Ketahui Cara Membuat Artikel Ilmiah Dan Contohnya Perlu Diperhatikan!

2 min


cara membuat artikel ilmiah dan contohnya
cara membuat artikel ilmiah dan contohnya

Ketahui Cara Membuat Artikel Ilmiah Dan Contohnya Perlu Diperhatikan!– Artikel ilmiah menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam dunia akademisi. Artikel ilmiah menjadi salah satu sumber informasi ilmiah yang tingkat validitas dan objektivitasnya bisa dipertanggung-jawabkan karena disusun dengan menggunakan sistematika dan metode-metode ilmiah yang sesuai.

Sebagai sebuah artikel atau tulisan ‘resmi’, artikel ilmiah memiliki tujuan utama berupa penyampaian informasi atau jawaban atas permasalahan ilmiah. Informasi tersebut disebarkan bukan hanya kepada anggota komunitas ilmiah yang bersangkutan namun bisa juga kepada masyarakat awam lainnya. Perhatikan juga artikel terkait contoh ucapan teima kasih dalam artikel ilmiah ini ya.

Sebagai sebuah hasil karya ilmiah, tentu proses pembuatannya pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan serampangan. Terdapat beberapa aturan ataupun kaidah dan sistematika yang penting untuk dicermati agar pembuatan karya ilmiah tersebut sesuai dengan standar yang telah disepakati. Bagi Anda yang masih penasaran dengan artikel ilmiah, pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai cara membuat artikel ilmiah dan contohnya yang perlu diperhatikan.

Cara Membuat Artikel Ilmiah Dan Contohnya Yang Perlu Diperhatikan

 

cara membuat artikel ilmiah dan contohnya
cara membuat artikel ilmiah dan contohnya

Cara membuat Artikel Ilmiah Dan Contohnya Menentukan Tema Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu dilakukan ketika ingin membuat artikel ilmiah adalah dengan menentukan tema terlebih dahulu. Ketika sudah mengetahui dan memegang tema yang akan dibuat menjadi artikel ilmiah, maka pembuatan dan penulisan artikel tersebut bisa menjadi lebih terarah dan juga terkonsep sesuai dengan pembahasan yang diinginkan.

Selain itu, ketika Anda sudah mengetahui tema yang akan dikaji maka akan membuat proses penelitian menjadi lebih terfokus dan bisa mendapatkan hasil yang optimal. Mengingat cukup pentingnya tema penelitian, maka ia menjadi salah satu cara membuat artikel ilmiah dan contohnya yang sangat penting untuk diperhatikan.

Membuat Draft Gagasan Tulisan

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat artikel ilmiah adalah dengan membuat draft tulisan terlebih dahulu. Anda perlu membuat draft tulisan kasar yang berisikan gagasan-gagasan maupun ide-ide dasar yang akan menjadi landasan bagi penulisan karya ilmiah Anda. Dengan demikian maka penulisan artikel Anda akan menjadi lebih terstruktur dan tidak terlalu banyak melebar dari poin-poin pembahasan yang diharapkan.

Mulai Menulis Secara Runtut

Cara membuat artikel ilmiah dan contohnya yang perlu Anda simak berikutnya adalah mulai menulis secara runtut. Menulis secara runtut yang dimaksud di sini adalah mulai menulis dengan mengikuti sistematika tertentu sehingga tulisan ilmiah yang dihasilkan bisa logis, runtut, rasional, dan tidak melebar ke pembahasan yang tidak diperlukan.

Selain menggunakan pemilihan bahasa yang baku dengan kalimat efektif, Anda juga perlu menulis secara runtut sesuai dengan bagian-bagian yang perlu ada di dalam suatu artikel ilmiah mulai dari pendahuluan, bagian pembahasan, dan bahkan juga bagian penutup.

Lakukan Self-Editing Untuk Meminimalisir Kesalahan Penulisan

Cara membuat artikel ilmiah dan contohnya yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan self-editing pada tulisan yang sudah Anda selesaikan. Melakukan self-editing merupakan hal yang sangat penting terutama untuk menghindari kesalahan-kesalahan penulisan sehingga tulisan artikel ilmiah Anda bisa menjadi lebih rapi. Perhatikan juga artikel terkait contoh pendahuluan artikel ilmiah ini ya.

Artikel ilmiah merupakan tulisan akademik yang bersifat ‘resmi’ dan digunakan sebagai sarana untuk melakukan publikasi ilmiah. Maka dari itu, sangat penting untuk meminimalisir terjadinya kesalahan-kesalahan baik itu kesalahan penulisan maupun kesalahan lainnya sehingga artikel ilmiah tersebut semakin maksimal dan optimal.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat artikel ilmiah dan contohnya yang perlu Anda ketahui. Kini dengan ulasan di atas, Anda bisa mengetahui cara dan langkah-langkah umum yang diperlukan untuk membuat sebuah karya atau tulisan ilmiah.

 

 

 

 

 

 


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend