fbpx

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Secara Alami

Gigi merupakan bagian tubuh yang perlu untuk dirawat kesehatannya, jika tidak gigi kita nantinya akan bermasalah seperti gigi berlubang, kerusakan gigi, bahkan bissa saja infeksi.


Gigi merupakan bagian tubuh yang perlu untuk dirawat kesehatannya, jika tidak gigi kita nantinya akan bermasalah seperti gigi berlubang, kerusakan gigi, bahkan bissa saja infeksi.

Gigi berlubang disebabkan oleh asam yang diproduksi oleh bakteri yang memakan gula dari makanan yang kita makan. Asam ini bisa merusak gigi. Jika tidak ditangani dengan benar, gigi berlubang dapat menyebabkan infeksi, bahkan gigi berlubang dikaitkan dengan beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung.

Untuk merawat gigi, biasanya kita akan pergi ke dokter gigi untuk melakukan pengecekan sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat untuk gigi berlubang.

Namun, jika gigi terasa sakit tapi kamu belum sempat pergi ke dokter gigi, berikut ada beberapa cara untuk mengatasi gigi berlubang kamu, secara alami menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapat.

Daun Jambu Biji

Penelitian menyebutkan bahwa daun jambu biji memiliki sifat anti radang yang dapat membantu menyembuhkan luka. Tidak hanya itu saja, daun jambu biji juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kesehatan gigi dan mulut kamu. Cara mengobati sakit gigi menggunakan daun jambu biji sangat mudah. kamu bisa mengunyah daun jambu biji segar secara langsung.

Tapi, pastikan kamu mencuci bersih daun jambu biji sebelum mengkonsumsinya. Jika tidak suka mengunyah daun jambu biji mentah, cobalah untuk menambahkan daun jambu biji yang sudah dihancurkan ke dalam air mendidih. Setelah menghangat, kamu bisa menggunakan larutan tersebut sebagai obat kumur.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh terbukti secara efektif mampu meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan untuk sementara waktu. Karena di dalam cengkeh mengandung senyawa eugenol, yang berperan sebagai antiseptik alami.

Kamu bisa memanfaatkan cengkeh sebagai obat kumur dengan banyak cara. Pertama, kamu bisa menggigit kapas yang sudah direndam atau diberi minyak cengkeh ke bagian gigi yang sakit. Kedua, kamu juga bisa mencampurkan setetes minyak cengkih ke dalam segelas air hangat dan dapat digunakan sebagai obat kumur. Lakukan cara ini beberapa kali per hari.

Bawang Putih

Bawang putih bersifat sebagai antiseptik dan antibiotik alami yang dapat membantu melawan infeksi. Senyawa allicin yang terkandung di dalam bawang putih juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri di gigi kamu. Siapkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas lalu potong menjadi dua bagian. Kemudian, letakkan potongan bawang putih mentah tadi di bagian gigi yang sakit. Kamu juga bisa mengunyah langsung bawang putih tersebut selama beberapa.

Kunyit

Kunyit mengandung vitamin C yang bersifat antibakteri dan antiperadangan. Manfaat yang bisa kamu peroleh berupa kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri.

Cara mengaplikasikannya dengan menghancurkan kunyit menjadi bubuk, atau kamu juga bisa mencari bubuk kunyit di toko. Biarkan selama beberapa menit, lalu berkumur dengan air hangat.

Cara lainnya, kamu bisa mencampurkan setengah bubuk kunyit dengan sedikit minyak mustard, lalu oleskan sambil memijat gigi dan gusi yang sakit. Lalu biarkan selama 10 menit, kemudian ludahkan campuran tersebut.

Akar Manis

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada American Chemical Society’s Journal of Natural Products, akar manis dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Didaslam akar manis terkandung senyawa licoricidin dan licorisoflavan A, yang merupakan antibakteri, yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Tidak hanya itu, akar manis juga dapat mengurangi plak pada gigi. Kamu bisa menggunakan bubuk akar manis untuk menyikat gigi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan langsung batangnya yang lembut sebagai sikat gigi.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
1
Wow
Marah Marah
1
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format