5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Menghilangkan Rasa Gak Enakan

Gak enakan merupakan salah satu sikap manusia yang bisa dikatakan negatif3 min


1 share

Makintau.com – Menjadi pribadi yang sopan dan rendah hati tentunya akan membuat kita dipandang baik oleh orang lain. Namun budaya kesopanan itu kadang membuat kita menjadi sosok yang selalu merasa ‘gak enakan’.

Akibatnya kita selalu meng-IYA-kan apapun yang orang lain minta, entah itu berupa bantuan jasa atau meminjam barang yang sebetulnya sedang kita perlukan.

Padahal jika kita terus-terusan menjadi pribadi yang gak enakan, akan sangat berdampak buruk bagi kehidupan sendiri.

Misalnya, ketika kamu sedang dikejar deadline tiba-tiba ada rekan kerja yang meminta bantuan, lalu karena merasa gak enak kamu menyetujui permintaan itu. Alhasil pekerjaanmu sendiri tidak bisa selesai tepat pada waktunya.

Biasanya sikap gak enakan muncul dibarengi dengan pemikiran takut dikata sombong, takut digosipin atau dicap negatif karena sudah menolak memenuhi permintaannya.

Sebenarnya ‘menolak’ sesuatu bukanlah tindakan yang salah dan sudah menjadi hak seseorang yang harus dihormati.

Nah, buat kamu yang saat ini selalu merasa begitu. Berikut beberapa alasan kenapa mulai detik ini juga kamu harus mulai mengurangi rasa gak enakan, kalau perlu dihilangi!.

Selalu Merasa Salah Walaupun Benar

Alasan Kenapa Kamu Wajib Menghilangkan Rasa Gak Enakan

Karena merasa gak enakan, biasanya kamu lebih memilih mengalah daripada harus berdebat panjang meskipun kamu tahu pendapatmu benar. Jika kamu memelihara kebiasaan itu, tak khayal jika orang lain akan bertindak semena-mena terhadapmu.

Untuk itu agar kamu tidak terus-terusan menjadi korban lebih baik mulai sekarang biasakan memikirkan yang terbaik buat diri sendiri, bukan berarti kamu harus mengedepankan ego sendiri lho!.

Orang Lain Akan Memandangmu Rendah

Meremehkan orang lain

Jika kamu terus menunjukkan rasa gak enakan kepada orang lain secara tidak langsung mereka akan mengetahui kelemahan dirimu dan bisa saja akan meremehkanmu.

Maka, sebaiknya dalam setiap keputusan kamu harus tegas terhadap diri sendiri juga orang lain. Bukan tanpa sebab melainakan agar mereka tidak merendahkan kamu dikemudian hari.

Kamu Akan Merasa Letih dengan Sendirinya

Akan letih dengan sendirinya

Saat kamu menuruti apapun kemauan orang lain karena merasa gak enak suatu saat cepat atau lambat akan membuat mental dan fisikmu letih. Karena kamu selalu memaksakan diri untuk mengerjakan sesuatu yang sebenarnya tidak kamu sukai.

Belum lagi jika kamu mendapat banyak tugas dari bos, yang ada dirimu akan letih bahkan jatuh sakit. Lebih baik kurangi sikap gak enakan dan mulailah mengukur kemampuan diri sendiri.

Tidak Memiliki Tujuan Prioritas

tidak mempunyai prioritas

Karena merasa gak enakan kamu akan kesulitan menolak permintaan mereka, akhirnya kamu menerima apapun yang mereka mau.

Sehingga mau tidak mau kamu akan kehilangan waktu dengan mengerjakan permintaan mereka, akhirnya kamu tidak memprioritaskan diri sendiri dengan menyenangkan orang lain.

Selalu Merasa Jahat Ketika Menolak Bantuan

merasa jahat ketika dimintai bantuan

Ketika kamu mengatakan tidak, saat itu juga mungkin didalam hati kamu merasa terlalu jahat kalau harus menolak permintaan tolong orang lain yang membutuhkan.

Oke, alasan tersebut masuk akal. Namun perlu diingat apakah kamu mampu menjalankannya sekaligus atau apakah kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu sendiri dengan tepat waktu?

Sekali lagi saya tekankan, menolak permintaan orang lain merupakan hak individu setiap orang. Jika memang tidak bisa ya jangan terlalu dipaksakan. Belajarlah bersikap tegas terhadap diri kamu sendiri dan sebisa mungkin melawan rasa gak enakan terhadap orang lain.

Menjadi Manusia Paling Tidak Bahagia

alasan stop merasa gak enakan

Karena selalu mendahulukan kepentingan orang lain, kamu akan mengabaikan kebahagiaan diri sendiri yang sebenarnya sangat kamu butuhkan.

Sampai kapanpun menyenangkan orang lain bukanlah tugasmu, untuk itu sebaiknya kamu mulai memikirkan kebahagiaan versi kamu sendiri. Ingat ya! kebahagian diri sendiri lebih penting.

Itulah 6 alasan kenapa kamu wajib menghentikan rasa gak enakan kepada orang lain. Buat kamu yang saat ini masih merasa begitu, sudahlah mulai sekarang coba bersikap tegas dan prioritaskan kebahagiaan diri kamu sendiri.


Like it? Share with your friends!

1 share

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
1
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend