Pengertian Artikel Ilmiah Dan Bagaimana Artikel Ilmiah Disusun

2 min


bagaimana artikel ilmiah disusun
bagaimana artikel ilmiah disusun

Pengertian Artikel Ilmiah Dan Bagaimana Artikel Ilmiah Disusun– Kalau Anda adalah seseorang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, kemungkinan tidak akan asing lagi dengan yang namanya artikel ilmiah. Pasalnya, artikel ilmiah sendiri cukup sering ditemukan sebagai salah satu tugas maupun beban kerja terutama dalam suatu lingkungan akademik seperti universitas, lembaga penelitian, dan lain sebagainya.

Pengertian Artikel Ilmiah DanBagaimana Artikel Ilmiah Disusun

 

bagaimana artikel ilmiah disusun
bagaimana artikel ilmiah disusun

Mengenal Pengertian Dari Artikel Ilmiah

Sebelum mengulas secara lebih mendalam tentang artikel ilmiah dan seluk-beluknya, tidak ada salahnya apabila terlebih dahulu akan diulas mengenai pengertian dari artikel ilmiah itu sendiri. Secara sederhana, artikel ilmiah merupakan sebuah karya berbentuk tulisan baku dengan sistematika tertentu yang digunakan untuk menyampaikan informasi ilmiah hasil dari review, kajian, studi, maupun penelitian ilmiah. Perhatikan juga artikel menarik terkait cara membuat artikel ilmiah dan contohnya ini ya.

Sebelum mengetahui bagaimana artikel ilmiah disusun, sangat penting bagi Anda untuk terlebih dahulu mengetahui arti dari artikel ilmiah. Pasalnya, dengan mengetahui pengertian atau maknanya terlebih dahulu maka akan membuat Anda menjadi memiliki gambaran singkat mengenai jenis artikel atau tulisan yang dimaksud tersebut.

Mengingat bahwa artikel ilmiah merupakan sebuah media yang banyak digunakan pada sejumlah komunitas ilmiah, sudah sewajarnya apabila bahasa yang digunakan pun menggunakan gaya bahasa baku dengan penggunaan kalimat efektif dan juga sebisa mungkin menggunakan sudut pandang yang objektif.

Bagaimana Artikel Ilmiah Disusun?

Setelah mengetahui tentang pengertian dari artikel ilmiah, kini sudah saatnya bagi Anda untuk mengetahui tentang pembahasan mengenai bagaimana artikel ilmiah disusun. Sebelum membahas secara lebih lanjut, perlu Anda ketahui bahwa penyusunan artikel ilmiah tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan serampangan.

Pasalnya, sebuah artikel ilmiah perlu ditulis dan disusun sesuai dengan kaidah dan juga metode-metode yang berlaku dan telah disepakati. Penyusunan artikel ilmiah yang memiliki kaidah atau standar baku ini tentu dalam rangka untuk lebih memudahkan para pembaca dan juga penulis dalam menyampaikan gagasan-gagasan dan hasil penelitian yang diperolehnya.

Artikel Ilmiah Disusun Secara Sistematis

Jika Anda masih bertanya-tanya mengenai bagaimana artikel ilmiah disusun, jawaban pertama yang perlu Anda ketahui adalah artikel ilmiah perlu disusun secara sistematis sesuai dengan struktur yang berlaku. Penulisan artikel ilmiah yang secara sistematis ini akan membuat banyak kalangan menjadi lebih mudah dalam menemukan informasi penting yang disampaikan dan juga membuat pembahasan dalam artikel tersebut  menjadi lebih terfokus.

Pada umumnya, sebuah artikel ilmiah sudah memiliki bentuk sistematis yang sudah disepakati. Secara garis besar, bagian-bagian artikel ilmiah bisa digolongkan ke dalam tiga pembagian yakni pendahuluan, isi (bahasan), dan juga bagian penutup. Dengan penyusunan yang sistematis ini, uraian-uraian yang disampaikan bisa lebih tertata,

Bagaimana Artikel Ilmiah Disusun Secara Objektif

Masih berkaitan dengan pembahasan mengenai bagaimana artikel ilmiah disusun. Sebuah artikel ilmiah perlu disusun secara objektif oleh penulisnya. Sebagai sebuah hasil kajian, studi, maupun penelitian, tentu penulis yang bersangkutan sebisa mungkin haruslah bersifat objektif sehingga penyampaian informasinya lebih bisa dipertanggung-jawabkan.

Lalu bagaimanakah cara menyajikan tulisan  yang sifatnya objektif? Tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menghindari penggunaan kata ganti orang pertama dan orang kedua dan sebisa mungkin kalimat demi kalimat dalam penyusunan artikel ilmiah tersebut haruslah bersifat efektif sehingga tidak menimbulkan ambiguitas atau multi-tafsir. Perhatikan juga artikel terkait contoh ucapan terima kasih dalam artikel ilmiah ini ya.

Demikianlah ulasan mengenai bagaimana artikel ilmiah disusun. Kini dengan adanya ulasan dan pembahasan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi mengenai penyusunan sebuah artikel ilmiah. Mengetahui pengertian dan cara penyusunan artikel ilmiah merupakan hal yang sangat penting terutama bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia akademisi dan juga penelitian.

 

 

 

 

 

 


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Send this to a friend