3 Macam Slime dan Cara Membuatnya dengan Murah dan Mudah

3 min


Cara membuat slime

Sejak kemunculannya, slime memang langsung diminati oleh berbagai kalangan khususnya anak-anak. Mainan yang berasal dari Inggris ini memiliki tekstur lembek, kenyal dan lentur nyaris seperti lendir. Slime berasal dari bahasa Inggris yang artinya lumpur atau lendir karena memang memiliki bentuk dan tekstur seperti lumpur dan lendir, jadilah adonan warna-warni ini dinamai slime. Untuk memainkannya biasanya anak-anak membuat beraneka bentuk dari slime yang lentur dan kenyal ini. mau itu ditarik-tarik, digulung dan dikepal, di tekan-tekan dan lain sesuai imajinasi mereka. Tutorial kali ini akan membahas cara membuat slime.

Slime adalah bahan yang kenyal dan mudah dibentuk sehingga bagi sebagian orang slime digunakan untuk menyalurkan emosi dengan cara diremas-remas. Jadi jika kamu sedang emosi luapkan saja pada slime ya jangan pada orang lain. Haha. Slime juga dapat menjadi teman dikala bosan melanda. Apalagi dengan warna-warnanya yang menarik serta wanginya membuat kita menjadi betah berlama-lama bermain slime.

Hal yang menjadi daya tarik slime bagi anak-anak dan juga pecintanya ialah warnanya yang beragam serta teksturnya yang unik. Bahkan tidak hanya untuk mainan semata, slime pun dapat menjadi alat pembersih barang barang karena sifatnya yang lengket terhadap partikel-partikel kecil seperti debu.

Terdapat banyak jenis slime tergantung dari tekturnya. Ada original slime yang teksturnya padat, clear slime yang berwarna bening dan teksturnya seperti original slime, tofu slime yang teksturnya sangat kenyal seperti tahu serta cair tetapi tidak lengket, dan masih banyak lagi. Tentu setiap jenis slime memiliki keunikannya masing-masing.

Sebagai tren baru, slime berkembang sangat cepat. Bahkan banyak akun-akun spam di media sosial yang membahas tentang slime setiap harinya. Toko-toko online maupun toko-toko konvensional yang menjual slime pun mulai bermunculan. Toko-toko tersebut menjual berbagai jenis slime hingga aksesoris-aksesoris yang dapat ditambahkan pada slime. Harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung jenis slime dan banyak slime yang dijual. Bahkan sebagian toko juga menjual seperangkat alat untuk membuat slime yang tentunya dengan harga yang tinggi karena mereka termasuk menjual resep slime mereka. Namun kebanyakan slime yang dijual di toko-toko mengandung boraks yang berbahaya bagi kulit jika dipegang dalam kurun waktu yang lama. Makan dari itu sebaiknya kalian membuat sendiri slime kalian di rumah.

Sebenarnya kalian bisa lho membuat slime sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapatkan. Selain dapat menghemat uang kalian juga dapat dengan tenang memainkan slime yang kalian buat sendiri karena kalian tahu apa saja bahan yang digunakan dalam membuat slime tersebut. Tentunya tanpa menggunakan boraks ya jadi slime tersebut akan aman bagi kulit kalian sekalipun kalian memainkannya dalam waktu yang lama.   Berikut beberapa cara membuat bergagai macam slime dengan bahan yang murah dan sederhana. Simak yuk!

Sebelum kita membuat slime tentu kita harus membuat slime activator terlebih dahulu. Slime activator merupakan komponen yang dapat memadatkan adonan yang sebelumnya lengket dan cair.  Caranya sangat mudah kita hanya membutuhkan satu botol GOM yang dapat dibeli di apotik terdekat lalu mencampurkannya dengan 250ml air. Lalu aduk aduk hingga merata lalu masukkan ke dalam botol agar lebih praktis. Nah jika slime activatornya telah jadi sekarang mari kita ke tutorialnya!

Macam – Macam Slime

1. Cara Membuat Original Slime

cara membuat slime original

Bahan:

-Lem povinal atau lem kertas bening merek lain

-Lem putih atau lem kayu

-Air secukupnya

-GOM atau slime activator

-Pewarna makanan (optional)

Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat slime lalu masukkan lem povinal dan lem putih dengan perbandingan 1:1
  2. Aduk hingga tercampur merata lalu tambahkan air secukupnya
  3. Aduk kembali hingga menjadi adonan yang cukup kental.
  4. Tambahkan slime activator sedikit deki sedikit sambil diaduk
  5. Jika tekstur adonan sudah mulai mengeras dan tidak lengket diamkan beberapa saat
  6. Warnai slime dengan pewarna makanan sesuai dengan warna yang kamu inginkan

Jadi deh! Slime kamu sudah siap dimainkan.

2.Cara Membuat Clear Slime

Cara membuat slime clear

Bahan:

  1. Lem povinal atau lem kertas bening merek lain
  2. Air secukupnya
  3. Slime activator

Cara Membuat:

  1. Campurkan lem bening dan air secukupnya di wadah slime
  2. Aduk hingga merata. Teksur adonan tidak boleh terlalu encer
  3. Tambahkan slime activator sedikit demi sedikit sambil diaduk
  4. Jika adonan sudah mulai mengeras, taruh di wadah tertutup dan diamkan selama satu hari
  5. Jika sudah slime kalian siap di mainkan.

Sama seperti original slime, kalian juga dapat menambahkan warna sesuai keinginan kalian!

3. Cara Membuat Tofu Slime

Cara membuat slime tofu

Bahan :

  1. Clear glue atau  povinal
  2. Lem fox
  3. Air
  4. Essence/bisa pakai parfum
  5. Slime activator (yg strong)
  6. Pewarna

Cara membuat :

  1. Masukkan lem povinal lebih banyak dari pada lem fox,perbandingannya 2:1
  2. Masukkan air ,agak banyak karna tofu,sampai lem nya jadi agak cair(ga kental lagi)
  3. Masukkan essence secukupnya
  4. Beri pewarna (bila mau)
  5. Tuangkan slime activator sedikit2 sampai jadi

Nah itu dia beberapa cara membuat berbagai macam slime. Mudah kan? Jadi tunggu apa lagi? Coba yuk!


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend