fbpx

Tips Menghindari Kecanduan Game Online, Begini Langkahnya!

Segala hal bisa menyebabkan kecanduan, tapi game lebih mudah menimbulkan hal ini.


1 share

Apakah Anda memiliki hobi bermain game online? Hal ini tentu adalah hiburan yang menyenangkan. Bermain game bisa dilakukan lebih mudah dan dari mana saja sekarang ini.

Laptop, smartphone, tablet dan banyak device lainnya sekarang memiliki fitur gaming. Tapi apakah Anda takut jatuh ke jalur kecanduan game, apalagi game online yang tengah ramai belakangan ini?

Untuk masalah ini, Anda bisa gunakan tips menghindari kecanduan game yang dibahas di artikel ini. Tapi sebelumnya, mari bahas mengapa seseorang bisa jatuh pada kecanduan game.

Masalah Kecanduan Game

Segala hal bisa menyebabkan kecanduan, tapi game lebih mudah menimbulkan hal ini. Game memicu reaksi kimia di otak yang memompa dopamine saat Anda menang ataupun mendapatkan hal yang baik dari game.

Dopamine ini memicu rasa bahagia dan menyenangkan di otak Anda. Tentu dopamine ini bisa dirasakan dari kegiatan lain, tapi game adalah hiburan yang paling mudah memicu hal ini.

Bagi orang yang tidak bisa mengendalikan diri, mereka bisa terjebak ingin merasakan perasaan dopamine ini secara terus menerus. Hal ini tentu bisa membuat orang jatuh kedalam kecanduan.

Tapi disisi lain, secara psikologi kemampuan orang mengontrol diri dari hal seharusnya bisa mengontrol reaksi kimia dalam otak untuk tidak jatuh dalam kecanduan. Tapi saat rem psikologi ini tidak berfungsi, kecanduan game akan menggerus kehidupan Anda.

Tips Menghindari Kecanduan Game

Nah, jika Anda merasa tidak percaya diri bahwa kemampuan mental diri Anda bisa menahan reaksi kimia di otak dari game, Anda bisa gunakan tips–tips menghindari kecanduan game berikut ini!

Atur waktu bermain game Anda

Jika ingin melatih mental Anda agar tidak jatuh dalam kecanduan, bermain dengan jadwal atau waktu yang pasti bisa diaplikasikan. Buat waktu bermain sebagai hadiah setelah menyelesaikan sesuatu yang penting. Misal waktu gaming hobi diatur untuk setelah pulang kerja selama 2 jam saja.

Melatih diri dengan aturan waktu yang disiplin ini akan memperkuat mental agar bisa lebih menahan diri. Tentu saja hobi game yang terkontrol tidak akan berbahaya, jadi Anda bisa bebas bermain selama Anda memiliki kontrol diri dan batasan yang baik.

Minta bantuan orang terdekat untuk membantu Anda mengontrol diri

Jika merasa diri Anda tidak bisa melatih diri untuk disiplin waktu gaming, jangan malu untuk minta bantuan pada kenalan terdekat Anda. Misal teman, pasangan ataupun orang tua pasti akan mampu membantu. Batuan ini adalah dengan mengingatkan dan juga menekan diri Anda.

Orang yang selalu diingatkan dan diganggu saat bermain game tentu akan berhenti dengan sendirinya. Tentu hal ini tidak semudah yang disebutkan di sini. Tapi jika teman ataupun kerabat yang membantu Anda tidak menyerah, kebiasan bermain berlebihan tidak akan terbentuk. Tapi ingat, bantuan hanya akan efektif, jika Anda memiliki niatan mengontrol diri.

Cari hobi baru untuk mengalihkan perhatian Anda dari gaming terlalu banyak

Jika merasa Anda terlalu banyak meluangkan waktu untuk gaming, mengapa tidak mencari alternatif lain. Seperti yang dibahas di atas, dopamine pada otak dihasilkan saat Anda merasa senang.

Game bukanlah satu–satunya kegiatan yang bisa menimbulkan hal ini. Rangkaian kegiatan yang menyenangkan lain sebagai alternatif hobi. Hal seperti bermain dengan teman, melakukan wisata ataupun hobi olahraga bisa jadi hal yang baik dicoba.

Solusi Jika Sudah Terlanjur Kecanduan

Nah, bagaimana jika sudah terlanjur kecanduan game? Apa solusi yang bisa digunakan? Untuk hal ini, Anda bisa meminta bantuan psikolog dan juga tempat rehabilitasi kecanduan game online untuk menyelesaikan masalah ini.

Psikolog bisa memberi masukan dan menuntun Anda secara perlahan, tapi jika datang ke tempat rehabilitasi, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih cepat. Tapi selalu ingat, bantuan dari rehabilitasi biasanya lebih keras.

Rehabilitasi ini bisa dibagi dua. Rehabilitasi yang tipe pertama menggunakan dorongan sosial untuk menjauhkan Anda dari rasa candu game. Di tipe kedua, rehabilitasi menggunakan kekuatan agama dan juga iman Anda.

Dalam tipe kedua ini, Anda bisa mendatangi pesantren, seperti Pondok Pesantren Nurul Firdaus. Pesantren ini berlokasi di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Untuk mendapat informasi mengenai penanganan rehabilitasi seperti apa yang diterapkan di pondek pesantren tersebut, Anda bisa kunjungi situs resminya http://www.gumilar.net/.

Bagaimana menurut Anda soal informasi di atas? Mudah–mudahan informasi tips menghindari kecanduan game dan seputarnya tersebut dapat berguna bagi Anda. Terima kasih sudah membaca!


Like it? Share with your friends!

1 share

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Ahlun Nazar

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format