Cara Mudah Untuk Melindungi Akun Gmail dari Kejahatan Internet

3 min


1 share

Saat ini, perkembangan teknologi sudah semakin mudah. Salah satunya adalah penggunaan internet. Kemudian penggunaan internet tidak jauh kaitannya dengan akun email. Sebab, biasanya pengguna internet akan melakukan sejumlah akses yang membutuhkan akun email.

Seperti sebagai penghubung antara aplikasi dengan data diri, dan masih banyak lagi. Hal tersebut yang kemudian menjadi sasaran utama para penjahat di internet. Mereka adalah orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data penting yang anda miliki.

Lalu muncul Gmail yang menjadi salah satu layanan email yang paling banyak digunakan saat ini. Gmail merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh Google. Fitur ini akan memberikan sebuah layanan surat elektronik secara gratis.

Namun dengan semakin manjunya teknologi ini, kejahatan di internet semakin marak. Bahkan tidak sedikit para hacker yang meretas akun Gmail. Hal tersebut bertujuan untuk memanfaatkan data orang lain demi mendapat keuntungan pribadi.

Berikut Cara Melindungi Akun Gmail dari Ancaman Hacker :

Apabila anda menggunakan Gmail, sebaiknya lakukan sejumlah cara untuk melindungi akun gmail. Berikut sejumlah cara melindungi akun Gmail dari serangan hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab.

1. Cek dahulu komputer anda, apakah ada virus ?

Cara pertama adalah, selalu cek virus yang ada di dalam komputer anda. Sebab, virus tersebut bisa saja mengambil data pribadi yang berada di dalam komputer. Bahkan banyak sekali cara yang digunkananya. Salah satunya adalah dengan menyusupi sebuah program, yakni sebuah virus.

Maka dari itu, gunakan antivirus yang memang terpercaya untuk memindai komputer. Apalagi ada sebuah program yang tidak dikenal dan mencurigakan, segera hapus saja aplikasi atau program tersebut.

2. Periksa Selalu Akun Anda

Kepada semua pemilik akun, Google selalu menyediakan sebuah fitur pemeriksaan akun. Seacrh di pencarian Google dan kemudian pilih “security checkup” atau pemeriksaan akun. Hal tersebut dilakukan supaya tidak ada hal yang mencurigakan.

3. Perbarui Pemulihan Akun

Ketika akun kedapatan mendapat sebuah masalah, anda harus segera menindak lanjutinya. Dalam menjaga keamanan tersebut, lakukan back up kontak yang bisa dihubungi. Hal tersebut dilakukan demi memulihkan akun data terbaru. Kemudian untuk mengeceknya, masuk ke akun Google dan pilih security.

4. Verifikasi 2 Langkah

Cara verifikasi 2 langkah merupakan langkah yang aman dalam menambahkan verifikasi keamanan. Cara ini sangat ampuh mengamankan akun kita selain password. Caranya adalah dengan mengirimkan kode atau notifikasi yang sudah didaftarkan ke dalam ponsel pemilik akun.

5. Pastikan Selalu Update OS dan Aplikasi

Ketika di depan komputer, pastikan anda selalu mengupdate sistem operasi sekaligus aplikasi. Salah satunya adalah Google Chrome. Sebab tujuan dari update tersebut adalah menutup celah keamanan dari versi yang sebelumnya.

6. Jangan Menggunakan Password Akun Gmail

Jangan sesekali menggunakan password akun gmail ke akun lain atau ke sebuah website. Seperti game, media sosial, dan yang lainnya. Sebab jika digunakan di situs atau halaman lain, maka akan terjadi sebuah penyusupan pada akun gmail.

7. Lindungi Password Anda

Jangan sesekali untuk memberitahukan password anda kepada orang lain atau menulisnya di catatan yang bisa dilihat orang atau mengirimnya melalui email. Sebab, Google tidak akan pernah mengirim email untuk meminta sandi atau informasi penting yang lain. Selain itu yang paling penting adalah menggunakan susunan kata yang sangat rumit. Biasanya terdiri dari huruf, angka, dan tanda baca.

Kemudian, jangan pernah untuk memasukkan password email pada alamat url dari situs yang tidak dipercaya. Pastikan selalu membukanya di mai.google.com atau accounts.google.com/login.

8. Jangan Pernah Menggunakan Aplikasi atau Software Bajakan

Biasanya, aplikasi atau software bajakan sangat rentan terinfeksi virus yang cukup hingga sangat berbahaya. Software tersebut biasanya akan disisipi dengan script jahat. Tujuan dari script tersebut adalah mencuri data si pengguna. Maka dari itu, demi menjaga keamanan akun email anda, disarankan agar tidak menginstall software atau aplikasi bajakan.

9. Jangan Sering Klik Iklan

Ketika berselancar di internet, pastikan anda tidak terlalu sering meng-klik iklan atau bahkan jangan sama sekali. Sebab, iklan tersebut tidak semua aman. Biasanya, iklan yang tidak aman bukan berasal dari iklan Google. Melainkan, iklan dari pihak lain.

Iklan yang dimaksud adalah iklan yang bentuknya sangat tidak nyaman tidak dipandang mata. Seperti misalnya (mohon maaf) akun porno. Sebab jika hal tersebut kejadian, maka iklan-iklan seperti itu juga akan terus bermunculan. Sudah jelas hal tersebut akan berdampak pada komputer anda, seperti terkena virus malware.

10. Jangan Pernah Masuk ke Website yang Aneh

Sering kali kita menjumpai bahwa banyak sekali website yang aneh dan terkadang menjerumuskan. Artinya website tersebut menyuruh kita untuk memasukkan email sekaligus passwordnya. Hal tersebut yang membuat akun anda menjadi tidak aman.

11. Perubahan Password Secara Berkala

Jika dirasa sudah tidak aman, maka seharusnya anda mengganti password anda dengan yang baru. Sebab, password yang sudah mulai usang biasanya kerap dihapali oleh orang lain. Misalnya, tanggal lahir, kota, kecamatan, atau yang lainnya.

Maka dari itu, gantilah password anda secara berkala. Selain itu, tambahkan angka atau ada huruf kapital dan tanda baca untuk membuat password. Misalnya surabayA100#.

Demikian, cara untuk mengamankan akun tersebut agar terhindar dari serangan penjahat di internet. Sebaiknya, lakukan langkah tersebut lebih sering apabila terjadi hal aneh di dalam komputer anda. Contohnya seperti komputer atau laptop yang mulai lambat dan iklan yang banyak bermunculan.


Like it? Share with your friends!

1 share

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend