Cara Hapus Akun MiChat Secara Permanen

5 min


Ketika sudah bosan menggunakan MiChat, tentu kamu akan mencari tau bagaimana cara hapus akun MiChat secara permanen maupun  sementara. Meskipun aplikasi pesan yang satu ini sangat canggih, terkadang juga suka dipenuhi pesan – pesan yang mengganggu. Jika kamu merasa terganggu dengan pesan notifikasi tersebut, pilihan menghapus akun bisa jadi salah satu pilihan terbaik.

Tapi sebelum membahas cara delete akun MiChat, kita akan membahas dulu sedikit mengenai aplikasi Mi Chat yang cukup terkenal di kalangan para penjual online baik di Indonesia maupun di Asia.

Apa Itu MiChat?

Di Indonesia mungkin aplikasi pesan yang satu ini masih kalah terkenal dengan aplikasi chat lainnya sepert Whatsapp, Telegram atau Line. Namun bila dihitung dari jumlah pengguna se Asia, MiChat ini bisa dibilang sebagai aplikasi chat yang cukup terkenal. Sejak dirilis pada tahun 2018, aplikasi pesan instan yang satu sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta orang melalui Google Play Store dengan lebih dari 200 ribu ulasan yang tercatat.

MiChat juga memiliki banyak fitur yang tidak kalah dengan aplikasi pesan singkat daring lainnya. Mulai dari penggunaan stiker agar chat menjadi lebih ekspresif, fitur foto profil agar akun kamu bisa memiliki ciri khas dan memudahkan tiap akunnya, dan masih banyak fitur-fitur menarik lainnya.

Hanya saja, tidak sedikit pula yang menyalahgunakan aplikasi ini untuk hal yang mengganggu. Mulai dari penyebaran berita bohong, spam dan notifikasi yang terus muncul, hingga menggunakan MiChat untuk hal – hal yang melanggar norma asusila.

Fakta-fakta tersebut membuat MiChat sering kali dicap sebagai aplikasi yang buruk dan banyak orang yang memutuskan untuk mencari cara hapus akun MiChat secara permanen karena tidak tau bagaimana cara menghapusnya. Kamu mungkin salah satunya.

3 Cara Hapus Akun MiChat Atau Menonaktifkannya

Berbeda dengan Whatsapp atau Messenger yang menyediakan pilihan untuk kamu menghapus akun atau menonaktifkannya bila tidak ingin dipakai lagi, MiChat ini tidak menyediakan pilihan tersebut. Sehingga cara menghapus akunnya agak berbeda dari aplikasi – aplikasi sejenis.

Namun tidak sulik kok untuk melakukannya. Berikut ini beberapa cara menghapus akun michat dengan berbagai cara. Mari disimak .

Cara Hapus Akun MiChat Secara Permanen

Karena MiChat tidak menyediakan pilihan untuk menghapus akun sendiri, kamu perlu meminta admin MiChat secara langsung untuk menghapuskan akunmu secara permanen. Bagaimana caranya? Silahkan ikuti langkah – langkah di bawah ini.

  • Hubungi akun email resmi MiChat di officialmichat@gmail.com atau Support@michat.sg
  • Buat pesan yang singkat, padat dan jelas tentang alasan mengapa kamu ingin menghapus akun yang dipakai saat ini secara permanen serta buat permintaan yang sopan kepada para admin meskipun tidak harus formal
  • Jangan lupa masukan keterangan nomor telepon yang digunakan akun MiChat milikmu
  • Tunggu balasan dan konfirmasi dari admin dalam beberapa hari

Jangan lupa ketika admin sudah mengkonfirmasi penghapusan akun, semua chat dalam akun akan ikut terhapus pula secara permanen. Jadi bila ada percakapan penting atau yang tidak ingin terhapus, pastikan kamu melakukan backup dahulu sebelum mengirim email ke admin tersebut.

Umumnya admin akan mengkonfirmasi pesan kamu selama 2 hingga 7 hari kerja. Namun bila ada kendala, pesanmu mungkin akan ditanggapi dalam waktu yang lebih lama. Mengingat bukan hanya satu atau 2 orang saja yang mengirim pesan seperti ini setiap harinya. Bilamana admin tak kunjung mengkonfirmasi permintaan delete akun MiChat yang kamu buat, tunggu saja tanpa perlu mengirim pesan yang sama berulang – ulang.

Cara Menonaktifkan Akun MiChat

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ada ratusan bahkan ribuan pesan yang diterima oleh admin MiChat setiap harinya. Jadi tidak menutup kemungkinan pesan kamu tertimbun oleh pesan – pesan lain dan keburu terhapus sebelum sempat direspon.

Mengingat bila kita mengirim banyak pesan sekaligus dalam waktu bersamaan akan di anggap pesan spam oleh sistem, maka kita bisa menggunakan cara hapus akun michat alternatif dengan menonaktifkan dulu akun sementara. Untuk caranya, ikuti saja langkah – langkah di bawah ini.

  • Masuk ke aplikasi MiChat dan ganti foto profil menjadi kosong
  • Caranya, masuk ke menu Saya dan ketuk pada Foto Profil
  • Klik Pilih Foto dan gunakan foto yang full hitam saja, atau kosongkan saja foto profil akun MiChatmu
  • Kemudian, atur privasi akun agar bisa ditemukan oleh orang lain
  • Caranya adalah dengan masuk ke menu Saya dan lanjutkan ke menu Privasi
  • Nonaktifkan semua fitur yang membuat orang lain bisa menemukan akun kamu, seperti Cari kontak Ponsel, Temukan Saya dengan ID MiChat, Konfirmasi Teman, dan Temukan Saya dengan Nomor Ponsel
  • Kemudian ganti juga semua profil akun agar tidak menunjukan identitas kamu sama sekali
  • Ganti nama profil, ID Michat, Jenis Kelamin, Hobi, Wilayah, dan semua kolom dalam profile menjadi informasi samaran yang palsu
  • Jangan lupa, hapus juga semua kiriman yang sudah kamu buat
  • Caranya adalah dengan masuk ke Menu awal, kemudian masuk ke Kiriman Saya
  • Hapus semua kiriman dan kosongkan juga foto sampul atau ganti dengan foto hitam saja
  • Terakhir, hapus semua pesan dan chat yang masih tersimpan di akun
  • Pastikan juga semua chat baik pribadi maupun chat group dan semua riwayat chat lainnya tidak tersisa sama sekali

Dengan cara seperti ini, bisa dibilang akun MiChat kamu sudah terhapus meskipun tidak secara langsung. Intinya tidak akan ada lagi chat baru yang masuk dari akun – akun baru yang tidak dikenal. Tetapi karena nomor telepon tidak ikut dinonaktifkan, mungkin orang yang kamu kenal masih bisa mengirim pesan ke akun MiChat-mu.

Dan bila suatu saat kamu ingin menggunakan akun ini kembali, bisa dibilang akun tersebut akan seperti membuat akun MiChat baru. Sebab kamu harus memasukan kembali informasi dan identitas pribadi dari awal serta mengumpulkan teman – teman dari awal lagi.

Cara Menonaktifkan Akun MiChat Sementara

Cara hapus akun MiChat yang terakhir ini sebenarnya tidak bisa dibilang menghapus akun sepenuhnya seperti 2 cara yang lain. Namun hanya menonaktifkan saja sementara dengan menghapus aplikasi MiChat. Nanti ketika ingin kamu gunakan lagi, kamu tinggal mengunduh ulang aplikasi dan bisa tetap menggunakan akun yang sama. Ada 2 cara untuk menghapus aplikasi MiChat sementara yaitu

  • Masuk ke pengaturan smartphone, kemudian masuk ke menu Aplikasi. Cari aplikasi MiChat dan hapus aplikasi dan data yang tersimpan
  • Masuk ke Google Play Store dan cari aplikasi MiChat melalui kolom pencarian. Kemudian, klik “Uninstall” pada aplikasi MiChat
  • Dengan cara ini, semua informasi identitas kamu akan tetap tersimpan di dalam akun. Jadi ketika kamu masuk ke akun kembali, akun bisa langsung digunakan seperti biasa.

Itulah dia 3 cara hapus akun MiChat yang bisa kamu lakukan. Silahkan pilih cara mana yang pailng cocok dengan apa yang dibutuhkan. Khusus untuk cara pertama, prosesnya membutuhkan waktu lebih dari 1 hari hingga akun benar – benar terhapus.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend