8 Cara Mengatasi dan Mempercepat WordPress yang Lambat

5 min


Bukan rahasia lagi kecepatan website menjadi faktor penting untuk meningkatkan perngunjung dan memberikan pengalaman pengguna yang baik. Apa jadinya jika pengunjung harus menunggu lama untuk melihat halaman pada website anda. Anda akan memiliki tingkat bounce rate yang tinggi dan nilai SEO / peringkat yang rendah.

Tapi tenang, ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasinya. WordPress sebagai platform menawarkan banyak opsi untuk mengoptimalkan situs anda agar mempercepat loading website dan memberikat performa yang baik. Bahkan, jika anda seorang pemula pun anda dapat melakukannya dengan mudah. Plugin dan Sedikit pemerograman dapat membantu anda untuk mengoptimasi wordpress anda.

Dalam tutorial ini, makintau akan menjelaskan apa yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa situs web dan mengoptimalkan kecepatan. Kami juga memberika tools untuk mengetahui masalah yang memperlambat situs anda dan, yang lebih penting, cara memperbaikinya. Ada banyak yang harus dibahas, jadi mari kita mulai!

Mengapa Kecepatan dan Performa Website itu Penting?

Pengguna internet saat ini menginginkan loading web yang jauh lebih cepat, dan situs anda harus menyediakannya. Saat ini kecepatan web merupakan bagian penting bagi google menentukan peringkat situs anda di mesin pencarian.

Apa Penyebab Website anda Lambat?

Setelah anda mengetahui pentingnya website yang cepat, penting bagi anda untuk mengetahui penyebab website menjadi lambat. Ini adalah penyebab umum yang membuat website anda menjadi lambat.

Kesalahan dalam memilih hosting yang sesuai untuk website anda. Sebelum anda membuat atau membangun suatu website pastikan hosting yang anda gunakan sudah sesuai dengan kebutuhan website. Haruslah anda memilih spesifikasi hosting yang tinngi untuk kebutuhan website yang kompleks. Dan pilihlah penyedia hosting yang memiliki kualitas yang baik.

Kami juga menyarankan anda memilih wordpress hosting , yang memastikan bahwa situs Anda cepat, responsif, dan dapat diandalkan.

Anda juga dapat menggunakan Kode Promosi Niagahoster Untuk mendapatkan potongan harga pembelian hosting wordpress anda.

Cara Test Kecepatan Website Anda

Setelah anda memahami beberapa penyebab loading website yang lambat, saatnya untuk memeriksa situs anda dan melihat seberapa baik kecepatannya saat ini. Cara terbaik untuk mengetahui apakah situs Anda menderita perlambatan adalah dengan mengujinya secara menyeluruh. Untungnya, ada tools gratis yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan informasi ini dengan cepat.

Kami akan memperkenalkan dua tools gratis yang dapat anda gunakan untuk menguji kecepatan situs Anda. Kami menyarankan anda mengulangi tes ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Pintar juga menjalankan tes ini secara teratur. Faktor-faktor baru dapat memengaruhi situs Anda dan memperlambatnya secara tak terduga, jadi harus di maintenance setiap saat.

Pingdom Tools

Optimasi WordPress

Opsi pertama yang akan kita lihat adalah Pingdom Tools. Situs ini mengakses halaman anda dari lokasi tertentu dan mengembalikan informasi tentang seberapa cepat mereka dimuat.

GTMetrix

Pingdom Tools adalah tools yang bagus, tetapi kami juga menyarankan Anda untuk mencoba GTMetrix. Ini adalah alat pengecekan kecepatan gratis lainnya yang bisa sangat berguna. GTMetrix bekerja dengan cara yang sama seperti alat sebelumnya, tetapi juga memberikan metrik yang lebih mendalam dan bahkan menawarkan saran optimasi berdasarkan hasil anda.

cek speed gtmetrix

Ingatlah untuk menjalankan tes ini beberapa kali juga untuk mendapatkan hasil yang valid. Setelah selesai melakukannya, Anda akan memiliki data website yang kuat tentang seberapa cepat situs anda saat ini. Saatnya untuk melihat bagaimana cara membuat situs menjadi lebih cepat.

10 Cara Optimasi Kecepatan Website WordPress

Di bawah, saya akan membagikan 10 trik yang dapat anda gunakan untuk membuat situs lebih cepat dan lancar. Semakin banyak trik yang Anda gunakan, semakin baik kemungkinan hasilnya.

1. Pilih Hosting yang Berkualitas

Memilih paket hosting yang tepat adalah langkah pertama dan paling penting untuk situs web Anda. Karena host web adalah tempat web anda dijalankan, hosting akan melakukan banyak hal untuk menentukan kecepatan, kinerja, dan seberapa baik situs anda dapat mengatasi lalu lintas yang tinggi.

Server hosting memiliki spesifikasi untuk menentukan seberapa cepat paket data dikirimkan ke pengguna. Jadi meskipun website anda sudah cepat namun semua sia” jika hosting anda tidak dapat memuat semua permintaan yang melebihi batas kemampuan server hosting,

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memilih penyedia hosting dan paket yang sesuai dengan kebutuhan website anda. Misalnya, Anda dapat mendapatkan informasi mengenai hosting dan kode promo hosting di promohosting.id. Promohosting.id adalah sebuah situs untuk mendapatkan update terbaru mengenai promo hosting, vps, atau domain dari beberapa layanan penyedia hosting. Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh kode promosi eksklusif. Silahkan kungjungi Promosihosting.id dan buktikan sendiri.

2. Selalu Update Theme dan Plugin WordPress

Developer theme dan plugin pasti akan mempertimbangkan aspek kecepatan menjadi bagian dalam pembuatan pembaruan terhadap theme dan plugin.

3. Kurangi Request Script dan Tambahkan Plugin Caching

Cara ketiga untuk mempercepat situs Anda adalah menerapkan caching. Cara termudah untuk memahami caching adalah dengan menganggapnya sebagai memori jangka pendek suatu situs. Ketika sebuah situs diakses untuk pertama kalinya, salinan dari semua file yang diminta disimpan. File-file yang di-cache ini kemudian ditampilkan pada saat situs yang sama dikunjungi. Jadi dengan chacing ini pengunjung tidak perlu memuat website anda dua kali.

Caching mengurangi sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan situs anda, yang dapat mempercepatnya secara signifikan.

Caching mungkin terdengar sangat ribet, tetapi sebenarnya mudah diterapkan di situs WordPress. Ada beberapa plugin yang dapat Anda gunakan untuk melakukan ini. WP Super Cache sejauh ini merupakan plugin caching yang paling populer; itu sepenuhnya gratis dan sangat mudah untuk dikonfigurasi.

4. Optimasi Gambar di Website dengan Plugin

Pemuatan website yang membutuhkan waktu yang lama adalah gambar-gambarnya.

Jika website anda memiliki banyak sekali gambar, pengoptimalan gambar adalah alat yang sangat diperlukan. Ukuran file yang besar memiliki efek negatif pada waktu pemuatan dan penggunaan bandwidth, yang membuat loading website anda semakin lama.

Optimalisasi gambar adalah proses yang megurangi / kompressi ukuran file gambar tanpa secara nyata memengaruhi kualitasnya. Ini mudah diterapkan, dan proses otomatis sepenuhnya. Metode pertama yang dapat Anda gunakan adalah mengoptimalkan gambar anda sebelum anda mengunggahnya ke situs Anda. Kami merekomendasikan TinyPNG karena gratis dan sangat mudah digunakan.

Namun, ada juga banyak plugin yang memungkinkan untuk mengoptimalkan gambar secara otomatis ketika Anda mengunggahnya ke situs WordPress anda. Favorit kami adalah ShortPixel dan WP Smush.

Plugin tidak hanya akan mengoptimalkan gambar, tetapi juga dapat digunakan untuk mengompresi semua gambar yang ada secara bersamaan. Fitur ini akan menghemat banyak bandwidth dan ruang penyimpanan dalam jangka panjang.

5. Minify and Compress WordPress file

Singkatnya, menghapus semua konten yang tidak perlu dalam kode theme atau plugin agar membuatnya lebih cepat.

Anda dapat menginstall plugin untuk meminify dan mongkompress secara otomatis. Cari plugin dengan keyword “minify”.

Untuk cara ke 5 ini membutuhkan sediking pengetahuan pemograman.

6. Gunakan CDN (Content Delivery Network)

CDN mengacu pada jaringan server proxy yang tersebar di seluruh dunia. Setiap server berisi salinan situs web Anda, yang dapat digunakan untuk mengirimkan konten Anda lebih cepat ke pengguna di seluruh dunia. Ini tidak hanya akan meningkatkan kecepatan situs Anda, tetapi juga akan meningkatkan keamanannya.

Selain itu, menggunakan serangkaian server proxy dapat membuat situs Anda lebih tahan terhadap kerusakan, karena beban transfer file dibagi di beberapa server. Ini pada gilirannya akan membantu mencegah situs turun karena lalu lintas tinggi, dan juga akan membantu melindungi terhadap serangan DoS dasar.

Cara termudah untuk menggunakan CDN dengan WordPress adalah dengan menginstal plugin. Kami merekomendasikan Cloudflare, yang melindungi dan mempercepat situs dengan sedikit konfigurasi yang diperlukan.

Singkatnya, CDN akan mengarahkan pengunjung mengakses server terdekat sehingga waktu loading yang diperlukan lebih sedikit.

cara menggunakan cloudflare cdn

7. Gunakan Theme dan Plugin yang Berkualitas dan Original

Pilih dan gunakan theme yang terbukti memiliki kecepatan, SEO, dan Struktur yang baik dan selalu gunakan theme dan plugin Original atau bukan Nulled.

8. Hapus Theme dan Plugin yang Tidak Digunakan

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa WordPress anda bersih dari tema dan plugin yang tidak lagi perlukan.

Untungnya, membersihkan tema dan plugin tidak membutuhkan waktu yang lama. Langkah pertama adalah menghapus semua plugin dan tema yang dinonaktifkan yang tidak lagi Anda perlukan. Ingatlah bahwa plugin tertentu akan menyimpan data tambahan yang tidak akan dihapus, bahkan jika Anda menghapus plugin itu sendiri. Gunakan bantuan plugin untuk membersihkannya.

Sekian ya udh makintau cara gampang mempercepat website wordpress anda…

Ikuti update terbaru dari makintau.com


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
2
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend