk itu sebaiknya pilih polis yang juga menanggung biaya rawat jalan.

Pengembalian Premi

Beberapa perusahaan asuransi menawarkan pengembalian premi, yang juga dikenal sebagai bonus tanpa klaim. Artinya jika tertanggung tidak mengajukan klaim selama masa polis, penanggung memberikan pengembalian dari sebagian premi yang dibayarkan. Simak juga macam asuransi kesehatan yang wajib Anda ketahui.

Koordinasi Manfaat (CoB)

Koordinasi Manfaat (CoB) dapat menjadi solusi ideal jika Anda menghadapi kasus kelebihan klaim. Misalnya, polis asuransi pertama akan menutupi tagihan rumah sakit Anda. Jika terdapat kelebihan klaim, maka akan ditagihkan kepada penjamin emisi kedua.

Menutupi Kondisi yang Ada Sebelumnya

Kondisi yang sudah ada sebelumnya berarti masalah kesehatan yang Anda alami sebelum ditanggung oleh asuransi. Sebagian besar asuransi di Indonesia tidak memasukkan hal ini dalam polis.

Meski begitu, ada beberapa pilihan bagi perusahaan asuransi yang mengcover kondisi yang sudah ada sebelumnya. Yang paling populer adalah Maestro Optima Care dari AXA.

Uang Pertanggungan Sesuai Tagihan Rumah Sakit

Uang pertanggungan atau limit tahunan yang ditawarkan oleh asuransi sekilas mungkin tampak besar. Kalau dilihat-lihat, uang pertanggungan Rp50 juta mungkin terlihat banyak untuk saat ini.

Namun, di tahun-tahun mendatang seiring dengan meningkatnya inflasi kesehatan, yaitu sekitar 7 persen hingga 15 persen, uang pertanggungan Rp50 juta saat ini bisa jadi tidak mencukupi di kemudian hari.

Untuk itu sebaiknya pilih asuransi yang menanggung biaya pengobatan sesuai tagihan rumah sakit. Hal ini biasa disebut dengan charge, seperti asuransi dari Manulife, Prudential, dan BNI Life.

Premi 3 Persen hingga 5 Persen dari Penghasilan

Kita semua pasti sepakat bahwa asuransi itu sangat penting. Namun, Anda tetap harus memastikan bahwa arus kas Anda ideal.

Untuk melakukannya, pastikan premi tidak melebihi kemampuan finansial Anda. Idealnya adalah mengalokasikan 3 persen hingga 5 persen dari pendapatan bulanan Anda untuk membayar premi Anda.

Itulah cara memilih asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga. Anda dapat mempertimbangkannya dengan melihat ciri berbagai fasilitas yang ditawarkan asuransi.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Send this to a friend