Bingung dengan Jurusan Kuliah? Berikut Tips Memilih Jurusan Kuliah

4 min


Tak terasa tak lama lagi tahun ajaran baru akan tiba. Walaupun di tengah pandemi Covid 19, tentu saja pendidikan harus tetap berjalan tak terkecuali untuk perkuliahan. Bagi siswa yang baru saja lulus SMA, menjadi mahasiswa adalah hal yang paling diidam-idamkan. Simak beberapa Tips Memilih Jurusan Kuliah dibawah ini.

Namun pada kenyataannya, masih banyak calon mahasiswa yang bingung bahkan bimbang dalam menentukan jurusan kuliah. Di awal sudah memilih jurusan A, namun akhirnya dibatalkan karena belum mantap dalam memilih.

Tak hanya itu saja, banyak dari mahasiswa yang telah kuliah mengakui bahwa mereka salah jurusan dan berniat pindah ke jurusan yang lainnya. Berdasar penelitian Indonesia Career Center Network (ICCN) tahun 2017, terungkap sekitar 87% mahasiswa yang disurvei mengakui dirinya salah jurusan.

Ketidakcocokan ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap kegiatan kuliah yang diikuti. Karena sudah tidak minat dan tak ada gairah, membuat belajar di kampus terasa sangat membosankan. Bahkan keinginan untuk membolos menjadi semakin besar.

Penyebab Mahasiswa Salah Jurusan

Ada banyak faktor-faktor yang membuat mahasiswa bisa memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan kemampuannya. Apa saja itu?

Ikut-ikutan Teman

Penyebab yang pertama adalah ikut-ikutan dan tidak memiliki pendirian sendiri dalam memilih jurusan kuliah. Mereka biasanya memilih jurusan yang banyak peminatnya sehingga bisa mendapatkan lebih banyak teman.

Hal ini bisa saja membuatmu salah jurusan. Sebenarnya tidak masalah jika kamu memilih jurusan yang sama dengan orang lain, namun pastikan jurusan tersebut juga cocok dan sangat kamu minati.

Kurang Riset

Kebanyakan calon mahasiswa tidak melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih jurusan kuliah. Ada yang sudah riset, tapi tidak pada sumber yang sudah terpercaya. Hal ini membuatmu tidak tidak bisa memilih jurusan kuliah secara maksimal.

Ketidakcocokan dengan Keinginan Orang Tua

Calon mahasiswa masa kini dalam memilih jurusan kuliah tidak bisa lepas dari campur tangan orang tua. Sebenarnya, kamu sangat perlu untuk meminta pertimbangan orang tua, terlebih lagi jika mereka adalah lulusan sarjana dan punya pengalaman kuliah.

Akan tetapi, kamu juga punya hak memilih jurusan kuliah yang sesuai minat dan bakat kamu. Terkait hal ini, pastikan kamu membicarakan secara baik-baik dengan orang tua.

Gengsi

Gengsi adalah alasan selanjutnya yang membuat seseorang bisa salah dalam memilih jurusan. Pada faktanya, memang banyak calon mahasiswa yang gengsi dan memaksa memilih jurusan yang banyak peminatnya karena dianggap lebih bagus. Padahal, jurusan apapun sama tergantung dari mahasiswa yang menjalaninya.

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Mumpung belum terlambat, pertimbangkan dengan baik dalam memilih jurusan kuliah. Jika masih bingung, berikut kami akan memberikan beberapa tipsnya yang bisa kamu ikuti. Apa saja itu ?

Harus Tau Minat dan Passion Terlebih Dahulu

Sebelum menentukan jurusan kuliah, pastikan kamu mengetahui apa yang menjadi minat dan passion kamu. Hal ini membuat kamu lebih maksimal dalam memilih sehingga tidak salah jurusan.

Sebagai contoh, jika kamu punya bakat komputer bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan IT seperti sistem informasi atau teknologi informasi. Kuliah di jurusan yang sesuai dengan keahlian membuatmu bisa menjalani perkuliahan secara maksimal.

Pertimbangkan Nilai

Tips memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan nilai sekolah yang ada dapatkan. Sebab, sebagian kampus mensyaratkan nilai sebagai salah satu syarat ketika mendaftar kuliah.

Jika nilai kamu tidak memenuhi standar yang sudah ditetapkan, lebih baik tidak memaksa dan ganti jurusan yang masih relevan. Jika jurusan kuliah itu tidak cocok, coba mendaftar jalur lain yang tidak memerlukan nilai raport atau ijazah dalam persyaratannya.

Sesuaikan Biaya Kuliah dengan Kondisi Ekonomi.

Cari jurusan kuliah sebaiknya juga mempertimbangkan biaya yang ditawarkan. Jangan terlalu memaksakan diri kuliah di kampus dengan UKT tinggi sedangkan kondisi perekonomian kedua orang tuamu sangat tidak memungkinkan dengan penghasilan yang juga pas-pasan.

Beasiswa memang bisa jadi alternatif, akan tetapi kamu pun belum tentu bisa mendapatkannya. Kalaupun dapat, hanya bisa menutup biaya UKT dan SPP saja. Biaya dan pengeluaran lainnya tentu harus ditanggung oleh mahasiswa itu sendiri.

Melihat Peluang Kerja

tips memilih jurusan kuliah

Dan juga tidak bisa dilepaskan, dalam menentukan jurusan kuliah kamu juga wajib mempertimbangkan peluang kerja. Pilih kampus dan Jurusan yang memiliki peluang kerja yang tinggi. Dan pastikan kampus incaranmu telah bekerja sama dengan banyak perusahaan sehingga mempermudah jalan bagimu untuk bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah kelak.

Percuma kamu memilih jurusan yang terlihat keren namun peluang kerjanya kurang luas. Kamu juga bisa melihat alumni jurusan yang kamu ambil supaya bisa mengetahui pekerjaan apa saja yang bisa diambil. Kamu bisa mencari tau dari pengalaman mereka selama kuliah hingga mendapatkan pekerjaan.

Lakukan Riset

Tips memilih jurusan kuliah berikutnya adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu. Sayangnya hal ini tidak dilakukan calon mahasiswa padahal langkah seperti ini membuat kamu bisa semakin yakin dan mantap dalam memilih jurusan kuliah.

Riset yang bisa dilakukan adalah dengan mencari tau lokasi kampus, biaya kuliah, biaya kos (jika kamu kos), hingga profil jurusan yang menjadi incaranmu. Kamu bisa memilih 2-3 kampus terlebih dahulu lalu menentukan mana kampus terbaik yang menjadi pilihanmu dalam meneruskan pendidikan.

Itulah beberapa tips memilih jurusan kuliah yang bisa kamu lakukan. Jangan sampai kamu salah memilih, agar tidak menyesal selama bertahun-tahun kuliah di tempat yang tidak sesuai. Sekian dan semoga tips ini bermanfaat untuk kalian.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend