Makan 7 Buah Ini, Dijamin Kolesterol Anda Akan Cepat Turun

4 min


1 share

Makintau.com – Mengkonsumsi daging secara berlebihan dapat memicu tingginya kadar kolesterol dalam darah. Hal itu sangat berisiko tinggi menimbulkan berbagai penyakit berat seperti, diabetes, jantung dan stroke. Langkah jitu untuk menurunkan kolesterol salah satunya dengan makan buah penurun kolesterol.

Buah bukan hanya sebagai hidangan pencuci mulut semata, melainkan memiliki kandungan serat dan mineral yang tinggi.

Serat dalam buah dipercaya mampu mengikat asam empedu sehingga sangat efektif untuk membantu proses penyerapan lemak dan kolesterol darah.

Sedangkan kandungan senyawa kimia lain yang terkandung dalam buah mampu meningkatkan HDL atau kolesterol baik yang dapat mencegah terjadinya penyumbatan aliran darah dan mencegah penyakit jantung.

Tidak hanya orang tua, kolesterol jahat juga dapat mengincar kaum muda. Hal itu dipicu akibat gaya hidup kurang sehat. Terlebih tidak memperhatikan apa saja yang telah dimakan.

Akibatnya lemak akan menumpuk dan menyumbat aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Batasan normal kolesterol pada orang dewasa sekitar 160-200 mg saja.

Penyebab Utama Kolesterol Naik

buah penurun kadar kolesterol

Jika kadar kolesterol melebihi batas normal, maka sudah dipastikan orang tersebut mengalami kondisi yang disebut hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi. Hal itu akan memicu terjadinya risiko penyakit berbahaya

Pada umumnya, penyakit yang sering mengintai penderita kolesterol tinggi adalah serangan jantung dan stroke. Sebab, terdapat penyumbatan akibat penumpukan kolesterol dalam arteri.

Selain faktor keturunan, penyebab utama kolesterol biasanya seseorang terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan kurang berolahraga.

Menurut WHO pada tahun 2011, setidaknya 35% penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dibanding negara lain.

Baca Juga:

Daftar Buah Penurun Kolesterol Jahat Dalam Darah

Nah, untuk menurunkan kolesterol tinggi cobalah makan buah penurun kolesterol berikut ini :

1. Pepaya

buah pepaya penurun kolesterol

Pepaya memang terkenal sebagai buah multiguna, bagaimana tidak mulai dari akar hingga daun dapat dimanfaatkan sebagai makanan ataupun obat. Jadi tak heran jika beberapa produk kesehatan menyertakan buah ini sebagai bahan utama.

Salah satunya sebagai penurun kolesterol. Kandungan likopen, vitamin C, E serta antioksidan mampu menghambat terjadinya proses oksidasi kolesterol yang menghambat pembuluh darah.

Pepaya juga disinyalir sebagai salah satu buah yang mampu menurunkan LDL atau lemak jahat dalam tubuh.

2. Jambu Biji

jambu biji

Jambu biji adalah buah tropis yang dapat kita temui banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis seperti Indonesia.

Selain mengandung flavonoid yang berfungsi penangkal radikal bebas, Jambu biji memiliki kalium dan serat cukup tinggi untuk menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi.

Jika kamu mengonsumsi jambu biji minimal 900 gram setiap hari, dapat secara signifikan menurunkan kolesterol jahat dan lemak jenuh dalam tubuh.

3. Jeruk Nipis

jeruk nipis

Jeruk nipis selain berkhasiat untuk mengecilkan perut buncit ternyata juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes dan kolesterol, lho!

Sebab dalam buah yang memiliki rasa masam ini mengandung flavonoid sejenis hesperidin dan d-limonene, yaitu sejenis senyawa kimia yang bisa melarutkan kolesterol jahat bahkan menghambat perkembangan kanker payudara.

Cara mengonsumsinya bisa diperas terlebih dahulu kemudian baru diminum rutin setiap pagi dan sore dengan begitu kolesterol kamu akan turun secara signifikan

4. Tomat

buah tomat sebagai penurun kolesterol

Selanjutnya ada tomat, buah yang sering kita jumpai dan sangat mudah didapatkan di pasar tradisional maupun modern.

Tomat kaya akan kandungan kalium, vitamin A, C, senyawa likopen dan sebagainya. Kandungan itulah yang membuat tomat menjadi buah penurun kolesterol jahat paling efektif dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi 60 gram tomat setiap harinya dalam satu bulan dapat menurunkan sebesar 20% kolesterol LDL serta membuat jantung lebih sehat.

5. Semangka

semangka

Semangka memiliki kandungan likopen yang cukup tinggi, oleh karenanya semangka sangat direkomendasikan dikonsumsi para penderita kolesterol tinggi oleh dokter.

Selain itu, terdapat asam amino sitrulin yang dipercaya mempu melebarkan jaringan pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya penyumbatan.

Buah penurun kolesterol satu ini juga sangat mudah didapatkan di pasar atau toko buah, jadi tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsinya.

6. Buah Pir

Buah pir penurun kolesterol tinggi

Selain semangka, buah Pir juga sangat disarankan oleh dokter kepada para penderita kolesterol untuk dikonsumsi.

Pasalnya, pir merupakan salah satu sumber serat yang sangat baik bagi tubuh. Setidaknya buah Pir berukuran sedang memenuhi hampir 16% kebutuhan serat harian manusia.

Dengan makan buah penurun kolesterol satu ini, kamu akan mendapatkan sejenis serat bernama pektin yaitu karbohidrat kompleks guna mengikat dan menurunkan tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Pisang

buah pisang penurun kolesterol

Siapa sangka buah pisang juga bermanfaat guna mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Buah pisang matang mengandung banyak kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, vitamin A, B, C, dan sebagainya.

Menurut penelitian serat pisang mampu membersihkan plak lemak yang menempel pada dinding pembuluh darah. Dengan demikian, pembuluh darah akan bersih dari tumpukan lemak. Alhasil jika dikonsumsi secara rutin, kolesterol jahat dalam tubuh akan berangsur hilang.

Nah, itulah tadi beberapa buah yang bisa kamu makan sebagai penurun kolesterol jahat pada tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

1 share

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend