Mengetahui Bagaimana Cara Apoteker Membaca Tulisan Tangan Dokter

2 min


cara apoteker membaca tulisan tangan dokter
cara apoteker membaca tulisan tangan dokter

Tulisan dokter pada kertas resep identik dengan suatu susunan huruf yang agak sulit terbaca dan hanya dapat dibaca oleh seorang apoteker atau tenaga medis lain. Padahal untuk cara membaca resep dokter sebetulnya dapat kamu pelajari sendiri loh. Nah pada artikel kali ini kita akan mengupas bagaimana cara apoteker membaca tulisan tangan dokter saat menulis resep obat.

Pada resep dokter kerap kali menuliskan nama obat yang harus anda bawa pulang serta dosis dan bagaimana cara pemakaiannya secara terperinci. Bukan hanya itu saja dokter tersebut juga akan menulis mengenai banyaknya obat. Bahkan tak jarang obat tersebut dapat anda tebus kembali jika keluhan masih tetap berlanjut. Perhatikan juga artikel terkait kepribadian dari tulisan tangan ini ya.

Orang awam pasti akan bingung bukan hanya karena tulisan dokter yang tidak terbaca akan tetapi juga terdapat singkatan yang berupa bahasa latin. Penggunaan bahasa latin tersebut memang bertujuan agar informasi resep jauh lebih singkat padat serta tidak sembarangan orang tidak bertanggung jawab untuk mengubah. Sesuai standar BPOM RI resep obat haruslah memuat informasi tentang pasien pengobatan yang diberikan dan nama dokter yang menuliskan resep tersebut.

Rata-rata Anda dapat melihat informasi tentang nama obat bentuk sediaan cara serta aturan penggunaannya dan jumlah satuan pada resep obat. Saat melihat resep dokter Anda mungkin akan menjumpai beberapa singkatan atau simbol dengan arti tersendiri. Nah berikut ini beberapa informasi singkatan pada resep dokter yang tergolong dalam beberapa kategori.

Memahami Cara Apoteker Membaca Tulisan Tangan Dokter

cara apoteker membaca tulisan tangan dokter
cara apoteker membaca tulisan tangan dokter

Cara apoteker membaca tulisan tangan dokter berdasarkan frekuensi penggunaan obat

Yang pertama berdasarkan frekuensi penggunaan obat dengan singkatan ad lib yang artinya tidak terbatas dan sesuai kebutuhan. Selain itu ada bid yang artinya obat tersebut anda minum dua kali sehari. Dan prn artinya ada minum ketika dibutuhkan saja.

Ada pula q3h yang artinya obat tersebut anda minum setiap 3 jam. Sedangkan q4h artinya obat tersebut harus anda minum setiap 4 jam. Dan masih banyak lagi beberapa singkatan berdasarkan frekuensi penggunaan obat.

Berdasarkan waktu penggunaan obat

Jika sebelumnya frekuensi penggunaan obat nah yang kedua ini berdasarkan waktu penggunaan obatnya. Ada istilah ac yang artinya obat tersebut harus anda minum sebelum makan. Ada istilah pc yang merupakan kebalikannya yaitu harus anda minum setelah makan.

Dan ada istilah hs artinya anda minum sesaat sebelum tidur. Dan yang terakhir int artinya obat tersebut harus anda minum antara waktu makan.

Berdasarkan sediaan atau bentuk dari obat

Yang ketiga berdasarkan bentuk dari obat yang terdiri dari tiga singkatan. Yang pertama cap artinya obat tersebut berbentuk kapsul. Ada gtt yang artinya berupa obat tetes dan terakhir tab yang berarti obat tersebut adalah tablet.

Berdasarkan dosis obat

Yang keempat berdasarkan dosis obat yang berbentuk angka romawi 1 sampai 4 artinya dosis 1234. Yang kedua singkatan MG yang artinya dosis MG dan mL yang artinya dosis mililiter. Ada ss yang artinya dosis tersebut satu setengah.

Ada pula singkatan tbsp yang artinya dosis obat tersebut sendok makan setara dengan 15 mL. Dan yang terakhir ada TSP obat tersebut anda konsumsi menggunakan sendok teh atau setara dengan 5 mL. Perhatikan juga artikel terkait jual beli artikel indonesia ini ya.

Contoh pembahasan mengenai bagaimana cara apoteker membaca tulisan tangan dokter. Semoga informasi mengenai cara membaca resep dokter dapat menambah wawasan anda.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend