6 Daftar Menu Makanan Sehat Bergizi, Cocok untuk Diet dan Ibu Hamil

3 min


Makintau.com – Selain berolahraga, untuk menjaga pola hidup sehat haruslah selalu memperhatikan asupan menu makanan yang masuk kedalam tubuh setiap harinya, terutama bagi ibu hamil dan kamu yang sedang menjalani program diet.

Konsumsi makanan sehat tidak harus dengan porsi banyak, paling tidak terdiri dari sayur dan buah-buahan. Dengan menjaga asupan serat serta nutrisi lengkap, tubuh akan semakin kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Kriteria makanan sehat pada umumnya mengandung berbagai nutrisi, vitamin, serat dan mineral yang cukup. Terdapat beragam jenis menu makanan bergizi yang bisa kamu konsumsi setiap harinya. Apa saja itu? berikut ulasannya :

1. Oatmeal

Oatmeal menu makanan sehat untuk diet

Oatmeal merupakan menu makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk sarapan pagi sebelum beraktivitas. Kandungan seratnya yang tinggi berguna untuk melancarkan sistem pencernaan.

Oatmeal umumnya terbuat dari gandum yang telah dicampur dengan susu sapi dan madu. Selain praktis dan murah, makanan sehat ini juga memberikan efek merasa kenyang lebih lama sehingga sangat cocok untuk program diet.

Makanan ini juga memiliki segudang manfaat lainnya, diantaranya mengurangi kadar kolesterol, menjaga berat badan, sebagai pemenuhan serat harian dan sebagainya.

2. Capcay, Menu Makanan Sehat Rumahan

capcay

Sayur menempati tingkatan teratas dalam bahan makanan bergizi, sebab kandungan vitamin, serat serta zat kimia yang berguna bagi tubuh sangat banyak sekali.

Serta terdapat kandungan sulforaphane yang dipercaya dapat mencegah sel kanker ganas. Contoh makanan sehat yang berasal dari sayur-sayuran adalah capcay.

Satu porsi capcay biasanya terdapat paling tidak 5 jenis sayuran berbeda, mulai dari wortel, brokoli, sawi putih, kol, dan kacang-kacangan. Kamu bisa dengan mudah meraciknya sendiri atau jika malas tinggal beli saja di warung makan. Harga perporsinya pun sangat murah.

3. Sup Sayur

sup sayur untuk ibu hamil

Tidak jauh berbeda dengan capcay. Sup sayur biasanya terbuat dari beragam sayuran seperti, wortel, bayam, brokoli dan sebagainya yang dikombinasikan dengan kaldu ayam. Makanan bergizi satu ini sangat direkomendasikan untuk ibu hamil.

Kandungan serat serta vitamin sangat baik untuk menangkal penyakit dan menambah daya tahan tubuh manusia. Pembuatanya cukup praktis dan murah.

4. Salmon

makanan sehat salmon bakar yogurt

Menu makanan sehat selanjutnya ada Salmon. Ikan salmon kaya akan protein, vitamin B, omega-3, lemak jenuh, dan kalium. Dimana kegunaan omega-3 adalah untuk merangsang kinerja otak lebih maksimal.

Selain itu, dengan mengonsumsi ikan salmon 2 kali seminggu dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang menyebabkan penyakit jantung dan diabetes.

5. Olahan Makanan Bergizi Daging dan Telur

Daging lapis telur

Daging dan telur merupakan salah satu makanan sehat dan bergizi yang kaya akan protein, vitamin, mineral dan zat besi. Kandungan kuning telur dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Agar lebih sehat disarankan mengonsumsi telur dalam bentuk rebusan. Sedangkan daging yang paling banyak nutrisinya dan rendah lemak adalah daging sapi. Kamu bisa menyajikannya secara terpisah atau mencampurnya dalam bentuk jenis olahan lapis telur daging sapi.

6. Pecel

pecel madiun

Kekayaan kuliner khas daerah di Indonesia memang tidak diragukan lagi, salah satunya adalah pecel. Pecel merupakan makanan sehat yang terdiri dari perpaduan nasi, sambal kacang, tempe dan sayur-sayuran.

Dari perpaduan tersebut sudah dapat dipastikan makanan ini kaya akan serat dan nutrisi. Selain mudah ditemukan harganya pun terjangkau mulai dari 3 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah tergantung lauk yang dipakai.

Itulah 6 menu makanan sehat yang cocok untuk ibu hamil dan diet. Bagaimana? so, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan sehat demi menjaga pola hidup.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend