6 Aplikasi Screen Recorder Untuk HP Dan PC. Buat Kamu Calon Youtuber!

3 min


Aplikasi screen recorder ini salah satu tool yang digunakan oleh Youtuber. Tidak hanya Youtubers gaming saja yang memakainya, tetapi juga Youtuber Tutorial.

Memang sih sebenarnya aplikasi screen recorder ini dapat digunakan juga untuk tujuan yang lain. Contohnya kamu yang bekerja sebagai dosen. Nah sewaktu-waktu kalau mau mengajarkan penggunaan software ke mahasiswa, boleh memanfaatkan aplikasi ini.

Jadi tidak terbatas untuk Youtubers saja ya…

aplikasi screen recoreder | makintau.com

Enaknya lagi nih. Buat kamu yang tidak punya komputer atau laptop. Kamu tetap bisa menggunakan aplikasi ini. Karena ada yang tersedia khusus smartphone, baik untuk Android dan iOS sekalipun.

Berikut akan kita bagikan daftar aplikasi perekam layar mulai dari yang untuk komputer dulu ya sobat? Yuk langsung aja!

Aplikasi screen recorder untuk komputer

1. Free Cam

Yang pertama adalah Free Cam. Jadi ini adalah aplikasi screen recorder yang sederhana. Tersedia editor video dan audio yang dapat kamu gunakan untuk membuat screencasts profesional. Walaupun aplikasi ini dapat kamu gunakan secara gratis, tapi sama sekali tidak ada iklan yang mengganggu, dan juga bebas Watermark.

Namanya gratis pasti ada kelemahannya ya? Hal yang sama untuk aplikasi Free Cam. Di mana kamu tidak dapat merekam video webcam, dan kamu hanya bisa save hasil rekaman dalam format WMV saja.

Download FreeCam

2. ShareX

Yang kedua adalah ShareX. Yup! Ini rahasia antara kamu dan kami aja ya? Karena masih banyak wannabe Youtuber yang belum tahu aplikasi perekam layar ini. Padahal ShareX ini adalah aplikasi screen capture yang sangat canggih dengan fitur lengkap, dan yang pasti gratis!

Jadi biar kamu aja deh yang pakai aplikasi ini. Biar tak banyak saingan jadi Youtuber hehehe.

Oke apa saja sih fitur dari ShareX ini? Tentunya fungsi untuk record layar komputer kamu. ShareX juga sama sekali bebas dari iklan. Karena ini termasuk kategori software / aplikasi Open Source.

Kamu bisa merekam layar full screen, daerah tertentu di layar, freehand, dan merekam aktivitas scrolling di layar PC kamu. Keren bukan? Bukan itu aja, bahkan kamu bisa memasang watermark custom buatan kamu sendiri. Juga efek warna tertentu.

Kelemahan dari ShareX ini tidak disediakan fitur editing video, kalau untuk record game hasilnya kurang bagus, tidak bisa merekam video webcam, dan penggunaan yang cukup sulit. Di luar itu semua ShareX layak masuk bucket list kamu!

Download Disini

Aplikasi screen recorder untuk Handphone Android

1. Super Recorder

Yang pertama adalah Super Recorder dari AIO Studio. Aplikasi ini termasuk aplikasi yang dapat kamu gunakan secara gratis. Dan dipastikan aman, karena ada dalam Play Store.

Super Recorder memungkinkan kamu untuk merekam aktivitas di smartphone dengan kualitas full HD! Jadi cocok banget buat yang mau jadi Youtuber mobile gaming.

Fitur lainnya bisa juga untuk mengambil screen shots dengan kualitas tinggi.

Fitur keren Super Recorder lainnya:

  • No Root
  • Image editor
  • Audio editor
  • Bisa merekam video calls, live performances, dan lain-lain

Mengenai interface aplikasi ini, termasuk cukup mudah digunakan ya menurut kami. Jadi buat kamu yang pertama memakai pasti tak mengalami kesulitan.

Download Super Recorder untuk Android disini

2. Mobizen Screen Recorder

Yang kedua adalah Mobizen Screen Recorder. Ya! Masih dalam kategori aplikasi gratisan yang mumpuni. Aplikasi screen recorder untuk Android ini termasuk yang populer. Bisa diupgrade ke versi premium untuk menghilangkan watermark mengganggu.

Tapi yang versi gratisannya pun cukup oke kok…

Kualitas perekaman layar juga sudah Full HD, 60 FPS, dan resolusi 1080p. Resolusi ini sudah cukup tinggi kalau sekedar untuk video Youtube.

Oh iya, banyak lho Youtuber gaming Mobile Legends yang pakai aplikasi ini.

Download Mobizen Screen Recorder disini

3. Super Screen Recorder

Yang ketiga adalah Super Screen Recorder. Aplikasi ini memang tak begitu terkenal tetapi cukup lumayan untuk dijadikan alternatif pilihan. Karena untuk menggunakannya tak perlu root, dan ada fitur take screenshoot. Sehingga kamu bisa mengambil gambar Thumbnail untuk Youtube dengan lebih mudah.

HappyBees selaku developer aplikasi ini menjanjikan bahwa aplikasi ini adalah aplikasi gratisan yang bebas watermark dan tak ada time limit. Jadi gratis selamanya!

Kualitas hasil rekaman juga cukup oke. 60 FPS, 1080P, dan 12 Mbps. Tersedia berbagai pilihan resolusi yang dapat kamu pilih sesuka hati.

Fitur-fitur juga lengkap, mulai dari video editor, GIF maker, hingga brush tool. Yang menurut kami cukup unik adalah fitur brush tool ini. Jadi kamu bisa menyentuh layar untuk mulai menggambar di video recording kamu atau di atas screenshoot yang kamu buat.

Aplikasi screen recorder untuk iOS (iPhone)

Kalau kamu adalah pemilik handphone iPhone, ada kabar gembira untuk kamu. Karena Apple sudah menyediakan aplikasi gratis bawaan untuk merekam aktivitas di layar hape kamu. Jadi tidak perlu lagi install aplikasi tambahan.

Tetapi ini khusus untuk iPhone dengan iOS 11 dan ke atas. iPad dan iPod Touch juga sudah disediakan aplikasi ini.

Cara menggunakan aplikasi screen recorder bawaan iPhone

  • Masuk settings -> Control Center -> Customize Controls. Click tap (+) di samping Screen Recording.
  • Kemudian kamu swipe ke atas, dari ujung bawah layar iPhone. Pada iPhone X dan iPad dengan iOS versi 12 ke atas, dan iPadOS, caranya dengan swipe ke bawah dari bagian ujung kanan atas layar iPhone.
  • Tekan di tombol lingkaran abu-abu. Dan tap pada menu microphone.
  • Tap lagi start recording. Kemudian tinggal countdown 3 detik.
  • Buka menu control center, dan tap pada tombol lingkaran merah. Atau boleh juga tap di status bar berwarna merah pada bagian atas layar iPhone kamu, dan tap Stop.

Untuk melihat hasil rekaman layar. Jalankan photos app, kemudian pilih file screen recording kamu.

Nah itu dia daftar aplikasi screen recorder terbaik yang dapat kamu coba. Jadi yang mana yang menarik perhatianmu sobat?


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend