Seperti Game, Begini Cara Pantau Penyebaran Virus Corona Secara Real Time

2 min


Makintau.com – Beberapa hari belakangan ini dunia dihebohkan dengan kemunculan virus baru bernama Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau virus Corona di kota Wuhan, China.

Virus corona telah menyebar ke sejumlah negara mulai dari Asia hingga Eropa. Untuk dapat memantau penyebarab virus corona Center for Systems Science and Engineering (CSSE) telah menciptakan situs yang bisa diakses untuk mengetahui informasi tentang data titik persebaran hingga data pasien yang terkontaminasi virus corona.

Dilansir dari Himedik.com, virus ini masih satu keluarga dengan virus MERS dan SARS atau sindrom pernapasan akut parah, yang menyerang saluran pernapasan manusia.

Gejala umum infeksi virus corona mirip dengan Pneumonia yaitu sulit bernapas, sakit tenggorokan, batuk, demam, merasa kelelahan, sakit kepala, hemoplitis, diare, sakit pertapasan akut hingga kematian.

Dari beberapa kasus, virus corona menyebar dari manusia ke manusia melalui batuk, bersin dan kontak langsung terhadap pengidap virus corona. Sayangnya belum ada vaksin yang bisa mencegah atau mengobati virus satu ini. Hal itulah yang menyebabkan virus corona sangat cepat menyebar ke berbagai negara.

Dikutip dari situs CSSE, setidaknya hingga Selasa (28/1/2020) telah terjadi hampir 4.472 kasus virus corona dari jumlah 19 negera dengan 107 orang pasien dinyatakan meninggal dunia dan 63 dapat disembuhkan.

Pencegahan Penyakit Corona

Virus Corona menyerang seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah baik anak-anak maupun lanjut usia. Adapun tindakan pencegahan yang bisa dilakukan sebagai berikut :

  • Sering mencuci tangan dengan sabun dan air
  • Hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung dengan tangan kotor
  • Sementara jauhi orang yang terjangkit virus corona
  • Pakailah masker saat beraktivitas diluar ruangan
  • Jika merasakan gejala flu segera periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat
  • Perbanyak istirahat
  • Perbanyak minum air putih

Cara Pantau Penyebaran Virus Corona Secara Real Time

Cara Pantau Penyebaran Virus Corona Secara Real Time

Untuk memantau penyebabran virus corona, kamu bisa melihatnya secara real time di situs CSSE atau klik disini atau copy link berikut https://gisanddata.maps.arcgis.com/apps/opsdashboard/index.html#/bda7594740fd40299423467b48e9ecf6.

Dari situs tersebut kamu bisa mengetahui informasi titik penyebaran virus corona di beberapa negara didunia, jumlah kasus virus corona, jumlah pasien meninggal, jumlah pasien sembuh hingga total kematian dari negara tertentu.

Di Indonesia sendiri saat ini pemerintah tengah melakukan penjagaan ketat terhadap pengunjung yang berasal dari China dibeberapa pos transit seperti bandara dan pelabuhan.

Upaya lain dengan menerapkan thermal scanner, memberikan health alert card dan KIE kepada semua penumpang untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia

Meskipun belum ada kasus terkonfirmasi, diharapkan untuk selalu waspada dan memperhatikan kesehatan diri dengan mencuci tangan serta selalu bahasi kerongkongan dengan air yang cukup.

Agar senantiasa terhindar, sebaiknya selalu pantau persebaran virus corona dengan cara membuka situs web JHU CSSE diatas tadi. Semoga bermanfaat


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend