Beginilah Cara Scan Tulisan Tangan ke Word yang Mudah!

2 min


2 shares
cara scan tulisan tangan ke Word
cara scan tulisan tangan ke Word

Beginilah Cara Scan Tulisan Tangan ke Word yang Mudah!. Menulis merupakan sebuah keahlian dari mayoritas manusia di dunia ini. Ada banyak manusia yang memiliki karunia ini. Tetapi, karena majunya teknologi, menulis sudah beralih ke mengetik, yaitu mencatat pada perangkat elektronik semacam laptop atau PC. Pernahkah Anda berpikir untuk memindahkan tulisan yang Anda buat ke sebuah software Microsoft Word di laptop atau PC? Barangkali Anda akan mengira ini merupakan kegiatan menulis kembali ke Microsoft Word. Tapi, Anda bisa coba cara scan tulisan tangan ke Word untuk cara yang lebih cepat.

Cara ini sangat mudah dan tidak membutuhkan keahlian dalam bidang Photoshop. Karena pada faktanya, banyak tutorial yang tersebar di internet adalah mengharuskan Anda memiliki kemampuan Photoshop. Padahal tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut.

Jadi, bisa dibilang bahwa tutorial di bawah ini merupakan tutorial yang tergolong mudah dan bahkan sangat mudah.
Alat yang Anda perlu siapkan hanya kamera dengan kualitas yang baik dan jelas, PC aatu laptop yang mampu membuka Microsoft Word yang baru, kabel data dan software Microsoft Word itu sendiri. Bila semua itu sudah siap, silakan simak tutorialnya di bawah ini.

Daripada Anda membuang banyak waktu untuk mengetik apa yang sudah pernah Anda tulis pada sebuah kertas, Anda bisa menggunakan cara di bawah ini. Perhatikan juga artikel menarik tentang mengatur keuangan ini ya.

Cara Scan Tulisan Tangan ke Word

 

cara scan tulisan tangan ke Word
cara scan tulisan tangan ke Word

Langkah pertama dalam Cara Scan Tulisan Tangan ke Word

Langkah pertama, Anda perlu melakukan penebalan pada tulisan tangan yang sudah Anda buat agar mudah melakukan scanning. Setelah Anda memastikan bahwa semua tulisannya sudah tebal, Anda bisa melangkah ke langkah kedua

Langkah Kedua, Ambil Foto Tulisan Tangan Tersebut

Ambil foto atau potret tulisan tangan tersebut menggunakan kamera yang berkualitas baik agar mendapatkan hasil yang terbaik pula.  Setelah itu, Anda bisa memindahkan file foto tersebut ke dalam laptop atau PC dnegan bantuan kabel data atau melalui media Bluetooth maupun media lainnya yang memungkinkan Anda memindahkan file foto tersebut.

Langkah Ketiga, Masukan Ke Dalam Microsoft Word

Setelah itu, Anda bisa membuka software Microsoft Word. Anda perlu pilih menu Insert dilanjutkan dengan pilih menu Picture.

Langkah Keempat, Mengatur Posisi dan Ukuran

Langkah selanjutnya yaitu langkah keempat merupakan cara untuk mengatur ukuran dan posisi foto tersebut hingga sejajar dengan page yang ada pada Microsoft Word tersebut. Dalam pengaturan tersebut, Anda bisa melakukan penyesuaian dengan cropping, Zoom in dan Zoom out dan sebagainya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Langkah Kelima, Hilangkan Background

Karena background yang ada pada foto masih ada, tugas Anda adalah untuk menghilangkan background tersebut. Bila pada tutorial yang tersebar di internet adalah menggunakan Photoshop, pada artikel ini akan diajarkan tanpa menggunakan Photoshop, yaitu dengan fitur yang tersedia pada Microsoft Word. Gunakan cara klik kanan pada mouse Anda. Setelah itu pilihlah Format Picture untuk melangkah ke bagian editing. Perhatikan juga artikel menarik tentang membuat video tulisan tangan ini ya.

Langkah Keenam, Proses Edit agar Hasilnya Menarik

Anda bisa klik Logo Picture, lalu pilih Picture Color. Selanjutnya Anda pilih Recolor dan pilih warna yang tersedia di sana. Silakan Anda memilih warna Black anda White dengan pengaturan kejelasan sebanyak 50%. Bila Anda mengikuti langkah – langkah di atas dengan seksama dan teliti, Anda akan mendapatkan hasil yang sesuai harapan.
Nah, itulah tutorial cara scan tulisan tangan ke Word. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 


Like it? Share with your friends!

2 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Send this to a friend