fbpx

Sstt! 4 Rahasia Ini Bisa Membuat Para Lansia Tetap Sehat

Meski sudah memasuki usia senja sekitar 60 tahunan, memiliki tubuh yang sehat bukan hanya impian.


5 shares

Seiring bertambahnya umur, fungsi tubuh tentu ikut menurun. Proses penuaan yang dialami akan dimulai dari semakin banyaknya keriput, mudah lelah, dan rentan terkena penyakit.

Namun, tidak perlu khawatir proses penuaan memang tidak bisa dihentikan tapi bisa diperlambat. Meski sudah memasuki usia senja sekitar 60 tahunan, memiliki tubuh yang sehat bukan hanya impian.

Cara Menjaga Kesehatan di Usia Tua

Image: Spectator Life

Berikut ini adalah tips untuk menjaga kesehatan di usia senja, yuk kita simak satu per satu.

1. Walau sudah tua tidak salah kok untuk tetap aktif

Image: NY Post

Menapaki usia 60 tahun mungkin akan mengurangi aktivitas yang bisa kita jalani. Tidak seperti dulu, saat ini mungkin hanya beberapa kegiatan saja yang bisa dilakukan, walau sebagian besar hanya di dalam rumah saja.

Namun, bukan berarti hal tersebut menjadi alasan bagi para orang tua untuk tidak aktif bergerak. Ajak mereka untuk tetap aktif dengan olahraga ringan atau kegiatan yang tepat bagi para lansia. Buatkan juga jadwal rutin olahraga mereka, agar rutinitas tersebut tetap berjalan dengan baik.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh para lansia jika mereka berolahraga. Seperti kemampuan tubuh dalam meningkatkan imunitas dari penyakit, mengurangi stres, menjaga berat badan, serta membuat tulang menjadi lebih kuat. Dengan berolahraga fungsi otak juga akan tetap terjaga.

2. Jaga pola makan

Image: Amano Enzyme

Kunci utama dalam menjaga kesehatan lansia adalah dengan menjaga pola makan. Namun semakin tua seseorang kemampuan mereka dalam mengecap rasa makanan akan berkurang juga.

Para lansia juga memiliki pantangan untuk makan yang terlalu banyak garam atau gula.

Oleh karena itu para lansia bisa mengisi waktu makan mereka dengan membuat makanan sehat hasil racikan mereka sendiri.

Berikan tambahan rempah-rempah agar masakan masih terasa nikmat walau tanpa menggunakan banyak garam sekalipun.

3. Lansia butuh istirahat yang cukup

Image: Hindustan Times

Memaksakan para lansia tetap aktif juga kurang baik. Stamina dan daya tahan tubuh mereka yang semakin menurun, membuat para lansia menjadi mudah lelah. Oleh karena itu mereka juga perlu istirahat yang cukup.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa lansia cukup kesulitan untuk tidur. Sekitar 80% lansia akan terbangun pada malam hari karena ke kamar mandi, kemudian tidak bisa tidur kembali.

Untuk masalah tersebut, lansia disarankan untuk mengurangi minum banyak air pada malam dan siang hari. Kemudian lansia juga harus diajak konsultasi kepada dokter jika ingin menggunakan obat diuretik.

4. Rajin cek kesehatan sangat dibutuhkan para lansia

Karena sistem imunitas tubuh mulai melemah, maka lansia menjadi sangat rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, lansia harus rutin mengikuti pemeriksaan kesehatan secara berkala agar kondisinya tetap terpantau dengan baik.

Jika tiba-tiba muncul gejala penyakit, jangan menunda untuk melakukan pemeriksaan. Sebab jika kita terlalu lama membawa mereka untuk didiagnosis dan diobati, maka kondisi tubuh akan semakin memburuk dan sulit untuk diobati.

Pada masa pengobatan, sebaiknya mendokumentasikan catatan perkembangan kesehatan lansia. Jika beberapa obat menyebabkan efek samping segera konsultasikan pada dokter agar mendapatkan jenis obat lainnya.

Asuransi untuk lansia

Untuk memberi perlindungan maksimal serta mendapat fasilitas kesehatan terbaik, lansia juga wajib lho memiliki asuransi. Misal, asuransi kesehatan dan jiwa. Namun ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum memilih asuransi, antara lain:

  • Tidak banyak perusahaan yang menyediakan fasilitas asuransi bagi mereka yang berusia lebih dari 50 tahun. Oleh karena itu, mencari perusahaan yang menyediakan asuransi bagi lansia bisa kita lakukan dengan melakukan riset kecil. Tanyakan pada agen asuransi kesehatan atau mereka yang pernah menggunakan asuransi untuk para lansia.
  • Kemudian, masing-masing produk asuransi tentu memiliki manfaat yang berbeda. Oleh karena itu sebelum memilih asuransi harus menyesuaikan dengan kondisi kesehatan para lansia. Pertimbangannya dengan mengetahui risiko kesehatan terlebih dahulu sebelum memilih asuransi yang diinginkan.

Para lansia yang memiliki asuransi tentu bisa mendapat perlindungan kesehatan yang lebih baik. Perusahaan asuransi juga sudah menyediakan banyak pilihan asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan para lansia tersebut.


Like it? Share with your friends!

5 shares

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
1
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Ahlun Nazar

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format