Wajib Tau! Tips Belajar Fotografi untuk Pemula

2 min


Fotografi sering disebut sebagai seni melukis cahaya. Karena tanpa cahaya tidak akan pernah tercipta hasil foto yang bagus. belajar fotografi juga memerlukan ketekunan tersendiri. Berikut adalah tips belajar fotografi untuk pemula. silahkan disimak baik-baik.

Memahami dasar-dasar kamera (Segitiga Exporsure)

tips belajar fotografi untuk pemula

Hal paling dasar dalam settingan kamera yang wajib diketahui untuk pemula diantaranya meliputi Diafragma, Shutter speed atau kecepatan rana, dan ISO. jika anda ingin menghasilkan foto atau gambar yang bagus, tidak over, atau under exposure, maka anda harus menguasai ketiga settingan dasar tersebut. Berikut untuk lebih jelasnya tentang Diafragma, Shutter speed, dan ISO:

  • Diafragma

Diafragma adalah komponen dari lensa yang fungsinya untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk kedalam kamera, yang mempengaruhi banyak tidaknya penerimaan cahaya pada sebuah foto atau gambar. diafragma disimbolkan dengan huruf f.

  • Shutter speed atau kecepatan rana

Seperti namanya Shutter speed atau kecepatan rana adalah komponen yang digunakan untuk mengatur kecepatan kecepatan cahaya. Ukuran kecepatan rana saat membuka dan menutup adalah ditunjukkan dengan angka 1, ½, 1/4., 1/8, 1/15, 1/30, 1/60, 1/125, 1/250, 1/500, 1/1000, 1/2000 (kecepatan maksimal pada setiap kamera berbeda). Selain angka diatas, ada juga yang disebut “B” atau yang artinya Bulp. Kecepatan Bulp tergantung dari saat anda menekan dan melepaskan tombol pelepas rana. Saat anda menekan tombol, maka  rana akan terbuka.

  • ISO

Merupakan satuan tingkat sensitifitas pada sensor kamera terhadap cahaya. Semakin besar nilai ISO, maka akan semakin sensitif sensor kamera terhadap cahaya. Yang artinya semakin cepat sensor kamera merekam objek.

Jangan langsung membeli kamera mahal

tips belajar fotografi untuk pemula

Jika anda masih ditingkat pemula, belilah perlengkapan kamera yang murah sesuai di tingkat pemula. Jangan terburu-buru tergiur dengan lensa-lensa yang mahal. Peralatan memang penting, namun itu bukanlah hal yang terpenting. Bahkan jika anda belum punya cukup uang untung membeli kamera, bisa meminjam kamera saudara tau teman, dan jangan sungkan untuk bertanya atau minta diajari. Anda juga bisa menyewa kamera harian jika saudara dan teman anda tidak mempunyai kamera. Yang paling penting adalah pelajari dulu teknik-teknik dasarnya menggunakan kamera tersebut.

Mencari referensi sebanyak-banyaknya

Orang bisa karena rasa ingin taunya besar. Anda bisa belajartips belajar fotografi untuk pemula dengan melihat buku atau majalah, atau bisa melaui internet. Intinya belajar bisa dimanapun, asal anda mempunyai kemauan yang keras.

Demikian tips belajar fotografi untuk pemula. Selamat mencoba semoga berhasil.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
3
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
1
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
1
Takut

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend