fbpx

5 Superhero Asli Indonesia yang Tak Kalah Keren dari Pahlawan Super Luar Negeri

Para superhero Indonesia ini tak kalah kuat dari para superhero luar negeri loh!


1 share

Mungkin kamu sudah mengenal banyak tokoh superhero Amerika baik superhero dari DC maupun Marvel seperti Superman, Batman, Captain America, Thor, Hulk, dan lain-lain.

Berawal dari sebuah cerita komik, kini kisah para superhero tersebut sudah diangkat ke layar lebar. Bahkan ada juga yang film-nya dibuat hinga beberapa seri.

Aksi para superhero ini dalam membasmi kejahatan menggunakan kekuatan super yang dimiliki ini memang sangat memukau, apalagi di dalam film dipadukan dengan berbagai macam efek visual yang canggih yang membuat aksi-aksi para superhero dalam menggunakan kekuatannya itu terlihat semakin nyata.

Tak mau ketinggalan, Indonesia ternyata juga memiliki tokoh-tokoh pahlawan super yang tak kalah hebat dan keren dari para tokoh jagoan asal Amerika. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Gundala Putra Petir

Gundala Putra Petir
Gambar: Duniaku.net

Gundala Putra Petir merupakan tokoh pahlawan super Indonesia yang diciptakan oleh Hasmi.

Tokoh ini pertama kali muncul dalam komik “Gundala Putra Petir” pada tahun 1969.

Kisah Gundala ini berawal ketika seorang ilmuwan bernama Sancaka yang tengah melakukan penelitian untuk menciptakan serum anti petir. Karena tenggelam dalam ambisinya sebagai ilmuwan, ia sampai melupakan hari ulang tahun kekasihnya, Minarti, yang mengakibatkan hubungan mereka putus.

Sancaka yang patah hati berlari ditengah hujan deras dengan perasaan sedih dan galau. Tiba-tiba, petir menyambar tubuhnya hingga ia koma. Dalam keadaan koma ia ditarik oleh suatu kekuatan dari planet lain dan mempertemukannya dengan raja Kerajaan Petir yang bergelar Kaisar Kronz.

Sang raja kemudian memberinya kekuatan super yang membuat dirinya mampu memancarkan petir dari tangannya. Kemudian Raja Taifun dari Kerajaan Bayu memberinya kemampuan lari secepat angin. Dengan kekuatan yang ia dapatkan ini, maka lahirlah Gundala yang siap menumpas kejahatan.

2. Aquanus

Aquanus

Aquanus adalah tokoh pahlawan super Indonesia ciptaan Wid NS. Tokoh Aquanus sendiri pertama kali muncul dalam komik dengan judul “Aquanus di Planet Vibhy” pada tahun 1968.

Kisah Aquanus berawal ketika terjadi penyerangan bangsa Burbur ke planet Zyba, pada saat itu putra dari raja Sving yang masih bayi dilarikan ke luar angkasa menggunakan roket.

Namun, roket ini ternyata jatuh ke Bumi. Bayi itu kemudian ditemukan dan diasuh oleh keluarga pemburu paus, dan diberinama Dhanus.

Bangsa Zyba adalah bangsa yang memiliki kemampuan untuk hidup di darat dan di air, sehingga Dhanus dapat dengan mudah bermain-main ke dasar lautan.

Suatu ketika saat menyelam di dasar laut seseorang yang mengaku berasal dari Zyba menolongnya dari serangan gurita raksasa. Namun, orang itu tewas ditembak para penyelam.

Tetapi sebelumnya ia memberikan sabuk sinar pelangi kepada Dhanus. Sabuk ini menjadi senjata andalan Aquanus. Nama Aquanus adalah dari Aqua yang berarti air dan Nus dari Dhanus.

3. Sembrani

Sembrani

Seorang pria bernama Tangguh pada saat itu berada di kawah gunung Dieng. Saat itu, secara tidak sengaja ia menemukan sebuah pesawat luar angkasa di kawah gunung tersebut.

Kehadiran benda itu rupanya menetralisir racun gas. Lewat proyeksi 3 dimensi, Otohrb, seorang panglima perang yang telah lama mati dalam pertempuran di sistem bintang Ristuty berbicara padanya.

Dia memberi Tangguh sebuah kalung yang dapat mengubahnya menjadi seorang pahlawan super yang bernama Sembrani.

Sembrani adalah tokoh superhero ciptaan Hasmi yang pertama kali muncul dalam serial Gundala dalam cerita yang berjudul “1000 Pendekar” pada tahun 1974.

4. Godam

Godam

Godam merupakan superhero karya Wid NS yang muncul pertama kali dalam komik berjudul Memburu Doktor Setan pada tahun 1969.

Godam adalah putra dari panglima perang di negeri Godam, jadi ia bukan berasal dari Bumi. Dikarenakan perlawanan orangtuanya terhadap kekejaman Ratu Candalani, kedua orangtua Godam dianggap sebagai pemberontak dan melarikan diri.

Godam yang masih bayi kemudian dihanyutkan ke sungai oleh ayahnya yang sedang dalam pelarian. Godam kecil kemudian ditemukan dan diasuh oleh Gedibalbanda. Namun, setelah kematian Gedibalbanda, Godam mengembara seorang diri.

Saat mengembara, ia menemukan jubah sakti yang dapat membuatnya kuat serta kebal peluru, serta kain yang bila dikenakan dapat membuatnya terbang.

Godam akhirnya mampu menguasai kesaktiannya, kemudian, ia bertarung melawan putra dari Ratu Chandalani dan menang. Karena tak sanggup menanggung malu setelah dikalahkan, putra Ratu Chandalani kemudian bunuh diri.

Namun, kematian putra Ratu Chandalani telah membuah Godam melanggar sumpah Dewi Pengasuh Sukma. Godam lalu dihukum oleh Dewi Pengasuh Sukma dan dikurung di dalam sebuah cincin sakti, cincin itu lalu dibawa oleh Bapa Kebenaran ke Bumi dan dia memilih Awang sebagai pemegang kuasa atas kekuatan Godam dalam cincin tersebut.

5. Caroq

Caroq

Caroq, adalah tokoh pahlawan super Indonesia karya Ahmad Thoriq. Caroq sebenarnya hanyalah seorang supir taksi bernama Ongko.

Karena sebuah peristiwa tertentu, Ongko akhirnya bisa memperoleh kekuatan super dan berubah menjadi Caroq dengan senjata andalan berupa dua bilah celurit sakti yang panjang.

Dengan kekuatan supernya, ia menegakkan keadilan dan membasmi kejahatan. Musuh bebuyutannya adalah Si Tangan Empat dan Si Bengis.

Itulah lima pahlawan super asal Indonesia yang ternyata tidak kalah keren dari para superhero luar. Jadi, yang mana yang menjadi jagoanmu?


Like it? Share with your friends!

1 share

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
1
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
2
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Ahlun Nazar

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format