Mengenal Hewan Raksasa yang Masih Hidup di Bumi

2 min


Pernahkah kamu membayangkan ada sebuah hewan yang besarnya sama dengan pesawat terbang, dan masih hidup di bumi kita ini ? Ya hewan tersebut adalah paus biru. Paus biru atau nama latinnya Balaenoptera musculus ini merupakan hewan mamalia berdarah panas. Bentuk kepalanya menyerupai huruf U, dan memiliki punggung yang terbentang dari lubang sumbur hingga bagian bibir atas. Lantas, seberapa besarkah hewan yang masih hidup di hampir semua samudra kita ini ?

Badan paus biru dewasa dapat mencapai panjang 30 meter dan berat massaya 180 ton. Jika dikalkulasikan besar paus biru sama dengan ukuran pesawat boeing. Hal inilah, yang membuat paus biru dinobatkan sebagai hewan terbesar yang pernah hidup di bumi, bahkan mengalahkan dinosaurus. Sebagai perbandingan, dinosaurus terbesar yang pernah hidup di bumi adalah Argentinosaurus yang panjangngya 30 meter dan beratnya 80-100 ton.

Menurut para ilmuwan, ukuran paus biru yang besar ini karena hidupnya yang berada di lautan yang luas sehingga memerlukan energy yang besar. Ukuran yang besar ini, juga karena paus biru memiliki lemak yang sangat tebal untuk melindunginya dari suhu dingin. Ketebalan lapisan itu mencapai satu meter. Lapisan lemak pada tubuh paus biru berguna ketika bermigrasi ke daerah khatulistiwa yang hangat, untuk mencari makanan.

Hewan Raksasa yang Masih Hidup di Bumi

Makanan pokok paus biru adalah sejenis udang kecil yang disebut krill, meskipun kadang juga memakan zooplankton. Kebutuhan paus biru dewas dalam satu hari mecapai 1,5 juta kalori. Sehingga dalam satu hari, paus biru dapat memakan krill sebanyak 3,6 ton. Karena krill bergerak, pasu biru biasanya makan di kedalaman lebih dari 100 meter pada siang hari dan di permukaan pada malam hari.

Selain paling Besar, Paus Biru juga Paling Berisik

Paus Biru juga Paling Berisik

Pada awal tahun 2019 lalu, terdapat video viral tangisan paus yang sangat keras dan dianggap sebagai pertanda kiamat. Sebenarnya suara tersebut bukan merupakan tangisan paus. Suara ini sama halnya dengan hewan pada umumya, yang digunakan untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Jadi tenang saja, hal ini sebenarnya kebiasaan paus biru, dan suaranya yang sangat keras itu juga karena paus biru dikenal sebagai hewan paling berisik di dunia.

Suara paus biru bisa mencapai 188 decibel yang bisa menembus hingga jarak 500 mil. Suara ini melebihi suara mesin jet yang hanya 144 desibel. Untungnya paus biru ini hidupya hanya di lautan, sehingga manusia tidak bisa mendengar suara yang berisik tersebut. Selain untuk berkomunikasi, suara paus biru yang berisik ini juga digunakan untuk mencari makanan dan juga pasangan.

Statusnya Paus Biru sudah Terancam Punah

paus biru terdampar

Pada awal abad ke 20, keberadaan mamalia ini masih sangat melimpah di berbagai samudra. Meskipun susah ditangkap, hewan ini tetap saja dapat ditangkap untuk diambil bagian-bagian tubuhnya. Bagian yang biasa dimanfaatkan adalah baleen atau rambut penyaring yang ada di mulutya. Baleen biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan korset karena mengandung keratin. Akibat dari perburuan pada abad 20 tersebut , populasi paus biru saat ini diperkirakan sudah menurun.

Lembaga konservasi internasional IUCN mengkategorikan paus biru sebagai hewan yang terancam punah sejak tahun 1996. Sedangkan di Indonesia paus biru dilindungi oleh peraturan mengenai hewan yang dilindungi dalam PP no.7 tahun 1999. Meskipun hewan ini adalah raksasa dan suaranya juga besar, paus biru sangat penting bagi ekosistem di lautan, karena dalam posisi rantai makanan paus biru menempati posisi tertinggi. Oleh karena itu, sepatutnya manusia jangan lagi memburu paus biru dan fokus menjaga keberadaanya di bumi ini agar ekosistem di lautan semakin baik


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
1
Marah
Takut Takut
0
Takut

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend