fbpx

Inilah 5 Manfaat Ikan Gabus, Yang Jarang Orang Tahu

Ikan gabus merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak digemari untuk dikonsumsi, ikan gabus ini termasuk ikan segar yang sangat mudah ditemukan di Indonesia, seperti di danau, sungai, rawa, bahkan terkadang bisa ditemukan di sawah.


3 shares, 2 points

Ikan gabus merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak digemari untuk dikonsumsi, ikan gabus ini termasuk ikan segar yang sangat mudah ditemukan di Indonesia, seperti di danau, sungai, rawa, bahkan terkadang bisa ditemukan di sawah.

Ikan gabus atau juga disebut ikan kutuk ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein dalam ikan gabus ini jumlahnya lebih dari 25% yang merupakan jumlah yang cukup tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya.

Ikan gabus juga memiliki kandungan albumin yang tinggi. Albumin merupakan protein utama dalam darah yang diproduksi oleh hati.

Albumin memiliki peran yang sangai penting bagi tubuh, sehingga kekurangan albumin dapat menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh. Kandungan lainnya yang terkandung dalam ikan gabus adalah omega-3, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan juga air.

Protein ini sangatlah baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa, bahkan untuk ibu hamil sekalipun. Nah, apa saja manfaat ikan gabus bagi kesehatan tubuh? Berikut ini ulasannya.

Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat ikan gabus untuk menyembuhkan luka memang dapat dikatakan sebagai manfaat yang paling utama.

Hal ini tentunya karena kadar albumin yang tinggi dalam ikan gabus. Albumin merupakan protein utama dalam darah, albumin memiliki peran yang sangat penting dalam penyembuhan luka

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa pemberian ekstrak ikan gabus pada pasien pasca operasi terbukti dapat memicu proses penyembuhan luka lebih cepat.

Tentunya konsumsi ikan gabus tidak hanya baik untuk pasien yang menjalani operasi, tapi juga bisa digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka yang disebabkan oleh berbagai faktor lainnya.

Membantu pertumbuhan tulang dan gigi

Ikan gabus banyak mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Ikan gabus memiliki kandungan kalsium sekitar 60 mg/100 gram dan 70 mg/ 100 gram fosfor.

Jadi ikan gabus sangat baik dikonsumsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi, terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Memelihara Otot

Manfaat ikan gabus selanjutnya adalah dapat memelihara otot. Kamu tentunya sudah pernah mendengar bahwa protein adalah nutrisi yang sangat penting dalam pembentukan otot. Ikan merupakan salah satu sumber protein terbaik untuk tubuh.

Kandungan protein dalam ikan gabus mengalahkan ayam, daging sapi, dan ikan air tawar dan bahkan beberapa jenis ikan laut.

Kandungan protein dalam ikan gabus memang masih di bawah ikan salmon, tapi ikan gabus bisa menjadi pilihan ikan air tawar terbaik untuk memenuhi kebutuhan protein.

Menjaga cairan dalam tubuh agar tetap seimbang

Ikan gabus tidak hanya akan memenuhi kebutuhan protein, tetapi juga mampu untuk menjaga keseimbangan carian dalam tubuh. Manfaat ikan gabus yang satu ini juga didapatkan dari kadar albumin yang ada di dalamnya.

Keseimbangan cairan dalam tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga tubuh agar dapat bekerja dengan baik.

Kadar cairan yang tidak seimbang dapat menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh, termasuk mengganggu proses penyerapan protein dalam tubuh.

Mengatasi hipoalbuminemia

Kekurangan albumin dalam tubuh tidak bisa dianggap sepele karena dapat memicu berbagai masalah lain bagi kesehatan.

Gejala hipoalbuminemia antara lain adalah seperti edema, nafsu makan berkurang, diare, mual, hipotens, penyakit kuning, dan masih banyak lagi. Penyebab hipoalbuminemia juga ternyata bermacam-macam mulai dari hipertiroidisme, diabetes, sirosis hati, gagal jantung, hingga penyakit lupus.

Pengobatan yang dilakukan tentunya harus menyesuaikan dengan penyakit penyebabnya. Di samping melakukan pengobatan untuk penyakit utamanya, penggunaan ikan gabus juga bisa dilakukan untuk mengatasi gejala dari rendahnya kada albumin tersebut.


Like it? Share with your friends!

3 shares, 2 points

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
3
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Comments

comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds

Send this to a friend