Apa Itu Arti Artikel Ilmiah? Simak Penjelasannya Berikut

2 min


arti artikel ilmiah
arti artikel ilmiah

Apa Itu Arti Artikel Ilmiah? Simak Penjelasannya Berikut – Kalau Anda berkecimpung dalam dunia akademik, pastinya tidak akan asing lagi dengan yang namanya artikel ilmiah. Pasalnya, entitas ini sering menjadi salah satu unsur dan indikator penilaian dan juga produktivitas suatu akademisi ataupun peneliti. Terkadang, artikel ilmiah juga menjadi tugas penting yang harus diselesaikan para siswa pada jenjang pendidikan tertentu.

Apa Itu Arti Artikel Ilmiah? Simak Penjelasannya Berikut

 

arti artikel ilmiah
arti artikel ilmiah

Mengenal Tentang Arti Artikel Ilmiah Dan Juga Ciri-cirinya

Meskipun istilah artikel ilmiah sudah cukup banyak didengar oleh sejumlah kalangan, namun belum tentu banyak diantara mereka yang tahu dan memahami makna dari artikel ilmiah itu sendiri. Sebagai gambaran singkat, berikut adalah ulasan mengenai pengertian dari artikel ilmiah dan juga ciri-ciri yang biasa melekat padanya. Perhatikan juga artikel terkait cara membuat artikel ilmiah dan contohnya ini ya.

Arti Artikel Ilmiah Yang Perlu Anda Ketahui

Kalau Anda sedang mencari-cari mengenai arti artikel ilmiah, pembahasan berikut bisa menjadi hal yang sangat penting untuk Anda simak. Artikel ilmiah pada dasarnya dapat dipahami sebagai sebuah tulisan ilmiah yang dapat memiliki bentuk berupa artikel ulasan (review article) maupun artikel penelitian (research article) yang ditulis untuk dipublikasikan dalam suatu jurnal maupun komunitas ilmiah tertentu.

Definisi lain yang juga bisa digunakan untuk menggambarkan pengertian dari artikel ilmiah adalah tulisan ataupun laporan berupa hasil penelitian yang disusun secara sistematis mengikuti kaidah-kaidah penulisan tertentu baik itu dalam bentuk hasil stud ataupun hasil penelitian yang disajikan kepada komunitas-komunitas ilmiah tertentu sesuai dengan bidang kajian yang bersangkutan.

Berangkat dari beberapa penjelasan tentang arti artikel ilmiah di atas, dapat dipahami bahwa artikel ilmiah pada dasarnyaa merupakan tulisan yang memang digunakan secara luas untuk ‘berkomunikasi’ dan menyajikan informasi dalam bidang kajian ilmiah dan akademik sehingga bisa menjadi pengetahuan bagi anggota komunitas dan masyarakat awam pada umumnya.

Ciri-ciri Artikel Ilmiah Yang Perlu Anda Ketahui

Setelah mengetahui pengertian dan arti dari suatu artikel ilmiah, hal penting berikutnya yang perlu diketahui adalah mengenai ciri-ciri dari artikel ilmiah tersebut. Berikut adalah beberapa informasi penting yang biasanya digunakan sebagai ciri atau substansi yang ada di dalam suatu artikel ilmiah :

  • Setelah memahami arti artikel ilmiah, ciri dari artikel ilmiah yang pertama adalah memiliki bentuk penyajian yang cukup ketat, Biasanya dalam suatu artikel ilmiah terdiri dari bagian pendahuluan, bagian inti (pokok bahasan), dan juga bagian penutup yang biasanya memuat kesimpulan, indeks data tambahan (jika ada), dan juga sumber referensi yang digunakan sebagai bahan penulisan artikel ilmiah.
  • Penulisnya harus bersikap objektif terhadap tulisan yang dimiliki. Ketika membuat atau menulis artikel ilmiah, sebisa mungkin setiap penulis harus bersikap objektif dan apa adanya. Biasanya gaya bahasa yang digunakan bersifat impersonal dengan lebih banyak menggunakan bentuk kalimat-kalimat pasif dan sebisa mungkin tanpa menggunakan kata ganti orang pertama maupun orang kedua.
  • Berangkat dari arti artikel ilmiah yang telah diulas di atas, dapat diketahui bahwa ranah penggunaan artikel ini adalah pada bidang akademisi dan dunia peneliti. Maka dari itu, penulisan suatu karya ilmiah pada umumnya menggunakan kalimat dan bahasa baku yang tercermin dari pemilihan kata atau istilah-istilah yang efektif dan tidak bermakna ganda.

Secara umum, sebuah artikel ilmiah memiliki beberapa ciri mendasar yang telah disampaikan di atas. Artikel ilmiah sendiri memiliki fungsi utama untuk menjadi rujukan (sumber referensi bagi penelitian berkelanjutan), meingkatkan wawasan dan pengetahuan akademik, serta menyebar luaskan informasi dan juga ilmu pengetahuan kepada masyarakat. Perhatikan juga artikel terkait bagaimana artikel ilmiah disusun ini ya.

Demikianlah pembahasan mengenai arti artikel ilmiah yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika harus mendengar istilah artikel ilmiah dalam berbagai forum maupun instansi pendidikan Anda.

 

 

 

 

 


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend