fbpx

5 Manfaat yang Terkandung dalam Daun Sirsak

Salah satu manfaatnya, konon bisa mencegah kanker dan mengobati diabetes!


Buah sirsak sangat mudah untuk ditemui di Indonesia, buah sirsak memiliki nama latin Annona muricata. Buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam ini kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

Selain buahnya yang kaya akan serat dan vitamin, daun sirsak merupakan salah satu tanaman herbal yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Rebusan daun sirsak bahkan konon dipercaya memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit kanker. Berikut ini adalah 5 mafaat yang terkandung dalam daun sirsak.

Mencegah Penyebaran Sel Kanker

Daun sirsak memiliki kandungan Acetogenin yang berkhasiat mencegah penyebaran sel kanker, bahkan kandungan ini yang terdapat pada daun sirsak ini 10.000 kali lebih baik untuk melawan kanker dari kemoterapi.

Selain itu, daun sirsak tidak memiliki efek samping seperti kemoterapi. Acetogenin yang terkandung di dalam daun sirsak menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

Meningkatkan Kesuburan

Jika kamu memiliki masalah dengan kesuburan, daun sirsak ini mungkin bisa menjadi salah satu herbal yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kesuburan bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam daun sirsak ini mampu untuk meningkatkan jumlah produksi sperma pada pria. Untuk wanita, daun sirsak ini juga memiliki manfaat untuk memberikan gizi pada sel telur sekaligus mampu menguatkan rahim.

Mengobati Diabetes

Air rebusan daun sirsak juga dipercaya mampu untuk mengobati diabetes. Kandungan senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid yang terkandung dalam daun sirsak ternyata terbukti mampu untuk menstabilkan jumlah kadar gula darah dalam tubuh.

Kandungan antioksidan dalam daun sirsak ini berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas serta penyakit serius yang bisa menyerang tubuh.

Mengobati Asam Urat dan Rematik

Bagi kamu yang memiliki penyakit asam urat atau rematik, meminum daun sirsak bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengobati asam urat atau rematik yang menyiksa.

Kandungan cetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat dalam daun sirsak sangat ampuh untuk melawan asam urat.

Selain itu, kandungan daun sirsak juga bisa mengurangi rematik dan nyeri atritis.

Menghilangkan Kutu Rambut

Daun sirsak memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, namun kandungan daun ini sangat beracun bagi kutu.

Jika kamu memiliki rambut berkutu, cobalah untuk mencuci rambut menggunakan air rebusan daun sirsak ini.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam daun sirsak. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat dari daun sirsak, saat ini sudah banyak produk-produk ekstrak daun sirsak yang siap untuk dikonsumsi.

Produk-produk ini juga mudah ditemui dan bisa dibeli di toko atau supermarket. Jenis produknya pun beragam, ada yang dalam bentuk kapsul, bubuk, atau siap seduh seperti teh celup.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
1
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Comments

comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format

Send this to a friend