Mengenal Artikel Ilmiah Dan Contoh Pendahuluan Artikel Ilmiah

2 min


contoh pendahuluan artikel ilmiah
contoh pendahuluan artikel ilmiah

Mengenal Artikel Ilmiah Dan Contoh Pendahuluan Artikel Ilmiah. Salah satu komponen penting yang ada di dalam dunia akademisi adalah artikel ilmiah. Tulisan atau artikel ilmiah pada dasarnya digunakan dalam dunia akademisi dan penelitian untuk menyampaikan berbagai macam pengetahuan kepada komunitas ilmiah maupun masyarakat secara umum.

Mengenal Sekilas Tentang Artikel Ilmiah Dan Contoh Pendahuluan Artikel Ilmiah

 

contoh pendahuluan artikel ilmiah
contoh pendahuluan artikel ilmiah

Pengertian Artikel Ilmiah Yang Harus Diketahui

Sebelum mengulas pembahasan secara lebih lanjut, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui arti dari artikel ilmiah itu sendiri. Secara sederhana, artikel ilmiah dapat diartikan sebagai tulisan yang dipublikasikan dan dapat dipertanggung-jawabkan mengenai isi dan pembahasan dari artikel itu sendiri. Pada umumnya, artikel ilmiah disajikan dalam dunia akademisi maupun dunia peneliti dalam suatu komunitas ilmiah tertentu. Perhatikan juga artikel terkait contoh ucapan terima kasih dalam artikel ilmiah ini ya.

Struktur Dan Contoh Pendahuluan Artikel Ilmiah Yang Baik

Sebelum membahas secara lebih lanjut tentang contoh pendahuluan artikel ilmiah, terlebih dahulu penting bagi Anda untuk mengetahui struktur penulisan artikel ilmiah itu sendiri. Sebagai tulisan yang ‘resmi’ tentu artikel ilmiah perlu ditulis sesuai dengan kaidah dan juga struktur yang baku dalam tulisannya. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa struktur penting yang perlu Anda di dalam artikel ilmiah.

Judul Artikel Ilmiah

Seperti tulisan pada umumnya, artikel ilmiah juga membutuhkan judul pembahasan. Bagian judul ini haruslah diringkas dan juga informatif dan sebisa mungkin perlu dihindari penggunaan singkatan dalam penulisannya.

Nama Penulis Artikel Ilmiah

Sebelum mengulas tentang contoh pendahuluan artikel ilmiah, struktur berikutnya yang perlu ada di dalam artikel ilmiah adalah nama penulis artikel atau baris kepemilikan. Bagian ini sebisa mungkin memuat nama penulis dan juga lembaga afiliasi tempat ia belajar maupun tempat ia bekerja.

Abstrak Dan Kata Kunci

Dalam kerangka ilmiah juga perlu ada bagian abstrak. Secara sederhana, abstrak merupakan tulisan yang ringkas mengenai penulisan artikel seperti tujuan penelitian, metode, hasil, dan juga kesimpulan penulisan.

Kata Kunci Dalam Artikel Ilmiah

Selain abstrak, dalam artikel ilmiah juga perlu memuat yang namanya kata kunci. Biasanya kata kunci dituliskan di bawah abstrak dan ditulis antara tiga hingga lima kata berdasarkan sesuai urutan abjad. Maka dari itu, sebelum benar-benar masuk ke dalam contoh pendahuluan artikel ilmiah kata kunci yang benar-benar penting dan terkait dengan tulisan artikel tersebut perlu dituliskan pada bagian ini.

Contoh Pendahuluan Artikel Ilmiah Yang Baik

Bagian pendahuluan memainkan peranan yang sangat penting dalam suatu artikel ilmiah. Penulisannya pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pada umumnya, pada bagian pendahuluan ini memuat latar belakang masalah, permasalahan yang dihadapi, dan kemudian juga tujuan dilakukannya penelitian tersebut.

Contoh pendahuluan artikel ilmiah haruslah dibuat secara jelas dan juga lengkap namun sebisa mungkin tidak perlu bertele-tele. Selain penulisan pendahuluan yang efektif dan efisien, unsur yang tidak boleh dilupakan pada bagian ini adalah penyebutan referensi atau daftar pustaka yang digunakan untuk penulisan bagian teori pendahuluan tersebut. Maka dari itu, pastikan Anda membuatnya secara lengkap dan sesuai kaidah yang berlaku.

Metode Penelitian

Struktur berikutnya yang tidak boleh dilupakan dalam suatu karya ilmiah adalah metode penelitian. Anda perlu menuliskan metode penelitian yang digunakan sehingga para pembaca menjadi jelas dan bisa merekonstruksi penelitian yang dilakukan.

Data Hasil Penelitian Dan Pembahasan

Selain masalah contoh pendahuluan artikel ilmiah, struktur berikutnya yang sangat penting adalah bagian data hasil penelitian dan pembahasan. Untuk menyajikan data hasil penelitian bisa disajikan dalam bentuk tabel/grafik agar mudah dipahami.

Kesimpulan Dan Daftar Pustaka

Setiap karya ilmiah haruslah mengandung kesimpulan dan juga daftar pustaka. Kesimpulan menggambarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan. Sedangkan daftar pustaka berfungsi sebagai referensi yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah tersebut. Perhatikan juga artikel terkait artikel ilmiah disusun untuk secara efektif menyajikan ini ya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian dari  artikel ilmiah dan contoh pendahuluan artikel ilmiah yang baik. Kini dengan adanya ulasan ini, Anda tidak perlu bingung lagi tentang istilah dan struktur dalam suatu artikel ilmiah.

 

 

 

 

 


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend