Inilah Berbagai Hal Mengenai Makanan Sehat Buat Anak

4 min


makanan sehat buat anak

Inilah Berbagai Hal Mengenai Makanan Sehat Buat Anak. Masa pertumbuhan anak harus diisi dengan berbagai hal positif. Biasanya, anak-anak akan lebih aktif pada masa pertumbuhannya. Oleh sebab itu, diperlukan asupan bergizi yang menunjang segala aktivitasnya. Makanan sehat ini tentu sangat baik untuk pertumbuhan anak. Risiko terkena penyakit kronis pun bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Di sini, peranan orang tua sangat penting untuk mengenalkan anak kepada asupan yang dimaksud. Jika ingin mengetahui seputar kebutuhan nutrisinya, maka harus memperbanyak literasi seputar makanan bergizi dan sehat. Sehingga, akan lebih mudah untuk mengkomunikasikannya dengan sang anak.

Ternyata, ada beberapa alasan penting kenapa harus memberikan makanan sehat buat anak. Alasan-alasan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Alasan Pentingnya Memberi Makanan Sehat Buat Anak

Makanan Sehat Mampu Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Pertama,  asupan bergizi tentunya mengandung banyak nutrisi. Kebutuhan akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral akan terpenuhi ketika sudah mengetahui, memahami serta menerapkan porsi asupan sehat. Kebutuhan yang sudah terpenuhi ini tentu akan berdampak pada berat badan. Di mana, berat badannya bisa tetap ideal.

Makanan Sehat Bisa Membantu Meminimalisir Risiko Terserang Penyakit Kronis

Beberapa penyakit kronis bisa ditimbulkan karena asupan yang dikonsumsi. Oleh sebab itu memberi makan bergizi sedini mungkin akan membantu meminimalisir terserang penyakit kronis di kemudian hari.

Jenis-Jenis Makanan Sehat Buat Anak

Sebenarnya, sebelum mengetahui jenisnya lebih lanjut, harus paham dulu komposisi dari asupan bergizi itu sendiri. Biasanya, komposisi ini disesuaikan dengan usia mereka. Semakin tumbuh besar, maka kebutuhannya pun semakin banyak dan berbeda.

makanan sehat buat anak

Biasanya, agar anak mau mengkonsumsi asupan sehat, harus dibuatkan menu yang sangat menarik. Untuk mendapatkan berbagai macam resep masakan sehat, ada baiknya mengunjungi salah satu https://id.theasianparent.com/. Di sana, biasanya terdapat berbagai macam hal mengenai asupan sehat. Nah, berikut ini akan dibahas beberapa jenisnya.

Makanan Sumber Protein

Pertama ada jenis asupan sumber protein. Di mana, jenis satu ini tentu sangat dibutuhkan oleh anak-anak di masa pertumbuhannya. Protein ini tentu saja memiliki fungsi untuk menggantikan jaringan yang rusak. Ada dua jenis protein yang bisa diberikan, antara lain protein hewani dan nabati.

Biasanya, kedua jenis protein ini sangat mudah ditemukan. Makanan sehat buat anak yang bersumber dari protein hewani antara lain daging ayam, susu, telur, ikan, daging merah, sampai produk olahan susu. Sementara itu, protein nabati bisa berupa kacang-kacangan, gandum, tahu, tempe, oat dan lain sebagainya.

Asupan Sehat Sumber Karbohidrat

Selanjutnya, ada asupan sumber karbohidrat. Karbohidrat sendiri merupakan salah satu sumber energi utama yang sangat penting. Di mana, karbohidrat diperlukan untuk berbagai proses metabolisme di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, ketika masuk ke dalam tubuh, karbohidrat akan langsung diubah menjadi gula darah atau glukosa.

Makanan sehat buat anak satu ini memiliki dua macam, yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana. Beberapa asupan yang mengandung karbohidrat sederhana antara lain, soda, permen, madu, gula merah, kue dan gula pasir. Sementara itu, untuk asupan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah kentang, roti, beberapa jenis sayur, nasi, pasta, gandum, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Asupan Sehat Sumber Serat

Biasanya, dalam sepiring asupan sehat, akan ada salah satu jenis asupan yang mengandung serat. Serat ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan, mencegah berbagai penyakit jantung, mempertahankan berat ideal sampai menormalkan gula darah di dalam tubuh. Sumber serat ini juga bisa membuat anak merasa kenyang lebih lama.

Untuk sumber serat sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu serat larut dalam air dan serat tidak larut dalam air. Beberapa pilihan asupan dengan kandungan serat adalah sereal gandum utuh, roti gandum utuh, pasta dengan campuran gandum utuh, kacang-kacangan, sayur dan buah. Untuk makanan sehat buat anak usahakan memilih bahan makanan yang segar. Hal ini dikarenakan kebanyakan produk kemasan banyak mengandung natrium dengan jumlah tinggi. Kandungan natrium yang tinggi ini kurang baik untuk kesehatan mereka.

Makanan Sehat Sumber Lemak

Kemudian, anak juga membutuhkan lemak dalam asupan sehatnya. Lemak sangat penting mengingat hampir 60% otak manusia terdiri dari lemak. Salah satu jenis lemak yang membantu perkembangan otak pada bayi dan anak adalah asam lemak omega 3. Hanya saja yang harus diingat adalah jangan terlalu banyak memberikan makanan dengan kandungan lemak kepada mereka.

sehat anak

Sama seperti makanan sehat buat anak sebelumnya, lemak juga dibagi menjadi dua besar, yaitu lemak baik dan lemak jahat. Beberapa makanan yang mengandung lemak, antara lain minyak zaitu, buah alpukat, minyak canola, biji-bijian, ikan, kacang-kacangan dan telur. Biasanya, makanan yang mengandung lemak baik memiliki kandungan lemak tak jenuh tinggi. Sehingga, sangat baik untuk mereka semua.

Untuk makanan yang mengandung lemak jahat biasanya terdiri dari kandungan lemak jenuh dan lemak trans. Beberapa makanan yang mengandung lemak jahat adalah makanan kemasan, makanan cepat saji, gorengan dan santan.

Makanan Sehat Sumber Vitamin dan Mineral

Terakhir, dalam makanan sehat buat anak juga harus mengandung vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini merupakan sumber zat mikro bagi kesehatan. Vitamin dan mineral mampu mendukung perkembangan otak, otot, saraf pusat dan mendukung fungsi otak.

Berbagai pilihan asupan dengan kandungan vitamin dan mineral antara lain mencakup kacang-kacangan, buah-buahan, makanan hewani, tempe, tahu dan sayuran. Sebenarnya, ada banyak sekali sumber vitamin dan mineral untuk anak. Sehingga, bisa diolah menjadi berbagai macam menu.

Ada beberapa https://id.theasianparent.com/5-hal-tentang-makanan-yang-perlu-diajarkan-pada-anak dan memiliki kandungan vitamin serta mineral. Di mana, berbagai hal ini bisa diolah sebagai menu yang menarik bagi mereka. Beberapa hal tersebut antara lain pisang, melon, jus jeruk, kentang dengan kulit, tomat, buncis, papaya, alpukat, produk susu rendah, ikan, tiram, kerang, kacang polong, kacang kedelai dan beberapa jenis kacang-kacangan lainnya.

Beberapa menu masakan sehat yang diperuntukan bagi anak-anak cenderung harus menarik. Sebab, ada beberapa dari mereka memang tidak suka terhadap beberapa menu masakan tersebut. Terlebih, jika mereka dihadapkan dengan sayuran. Tentunya, untuk mencari menu asupan bergizi ini bisa dengan mudah melalui internet. Menariknya, ada beberapa situs parenting yang menyediakan menu bergizi untuk anak. Sehingga, tidak akan bingung lagi menyediakan makanan sehat tersebut.

Demikianlah berbagai hal mengenai makanan sehat buat anak yang perlu diketahui.  Makanan sehat ini sangat penting bagi pertumbuhan. Ada beberapa sumber makanan sehat yang perlu diketahui terlebih dahulu. Sehingga nantinya akan lebih mudah membuat menu atau komposisi masakan yang akan dibuat. Biasanya, berbagai menu tersebut bisa menjadi solusi yang efektif. Tunggu apalagi, ayo dicoba dengan baik!


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend