fbpx

Bukan Cuma Pantai, Ini Lho Destinasi Wisata di Pangandaran yang Lagi Hits

Tahukah Anda jika destinasi wisata di Pangandaran tak sebatas pantai?


Jika Anda mendengar nama ‘Pangandaran’, benak Anda pasti langsung menuju pantai-pantainya yang indah. Namun tahukah Anda jika destinasi wisata di Pangandaran tak sebatas pantai? Ada banyak objek wisata di salah satu kabupaten ‘baru’ di Jawa Barat ini.

Pantai-pantai di Pangandaran memang eksotis, maka tak heran ada yang menyebutnya sebagai Bali-nya Jawa Barat. Jika Anda berkunjung ke Pangandaran dan ingin merasakan liburan yang berbeda, maka sebaiknya Anda juga mencoba mengunjungi tempat-tempat wisata di bawah ini. Berikut kami ulas laporannya yang mengambil sumber dari situs https://www.harapanrakyat.com.

Cagar Alam Pangandaran

Cagar alam Pangandaran merupakan taman wisata dengan luas 530 hektar. Lokasinya dekat dengan Pantai Timur Pangandaran, salah satu pantai yang jadi destinasi utama wisawatan.

Di sini, Anda akan menemukan berbagai macam flora dan fauna yang khas. Berbagai tanaman bisa Anda temukan di Cagar Alam Pangandaran, mulai dari mahoni sampai pohon jati. Suasananya pun asri dan sejuk.

Sementara faunanya, jika beruntung, Anda bisa melihat kera, rusa, bahkan lutung serta hewan lainnya yang hidup bebas di area Cagar Alam Pangandaran. Selain itu, berbagai jenis burung juga bisa Anda temukan dengan mudah di sini.

Bukan hanya flora dan faunanya saja, di Cagar Alam Pangandaran, Anda pun bisa menelusuri goa-goa yang berada di kawasan ini. Diantaranya Goa Lanang, Goa Sumur Mudal, Goa Rengganis, dan Goa Miring yang menyimpan keindahan stalakmit dan stalaktit.

Lokasinya yang berada di sekitar kawasan Pantai Pangandaran, membuat Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam maupun matahari terbit yang eksotis.

Kawasan yang kini menjadi Cagar Alam Pangandaran, awalnya merupakan perkebunan warga, namun pada tahun 1978 diresmikan sebagai kawasan konservasi di Pangandaran. Sebagian kawasan yang bisa Anda jelajahi merupakan bagian dari taman wisata Cagar Alam Pangandaran.

Sungai Citumang Pangandaran

Selanjutnya, Anda bisa menuju salah satu destinasi wisata di Pangandaran lainnya, yakni Sungai Citumang Pangandaran yang berada di Desa Bojong, Kecamatan Parigi.

Derasnya air sungai yang jernih dimanfaatkan untuk aktivitas body rafting. Anda bisa mencoba kegiatan memacu adrenalin ini.

Body rafting sendiri adalah aktivitas menyusuri sungai tanpa perahu, Anda hanya mengandalkan tubuh sendiri dan pelampung serta alat pengaman lainnya.

Sudah ada pemandu yang akan menjaga Anda saat body rafting, sehingga tak perlu khawatir, body rafting di Sungai Citumang Pangandaran sangat aman untuk dilakukan, apalagi bareng teman atau keluarga, dijamin lebih seru.

Green Canyon Pangandaran

Lokasi lainnya yang bisa Anda jelajahi dan bisa melakukan kegiatan body rafting adalah Green Canyon Pangandaran. Selain itu, Anda pun bisa menikmati keindahan alam khas ngarai Grand Canyon di Amerika Serikat.

Tebing-tebing hijau bisa Anda nikmati di atas perahu saat Anda menuju pusat Green Canyon Pangandaran.

Perjalanan Anda di Green Canyon akan sampai ke Cukang Taneuh atau Jembatan Tanah yang eksotis. Jembatan tanah ini berada di Sungai Cijulang, Pangandaran.

Kawasan Goa Sutra Reregen Pangandaran

Jika belum puas menjelajahi goa di Cagar Alam Pangandaran, Anda bisa menuju Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran untuk menelusuri kawasan Goa Sutrareregen.

Salah satu destinasi wisata di Pangandaran ini terkenal setelah ditemukan fosil dan benda-benda yang diduga berasal dari zaman prasejarah.

Bukan hanya ada di Goa Sutrareregen, bukti adanya kehidupan manusia purba di Pangandaran ini juga ditemukan di goa sekitarnya, yakni Goa Panggung dan Goa Peteng.

Jojogan Hills

Image: myPangandaran

Destinasi wisata di Pangandaran selanjutnya cocok untuk Anda yang hobi ‘hunting’ spot foto. Anda bisa menemukannya di Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi, tepatnya di Jojogan Hills.

Berbagai spot foto yang berada di ketinggian membuat Anda bisa sepuasnya mengabadikan keindahan Jojogan Hills lewat lensa kamera. Di sini ada spot foto bentuk hati, kapal laut, bahkan ada juga spot foto kupu-kupu.

Lokasi Jojogan Hills berada 1000 meter di atas permukaan laut, maka tak heran jika berada di tempat wisata di Pangandaran ini Anda akan bisa menikmati Pantai Pangandaran dari kejauhan.

Udaranya pun sejuk dengan hamparan panorama indah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati indahnya Air Terjun Jojogan yang sejuk.

Kawasan Mangrove Batu Karas

Pantai Batu Karas dikenal sebagai salah satu pantai eksotis di Pangandaran. Namun, tahukah Anda kawasan hutan Manggrove Batu Karas juga tak kalah menarik dari pantainya.

Kawasan Mangrove di Batu Karas ini cocok untuk Anda yang mencari suasana teduh dan sejuk. Lokasinya ada di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Selain itu, jika Anda mencari spot foto menarik, maka ada jembatan sepanjang 150 meter di atas Sungai Cijulang dimana tumbuhan mangrove terhampar. Jembatan ini disebut jembatan Cinta dan menjadi spot foto favorit para wisatawan.

Usai berfoto ria bersama teman atau keluarga, Anda bisa kembali menikmati sejuknya kawasan Mangrove Batu Karas dari warung-warung berada di kawasan wisata ini. Selain beristirahat Anda bisa sekalian menikmati kuliner khas Pangandaran.

Sejumlah destinasi wisata di Pangandaran tersebut dijamin bikin Anda ingin kembali berlibur ke Pangandaran.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Comments

comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format

Send this to a friend