Simak Yuk, Memahami Arti Artikel Ilmiah Secara Mendalam

2 min


arti artikel ilmiah
arti artikel ilmiah

Simak Yuk, Memahami Arti Artikel Ilmiah Secara Mendalam. Menurut para ahli, artikel ilmiah merupakan laporan sistematis yang berisikan hasil kajian dan hasil penelitian yang di buat untuk masyarakat ilmiah tertentu. Dengan kata lain, artikel ilmiah adalah media komunikasi yang di gunakan oleh masyarakat ilmiah untuk menyampaikan suatu permasalahan yang ada.

Memahami Arti Artikel Ilmiah Secara Mendalam

 

arti artikel ilmiah
arti artikel ilmiah

Apa Saja Bentuk dan Artikel Ilmiah yang Ada?

Perlu Anda pahami, artikel ilmiah memiliki jenis yang beragam mulai dari artikel ilmiah penelitian, artikel ilmiah non penelitian, artikel ilmiah tinjaun buku, artikel ilmiah laporan khusus, artikel ilmiah obituari, artikel ilmiah editorial dan artikel ilmiah ceramah. Dari ke tujuh jenis tersebut, artikel ilmiah yang paling banyak di gunakan di masyarakat adalah artikel ilmiah penelitian dan non penelitian. Perhatikan juga artikel terkait pertanyaan tentang artikel ilmiah ini ya.

Bagaimana Pemahaman Masyarakat Tentang Arti Artikel Ilmiah?

Hal yang sering di pertanyakan dan diperdebatkan adalah pemahaman masyarakat tentang arti artikel ilmiah. Menilai publikasi artikel ilmiah yang bertujuan sebagai pengembangan budaya akademik. Di samping itu, kehadiran artikel ilmiah juga sebagai ajang komunikasi yang nantinya akan membantu dan memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan dalam hal keilmuan melalui temuan dan hasil penelitian dari artikel ilmiah tersebut.

Perlu Anda paham, menurut hasil temuan peneliti, pemahaman masyarakat tentang jurnal ilmiah masih terbatas dan cenderung rendah. Hal ini di dasarkan pada rendahnya kemampuan menulis masyarakat, rendahnya pembinaan yang di lakukan terhadap kegiatan yang berhubungan dengan artikel ilmiah.

Disamping itu kurangnya pemahaman masyarakat ilmiah tentang arti artikeli lmiah di tandai dengan masih rendahnya apresiasi lembaga terahadap orang yang mempunyai potensi dalam hal ini dan kurangnya pemahaman civitas akademika terhadap fungsi pembinaan demi mengembangkan daya pikir yang akan berdampak pada pengembangan artikel ilmiah.

Bagaimana Memahami Artikel Ilmiah dan Proses Penulisannya?

Bagi Anda yang belum mengetahui, terdapat empat tahapan dalam proses penulisan artikel ilmiah. Tahapan pertama adalah brains torming atau prewriting, dimana dalam tahapan ini terjadi penulisan gagasan utama atau ide. Penting bagi Anda memahami secara kasar apa yang ingin Anda sampaikan dalam artikel.

Tahapan pemahaman arti artikel ilmiah dan prosesnya yaitu drafting, dimana dalam tahapan ini di lakukan melengkapi tulisan yang ada secara sistematis. Kelengkapan tulisan di uraikan dalam bentuk kerangka pemikiran yang jelas. Dalam hal ini, harus sesuai dengan gagasan awal yang sudah dipikirkan.

Tahapan ketiga yaitu revising, dimana pada tahapan ini Anda penting untuk melibatkan orang yang paham agar bisa melakukan koreksi terhadap tulisan Anda. selanjutnya tahapan terakhir yaitu editing, dimana pada tahapan ini poin yang sudah di koreksi sebelumnya di sunting untuk mebentuk artikel yang maksimal sesuai ketentuan yang ada. Perhatikan juga artikel menarik terkait jasa pembuatan website ini ya.

Itu dia ulasan mengenai pemahaman tentang arti artikel ilmiah dan juga proses penulisannya yang penting Anda ketahui bersama. Semoga tulisan ini bisa memberikan infromasi dan referensi kepada Anda semua yang tengah mencari tahu tentang hal tersebut.

 

 

 

 

 

 


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend