Hindari 5 Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin Kolesterol Anda Tinggi

3 min


Makintau.com – Kolesterol tinggi menjadi momok menakutkan bagi semua orang, terlebih mereka yang notabene sudah memasuki usia lanjut atau penderita obesitas. Kolesterol sendiri sering dikatakan penyebab utama timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh. Oleh karena itu para ahli menyarankan untuk mengurangi makanan dan kebiasaan yang menjadi penyebab kolesterol naik.

Kadar kolesterol dikatakan tinggi apabila terdapat banyak low-desity lipoprotein atau LDL dalam aliran darah. Hal itu dapat terjadi jika kita tidak terlalu memperhatikan makanan apa yang kita konsumsi serta jarang berolahraga.

Selain itu produksi HDL (high-densiti lipoprotein) atau biasanya disebut kolesterol baik yang rendah dalam tubuh juga dapat memicu terjadinya peningkatan kolesterol.

Sedangkan kadar kolesterol normal pada manusia yang baik kurang dari 200 mg/dL dengan ambang batas tinggi kadar kolesterol 200-239 mg/dL. Jika lebih dari itu maka dipastikan memiliki kolesterol yang berisiko memicu berbagai penyakit.

Maka, penting bagi kamu untuk mengetahui apa-apa saja kebiasaan buruk yang menyebabkan kolesterol naik. Simak ulasannya berikut ini.

Kebiasaan Buruk Penyebab Kolesterol Naik

Tingginya kolesterol bukan tanpa sebab lho!, melaikan akibat kurangnya memperhatikan kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari atau bisa saja kebiasaan itu kamu anggap baik padahal sangat berisiko buruk penyebab kadar kolesterol tinggi.

1. Kolesterol Tinggi Akibat Makanan Tidak Sehat

makan sembarangan penyebab kolesterol tinggi

Kebiasaan jajan sembarangan dapat memicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Terlebih jajanan yang mengandung lemak jenuh. Lemak jenis ini bisa kamu jumpai pada daging sapi, domba, mentega, krim dan keju.

Sedangkan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi salah satunya adalah minyak kelapa.

Selain lemak jenuh, lemak jenis lain yang berisiko memingkatkan kolesterol ialah lemak trans. Lemak ini bisa kamu jumpai pada minyak sayuran hasil olahan pabrik yang telah ditambah hidrogen.

2. Kebiasaan Merokok

kebiasaan buruk penyebab kolesterol

Rokok pada dasarnya memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Adanya kandungan zat acrolein pada rokok juga memicu tingginya kadar kolesterol. Zat ini menghalangi kerja enzim HMG-KoA Reduktase yang bertanggung jawab menjaga kadar LDL agar tidak melebihi batas normal.

Tanpa enzim tersebut, perkembangan kolesterol tidak dapat dikontrol oleh sistem imun. Sehingga terjadi penumpukan kolesterol jahat pada aliran darah.

Jika semakin parah sangat berisiko menyebabkan berbagai masalah seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes. Kondisi tersebut bisa terjadi pada perokok aktif maupun perokok pasif.

3. Malas Bergerak

malas gerak jadi faktor peningkatan kolesterol

Kurang aktif bergerak menjadi salah satu pemicu kadar kolesterol kamu tinggi. Apalagi jika dibarengi kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat dan berlemak.

Sebab, jika kamu malas bergerak atau olahraga lemak dalam tubuh tidak diproses dengan maksimal. Akhirnya terjadi penumpukan pada aliran darah.

Disisi lain olahraga juga sangat membantu dalam proses penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh sebab itu sangat disarankan melakukan olahraga secara rutin setiap hari. Jika tidak punya waktu cukup untuk berolahraga setidaknya melakukan aktifitas fisik seperti jalan kaki, menyapu, dan sebagainya.

4. Kolesterol Tinggi Akibat Obesitas

obesitas meningkatkan kadar kolesterol tubuh

Obesitas atau berat badan berlebihan bisa juga menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan obesitas merupakan indikator tubuh memiliki kandungan lemak yang berlebihan.

Yang mana berarti risiko penyumbatan aliran darah akibat kolesterol sangatlah tinggi. Seseorang dinyatakan mengalami obesitas jika memiliki indeks massa tubuh diatas 30 kg/m2 dengan lingkar pinggang diatas 100 cm untuk laki-laki serta 90 cm untuk wanita.

Untuk itu sangat disarankan agar senantiasa menjaga tubuh tetap ideal dengan memperhatikan asupan makanan dan melakukan aktifitas fisik secara teratur.

5. Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Beralkohol

kebiasaan minum alkohol

Kebiasaan buruk mengonsumsi minuman beralkohol juga menjadi penyebab tinggi meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, alkohol memicu efekk negatif pada jantung seperti membuat denyut jantung tidak beraturan, penyakit otot jantung bahkan paling parah kegagalan pompa jantung yang mengakibatkan kematian.

Tidak berhenti disitu saja, pecandu minuman beralkohol juga memiliki risiko tinggi pengerasan hati (sirosis).

Walaupun dari segi medis alkohol terdapat beberapa manfaat bagi tubuh, American Heart Association tidak menganjurkan pasien untuk mengonsumsinya sebagai obat alternatif.

Mereka lebih menganjurkan untuk menjaga asupan pola makan dan senantiasa bergerak aktif atau berolahraga secara rutin demi merawat jantung dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Tips Mengontrol Kadar Kolesterol

Untuk mengurangi resiko penyakit akibat kadar kolesterol tinggi, kamu perlu melakukan kontrol mandiri. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan :

Mengatur pola makan, sebisa mungkin jauhi makanan berlemak tinggi misalnya, gorengan, sosis, makanan berminyak dan sebagainya. Sebagai gantinya kamu bisa mengonsumsi biji-bijian, gandum, nasi merah, buah, serta sayur-sayuran

Luangkan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga ringan bisa dengan joging, berenang atau melakukan senam. Jika tidak ada waktu luang karena sibuk bekerja paling tidak satu minggu sekaki sisakan waktu untuk beraktifitas fisik.

Perlu diperhatikan, kolesterol tinggi tidak hanya terjadi pada lansia, kebiasaan-kebiasaan buruk diatas jika dilakukan pada usai produktif juga tidak menutup kemungkinan berisiko mengalami kolesterol tinggi. Jauhi juga minuman bersoda dan beralkohol.

Nah, itulah beberapa kebiasaan atau perilaku buruk yang menyebabkan kadar kolesterol kamu naik. Jika tidak ingin mengidap penyakit kolesterol sangat disarankan selalu memperhatikan asupan makanan dan berolahraga secara teratur.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend