Apa Itu Barcagate? Kasus yang Menjerat Eks Presiden Barca

2 min


1 share
Presiden Barcelona
Presiden Barcelona

Apa Itu Barcagate? Kasus yang Menjerat Eks Presiden Barca. Mantan presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu ditangkap polisi pada Senin (01/03) malam WIB. Pria berusia 58 tahun tersebut ditangkap karena terjerat kasus Barcagate, sebuah istilah yang mulai dikenal sejak awal tahun 2020 lalu. Lalu, apa itu Barcagate?

Barcagate adalah istilah yang digunakan setelah Bartomeu dituding telah menyewa jasa I3 Ventures untuk menyerang pemain-pemainnya sendiri di media sosial. Target dari penyerangan ini adalah para pemain Barcelona yang kerap berseberangan dengan Bartomeu ketika masih menjabat sebagai presiden Blaugrana.

Pada intinya, ia menyewa buzzer untuk menyerang akun media sosial pemain Barcelona, siapapun dia, yang melawan kehendak klub. Tugas mereka adalah memojokkan para pemain tersebut sehingga ada asumsi yang terbentuk bahwa mereka lah yang bersalah. Perhatikan juga artikel menarik tentang nama anak laki laki unik ini ya.

Beberapa pemain yang kerap bersuara lantang melawan kemauan klub antara lain Lionel Messi dan Gerard Pique. Perselisihan antara Messi dengan Bartomeu memang sempat hangat di awal tahun lalu. Seperti yang pernah dilaporkan oleh M88 link sebagai mitra resmi La Liga, kisruh ini sempat membuat La Pulga berniat meninggalkan Camp Nou.

Apa Itu Barcagate? Kasus yang Menjerat Eks Presiden Barca

 

Presiden Barcelona

Alur Kasus Barcagate

Kabar penangkapan Bartomeu ini terbilang cukup mengejutkan. Ia memang sudah tidak lagi bekerja di Camp Nou, tapi masih punya dosa besar kepada para pemain Barcelona. Bartomeu bahkan disebut adalah sosok yang merusak keharmonisan klub dan membuat Lionel Messi tertekan.

Kasus ini mencuat pada bulan Februari 2020 lalu. Meski coba ditutup rapat, namun informasi ini akhirnya bocor oleh Cadena SER. Namun, penangkapan baru dilakukan di awal Maret ini karena polisi baru memperoleh bukti yang cukup.

Perilaku Bartomeu menodai sportivitas di dunia kulit bundar yang seharusnya bisa menjadi contoh bagi cabang olahraga lain. Apalagi ada banyak pihak yang terlibat dalam skandal Barcagate ini.

Polisi kabarnya tidak hanya menangkap Bartomeu seorang diri. Beberapa sosok lain seperti mantan CEO klub, Oscar Grau, penasihat Bartomeu, Jaume Masferrer, dan Kepala Pelayanan Legal Klub, Roman Gomez Ponti pun ikut diciduk.

Skandal Barcagate meluas seiring adanya tudingan kasus korupsi di skandal ini. Pasalnya, polisi menemukan adanya penggelembungan ongkos jasa agensi hingga 600% dari harga pasaran. Oleh karena itu, polisi mengindikasikan ada perusahaan lain yang terlibat, tidak hanya I3 Ventures saja. Itulah mengapa kepolisian bahkan sampai harus melakukan penggeledahan di markas Lionel Messi dkk.

Skandal ini lah yang membuat munculnya mosi tidak percaya kepada Bartomeu ketika masih menjabat presiden Barcelona. Pada akhirnya, ia memilih mundur dari jabatannya di akhir tahun 2020 lalu.

Salah satu kandidat presiden baru Barcelona, Joan Laporta turut berkomentar atas penangkapan itu. Apalagi, penangkapan tersebut terjadi hanya sepekan jelang pemilihan presiden baru. Perhatikan juga artikel menarik tentang cara membuat website yang menghasilkan uang ini ya.

“Well, asas praduga tak bersalah harus tetap dikedepankan. Ini bukanlah berita yang bagus bagi Presiden Barcelona karena dia [Bartomeu] adalah mantan presiden klub. Gaya kepemimpinannya memang kurang baik, namun secara de facto dia adalah presiden klub. Kabar ini sungguh tidak bagus,” ucap Joan Laporta dikutip Football Espana.

 

 

 

 

 

 

 


Like it? Share with your friends!

1 share

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend