5 Eksperimen Ilmuwan yang Hampir Hancurkan Dunia

Rasa ingin tahu yang dimiliki manusia membuat para ilmuwan melakukan banyak eksperimen dan penelitian.2 min


1 share

Rasa ingin tahu yang dimiliki manusia membuat para ilmuwan melakukan banyak eksperimen dan penelitian.

Nyatanya, eksperimen-eksperimen yang dilakukan di masa lalu itu ada yang membuahkan penemuan-penemuan yang menjadi cikal-bakal sumber ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman sekarang

Namun tak sedikit juga eksperimen yang dilakukan di masa lalu, yang justru gagal atau dihentikan karena dianggap membahayakan kehidupan dunia serta keberlangsungan hidup manusia di masa depan.

Berikut ini adalah 5 eksperimen yang hampir menghancurkan dunia.

Starfish Prime

ekpserimen starfish prime ilmuwan

Uji coba yang dilakukan Amerika Serikat pada tahun 1962 ini disebut-sebut sebagai percobaan yang sangat membahayakan dunia.

Eksperimen yang diberinama Starfish Prime ini dilakukan dengan cara meluncurkan roket nuklir dan meledakkannya di lapisan Magnetosfer.

Uji coba ini sebenarnya dilakukan untuk menganggu satelit milik Uni Soviet, namun dampak yang ditimbulkan dari uji coba ini sangat diluar dugaan.

Banyak jalur komunikasi terputus bahkan mati, selain itu, ada ancaman radiasi Matahari yang mulai menjangkau Bumi.

Hadron Collider

Hadron Collider

Sebuah proyek eksperimen yang ditujukan untuk memberikan manfaat kemajuan ilmu pengetahuan ini dinilai bisa memiliki dampak mengerikan untuk Bumi.

Hadron Collider adalah eksperimen raksasa yang bertujuan untuk mensimulasikan Black Hole Mikroskopis dan melihat fenomenanya.

Namun, uji coba ini dianggap berbahaya dan bisa menghancurkan Bumi oleh sebagian ilmuwan karena takut Black Hole yang tercipta dari ekperimen ini akan menelan semua benda-benda di sekelilingnya.

Kola Superdeep Borehole

Kola Superdeep Borehole

Pada tahun 1970-an para ilmuwan Rusia penasaran dengan seberapa jauh kemampuan manusia dalam mengebor Bumim, merekapun membuat eksperimen.

Pengeboran Kola Superdeep Borehole pun dilakukan, pada tahun 1989, bor Rusia sudah mencapai kedalaman 12.000 meter.

Pegeboran ini menjadi pengeboran paling dalam yang pernah dilakukan manusia.

Namun, pengeboran ini dihentikan lantaran terjadi penolakan dengan keluarnya gaya tekan yang sangat kuat dari dalam Bumi.

Trinity Test

Trinity Test

Uji coba bom nuklir yang dilakukan oleh Amerika ini dilakukan di Alamogordo (New Mexico), pada tanggal 16 Juli 1945. Trinity Test merupakan uji coba nuklir pertama yang dilakukan Amerika Serikat.

Bom atom seberat 19 kiloton itu bermuatan plutonium, modelnya pun sama dengan bom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.

Peledakan dilakukan pada 16 Juli 1945 pukul 05:29:45. waktu setempat. Bom tersebut ditempatkan di menara baja berketinggian 20 meter, dan daya ledaknya setara dengan 19 kiloton TNT.

Ledakan itu meninggalkan kawah sedalam 3 m dan selebar 330 m. Awan jamur membesar setinggi 16.000 m, dan gelombang kejutnya dapat dirasakan 160 kilometer jauhnya.

Hingga saat ini, lokasi uji coba Trinity ini masih mengandung unsur radioaktif.

Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI)

Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI)

Eksperimen ilmuwan terakhir yang mungkin bisa membahayakan Bumi adalah SETI. Uji coba ini bertujuan untuk mencari kehidupan lain selain di Bumi.

Para peneliti terus mencari gelombang frekuensi dari planet-planet yang mungkin dikirimkan oleh makhluk cerdas di dunia lain. Namun, ketakutan muncul dari sebagian kalangan ilmuwan.

Ada yang menganggap bahwa percobaan ini bisa membahayakan Bumi akibat adanya invasi Alien.


Like it? Share with your friends!

1 share

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend