fbpx

Pengertian Hacker: Definisi dan Jenis Hacker

Meski sering dicap memiliki konotasi negatif, namun pengertian dari istilah hacker tidaklah demikian.


1 share

Kata hacker atau jika dalam Bahasa Indonesia disebut dengan peretas memang sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Meski sering dicap memiliki konotasi negatif, namun pengertian dari istilah hacker tidaklah demikian.

Lalu, apa yang dimaksud dengan hacker? secara sederhana hacker adalah seseorang yang memiliki kemampuan dan pengetahuan tinggi tentang sistem komputer, jaringan, dan pemrograman.

Dengan kemampuan yang dimilikinya ini, seorang hacker mampu untuk menganalisis, memodifikasi, bahkan menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer baik untuk keuntungan sendiri, atau hanya termotivasi oleh tantangan.

Dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, hacker dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori. Di bawah ini adalah jenis-jenis hacker menurut kategorinya.

Loading...

1. White Hat Hacker

Gambar: The Daily Dot

White Hat Hacker atau Peretas Topi Putih adalah hacker yang etis. Mereka biasanya menggunakan kemampuan mereka hanya untuk menguji dan mencari celah keamanan sistem yang rapuh untuk kemudian diperbaiki.

White Hat Hacker ini bahkan kebanyakan disewa sebagai konsultan keamanan perusahaan-perusahaan besar dan dipercaya untuk menguji sekaligus mengamankan sistem IT perusahaan yang menyewa mereka.

2. Black Hat Hacker

Gambar: Steemit

Kebalikan dari White Hat Hacker, hacker Black Hat justru menggunakan keahlian mereka untuk tujuan merusak dan menguntungkan diri mereka sendiri.

Tak jarang, Black Hat Hacker ini melakukan aksi-aksi kriminal seperti membobol sistem keamanan komputer untuk mencuri identitas pribadi, melakukan penipuan, membuat dan menyebarkan virus untuk tujuan pemerasan, dan tindakan-tindakan merugikan lainnya.

3. Grey Hat Hacker

Gambar: Lifewire

Untuk hacker Topi Abu-Abu atau Grey Hat, mereka adalah hacker yang berada diantara Black Hat dan White Hat.

Terkadang, mereka sangat menjunjung tinggi etika dalam hacking, tetapi terkadang juga mereka melanggar etika tersebut. Meski begitu, jenis hacker ini tidak sejahat Black Hat Hacker.

4. Jenis Hacker Lainnya

Selain White Hat, Black Hat dan Grey Hat, ada juga jenis hacker lainnya yang memiliki sebutan-sebutan lain dalam dunia IT, seperti:

Script Kiddie, mereka adalah orang-orang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang sangat rendah tentang pemrograman dan hacking.

Kebanyakan dari para Script Kiddies ini hanya menggunakan program dari orang lain serta artikel tutorial cara meretas situs di internet sebagai ‘senjata’ mereka.

Tujuannya adalah hanya untuk gaya-gayaan dan mendapat pengakuan dari orang lain bahwa dirinya adalah seorang ‘hacker’, meski sebenarnya dia tidak memiliki kemampuan itu.

Yang mereka lakukan kebanyakan hanya meretas situs dan melakukan deface ke situs-situs dengan tingkat keamanan sistem yang rendah seperti blog pribadi, atau situs-situs sekolah yang dibuat dengan sistem keamanan yang kurang kuat.

Hacktivist, adalah mereka yang melakukan peretasan untuk menyuarakan pesan-pesan tertentu seperti politik, agama, ideologi, dan lain-lain.

Itulah pengertian tentang hacker dan jenis-jenis hacker. Dari beberapa jenis hacker diatas, tampaknya White Hat adalah hacker yang bisa disebut sebagai hacker yang sebenarnya.


Like it? Share with your friends!

1 share

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
1
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Ahlun Nazar

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format