Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal di Tahun 2020

4 min


3 shares
bisnis online tanpa modal

Berbisnis memang menjadi salah satu pilihan yang saat ini dijadikan sebagai penambah penghasilan. Untuk menjalankan bisnis ini, kebanyakan orang berpikir jika harus mengeluarkan banyak modal. Padahal saat ini Anda bisa loh berbisnis dengan modal kecil. Atau bahkan Anda bisa nih bisnis online tanpa modal sekalipun. Hal ini tentunya dipermudah dengan kehadiran teknologi canggih yang makin berkembang. Salah satunya yakni internet dan ponsel pintar.

Bisnis online tanpa modal ini pastinya akan memudahkan siapapun tanpa harus memiliki biaya besar. Cukup memiliki hp dan jaringan internet, Anda sudah bisa menjalankan bisnis yang begitu menguntungkan. Bahkan Anda pun bisa mendapatkan untung besar loh. Ingin tahu apa saja contoh bisnis online yang tak perlu pakai modal tersebut? Ini nih beberapa rekomendasinya.

Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal

Saat ini memang bisnis online dijadikan sebagai alternatif usaha, bagi mereka yang tidak memiliki modal awal. Dengan begini Anda tak perlu lagi mencari tambahan biaya atau pinjaman modal di bank ataupun kreditur. Nah, jika tertarik untuk menjalankan usaha secara online, ini nih beberapa rekomendasi bisnisnya.

1. Reseller atau dropship

Bisnis yang satu ini memang sudah terkenal sebagai salah satu bisnis online tanpa modal.  Sistem bisnis ini adalah dengan menjualkan produk orang lain. Perbedaannya, reseller menjual kembali produk tersebut dengan mengetahui produknya secara langsung.

Sedangkan dropshipper, mereka jadi perantara dan menjualkan produknya atas nama pribadi. Kedua jenis bisnis ini memang hampir mirip, karena Anda hanya tinggal menjualkan produk tanpa memikirkan konsep produk atau jasa yang ditawarkan. Cukup cari barang yang banyak diminati konsumen, buat toko online, lalu promosikan produk tersebut. Cukup mudah dan tidak perlu keluar modal bukan?

2. Jasa konsultan

Anda punya kemampuan atau bakat di bidang tertentu? Anda bisa loh memanfaatkannya dengan membuka jasa konsultan secara online. Misalnya saja jasa konsultan hukum, internet marketing, SEO, ataupun bidang keahlian lainnya. Dari pada keahlianmu ngga terpakai, justru dengan menjadikannya bisnis akan menambah tebal pundi pundi uang Anda deh.

3. Blogger

Bagi Anda pengguna aktif smartphone, tentu sudah tidak asing lagi dengan mesin pencarian atau search engine google dan lainnya. Pengguna internet sudah membludak seiring dengan perkembangan teknologi dan internet yang semakin pesat.

Hal ini bisa jadi kesempatan emas buat para penulis blog. Lalu dari mana Anda bisa mendapatkan uang tersebut? Anda bisa saja memperolehnya dari review produk atau jasa,  pemasangan iklan dari Google Adsense, berbagai jenis sponsorship dan sebagainya.

Berbisnis dengan menjadi blogger juga jadi pilihan tepat bagi Anda yang hobi nulis dan ingin menjalankan bisnis online tanpa modal loh. Cukup manfaatkan internet dari smartphone yang sudah pasti Anda punya, maka opundi-pundi uangpun bisa Anda dapatkan. Kuncinya serius dan konsisten saja!

Baca Juga:

4. Penerjemah

Anda menguasai bahasa asing dan bingung ingin menyalurkannya? Coba deh Anda membuka jasa penerjemah untuk perusahaan yang sering bekerjasama dengan klien dari luar negeri. Contohnya saja dengan menjadi guide turis asing, penerjemah perusahaan freelance dan sebagainya.

Anda bisa menjalankan bisnis ini tanpa modal, yang terpenting Anda harus benar-benar menguasai bahasa tersebut. Dengan menjalankan bisnis ini kemampuan berbahasa Anda akan bertambah, serta Anda tidak akan lupa karena sering mempraktekkannya. Selain itu, tetap ada penghasilan yang masuk kantong Anda.

5. Jasa desain grafis

Bagi Anda yang hobi atau menyukai dunia menggambar, tidak ada salahnya Anda mempelajari desain grafis. Terlebih jika Anda adalah seorang yang kreatif, Anda akan bisa membuka bisnis dengan jasa gambar ini.

Faktanya, peluang bisnis online tanpa modal ini cukup besar, mengingat banyaknya orang atau perusahaan yang memerlukannya. Misalnya saja untuk membuat logo perusahaan, foto produk untuk keperluan promosi, bungkus atau packaging makanan dan sebagainya. Apalagi jika Anda bisa mendapatkan project kerjasama dengan perusahaan besar, bukan tidak mungkin loh Anda akan mendapat fee yang lumayan.

6. Jual beli properti

Memiliki skill dalam berdagang atau marketing, tentu menjadi salah satu keahlian yang cukup menghasilkan. Biasanya orang-orang seperti ini adalah mereka yang mampu berkomunikasi secara baik bahkan bisa mempengaruhi lawan bicaranya.

Jika Anda mampu memanfaatkannya untuk menjualkan produk yang bernilai tinggi seperti properti, maka bonus yang akan Anda dapatkan tentunya juga nggak main main nilainy. Belum lagi jika Anda telah memiliki pasar dan target konsumen serta telah memiliki nama sebagai agen properti.

Untuk proses pemasaran pun cukup mudah, Anda bisa memasarkannya secara offline lewat spanduk, pamflet, brosur, dll. Namun di era digital seperti ini, Anda juga bisa memasarkannya melalui media sosial, website, ataupun media pengiklan.

7. Berjualan E-book

Bisnis online tanpa modal yang satu ini bisa jadi alternatif bagi Anda yang ingin menerbitkan buku tanpa bentuk fisik. Karena pemasarannya via digital, sehingga Anda juga tak perlu mengeluarkan modal untuk biaya cetak ataupun biaya penerbit. Buatlah E-book sesuai keahlian menulis Anda, misalnya mengenai kesehatan, website, ataupun E-book seputar informasi lainnya.

8. Affiliate marketing

Punya akun digital dengan trafik pengunjung yang cukup tinggi? Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah penghasilan loh. Entah itu dari blog, media sosial, atau youtube sekalipun. Caranya adalah dengan memasang link affiliate untuk memasarkan suatu produk atau jasa dari perusahaan yang siap bekerjasama.

Dalam dunia pemasaran offline, istilah affiliate ini hampir mirip dengan makelar. Sistem kerjanya adalah dengan pemasaran produk, yang komisinya didasarkan pada pembeli yang melakukan transaksi melalui link tersebut.

9. Admin sosial media

Rekomendasi bisnis online tanpa modal yang terakhir yakni menjadi admin sosial media. Karena di jaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, para pebisnis atau toko offline harus mulai berkembang dengan konsep berjualan online. Namun ternyata, masih banyak loh yang belum bisa memanfaatkan media sosial secara maksimal untuk berbisnis. Kesempatan ini bisa dijadikan bisnis yang cukup menguntungkan loh. Admin sosial media biasanya bertuas untuk memikirkan konsep postingan yang akan dibuat agar lebih menarik dan bisa mengundang perhatian calon pembeli.

Itulah tadi beberapa rekomendasi bisnis online tanpa modal yang sangat menguntungkan buat Anda. Karena menjalankan bisnis dengan modal yang seminim mungkin, Anda tidak akan mengalami resiko atau kerugian material yang besar. Bagaimana? Sudah tahu bisnis mana yang cocok dan sesuai keahlian Anda?

Suported by Cryptoharian.com


Like it? Share with your friends!

3 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend