Begini Cara Sistem Imun Tubuh Lawan Virus Corona

Hasil penelitian ini bisa membantu pengembangan vaksin corona.1 min


2 shares

Corona menyebar dengan sangat cepat dan seolah tidak terbendung penyebarannya. Data terbaru menyebutkan bahwa Covid-19 sudah menyebar ke 148 negara di dunia.

Total jumlah kasus positif corona di seluruh dunia menurut laporan John Hopkins University hingga kini mencapai lebih dari 180.000 kasus.

Jumlah kematian akibat virus ini sudah mencapai 7.330 orang dengan total pasien sembuh mencapai 80.236.

Dari banyaknya kasus pasien corona yang meninggal hingga ada yang bisa sembuh dari coronavirus meski obat untuk melawan virus ini belum ditemukan, membuat peneliti Australia mencoba untuk mencari tahu tentang bagaimana cara sistem kekebalan tubuh manusia melawan virus ini.

cara sistem imun lawan virus

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Medicine pada Selasa, (17/3/2020) ini menunjukan bahwa seseorang memang bisa sembuh dari infeksi virus corona ini.

Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat sel imun mana yang muncul saat tubuh melawan virus corona, hasil penelitian ini bisa membantu pengembangan vaksin corona.

“Penemuan ini penting karena pertama kalinya kami memahami bagaimana sistem imun melawan novel coronavirus ini,” kata salah satu penulis jurnal Prof Katherine Kedzierska.

Penelitian ini, disebut sebagai sebuah terobosan baru oleh para ahli untuk mengatasi wabah corona.

Dalam penelitian ini, ilmuwan berhasil mengidetifikasi empat jenis sel imun yang muncul saat tubuh lawan infeksi Covid-19.

Sel-sel ini diamati dengan melacak pasien dengan kasus ringan ke moderat dari virus corona tanpa masalah kesehatan lain sebelumnya.

Penelitian ini dilakukan pada pasien corona perempuan berusia 47 tahun asal Wuhan, China, yang telah dibawa ke rumah sakit di Australia dan sembuh dalam 14 hari.

Prof Kedzierska mengatakan bahwa timnya telah meneliti respons imun secara keseluruhan dari pasien ini terhadap virus.

Tiga hari sebelum perempuan ini membaik, terdapat sel-sel spesifik yang muncul dalam aliran darahnya. Sel-sel ini juga muncul pada waktu ini pada pasien influenza.

“Kami sangat senang dengan hasil ini dan fakta bahwa kami dapat benar-benar menangkap kemunculan sel imun pada pasien terinfeksi sebelum kondisi klinis membaik,” tambah Prof Kedzierska.

Temuan ini, kata Menkes Australia, Greg Hunt, dapat membantu pengembangan vaksin corona dengan lebih cepat.

Prof Kedzierska mengatakan bahwa langkah selanjutnya yang akan para ilmuwan lakukan adalah mencari tahu mengapa respons imun lebih lemah pada kasus-kasus yang parah.

“Ini benar-benar menjadi kunci saat ini untuk memahami apa yang kurang atau berbeda pada pasien yang meninggal atau memiliki penyakit lebih parah. Jadi, kita bisa memahami bagaimana melindungi mereka,” jelasnya.


Like it? Share with your friends!

2 shares

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend